Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Berburu Batik di Pusat Grosir Solo

Pintu masuk Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo adalah salah satu trend center fashion di wilayah Solo-raya.

Ribuan gerai-gerai yang menjual batik tersebar di gedung berlantai 5 itu. Tak heran jika PGS menjadi rujukan tempat wisata belanja di Solo.

Banyak wisatawan dari luar kota yang berbondong-bondong datang ke lokasi tersebut. Sebab, PGS dianggap sebagai surga belanja yang lengkap. Soal harga pun sangat terjangkau.

Apa saja yang dijual di PGS? dimana lokasinya? Jam Berapa buka? Langsung saja simak uraiannya berikut ini.

1. Sekilas Tentang PGS

Pusat Grosir Solo tampak depan
foto: instagram.com/wisata_solo

Tak jauh dari kampung batik Laweyan, Pusat Grosir Solo ini berlokasi di jantung kota Surakarta. Alamat tepatnya ada di Jl. Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133.

PGS dibangun di atas tanah seluas 10.290 meter persegi dengan gedung 5 lantai. Basement parkirnya saja mampu menampung kurang lebih 350 slot mobil. Sementara untuk motor tak terhitung jumlahnya.

Di depan lokasi PGS ada satu kawasan kuliner yang cukup legendaris. Namanya adalah Galabo (Gladak Langen Boga). Galabo menyediakan makanan nusantara yang lengkap. Mulai dari pecel ndeso, bakso, soto Solo hingga jajanan tradisional.

Gladak Langen Boga Solo
foto: instagram.com/noor_rismanilla04

Dulunya, setiap malam setelah PGS tutup, para pedagang makanan menggelar dagangannya di sana. Banyak orang yang menghabiskan waktu untuk sekedar ngobrol dan makan di sana.

Tak hanya itu, pelancong juga bisa menikmati paket wisata lengkap. Pasalnya, setelah berwisata belanja, kamu juga bisa mampir ke komplek keraton Surakarta. Lokasinya sangat berdekatan sekali lho.

2. Apa yang Dijual di PGS

Pusat Grosir Solo sendiri, menjual berbagai macam produk tekstil. Baik berupa baju batik, kain batik, hingga aksesories batik an beberapa kerajinan.

Tas batik di PGS
foto: instagram.com/pgs_surakarta

Ada banyak sekali toko batik dengan koleksi yang beragam. Kamu bisa membelinya dengan cara grosir maupun eceran. Sementara itu, kamu juga bisa menemukan batik tulis kain sutra yang sangat lembut dengan kualitas juara.

Batik di PGS
foto: instagram.com/pgs_surakarta

Kemeja kerja batik, blouse batik, hingga kaos-kaos iconic bertuliskan Solo the Spirit of Java ada di PGS. Untuk aksesoriesnya, selain tas dan sepatu, ada pula dompet kain batik yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh.

Wisata Menarik Lainnya :  Batik Keris Nonongan Solo, Pusat Kerajinan Nusantara

3. Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju lokasi Pusat Grosir Solo sangat mudah sekali lho. Jika berangkat dari arah timur (Karanganyar) langsung saja jalan menuju Pasar Gede Solo.

Sesampainya di tugu jam pasar Gede, ambil kanan ke arah Balai Kota Surakarta. Nah sebelum sampai ke Balai Kota, ambil kiri ke arah keraton. PGS ada di sebelah kini dekat dengan patung Slamet Riyadi.

Sementara jika mengambil rute dari barat (Semarang / Jogjakarta), langsung menuju ke Jalan pusat kota Surakarta. Lurus mentok hingga terlihat patung Slamet Riyadi. Setelah itu kamu harus berputar terlebih dahulu ke arah Balai Kota karena Jalan itu merupakan jalan searah.

4. Jam Buka

  • Senin – Sabtu
  • 09.00 – 16.00 WIB

5. Fasilitas di Pusat Grosir Solo

Belanja batik saat era new normal
foto: instagram.com/pgs_surakarta

Menjadi salah satu lokasi belanja di kota Solo yang nyaman adalah target utama PGS. Sebab, mereka sangat memperhatikan fasilitas umum bagi pengunjung.

Salah satunya adlaah eskalator yang menghubungkan setiap lantai. Jadi pengunjung tak harus kelelahan naik tangga. Meski begitu, di sana juga tetap ada tangga ya. Fasilitas lainnya sebagai berikut :

  • Toilet
  • Mushola
  • Parkir luas
  • CCTV
  • Costumer Service
  • Alat Pemadam Kebakaran
  • Loading Dock
  • Lift Service
  • Keamanan 24 Jam

6. Tips Berwisata Belanja di Pusat Grosir Solo

Jika berbelanja batik di PGS, memang tak jarang pembeli dan penjual melakukan tawar menawar barang. Hal itu memang sah-sah saja dilakukan ya. Sebab, tempat belanja tersebut juga merupakan penyedia grosir, berbeda dengan gerai batik lainnya seperti toko batik Soga Laweyan yang pastinya sudah paten harganya.

Suasana Jual Beli Batik di PGS
foto: instagram.com/pgs_surakarta/

Oleh karena itu, kamu juga harus perhatikan tips-tips belanja di PGS berikut ini :

  1. Sebelum berbelanja, ketahui terlebih dahulu rata-rata harga batik mulai dari baju atasan, setelan, celana batik, daster, rok, blouse dan lain sebagainya.
  2. Tetap jaga sopan santun dan ramah dengan pedagang
  3. Mulailah tawar dengan separuh harga dan naikan sedikit demi sedikit.
  4. Jika tak juga diberikan, bersiaplah untuk pindah gerai batik lainnya.
Wisata Menarik Lainnya :  10 Grosir Baju Solo yang Termurah

Itu dia ulasan tentang Pusat Grosir Solo (PGS) yang memang menjadi pusat wisata belanja di kota Surakarta.

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *