setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

6 Rekomendasi Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan

Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan - Keraton Surakarta Hadiningrat

Solo merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak daya tarik pariwisata menarik dan patut di kunjungi di waktu yang senggang meski tanpa kendaaraan pribadi. Jika anda menggunakan transportasi umum, maka kota Solo Raya menjadi pilihan yang tepat karena memiliki akses transportasi umum yang sudah memadai misalnya bandara, terminal maupun stasiun.

Terkusus trasportasi kereta di bawah ini terdapat daftar rekomendasi wisata Solo dekat Stasiun Balapan yang dapat anda kunjungi selagi berwisata di Solo Raya, antara lain:

Rekomendasi Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan

Solo adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal akan kebudayaannya. Kota yang juga dijuluki sebagai Kota Batik ini juga menawarkan banyak sekali destinasi wisata menarik, yaitu:

Benteng Vastenburg

Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan yang pertama merupakan peniggalan sejarah yaitu Benteng Vastenburg. Bangunan yang merupakan suatu benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1745 di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff dengan tujuan sebagai bentuk pengawasan Bangsa Belanda kepada penguasa Keraton Surakarta.

Untuk bisa menikmati pesona dan berselfie ria di Benteng Vastenburg, Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan budget yang besar karena tiket masuk beserta tempat parkirnya tidak dikenakan biaya alias gratis.

Lokasi atau alamat tempat wisata yang satu ini ada di Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menuju Stasiun Balapan hanya akan memakan waktu sekitar 9 menit saja atau berjarak 3 km jika lewat Jalan Ronggowarsito dan menggunakan mobil.

Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan
foto: instagram.com/herdik

Kampung Batik Laweyan adalah salah satu daerah yang ada di Solo dan mempunyai berbagai pesona atau keistimewaan sehingga dikunjungi oleh banyak wisatawan. Salah satu keistimewaan Kampung ini adalah adanya suatu kelompok pengusaha batik. Di tempat wisata ini kamu bisa berkeliling menikmati suasana rumah yang sangat kental dengan budaya Jawa dan belajar membatik bersama ahlinya.

Untuk harga kursus membatik dibanderol antara Rp 50.000 sampai Rp 100.000 saja.

Alamat atau lokasi Kampung Batik Laweyan ada di Jalan Sidoluhur, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Hanya akan memakan waktu kurang lebih sekitar 12 menit atau berjarak 4,1 km saja dari Stasiun Balapan Solo jika lewat Jalan Hasanudin.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Kasunanan Surakarta adalah salah satu destinasi Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan yang ada di pusat kota Solo dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik itu domestik maupun internasional. Keraton ini dibangun pada tahun 1743 sampai 1745 dengan konstruksi bangunan menggunakan bahan dasar kayu jati.

Di Keraton Solo ini wisatawan bisa melihat sejumlah benda-benda bersejarah dan juga susunan kota lama khas Jawa. Untuk mengunjungi Keraton sendiri wisatawan harus mematuhi bermacam peraturan seperti tidak boleh menggunakan kacamata hitam, menggunakan celana pendek, menggunakan jaket, dan sandal. Jika sudah terlanjur menggunakan celana pendek maka wisatawan bisa meminjam kain bawahan hanya untuk digunakan selama berkeliling di kawasan Keraton.

Tempat wisata ini buka mulai jam 09.00 sampai 14.00 WIB dengan tiket masuk seharga Rp10.000 saja per orang.

Lokasi atau alamat Keraton Surakarta Hadiningrat ada di Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menuju ke Stasiun Balapan hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 11 menit atau berjarak 3,4 km saja jika lewat Jalan Dr. Radjiman.

Monumen Pers Nasional

Monumen pers nasional merupakan museum khusus pers nasional Indonesia yang letaknya ada di Surakarta, Jawa Tengah. Atas perintah Pangeran Surakarta Mangkunegara VII, Monumen Pers Nasional ini dibangun pada tahun 1918 sebagai ruang pertemuan dan balai perkumpulan.

Adapun berbagai koleksi Monumen Pers Nasional antara lain teknologi reportase dan teknologi komunikasi seperti mesin ketik, penerbangan, telepon, pemancar, serta kentongan besar.

Monumen ini juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti bacaan koran gratis, ruang multimedia, perpustakaan dan lain sebagainya.

Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan ini termasuk terjangkau dengan biaya masuk ke dalam Monumen Pers Nasional Solo maka pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 baik itu saat hari biasa atau akhir pekan. Sementara jam operasionalnya, monumen ini buka mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

Lokasi Monumen Pers Nasional ini ada di Jalan Gajahmada No. 76, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 4 menit atau berjarak 1,1 km saja jika lewat Jalan Gajahmada dan mengendarai mobil.

Museum Batik Danar Hadi Solo

Batik Danar Hadi Solo
foto: instagram.com/danarhadi_id

Museum Batik Danar Hadi merupakan museum batik yang didirikan oleh seorang pengusaha pribumi yaitu H. Santosa Doellah. Salah satu tujuan didirikannya museum ini adalah untuk melestarikan batik.

Museum yang berdiri sejak tahun 1967 ini menyuguhkan berbagai koleksi batik berkualitas terbaik dari berbagai daerah seperti batik Cina, batik asli Keraton, batik Jawa Hokokai, batik Sumatera, batik pesisir, dan lain sebagainya. Setidaknya terdapat sekitar 1000 helai kain batik dan sudah diakui oleh Museum Rekor Indonesia atau MURI sebagai museum yang mempunyai koleksi batik paling banyak.

Jika mengunjungi tempat wisata ini maka pengunjung bisa melihat proses pembuatan batik sampai mengikuti pelatihan mengenai pembuatan batik secara langsung.

Untuk bisa menikmati segala pesona dari koleksi Museum Batik Danar Hadi Solo maka wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 per orang baik itu hari biasa maupun hari libur atau akhir pekan. Harga tiket ini bisa saja berubah setiap saat jadi untuk jaga-jaga selalu bawa uang lebih ya! Sementara jam operasionalnya, museum ini buka mulai pukul 09.00 sampai 16.30 WIB.

Alamat Museum Batik Danar Hadi Solo ini ada di Jalan Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menuju Stasiun Balapan Solo hanya memerlukan waktu kurang lebih sekitar 6 menit atau berjarak 1,7 km saja jika lewat Jalan Gajahmada dan mengendarai mobil.

Pura Mangkunegaran

Selain Keraton Surakarta Hadiningrat, Kota Solo juga mempunyai istana megah lain yang bernama Pura Mangkunegaran yang juga merupakan Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan. Dalam bahasa Jawa “pura” berarti istana atau kerajaan. Pura Mangkunegaran ini merupakan pusat seni dan budaya di kota Solo dengan berbagai koleksi barang berharga yang dipercaya berasal atau peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Mataram.

Jika berkunjung ke tempat wisata yang berdiri pada tahun 1757 ini maka pengunjung akan ditemani oleh tour guide. Saat masuk ke area Pura Mangkunegaran maka akan terdapat pemandangan hamparan halaman yang sangat luas dan akan ditemukan pula bangunan dengan gaya Eropa bertuliskan Kavalerie Artillerie yang merupakan tempat pasukan berkuda. Adapun saat masuk ke pintu gerbang maka akan terdapat pemandangan arsitektur indah pendopo bergaya Jawa Eropa.

Untuk bisa menikmati segala pesona Pura Mangkunegaran maka pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 40.000 untuk turis. Sementara jam operasionalnya lokasi wisata ini mulai buka pukul 08.30 sampai 14.00 saat hari Senin sampai Jumat dan 08.30 sampai 13.00 pada hari Minggu.

Lokasi atau alamat Pura Mangkunegaran ini ada di Jalan Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menuju Stasiun Balapan Solo hanya akan memakan waktu kurang lebih sekitar 7 menit atau berjarak 2 km jika lewat Jalan Gajahmada dan mengendarai mobil.

Sekian informasi mengenai daftar rekomendasi wisata Solo dekat Stasiun Balapan. Semoga bisa membantu khususnya untuk Anda yang berencana ingin mengunjungi Solo. Jadi, setelah membaca artikel ini apakah Anda sudah memutuskan akan mengunjungi tempat wisata yang mana?

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks