setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

28 Destinasi Wisata Alam Karanganyar Terbaik Tahun 2020

Destinasi Wisata Alam Karanganyar

Destinasi wisata alam Karanganyar memanglah banyak dicari serta di kunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat sekitar. Disamping memiliki keindahan alam yang masih asri nan elok, destinasi wisata pada Karanganyar memanglah banyak memiliki terobosan baru serta inovasi yang tidak membuat bosan.

Karanganyar sebagai salah satu Kabupaten yang terletak di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu 14 km dari kota Surakarta. Kabupaten yang terkenal dengan hasil jemani ini menjadikan kota tersebut ramai dihadiri para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jika kamu berencana melakukan wisata di era new-normal tahun 2020 di kota ini, berikut ini rekomendasi desinasi wisata Karanganyar Terbaik yang dapat kamu kunjungi.

1. Tenggir Park Ngargoyoso

Tenggir Park Ngargoyoso
foto : www.instagram.com/tenggir.park
  • Lokasi : Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp. 10.000,-

Berada di kaki bukit gunung Lawu, menjadikan wisata Tenggir Park Ngargoyoso, jadi salah satu destinasi wisata alam Karanganyar terfavorit. Lokasinya berdekatan dengan wisata taman hutan raya (tahura) dan candi cetho.

Yang paling terkenal di objek wisata ini adalah spot-spot foto yang instagramable. Salah satu contohnya adalah sarang burung menggantung dan rumah honai. Banyak wisatawan yang mengabadikan moment di tempat tersebut. Selain itu, kamu juga bisa melihat hamparan taman bunga yang sangat indah lho.

Di era new-normal, Tenggir park sangat memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Para pengunjung diwajibkan untuk menggunakan masker saat memasuki objek wisata tersebut. Di beberapa tempat juga disediakan handsanitizer dan tempat cuci tangan.

2. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog
foto : www.instagram.com/istikowatidyah
  • Lokasi : Jln.dk berjo Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00
  • HTM : Rp. 5.000,-

Destinasi wisata alam Karanganyar yang tak kalah hits selanjutnya adalah air terjun Jumog. Lokasinya berdekatan dengan air terjun grojogan sewu. Bedanya kalau grojogan sewu dikelola oleh pemerintah sedangkan air terjun jumog dikelola oleh warga sekitar.

Meski begitu, keindahan alamnya tak kalah bagus lho. Air yang jernih dan udara yang sejuk membuat traveller betah menghabiskan waktu di sini. Asiknya lagi, selain bisa berendam di air terjunnya, kamu juga bisa berenang di kolam renang buatan. Kolam tersebut sengaja dibuat untuk menarik minat wisatawan.

3. Goasari River Tubing

Goasari River Tubing
foto : www.instagram.com/dhytachayang
  • Lokasi : Jl. Ngranten Wetan No.Rt 04, Puntuk, Puntukrejo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
  • Jam Buka : 08.30 – 17.00
  • HTM : Paket Tubing Rp. 60.000,-

Goasari river tubing berada di kawasan kemuning, Ngargoyoso Karanganyar. Untuk menyusuri wisata sungai di tempat ini, pengelola menyediakan peralatan safety seperti ban besar dan pelampung. Akan ada guide juga yang akan memandu selama menyusuri sungai.

Hal penting yang harus diperhatikan saat berwisata air di sini adalah siapkan kamera waterproof karena pastinya membutuhkan dokumentasi. Kemudian jangan membawa benda tajam di saku baju, dan pakai baju yang nyaman.

Jika sudah lelah bermain air, kamu bisa mampir ke gazebo-gazebo yang berada di dekat lokasi. Tempat itu disediakan untuk bersantai dan menyantap makanan. Selain itu, kamu juga bisa menyusuri goa sari yang berada di area tersebut. Ingat ya, harus tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi seperti ini.

4. Telaga Madirda

Telaga Madirda Karanganyar
foto : www.instagram.com/telaga_madirda
  • Lokasi : Area Sawah, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
  • Jam Buka : 06.00 – 17.30
  • HTM : Rp. 2000,-

Suasana tenang serta panorama yang indah membuat destinasi wisata alam Karanganyar yang satu ini menjadi idaman. Telaga Madirda, menyuguhkan pemandangan yang masih sangat alami dan asri. Airnya yang jernih serta rindangnya pepohonan membuat pelancong betah berlama-lama di tempat ini.

Serunya, pengunjung juga bisa bercamping ground di dekat telaga lho. Apalagi retribusi untuk masuk ke area telaga sangat murah. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan lingkungan sekitar dan jangan lupa untuk selalu memakai masker di era newnormal ini.

5. Kebun Teh Kemuning

Wisata alam Karanganyar kebun teh kemuning
foto : www.instagram.com/oeybawa28
  • Lokasi : Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
  • Jam Buka : 04.30 – 18.30
  • HTM : Free

Kebun Teh Kemuning menjadi destinasi wisata alam Karanganyar yang menarik. Pasalnya, untuk masuk ke area ini, kamu tak akan dikenakan tarif apapun. Kecuali, kamu melakukan kegiatan seperti outbond atau sekedar singgah untuk meminum segelas teh.

Untuk wisata outbond sendiri, di tempat ini kamu bisa menjajal bermain ATV, paint ball, flying fox hingga mencoba bermain paralayang. Seru sekali ya..

Sementara itu, jika kamu tertarik untuk menghabiskan malam mu di obyek wisata kebun teh ini, tak usah khawatir. Di sekitar lokasi, ada banyak sekali homestay, villa, dan hotel dengan harga murah. Selain itu, beberapa lokasi juga menyediakan camping ground. Tentu saja kamu harus sesuaikan dengan budget ya.

6. Candi Sukuh

Wisata candi sukuh Karanganyar
foto : www.instagram.com/peregrine_ponderings
  • Lokasi : Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp. 7.000,-

Wisata Candi Sukuh ini terletak di kec. Ngargoyoso Karanganyar. Usut punya usut, ternyata candi sukuh ini merupakan peninggalan zaman kerajaan Majapahit kuno. Hal ini dibuktikan dengan penelitian seorang arkeolog Belanda. Pasalnya, obyek wisata ini ditemukan pada masa pemerintahan Belanda yakni tahun 1815.

Dahulu, candi ini diduga dibangun sebagai tempat ibadah. Oleh kerena itu, hingga saat ini suasana sakral masih bisa dirasakan di sudut-sudutnya. Masyarakat sekitar terkadang menaruh sesajen di sudut-sudut candi.

Sementara itu, panorama alam di sana juga indah. Bagi yang suka berfoto, wisata candi Karanganyar yang satu ini juga sangat instagenic.

7. Bali nDeso Resto

Bali Ndeso Resto Karanganyar
foto : www.instagram.com/balindeso_official
  • Lokasi : Jl. Raya Kemuning, Ngranten, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
  • Jam Buka : 10.00 – 21.00 WIB
  • Harga Menu : Minuman Rp. 7000 – Rp. 25.000 Makanan Rp. 12.000 – Rp. 35.000

Lelah menjelajahi wisata alam Karanganyar? Kamu bisa banget singgah ke resto yang satu ini. Bali nDeso resto, lokasinya masih berada di dekat kebun teh kemuning. Dibangun di atas tanah seluas 2.000 hektar membuat resto ini tak hanya sebagai tempat makan saja.

Ada banyak spot-spot foto instagramable di tempat ini. Hal itu bertujuan untuk menarik minat para pelancong. Terbukti, banyak wisatawan yang singgah di resto ini tak hanya menyantap makanan yang lezat saja, tapi mereka tetap mengabadikan momen dengan berfoto.

Untuk menunya, ada banyak variasi menu rumahan seperti ikan bakar, paket ayam, sop iga, selat solo, pecel Ndeso, dan masih banyak menu yang lainnya. Berbicara soal harga, tentu saja bervariasi ya. Namun yang perlu di ingat, harganya standart resto.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata dan Petualangan Seru di Lava Tour Merapi

Di era new normal, pengelola resto ini memberlakukan social distancing. Pengunjung juga diwajibkan untuk menggunakan masker dan sering mencuci makanan.

8. Lembah Sumilir

lembah sumilir kemuning
foto : www.instagram.com/dimasandreas93
  • Lokasi : Dsn.Milir Desa, RT.01/RW.14, Sumbersari, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
  • Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp. 5.000

Masih di kawasan Kemuning, ada satu lagi destinasi wisata alam Karanganyar yang tak kalah menarik. Lembah sumilir berada di dusun Sumilir Kemuning. Tentu saja udaranya sejuk dan pemandangannya sangat bagus.

Rumah hobbit, adalah spot foto yang paling populer di obyek wisata ini. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang untuk berfoto di spot ini. Selain itu, ada juga beberapa tempat spot foto instagenic lainnya. Dijamin kamu tak bakal menyesal mengunjungi tempat ini.

9. Astana Giribangun

Astana Giribangun Karanganyar
foto : www.instagram.com/tentangkaranganyar
  • Lokasi : Jl. Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Matesih, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp. 5000 (parkir minibus)

Astana Giribangun merupakan kompleks pemakaman untuk keluarga presiden ke-2 RI yakni Soeharto. Tempat ini dibangun di lereng gunung lawu dengan ketinggian 660 m di atas permukaan laut. Tempat ini di kelola oleh yayasan keluarga cendana.

Wisata ziarah ini tak pernah sepi pengunjung. banyak pelancong yang datang dari berbagai tempat untuk berziarah. Selain makan Soeharto, di astana giribangun ini juga terdapat makan pangeran sambernyowo yang merupakan pangeran dari Mangkunegaran. Mengingat istri mantan presiden Soeharto yakni Tien Soeharto merupakan keturunan dari Mangkunegaran III.

Fasilitas yang ada di komplek wisata ziarah ini ada masjid, toilet, dan tempat parkir yang luas.

10. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro
foto : www.instagram.com/ayin_king
  • Lokasi : Jl. Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : Senin-Jum’at 08.00 – 14.30 , Sabtu-Minggu 08.00 – 17.00
  • HTM : Rp. 5.000,-

Destinasi wisata alam Karanganyar selanjutnya ada di bekas pabrik gula Sondokoro. Tempat tersebut disulap menjadi obyek wisata edukasi dan wisata outbond. Banyak anak-anak sekolah yang senang mengadakan outing class di agrowisata Sondokoro.

Sementara itu, tiket masuknya murah sekali. Kamu cukup membayar Rp. 5000,- saja. Namun, jika kamu ingin menikmati wahana yang ada di dalam obyek wisata itu, kamu harus membayar tiket lebih ya.

11. Candi Cetho

Candi Cetho Karanganyar
foto : www.instagram.com/mohammadagus1973
  • Lokasi : Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp. 7.000,-

Bagi kamu yang suka wisata sejarah, berkunjung ke Candi Cetho merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, kamu bisa belajar soal peninggalan zaman kerajaan Hidhu. Usut punya usut, Candi Cetho Karanganyar ini, dibangun pada masa pemerintahan kerajaan Majapahit tahun 1373.

Lokasinya yang berada di kaki gunung Lawu, membuat panorama sekitar candi begitu memukau. Wisata alam Karanganyar yang satu ini memang sudah tak bisa diragukan lagi.

Pada era new-normal seperti saat ini, pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan. Yang paling penting adalah menjaga jarak aman ketika memasuki area Candi.

12. Museum Sangiran Klaster Dayu

Museum Sangiran Karanganyar
foto : www.instagram.com/museumsangiran
  • Lokasi : Dayu, 57773, Dayu, Kec. Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : Selasa-Minggu 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp. 5.000,- (Klaster Dayu)

Apa yang kamu pukirkan ketika mendengar kata museum Sangiran? Situs purbakala? wisata sejarah? atau letaknya yang berada di daerah Sragen? Yup! Betul sekali, namun untuk museum sangiran klaster dayu ini letaknya bukan lagi berada di kabupaten Sragen. Klaster Dayu ini berada di kabupaten Karanganyar.

Menariknya, di museum sangiran klaster dayu ini ada sebuah ruangan khusus untuk meletakkan bukti penemuan homo erectus tipe arkaik yang ada di lapisan tanah jutaan tahun yang lalu.

13. Aerospace Edupark Karanganyar

Taman Dirgantara Edupark Karanganyar
foto : www.instagram.com/kabupatenkaranganyar
  • Lokasi : Jl. Jend. Gatot Subroto, Beningrejo, Gaum, Kec. Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar
  • Jam Buka : 06.00 – 18.00 WIB
  • HTM : Rp. 5.000,-

Biasanya, jika wisatawan berkunjung ke Karanganyar, yang ada di benak mereka adalah destinasi wisata alam Karanganyar yang berada di lereng lawu. Namun kali ini ada yang berbeda, kamu bisa berwisata edukasi di tempat ini. Aerospace Edupark diresmikan pada tahun 2015 dengan nama taman dirgantara edupark atau edupark intanpari.

Pelancong akan diajak untuk belajar tentang seluk beluk pesawat terbang. Ada 2 wahana yakni pesawat terbang jumbo jet dengan nama Karanganyar air dan satu unit helikopter.

14. Bukit Hope

Bukit Hope Karanganyar
foto : www.instagram.com/kokoatmadja
  • Lokasi : Jalan Dusun Tawang, Wonorejo, Jatiyoso, Sawah, Wonorejo, Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp. 5.000,-

Bergeser ke kecamatan Jatiyoso, ada satu destinasi wisata alam Karanganyat yang hits. Bukit Hope, merupakan obyek wisata yang populer akhir-akhir ini. Di sana ada banyak spot-spot foto berupa gardu pandang. Tentu saja di setiap gardu pandang, kamu bakal melihat keindahan alam yang tiada tara.

Jika musim hujan tiba, rute menuju lokasi cenderung becek dan pemandangan di gardu pandang akan tertutup awan. Ada baiknya jika wisatawan berkunjung saat musim kemarau. Sementara itu, di setiap spot foto, pengunjung akan dikenakan tarif di luar tarif masuk.

15. Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah
foto : www.instagram.com/agrowisata_amanah
  • Lokasi : Jl. Raya Solo – Tawangmangu KM. 34, 3, RT. 01/03, Karang, Karangpandan, Karang Wetan, Karang, Kec. Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 08.00 – 20.00
  • HTM : Outbond TK Rp. 100.000,- Outbond SD Rp. 95.000,- Outbond Parenting Rp. 120.000,- Outbond SMP, SMA, SLB Rp. 100.000,-

Wisata alam Karanganyar yang satu ini cocok sekali jika diberi label surganya wisata outbond. Agrowisata Amanah menyediakan beragam permainan outbond untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Asiknya, di sana kamu juga bisa menginap di penginapan amanah atau bisa juga bercamping. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti pelatihan pengolahan limbah rumah tangga. Setelah mengikuti pelatihan, pengunjung juga bisa berkeliling ke kebun hidroponik yang berada di area tersebut. Jangan lupa untuk selalu pakai masker ya di era new normal ini.

16. The Lawu Park Tawangmangu

Wisata alam Karanganyar the Lawu park
foto : www.instagram.com/the_lawupark
  • Lokasi : Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
  • Jam Buka : 07.30 – 22.00 WIB
  • HTM : Rp. 15.000 – Rp. 650.000 / orang

Pengen wisata yang komplit? The Lawu Park Tawangmangu jawabannya. Wisata alam Karanganyar ini menyediakan berbagai wahana yang komplit. Mulai dari wisata outbond, spot foto yang instagramable, penginapan yang sejuk, dan resto yang menyediakan makanan lezat.

Untuk penginapan di lokasi dibagi menjadi 3 jenis yakni cottage, glamping, dan tenda dump. Harganya pun berbeda-beda, kamu harus sesuaikan dengan kantong ya.

17. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan Tawangmangu Karanganyar
foto : www.instagram.com/bukitsekipan
  • Lokasi : Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
  • Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB
  • HTM : Rp. 50.000,- / orang

Kawasan wisata alam Karanganyar bukit Sekipan di buka pada tahun 2015. Pengelolanya adalah pihak swasta bukan Pemda setempat. Meski begitu, fasilitas yang ada di obyek wisata tersebut lengkap lho. Salah satunya adalah waterboom mini, rumah helloween, serta wisata outbond lainnya.

Di sini juga ada penginapan dan bumi perkemahan yang dapat digunakan oleh pengunjung. Jika lelah berjalan menyusuri obyek wisata Sekipan Tawangmangu, pengelola juga menyediakan kuda. Jadi, kamu bisa menjelajahi tempat tersebut dengan mengendarai kuda.

Wisata Menarik Lainnya :  Lebih Dekat dengan Merapi di Bukit Klangon Sleman

18. Air Terjun Pringgondani

Wisata air terjun Pringgondani Tawangmangu
foto : www.instagram.com/tentangkaranganyar
  • Lokasi : Area Hutan Lindung, Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp. 5.000,-

Wisata air terjun Pringgondani Tawangmangu biasa disebut dengan air terjun wali. Hal itu dikarenakan tempat tersebut dekat dengan petilasan Pringgondani. Bahkan sebetulnya area ini bukanlah destinasi wisata alam Karanganyar melainkan lebih ke arah wisata religi Karangnyar. Pasalnya, obyek wisata ini termasuk tempat yang sakral untuk penganut kepercayaan tertentu.

Meski demikian, pemandangan alamnya begitu indah. Jika berkunjung ke lokasi, wisatawan harus berjalan sekitar 2 km untuk menuju ke lokasi. Disarankan membawa jas hujan karena cuaca yang tak menentu. Sementara itu, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil karena tak ada kendaraan umum yang bisa sampai lokasi.

19. Sakura Hill Tawangmangu

Sakura Hill Tawangmangu Kranganyar
foto : www.instagram.com/sakurahills_tawangmangu
  • Lokasi : Jl. Raya Matesih-Tawangmangu No.16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 09.00 – 17.00
  • HTM : Rp. 30.000,-

Sakura Hill Tawangmangu atau banyak orang menyebutnya dengan wisata Jepang dan baru dibuka pada Desember 2019 lalu. Obyek wisata alam Karanganyar ini termasuk paling baru. Meski begitu, konsep yang diusuang yakni Jepang banget, membuat wisatawan sangat tertarik. Ada banyak wahana ala Jepang yang bisa dinikmati.

Salah satunya adalah spot foto taman sakura, gerbang tori seperti yang ada di Kyoto, pemandian air panas, dan masih banyak yang lainnya. Jangan lupa biar Jepang banget, kamu juga bisa menyewa baju Kimono dan berfoto di spot-spot tersebut.

20. Rumah Atsiri

Wisata alam Karanganyar rumah Atsiri
foto : www.instagram.com/rumahatsiri
  • Lokasi : Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
  • Jam Buka : 10.00 – 17.00
  • HTM : Rp. 50.000,-

Di obyek wisata Edu-rekreasi rumah atsiri Indonesia, pengunjung akan diajak untuk melihat pembuatan essential oil dari tanaman atsiri. Kegunakan dari tanaman itu sendiri sangat banyak terutama untuk kesehatan.

Tak hanya itu, di wisata taman bunga Atsiri sendiri, wisatawan akan dimanjakan dengan aroma yang sedap. Perlu diingat pada era new normal ini, pengunjung diwajibkan menjaga jarak aman dan menggunakan masker.

21. Taman Balekambang Tawangmangu

Wisata alam karanganyar taman balekambang
foto : www.instagram.com/tamanwisatabalekambang
  • Lokasi : Jl. Balaikambang, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 09.00 – 17.00
  • HTM : Rp. 20.000,-

Sempat ditutup akibat covid-19, kini taman balekambang Tawangmangu sudah buka kembali. Buka pada tanggal 16 Juni di era new-normal dengan tarif masuk hanya 20 ribu saja. Kamu juga dapat free masker lho, dan harus dipakai selama berada di obyek wisata terabut.

Sementara itu, untuk kolam renang yang berada di lokasi saat ini masih ditutup. Pengunjung bisa menikmati wahana 3D studio, miniatur dunia, dan outbond yang saat ini sudah dibuka.

22. Grojogan Sewu

Wisata air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
foto : www.instagram.com/facadehoteltawangmangu
  • Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : WNA Rp. 150.000,- WNI Rp. 17.000,-

Destinasi wisata alam Karanganyar pada era new normal selanjutnya adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Berbeda dengan Grojogan Pringgondani, obyek wisata yang satu ini memang sudah terkenal dari dulu.

Untuk mencapai lokasi, kamu harus menyusuri tangga yang berjumlah 1200an anak tangga. Jadi sebelum berkunjung ke tempat ini, ada baiknya jika mempersiapkan fisik agar teta[ fit.

23. Taman Hutan Raya (TaHuRa)

Taman Wisata Hutan Karanganyar
foto : www.instagram.com/pesonasolo
  • Lokasi : Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Tambak, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 08.00 – 18.00
  • HTM : Rp, 5.000

Wisata hutan menjadi salah satu primadona destinasi wisata alam Karanganyar. Wisata taman hutan raya (TaHuRa) KGPAA Mangkunegoro 1 lokasinya berdekatan dengan candi sukuh.

Selain suasananya yang asri, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas yang ada seperti melihat aneka satwa, menikmati air terjun parang ijo, taman bermain, taman bunga bougenvile, dan masih banyak fasilitas yang lainnya.

24. Gunung Gamping

Wisata alam Karanganyar puncak gunung Gamping
foto : www.instagram.com/didikprianto17
  • Lokasi : Matesih, kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar
  • Jam Buka : 24 jam
  • HTM : Rp. 2000 (parkir)

Tak hanya lereng gunung Lawu saja yang menjadi incaran wisatawan, kini mereka juga tertarik untuk berkunjung ke wisata alam Karanganyar di puncak gunung Gamping.

Akses menuju lokasi tidak mudah, jalan yang sempit membuat pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Untuk sampai ke puncak, kamu juga harus berjalan di medan yang cukup terjal. Namun, rasa lelahmu akan terbayar ketika melihat pemandangan alam yang indah di puncaknya.

25. Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang Karanganyar
foto : www.instagram.com/pendaki_boyolali
  • Lokasi : Ds. Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar
  • Jam Buka : 24 jam
  • HTM : Rp. 10.000,-

Bagi kamu yang pengen banget naik gunung, ada baiknya jika mencoba track yang ringan terlebih dahulu. Wisata alam Karanganyar di bukit Mongkrang, cocok untuk para pendaki pemula. Pasalnya, untuk naik ke puncak bukit tak terlalu berat. Lokasinya tak jauh dari jalur pendakian via cemara sewu. Sekitar 10 menit jika kamu menggunakan rute tersebut.

Sementara untuk retribusi dan parkir totalnya sebesar Rp. 10.000,-. Tapi jika kamu berniat untuk mendirikan tenda di atas bukit, maka kamu harus membayar lebih ya. Tujuan para pendaki adalah candi mongkrang 1, candi mongkrang 2, dan yang terakhir adalah Jobolarangan. Untuk menuju lokasi, jarak tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan.

26. Kampung Wisata Nglurah

Kampung Wisata Nglurah Tawangmangu Karanganyar
foto : www.instagram.com/kiosbunganglurah
  • Lokasi : Jl. Candi Menggung Nglurah, Nglurah, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 24 jam
  • HTM : Free

Agro wisata alam Karanganyar di desa Nglurah Tawangmangu ini banyak menyediakan tanaman hias. Pengunjung dapat membeli tanaman hias maupun tanaman obat-obatan di desa tersebut.

Hebatnya, tanaman hias yang berada di Agrowisata Nglurah ternyata sudah dipasarkan hingga negara tetangga yakni Malaysia dan Singapore.

27. Sapta Tirta Pablengan

Wisata sapta tirta pablengan Karanganyar
foto : www.instagram.com/visitjawatengah
  • Lokasi : Jl. TP Joko Songo, Bt. Argotiloso, Pablengan, Matesih, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00
  • HTM : Rp. 5.000,-

Wisata alam Karanganyar yang satu ini konon katanya erat kaitannya dengan wisata sejarah. Pada tahun 1725, obyek wisata ait sapta tirta Pablengan ini dijadikan benteng pertahanan melawan penjajah. Di sana juga ada petilasan pangeran Samber Nyowo.

Sementara itu, sapta tirta sendiri adalah bahasa jawa yang artinya adalah 7 mata air. Dahulu kala, sumber mata air itu digunakan oleh prajurit dari pangeran samber nyowo untuk mandi. Setiap mata air tersebut ada namanya dan kegunaannya sendiri-sendiri. Sebagai contoh mata air soda yang dipercaya untuk menyembuhkan penyakit.

28. Air Terjun Jumog Putri

Wisata alam Karanganyar Jumog Putri
foto : www.instagram.com/toniktriananto
  • Lokasi : Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
  • Jam Buka : 08.00 – 16.30
  • HTM : Rp. 5.000,-

Air terjun Jumog Putri Tawangmangu merupakan destinasi wisata alam Karanganyar yang tergolong paling baru. Jadi, namanya tak seterkenal air terjun Jumog atau air terjun Grojogan Sewu. Meski begitu, rute untuk menuju lokasi sangatlah mudah karena berada di tepi jalan alternatif Tawangmangu-Magetan.

Menariknya, air terjun jumog putri ini dikelola oleh pribadi bukan pemerintah daerah. Pak Subali, sang pemilik menuturkan jika air terjun tersebut tak akan surut meski musim kemarau.

Itulah 28 destinasi wisata alam Karanganyar di era new-normal ini. Tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga selalu kesehatan kalian agar tetap bisa berpiknik ceria.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *