Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

10 Grosir Baju Solo yang Termurah

Grosir Solo

Kota Solo, tak hanya terkenal akan keramah tamahan warganya saja, namun ada beberapa aspek lain yang tak boleh dilupakan. Salah satunya adalah surga wisata belanja yang yang murah dan berkualitas bagus.

Kota Solo memang terkenal dengan wisata fashionnya yang up to date dengan harga yang murah. Seperti kota Jogja yang juga memiliki beberapa tempat grosir baju murah Jogja dengan kualitas bagus, Solo juga punya tempat yang rekomended untuk berbelanja baju.

Kualitas grosir baju Solo tentu tak kalah dengan daerah lain. Yuk, langsung saja kita kulik beberapa rekomendasi tempat pusat belanja termurah di kota solo untuk berbelanja baju dan kain di kota dengan slogan ‘the spirit of java’ ini.

1. Pasar Klewer

Pasar Klewer Solo
foto: instagram.com/feri_latief

Sempat terbakar pada tahun 2014, kini pasar Klewer Solo kembali menunjukan geliatnya. Meski pada waktu itu, para pedagang sempat di relokasi di kawasan Alun-alun utara Keraton Surakarta, para pembeli masih banyak yang mengantri untuk mendapatkan baju dengan harga yang terjangkau.

Saat ini Pasar Klewer sudah kembali ke lokasi lama karena lokasi tersebut sudah di renovasi oleh pemerintah setempat. Perlu di ketahui, bahwa ada banyak gerai-gerai yang menjual baju dan kain batik. Tak ketinggalan pula ada kaos-kaos bertuliskan Solo the Spirit of Java di jual di sana.

Kebanyakan pembeli yang membeli baju di sana nantinya akan dijual kembali. Karena di tempat itu terdapat grosir baju Solo dengan harga yang murah. Kamu bisa membelinya lusinan. Para penjual biasanya akan memberikan diskon yang besar dibandingkan dengan membeli beberapa pcs saja.

  • Alamat : Jl. DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta,
  • Jam Buka : 08.00 WIB – 17.00 WIB

2. Pusat Grosir Solo (PGS)

PGS Solo
foto: instagram.com/arie_budiana

Berdekatan dengan Pasar Klewer, grosir baju Solo ini bernama PGS. Tempanya sudah lama terkenal dengan berbagai macam baju batik dengan kualitas yang bagus. Tentu saja kamu juga bisa membeli partai besar jika ingin dijual kembali, atau membelinya beberapa pcs saja untuk oleh-oleh.

Di sana, tak hanya menjual berbagai model baju batik dan kaos-kaos Solo saja. Namun, teman setapak juga bisa membeli tas dan pernak pernik lho. Untuk harganya, tentu saja masih terjangkau dan bisa dikatakan cukup murah, tergantung dengan kualitas bajunya.

  • Alamat : Lantai 2,Gladag, Jl. Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, 
  • Jam Buka : 08.00 WIB – 17.00 WIB

3. Beteng Trade Center (BTC)

BTC Solo
sumber : instagram.com/anggrainitextile

Kalau sebelumnya setapak bahas soal pusat grosir Solo (PGS), nah gedung di sampingnya yang juga satu area juga merupakan grosir baju Solo dengan harga yang murah. Beteng Trade Center (BTC) tak kalah ramai dengan PGS. Biasanya, pengunjung setelah berbelanja di PGS juga akan menuju ke BTC karena lokasinya sebelahan.

Wisata Menarik Lainnya :  Mengenal Batik Oey Soe Tjoen Pekalongan yang Legendaris

Perbedaan dua gedung ini ada pada stok-stok fashion di dalamnya. Meskipun di BTC juga ada baju batik, kaos, dan beberapa pakaian up to date lainnya, namun fokusnya ada pada penjualan kain atau bakal baju. Jika tak suka dengan model baju yang sudah jadi, kamu bisa membeli kainnya saja dan menjahitnya sendiri. Ada banyak jenis kain dijual di tempat ini.

Harga setiap kain juga berbeda-beda. Untuk harga kain batik sangat bervariasi, ada yang per meternya dijual dengan harga mulai Rp. 14.000,- hingga jutaan. Sementara untuk kain katun per meternya dibanderol dengan harga Rp. 20.000,- Nah untuk kain semi sutra, jangan ditanya, pastinya lebih mahal dari jenis kain sebelumnya ya. Kain semi sutra dibanderol dengan harga per meter mulai dari Rp. 300.000,- hingga jutaan rupiah.

  • Alamat : Jl. Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, 
  • Jam Buka : 09.00 WIB – 17.00 WIB

4. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman Solo
foto: instagram.com/b_castyana

Grosir baju Solo selanjutnya ada di kampung batik Kauman. Tempat ini merupakan salah satu kampung batik tertua di kota bengawan ini. Selain berbelanja batik, wisatawan juga bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan kain batik tulis.

Dibandingan dengan kampung batik Laweyan, motif batik di tempat ini cenderung klasik dan pakem yang didasarkan atas standar keraton. Ada tiga produk unggulan dati tempat ini yakni batik tulis klasik dengan motif pakem, batik cap, dan kombinasi antara batik cap dan tulis.

  • Alamat : Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta
  • Jam Buka : 09.00 WIB – 20.00 WIB

5. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan Solo
foto: instagram.com/herdik

Sama halnya dengan kampung batik Kauman, di Kampung Batik Laweyan kamu juga bisa menjumpai baju dan kain batik yang khas. Motif yang ditampilkan lebih ke modern namun tetap terasa Solo sekali. Selain bisa membeli batik di gerai-gerai, wisatawan juga bisa melihat langsung proses membatik.

Selain itu, wisatawan juga bisa ikut mencoba membatik dengan mengikuti paket wisata. Untuk lokasi kampung batik ini berada di Jl. Dr. Rajiman No.521, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

  • Jam Buka : 09.00 WIB – 20.00 WIB

6. Mulia Ragam Gaya

Mulia Ragam Gaya Solo
foto: instagram.com/danang_pro

Mulia Ragam Gaya merupakan gerai grosir baju Solo yang terkenal murahnya. Tak hanya batik saja, di tempat ini kalian bisa membeli baju-baju yang saat ini sedang trend. Ada baju kerja, gamis, baju anak, celana, pakaian dalam, kaos-kaos dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membeli sepatu dan tas. Lelah berbelanja, kamu bisa singgah di cafe Millenial yang berada satu lokasi dengan gerai tersebut. Untuk harganya, sudah pasti murah karena toko kain di solo ini merupakan salah satu toko favorite bagi mahasiswa untuk berbelanja.

  • Alamat : Jl. Slamet Riyadi Somontalen No.216a, RT.02/RW.04, Somotalen, Ngadirejo, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, 
  • Jam Buka : 08.00 WIB – 21.00 WIB
Wisata Menarik Lainnya :  Berburu Batik di Pasar Klewer Solo

7. Avista Fashion

Avista Solo
foto: instagram.com/olshop_avista

Sama halnya dengan Mulia Ragam Gaya, Avista Fashion juga merupakan toko grosir baju Solo yang rekomended. Dari segi harganya cocok untuk kantong mahasiswa, dari segi koleksi bajunya sangat up to date. Tunggu apa lagi? Kalau sedang liburan ke Solo, jangan lupa mempir ke salah satu toko kain kaos solo ini ya.

Gerai Avista dulunya berada di Jl. Agus Salim samping Universitas Batik Surakarta. Namun, saat ini gerai pindah lokasi di Jl. K.H Samanhudi No.55, Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. Tempatnya luas dan nayaman, yang paling penting di sana juga ada cafe kecil yang menjajakan makanan dan minuman jika kamu lelah berbelanja.

  • Jam Buka : 08.00 WIB – 21.00 WIB

8. El Shanum Daster Solo

Daster Solo
foto: instagram.com/das.te.ran

Buat ibu-ibu di rumah yang suka sekali mengenakan baju daster, Solo juga punya gerai baju daster rekomended lho. Harganya dijamin paling murah dengan kualitas yang bagus. El Shanum, mempunyai banyak koleksi baju daster.

Harganya bervariasi, mulai dari Rp. 13.500 hingga Rp. 26.000. Toko ini tidak melayani eceran ya teman setapak. Jadi kalian bisa membelinya secara grosir minimal 5 pcs berlaku kelipatan. Grosir baju Solo ini juga bisa dipesan melalui platform online.

  • Alamat : Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57128
  • Jam Buka : 24 jam

9. Pusat Grosir Baju Anak Murah

Pusat Grosir Baju Anak Solo
foto: instagram.com/pusatgrosir_bajuanakmurahsolo

Grosir baju Solo selanjutnya adalah khusus untuk pakaian anak-anak. Gerai yang satu ini berlokasi di dalam Beteng Trade Center (BTC). Nama gerainya adalah aybeeskids Solo. Selain bisa beli cara offline dengan langsung mengunjungi toko ini di BTC, kamu juga bisa membeli secara online via website.

Sementara untuk harganya, pakaian anak usia 4-5 tahun dibanderol dengan harga Rp. 19.000,- Bisa beli secara eceran juga lho, tapi harganya beda ya. Eceran biasanya dibanderol dengan harga Rp. 35.000 per baju.

  • Alamat : Jl. Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, 
  • Jam Buka : 09.00 WIB – 17.00 WIB

10. Ria Batik

Ria Batik Solo
foto: instagram.com/ellyagustin17

Rekomendasi terakhir dari setapak langkah untuk grosir baju Solo yang murah ada di toko Ria Batik. Dari namanya saja, pasti kalian sudah bisa menebak ya koleksi baju yang ada di dalamnya. Yups! betul sekali, Ria Batik menjual berbagai macam batik baik untuk wanita, pria, maupun anak-anak.

Gerai Ria batik tak pernah sepi pengunjung. Sebab, koleksi baju di toko ini terbilang murah dengan kualitasnya yang bagus. Kamu tak hanya bisa membeli baju batik saja, ada juga pernak-pernik dan kerajinan tangan yang bisa kamu koleksi.

  • Alamat : Jl. R. M. Said No.85, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.
  • Jam Buka : 09.00 WIB – 20.00 WIB
Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *