Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

10 Angkringan Solo yang Murah dan Rekomended

Angkringan Solo

Pernah berkunjung ke Solo Jawa Tengah? Atau bahkan kamu adalah warga Solo asli? Jika jawabannya iya, maka tempat makan yang sangat legendaris satu ini pasti sudah tak asing lagi bagi kamu.

Yups! Namanya adalah angkringan atau orang Solo menyebutnya dengan nama HIK (Hidangan Istiemewa Kampung ).

Ada beberapa rekomendasi tempat Angkringan Solo yang bisa kamu kunjungi. Selain harganya yang murah, tempat-tempat ini juga nyaman buat nongkrong lho!

1. Wedangan Lawang Djoendjing

Angkringan Solo
foto: instagram.com/adhiunggun

Wedangan Lawang Djonjing merupakan salah satu Angkringan Solo yang mempunyai konsep unik. Sesuai namanya, tempat makan yang satu ini mempunyai pintu yang gerbang yang didesain miring, atau orang jawa menyebutnya dengan nama ‘Djoendjing’. Pengunjung bisa menikmati suasana etnik yang nyaman.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati lezatnya hidangan khas angkringan. Ada aneka nasi kucing, gorengan, sate, dan racikan wedang rempah. Untuk setiap menu harganya sangat murah, mulai dari Rp. 3.500 hingga Rp. 10.000 rupiah saja. Kalau kamu ingin mengunjungi angkringan Solo yang satu ini, datang saja ke alamat Gg. Gunung Kelud II No.7, Kadipiro, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

2. Wedangan Pak Basuki

Angkringan Solo
foto: instagram.com/pangaandrew719

Nah, untuk wedangan yang satu ini konsep yang di usung sangat tradisional. Nama angkringan Solo ini adalah wedangan pak Basuki. Jargonnya ‘ Satu-satunya wedangan tradisional di Solo’. Setiap malam, tempat ini selalu ramai dan penuh.

Menu yang disajikan tak kalah menarik dengan warung yang lainnya. Di sini, kamu bisa menikmati jaddah bakar yang sangat lezat. Beberapa makanan seperti tempe dan tahu juga bisa ikutan di bakar lho. Makanan lain seperti sate ‘kere’ atau tusukan sate-sate yang lain juga bisa kamu cicipi. Semua menu dijamin harganya sangat terjangkau. Lokasi angkringan ini sangat mudah untuk ditemukan, yakni berada di Jl. Agus Salim No. 17 Sondakan, Laweyan, Surakarta.

3. Tiga Tjeret Cafe

Angkringan Solo
foto: instagram.com/siscakenyang

Selanjutnya yang sangat legendaris dari kota bengawan ini adalah Tiga Tjeret Cafe. Mengusung konsep angkringan Solo ala Cafe, tempat makan yang satu ini selalu penuh dikunjungi oleh masyarakat. Nyaman sekali untuk kamu yang ingin kongkow bersama teman-teman. Letaknya sangat strategis, yakni berada pada pusat kota Solo. Lokasi tepatnya berada di Jl. Ronggowarsito No.97, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta,

Cafe Tiga Tjeret ini buka mulai pukul 11.00 siang hingga 00.30 malam. Ada berbagai macam sundukan yang bisa kamu nikmati. Tak lupa juga nasi kucing sebagai andalan angkringan. Setiap makanan yang di ambil biasanya akan langsung di bakar.

Wisata Menarik Lainnya :  Berburu Batik di Pasar Klewer Solo

4. Lesehan Hik Gaul pak Amir

Hik Gaul Pak Amir 1
foto: instagram.com/angkringanoyii

Lesehan Hik Gaul Pak Amir, terletak di Jl. Kapten Piere Tendean No.183, Nusukan, Banjarsari.Tempatnya bisa dibilang sangat sederhana namun nyaman untuk menikmati hidangan yang ada. Menu makanan di tempat ini sama dengan wedangan yang lainnya. Namun, ada satu yang membuatnya beda, yakni biasanya nasi kucing di setiap angkringan Solo di dalamnya sudah terdapat sambal. Kalo di tempat hik gaul yang satu ini, hanya ada nasi putihnya saja tanpa ada sambal di dalam bungkusnya. Jadi nanti pembeli bisa mengambil sambalnya terpisah.

Selain itu, pembeli juga bisa bebas memilih makanan apa saja sesuai dengan keinginan. Untuk harga setiap menu di tempat ini cukup bervariasi. Tapi, tak perlu khawatir karena biasanya setiap menu makanan yang ada di hik sangat ramah di kantong. Tak jarang para mahasiswa memilih untuk menikmati makanan lezat ini di angkringan.

5. Wedangan Gareng

Angkringan Solo
foto: instagram.com/wedangan_gareng

Yang makin membuat orang rindu Solo, salah satunya adalah angkringan yang legendaris satu ini. Wedangan Gereng, mengangkat kesan ‘vintage’ jika kamu mengunjunginya. Bagaimana tidak, ornamen, bangku, meja dan cerminnya mengusung konsep yang sangat tradisional.

Nah, langsung saja masuk dari pintu utama angkringan Solo yang satu ini. Begitu masuk, kamu akan langsung disuguhi oleh berbagai jenis makanan khas hik. Kamu bisa memilih menu makanan sesuai dengan keinginan mu seperi halnya konsep ‘angkringan’ Jogja, Surabaya, atau kota besar lainnya.

Pembeda dari angkringan Solo yang satu ini dengan yang lainnya adalah, di sini kamu bisa menjumpai nasi tumpang khas Boyolali. Sementara itu untuk jam buka wedangan gareng ini mulai pukul 17.00 WIB, kamu bisa langsung meluncur ke lokasi yang bertempat di Jl. Basuki Rahmat No.6, RT.2/RW.12, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

6. Angkringan Omah Lawas

Wedangan Omah Lawas
foto: instagram.com/danny_soerjo

Angkringan omah lawas terletak di Jl. Dr. Supomo, Mangkubumen, Banjarsari, Solo. Konsep yang ditawarkan dari wedangan ini cukup menarik, dengan sentuhan modern dan nyaman untuk kongkow bersama teman-teman. Kamu juga bisa menikmati setiap hidangan yang disajikan dengan cara lesehan.

Tentu saja untuk harga dari setiap menu angkringan Solo yang satu ini pasti terjangkau. Tak heran, wedangan omah lawas menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang hits di kota Solo. Kamu bisa menikmati menu seperti nasi kucing, sate solo, jaddah, gorengan, dan juga minuman khas angkringan seperti jahe, susu jahe, dll. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 4000 rupiah hingga 10.000,-

7. Wedangan Pendopo

Wedangan Pendopo
foto: instagram.com/exploresurakarta

Setapak Langkah kali ini akan memberikan rekomendasi angkringan Solo yang sering dikunjungi oleh keluarga Jokowi nih. Namanya wedangan Pendopo, letaknya di Jl. Srigading I No.7, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Yang unik dari wedangan ini adalah konsepnya yang klasik. Begitu masuk ke dalam, kamu akan melihat pernak pernik jadoel seperti sepeda ontel lawas, radio lawas dan beberapa barang lainnya yang sangat antik. Menarik bukan? Untuk menu makanan khas di angkringannya merupakan nasi kucing dan sundukan sate, kamu bisa mengambilnya sendiri. Dari beberapa menu, yang menjadi pembeda dari wedangan lain adalah menu sayur ndeso atau sayur lombok idjo.

Wisata Menarik Lainnya :  10 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Semarang yang Asik

8. Wedangan Pak Dhie

Angkringan Solo
foto: instagram.com/solofoodgram

Jika mencari angkringan Solo yang tertua, wedangan pak Dhie adalah jawabannya. Berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, wedangan pak dhie tak pernah sepi pengunjung. Nah, untuk menu dan harga tak jauh beda dengan wedangan yang lainnya. Menu yang disajikan adalah khas HIK seperti nasi kucing, bakaran sundukan, dan beberapa wedangan rempah. Namun, yang special di tempat ini adalah nasi bandeng original yang di klaim sebagai nasi bandeng pertama di Solo.

Kalau kamu mampir di wedangan ini, jangan lupa juga untuk memesan jahe coklat original yang menjadi favorit banyak orang. Jika kamu penasaran dan ingin menjajal makanan enak di sini, kamu bisa langsung menuju wedangan yang beralamatkan di Jl. Sutan Syahrir, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

9. Wedangan Kebon Koelon

Wedangan Kebon Koelon
foto: instagram.com/trisye_widiyasari

Bagi para mahasiswa, angkringan menjadi salah satu tempat makan favorite karena harganya yang pas dengan kantong mahasiswa. Nah, angkringan Solo yang satu ini, letaknya tak jauh dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Negeri Solo (UNS). Tak heran, banyak mahasiswa yang menghabiskan waktunya untuk menikmati hidangan hik yang satu ini.

Wedangan Kebon Koelon, terletak di belakang pasar Kleco, Karangasem, Solo. Menyuguhkan konsep yang unik dan istimewa. Bagaimana tidak, tempat makan yang juga asik untuk nongkrong ini mempunyai dekorasi yang klasik. Mulai dari tatanan meja kursinya yang berkonsep jadoel, hingga ada beberapa pernak pernik kuno. Nah untuk menu makanannya, seperti halnya wedangan lain, di sini juga tersedia berbagai jenis nasi kucing, sundukan, gorengan, jaddah bakar, dan beberapa wedangan rempah yang nikmat rasanya.

10. Wedangan Gulo Klopo

Wedangan Gulo Klopo
foto: instagram.com/wedangan_guloklopo

Kita bergeser sedikit ke pinggiran kota tepatnya di jalan Semarang-Solo. Ada satu wedangan yang sangat terkenal, yakni wedangan Gulo Klopo. Angrkingan Solo yang berkonsep modern ini, pernah diresmikan oleh Joko Widodo pada tahun 2009 pada saat beliau menjabat sebagai Wali Kota Solo. Dari luar, kelihatan konsepnya minimalis namun ada sentuhan kuno yang khas.

Sementara untuk menu makanan di tempat ini cukup berbeda dengan kebanyakn wedangan lainnya. Ada banyak hidangan yang ditawarkan seperti nasi bakar kendil, woku belang, pecel madiun, bebek nangking dan menu-menu lainnya. Ternyata, wedangan ini mempunyai menu otentik Indonesia, jadi tidak hanya menu HIK saja yang dihidangkan. Cukup unik ya…

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *