Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Yuk! Jalan-jalan ke Kampung Batik Laweyan Solo

Kampung batik Laweyan Solo

Kawasan pusat sentra batik di Kota Solo salah satunya ada di kampung batik Laweyan Solo. Tempat itu memang sengaja dibuat oleh pemerintah kota guna menarik minat wisatawan.

Lokasinya tak jauh dari pusat grosir Solo. Nah, kalau lagi jalan-jalan di PGS, boleh banget nih mampir ke kampung batik yang satu ini.

Tak hanya bisa melihat corak batik saja, destinasi wisata ini juga cukup lengkap. Kamu bisa banget berwisata sejarah, edukasi, budaya, hingga belanja batik di kampung batik Solo ini.

1. Sejarah Kampung Batik Laweyan Solo

Untuk kamu yang suka dengan wisata sejarah, kampung batik Laweyan Solo ini wajib dikunjungi.

Tugu kampung batik laweyan Solo
foto: instagram.com/belrevaels_mom

Sebab, kawasan ini rupanya sudah ada sejak zaman Belanda. Kampung Batik Lawean Solo ini didirikan oleh KH. Samanhudi. Beliau merupakan tokoh Serikat Dagang Islam.

Dari sana, lahirlah para pengrajin batik di Laweyan. Mereka banyak memproduksi batik hingga terbentuklah Forum Kampung Batik Laweyan pada tahun 2004.

Organisasi tersebut didirikan untuk melestarikan budaya batik. Salah satu misinya adalah guna mengembangkan kawasan Laweyan menjadi area yang edukatif dan menjunjung budaya lokal terutama batik.

Sementara itu, hingga saat ini sentra batik Laweyan punya 250 motif. Cukup banyak ya…

2. Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Nah, untuk letak kampung batik laweyan solo ini sendiri ada di kawasan Jl. Dr. Rajiman No. 521 Kec. Laweyan kota Surakarta.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Tempat Wisata Fashion di Jogja Terhits dan Paling Murah

3. Fasilitas di Kampung Batik Laweyan Solo

Spot foto di kampung batik Laweyan Solo
foto: instagram.com/chintya.hapsari

Jika berkunjung ke lokasi kampung batik ini, kamu akan menjumpai beberapa fasilitas. Diantaranya ada beberapa toilet, gerai-gerai batik, toko oleh-oleh, serta penginapan terdekat.

Selain itu, kamu yang suka wisata edukasi juga bisa melihat langsung pembuatan batik. Ada batik tulis dan batik cap yang di produksi di lokasi tersebut.

Nah, untuk yang datang rombongan, kawasan wisata ini juga ada tempat parkirnya lho. Jadi jangan khawatir ya…

4. Melihat Koleksi Batik di Wisata Kampung Batik Laweyan

Para pengrajin batik Solo di kawasan ini kerap memproduksi baju-baju cantik. Pemasarannya pun tak hanya sebatas offline saja, namun juga merambah ke dunia online.

Untuk yang datang langsung ke lokasi, ada gerai-gerai yang bisa kamu kunjungi. Namun, jika tak sempat datang langsung ke kawasan wisata tersebut, kamu juga bisa membeli batik Laweyan Solo secara online.

Hasil produksi kampung batik Laweyan ini banyak dijual di marketplace. Untuk koleksi kemeja lengan pendek, harganya sekitar Rp. 50.000,- hingga ratusan ribu rupiah.

Sementara untuk koleksi baju wanita seperti blouse, outer, tunik batik. dibanderol dengan harga kisaran Rp. 150.000 hingga Rp. 300.000,-

Cukup terjangkau ya..

5. Motif – Motif Batik Laweyan Solo

Seni Batik
foto: instagram.com/rivialvaro

Ada beberapa motif dan corak batik yang ada di kawasan wisata tersebut. Salah satu yang paling terkenal adalah batik truntum Solo. Nah untuk artinya sendiri yakni turun temurun atau bisa juga diartikan sebagai penuntun.

Sementara itu, ada juga motif batik solo yang lainnya yakni Sidomukti. Filosofi dari batik tersebut adalah melambangkan kemakmuran. Tak sampai di situ, masih banyak motif batik solo yang ada di area wisata ini diantaranya adalah :

  • Motif batik satrio manah
  • Motif batik semen rante
  • Motif batik Solo Pamilunto
  • Motif batik ceplok kasatriyan
  • Motif batik Kawung
  • Motif batik semen gendong
  • Motif batik solo bonded
  • Motif batik solo sawat
  • Motif batik parang
Wisata Menarik Lainnya :  Kunjungi Sentra Batik Trusmi Cirebon yang Hits

6. Gerai Batik Laweyan Solo

Spot belanja batik di Solo yang berada di kampung wisata Laweyan ini ada banyak. Meski begitu, ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa di sarankan sebagai berikut.

  • Batik cempaka laweyan

Toko batik yang satu ini terbilang cukup komplit. Bagaimana tidak, pengunjung bisa membeli pakaian sekaligus belajar membatik.

Ada outbond batik yang diselenggarakan untuk melestarikan budaya bangsa. Biasanya program tersebut diikuti oleh siswa-siswa TK hingga SMP.

  • Batik bintang laweyan

Selanjutnya, jika masih berada di sekitar kampung batik Laweyan Solo, sebaiknya kamu mampir ke batik Bintang. Di sana ada berbagai macam aksesories batik dan aneka baju batik.

  • Batik mahkota laweyan

Nah, gerai batik yang satu ini tak kalah menarik. Kalau kamu butuh batik yang benar-benar eksklusif, kamu juga bisa beli dengan cara costum order lho. Jadi bisa pesan sesuai selera kamu ya.

  • Batik putra laweyan

Rekomendasi belanja di area kampung batik Laweyan Solo selanjutnya ada di batik Putra. Berada di jalan Sidoluhur no.6, batik putra jadi salah satu tempat belanja favorite.

Selain tempatnya yang nyaman, koleksi baju batiknya pun terbilang banyak. Jadi kamu punya banyak pilihan untuk memborong batiknya ya.

Itu dia sekilas tentang kampung batik Laweyan Solo. Jika tertarik, segera saja agendakan untuk berkunjung ke sana ya…..

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *