Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Serunya Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Kawasan Tawangmangu Karanganyar masih menjadi sorotan tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah Bukit Sekipan Tawangmangu yang bisa teman Setapak kunjungi di akhir pekan bersama keluarga.

Bukit Sekipan Tawangmangu tak hanya menawarkan indahnya pemandangan perbukitan, namun ada juga berbagai macam wahana bermain, tentunya seru sekali untuk berlibur di sini bersama buah hati.

1. Letak Bukit Sekipan Tawangmangu

Terletak di Jalan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Wisata bukit sekipan ini juga sangat dekat dengan obyek wisata taman balekambang Tawangmangu. Jadi traveller bisa sekalian berkunjung ke sana ya.

2. Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju Bukit Sekipan Tawangmangu,  teman Setapak bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Karena sudah ada akses jalan dan rute yang mudah.

Jalur utamanya berada di Jalan Raya Solo – Tawangmangu. Selanjutnya kamu akan menemukan Pasar Tawangmangu, dari sini kamu cukup lurus ke arah sarangan hingga menemukan Kantor Kelurahan Kalisoro.

Setelah itu ambil ke arah kanan sejauh 500 meter hingga sampai ke Bukit Sekipan Tawangmangu. Kamu juga bisa menggunakan layanan maps untuk menunjukan lokasi wisata ini.

View epic di Bukit sekipan Tawangmangu
foto : instagram.com/bukitsekipan

3. Jam Operasional

Tempat wisata dibuka setiap mulai dari jam 8 pagi sampai 6 sore. Cukup lama juga ya, jadi kamu dapat menikmati wahana yang tersedia dengan puas.

Selain berwisata di siang hari, kamu juga bisa merasakan sensasi wisata malam di Bukit Sekipan Night atau Taman Lampion yang dibuka setiap hari Sabtu pada malam hari, mulai dari jam 6 sore sampai 10 malam.

4. Sejarah Bukit Sekipan

Dahulu, pada masa penjajahan Belanda, kawasan Bukit Sekipan terkenal sebagai tempat latihan militer oleh tentara Belanda.

Setelah Indonesia merdeka, bukit ini hanya dibiarkan saja. Sehingga dipenuhi semak belukar, seperti tempat terbengkalai.

Pada tahun 2015, kawasan ini mulai dibangun dan didirikan tempat wisata yang kita kenal sekarang, Bukit Sekipan. Tawangmangu

Hadirnya wisata ini, membuat para wisatawan lokal Karanganyar maupun daerah lain mulai mengunjungi Bukit Sekipan Tawangmangu.

Negeri dongeng sekipan tawangmangu
foto : instagram.com/bukitsekipan

5. Wahana Menarik

Selain menjadi wisata alam di Karanganyar dengan view perbukitan, Bukit Sekipan Tawangmangu juga menjadi tempatnya wahana menarik.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Bunker Kaliadem Merapi Tetap Memikat Hati

Membawa anak – anak berlibur di Bukit Sekipan adalah pilihan yang tepat, karena disediakan aneka wahana yang bisa dimainkan oleh orang dewasa maupun anak – anak.

a. Wahana Waterboom Mini

Terdapat waterboom mini dengan dilengkapi aneka permainan air yang tentunya akan sangat menyenangkan.

Wisata air waterboom mini sekipan tawangmangu
foto : instagram.com/bukitsekipan

Dengan lokasi wisata di bawah kaki Gunung Lawu, membuat wahana waterboom ini terasa dingin dan sejuk. Tak heran jika wisata air ini menjadi salah satu wahana favorit untuk semua kalangan.

b. Wisata Outbond Sekipan Tawangmangu

Selain waterboom mini, ada juga outbound yang mengedukasi untuk anak – anak. Adanya wisata outbound ini, dapat melatih ketangkasan dan motorik anak. Outbound juga dapat meningkatkan percaya diri dan kerjasama antar tim.

wisata outbond bukit sekipan tawangmangu
foto : instagram.com/bukitsekipan

Sedangkan kamu, yang membawa anak balita, bisa diajak bermain di playground dengan permainan yang lebih nyaman.

c. Rumah Kaca

Ada pula, wahana Rumah Kaca. Wahana ini layakanya labirin, karena di sini kamu harus menemukan jakan keluar. Tak mudah, kamu akan dibuat bingung dengan pantulan badanmu di cermin.

d. Wisata Salju

Bukit Sekipan selalu saja mempunyai wahana baru yang seru lainnya. Contohnya wisata salju yang sangat epic. Wah, serasa di luar negeri nih.

wisata salju sekipan tawangmangu
foto : instagram.com/bukitsekipan

Tak hanya itu, masih ada wahana lain yang bisa teman Setapak coba. Kamu bisa bermain mini coster, monorail, bom bom car, kora – kora, komidi putar, dan masih banyak lagi.

6. Rekomendasi Spot Foto Unik

Tak lengkap rasanya jika berwisata tanpa berfoto. Tenang saja, di Bukit Sekipan Tawangmangu disediakan banyak sekali spot foto yang tak kalah unik. Yuk, check it out.

Yang pertama ada Kampung Halloween. Dilihat dari namanya, wahana ini bukan sekedar kampung biasa, Kampung Halloween ini berisi patung – patung berbagai hantu. Kamu bisa mengambil foto dengan gaya anti mainstream bersama patung – patung hantu tersebut.

Spot foto hantu sekipan tawangmangu
foto : instagram.com/bukitsekipan

Berikutnya ada miniatur landmark dunia, seperti Menara Pisa, Menara Eiffel, Taj Mahal, hingga Ka’bah bisa kamu jadikan sebagai background fotomu.

Selain miniatur landmark dunia, tersedia replika presiden dan bangunan menyerupai kapal ala – ala kapal titanic lengkap dengan gardu pandangnya, tempat yang pas untuk selfie.

replika kapal titanic
foto : www.instagram.com/bukitsekipan

Spot foto unik selanjutnya adalah Rumah Terbalik dengan reality room. Dengan berbagai furniture dan peralatan rumah yang sengaja ditata terbalik, jangan heran jika ada tempat tidur di atas ruangan.

Wahana Rumah Terbalik
foto : instagram.com/bukitsekipan

Tips foto untuk yang satu ini, kamu bisa berpose layaknya kamu sedang terbalik ditambah lagi dengan ekpresi yang mendukung.

Wisata Menarik Lainnya :  Potret Wisata Tahura, Taman Hutan Raya Karanganyar

Di Bukit Sekipan terdapat pula spot foto yang sekaligus bisa mengedukasi. Yaitu Rumah Papua, selain dapat berselfie ria dengan patung orang Papua, Kamu juga dapat mengenal arsitektur rumah adat Papua, yaitu rumah hanoi.

replika rumah papua sekipan tawangmangu
foto : instagram.com/bukitsekipan

Selain Rumah Papua, ada juga Joglo Mantili. Area yang berkonsep budaya Jawa dilengkapi juga dengan patung – patung berpakaian adat Jawa.

Kamu juga bisa loh menyewa aneka pakaian, seperti pakaian adat Jawa, hanbok dari Korea, dan kimono dari Jepang. Dengan dilengkapi photoboth dan tersedia juga jasa fotografer sehingga fotomu lebih keren.

7. Tiket masuk

Tersedia dua pilihan tiket masuk wisata Bukit Sekipan Tawangmangu.

1. Tiket Reguler : Rp 50.000

Dengan membayar Rp 50.000 kita bisa menikmati wahana Kampung Halloween, Taman Lampion, 3D Art, Replika Presiden RI, Miniatur Dunia, Waterboom, Mini Zoo, Studio Film 8 Dimensi, Sepeda Air, Gembok Cinta, Goa Hantu, 90 Spot Selfie, Kapal Titanic

2. Tiket Terusan : Rp 100.000

Termasuk semua wahana tiket reguler, super rally, monorail, kora-kora, kiddy boat, carossel, kereta mini, bombom car, dan kincir-kincir bisa kamu nikmati.

Dan berikut adalah daftar harga wahana tanpa tiket terusan.

  • Mini Coster : Rp 25.000
  • Kursi Terbang : Rp 15.000
  • Bom Bom Car : Rp 25.000
  • Super Rally : Rp 20.000
  • Monorail : Rp 20.000
  • Kora-Kora : Rp 15.000
  • Kiddy Boat : Rp 10.000
  • Komidi Putar : Rp 10.000
  • Kereta Mini : Rp 10.000

Selain itu, ada juga tiket tersendiri untuk memasuki Bukit Sekipan Night atau Taman Lampion seharga Rp 60.000 sudah bisa menikmati wahana layaknya tiket reguler.

8. Penginapan di Bukit Sekipan

Penginapan ala Jepang bukit sekipan
foto : instagram.com/bukitsekipan

Disediakan beberapa pilihan penginapan dengan fasilitas dan interior yang beragam untuk pengunjung yang ingin menikmati malam di Bukit Sekipan. Berikut adalah daftar penginapannya :

  • Wisma Small Room = Rp 350.000
  • Tipe Connecting Room = Rp 600.000
  • Tipe Pavilliun Room = Rp 600.000
  • Villa = Rp 1.400.000
  • Cottage Jepang = Rp 750.000
  • Titanic Room = Rp 550.000

Catatan : harga bisa berubah sewaktu – waktu tergantung kebijakan pengelola.

wisata belanja oleh-oleh sekipan tawangmangu
foto : instagram.com/bukitsekipan

Wisatawan yang hobi banget belanja, bisa nih, memborong oleh – oleh khas Bukit Sekipan. Karena di area wisata ini disediakan kios oleh – oleh dengan harga miring.

Mau tau banyak lagi keseruan yang ada di Bukit Sekipan Tawangmangu ? Yuk, segera agendakan libur akhir pekanmu.

Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *