setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

7 Rekomendasi Wisata Solo Dekat The Heritage Palace

Wisata Solo dekat The Heritage Palace

Kota Solo merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang terkenal mempunyai banyak tempat wisata mempesona dengan biaya hidup serta kenyamanan yang selalu di minati.

Oleh karena itu akan ada penjelasan mengenai rekomendasi wisata Solo dekat The Heritage Palace untuk pelancong yang ingin menyambangi kota satu ini, yaitu:

Rekomendasi Wisata Solo Dekat The Heritage Palace

The Heritage Palace adalah museum destinasi wisata menarik berupa bangunan bekas pabrik gula. Tempat ini mampu menarik perhatian para wisatawan karena nuansanya yang kental dengan Eropa klasik. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang lokasinya ada di dekat The Heritage Palace, antara lain:

Kampung Batik Laweyan

Sudut kampung batik Laweyan Solo
foto: instagram.com/chintya.hapsari

Kampung batik Laweyan merupakan salah satu pusat batik yang paling tua dan terkenal di kota Solo. Kampung ini menjadi salah satu ikon batik Solo sejak Sarekat Dagang Islam didirikan oleh haji Samanhudi yaitu pada tahun 1912.

Sudah terdapat sekitar 250 motif batik khas dari kampung ini yang sudah dipatenkan. Ciri khas dari batik Kampung Laweyan adalah warnanya yang lebih terang dibandingkan batik Kauman yang cenderung lebih gelap dan klasik.

Di Kampung Batik Laweyan ini wisatawan tidak hanya bisa membeli batik tetapi juga mengikuti paket pelatihan membuat batik. Para wisatawan bisa mengikuti kursus membatik dengan waktu yang sangat singkat yaitu sekitar 2 jam saja. Enaknya lagi hasil karya tersebut bisa dibawa pulang.

Wisata Solo dekat The Heritage Palace ini berlokasi di Jalan Sidoluhur, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Hanya akan memakan waktu kurang lebih sekitar 13 menit atau berjarak 5,6 km saja dari The Heritage Palace Hanggobayan jika lewat Jalan Dr. Rajiman dan Jalan Slamet Riyadi.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton kasunanan Surakarta adalah salah satu destinasi wisata Solo yang dikunjungi banyak wisatawan baik itu lokal maupun asing. Keraton ini dibangun mulai tahun 1743 sampai 1745  dan dirancang oleh Pangeran Mangkubumi yang mana nantinya akan memberontak kemudian mendirikan Kesultanan Yogyakarta.

Keraton ini juga mempunyai museum yang di dalamnya terdapat berbagai koleksi alat musik tradisional gamelan, hadiah dari raja-raja Eropa, serta replika pusaka Keraton. Adapun beberapa destinasi wisata di dekat Keraton Surakarta Hadiningrat seperti alun-alun, Masjid Agung Surakarta, dan Pasar Klewer.

Untuk bisa masuk ke dalam Keraton Surakarta Hadiningrat ini pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 dan jika membawa kamera maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2.000. Sementara jam operasionalnya tempat wisata ini buka mulai jam 09.00 sampai 14.00 WIB saat hari Senin sampai Kamis dan 09.00 sampai 15.00 untuk hari Sabtu sampai Minggu.

Lokasi atau alamat Keraton Surakarta Hadiningrat ada di Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menuju ke The Heritage Palace Hanggobayan hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 22 menit atau berjarak 9,3 km saja jika lewat Jalan Dr. Radjiman dan menggunakan mobil.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman
foto: instagram.com/adest.subiakta

Sama seperti Kampung Batik Laweyan, Wisata Solo dekat The Heritage Palace Kampung Batik Kauman ini juga merupakan salah satu pusat batik paling tua di kota Solo. Berdasarkan sejarah, kampung ini dulunya merupakan suatu pemukiman bagi kaum abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta yang terus mempertahankan tradisi dengan cara membatik.

Batik yang dihasilkan Kampung Kauman ini mempunyai motif klasik dan warna yang gelap. Hal tersebut berdasar pada standar atau pakem Keraton. Jadi bisa dikatakan bahwa motif batik Kauman lebih memperlihatkan atau memperkenalkan motif batik yang dikenakan pada Keraton Kasunanan Surakarta.

Alamat Kampung Batik Kauman ada di Jalan Wijaya Kusuma, Kauman, Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menuju ke The Heritage Palace Hanggobayan hanya membutuhkan kurang lebih sekitar 22 menit atau berjarak 8,9 km saja jika lewat Jalan Dr. Radjiman dan menggunakan mobil.

Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah pasar tekstil yang paling besar di kota Solo dan lokasinya bersebelahan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat. Pasar ini menjadi salah satu tujuan wisata dan sebagai simbol kota Solo yang dikunjungi banyak wisatawan baik itu lokal maupun asing guna mencari oleh-oleh khususnya batik. Pasar ini beroperasi setiap hari mulai dari jam 07.30 sampai 17.00 WIB.

Lokasi atau alamat Pasar Klewer Solo ada di Jalan Dr. Radjiman No. 5A, Kawasan Gajahan, Kec. Pasar Kliwon, Surakarta, JaTeng. Wisata Solo dekat The Heritage Palace hanya akan memakan waktu kurang lebih sekitar 22 menit atau berjarak 9 km saja untuk menuju ke The Heritage Palace Hanggobayan jika lewat Jalan Dr. Radjiman dan mengendarai mobil.

Museum Keris

Museum Keris
foto: instagram.com/ariansyahpratama._

Keris adalah salah satu senjata tradisional paling terkenal di Pulau Jawa karena mempunyai nilai budaya dan mistis yang cukup kental di kalangan masyarakat umum. Untuk melestarikannya pun di Solo terdapat Museum Keris yang diresmikan pada tanggal 9 Agustus 2017 lalu.

Museum ini mempunyai banyak koleksi keris dengan bermacam jenis dan berasal dari berbagai daerah. Setidaknya terdapat kurang lebih sekitar 300 keris dan tombak panjang yang kebanyakan berasal dari Pulau Jawa.

Untuk bisa melihat berbagai koleksi tersebut di Museum Keris maka pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja per orang. Sementara jam operasionalnya tempat wisata ini mulai buka pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

Alamat atau lokasi Museum Keris ini ada di Jalan Bhayangkara No. 2, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menuju The Heritage Palace Hanggobayan hanya akan memakan waktu kurang lebih sekitar 17 menit atau berjarak 7,4 km jika lewat Jalan Radjiman dan mengendarai mobil.

Pura Mangkunegaran

Keraton atau Pura Mangkunegaran adalah tempat yang didirikan pada tahun 1757 dan dulunya digunakan sebagai kediaman para penguasa Kadipaten Praja Mangkunegaran. Pura ini mempunyai bangunan dengan perpaduan arsitektur Jawa dan Eropa dengan warna resmi kuning emas dan hijau.

Di dalam Pura Mangkunegaran terdapat banyak koleksi barang berharga yang dipercaya merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit dan kerajaan Mataram. Beberapa koleksinya antara lain kereta, topeng, dan lain sebagainya. Adapun pendopo yang biasanya digunakan sebagai tempat pertunjukan wayang dan tari.

Untuk bisa menikmati segala pesona Pura Mangkunegaran maka wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 40.000 untuk turis.

Lokasi atau alamat Pura Mangkunegaran ini ada di Jalan Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menuju keThe Heritage Palace Hanggobayan hanya akan memakan waktu kurang lebih sekitar 20 menit atau berjarak 9,8 km jika lewat Jalan Semarang – Surakarta dan mengendarai mobil.

Tumurun Private Museum

Tumurun Private Museum
foto: instagram.com/tumurunprivatemuseum

Museum tumurun merupakan museum privat atau pribadi milik anak perusahaan tekstil terbesar di Asia yaitu PT. Sritex. Museum ini didirikan oleh Iwan Kurniawan Lukminto sebagai penghormatan untuk ayahnya yaitu HM Lukminto yang merupakan seorang penikmat karya seni dan kolektor.

Walaupun dikatakan sebagai museum pribadi di ternyata Museum Tumurun ini juga dibuka untuk umum walaupun tidak bisa masuk secara mendadak. Jika ingin berkunjung maka harus melakukan reservasi terlebih dahulu dengan cara mengunjungi di websitenya yaitu www.tumurunmuseum.com.

Alamat Tumurun Private Museum ada di Jalan Kebangkitan Nasional No. 2/4, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menuju keThe Heritage Palace Hanggobayan hanya membutuhkan kurang lebih sekitar 18 menit atau berjarak 8 km saja jika lewat Jalan Dr. Radjiman dan menggunakan mobil. Sekian informasi yang bisa kami sampaikan terkait rekomendasi wisata Solo dekat The Heritage Palace. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda semua. Jadi sudah memutuskan mau berkunjung ke wisata mana nih?

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks