setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Wisata Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

Wisata Gunung Lawu

Wisata Gunung Lawu berletak di Pulau Jawa yang tepatnya berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur di antara tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi Jawa Timur dan Kabupaten Magetan Jawa Timur.

Sedangkan jalur pendakian Cemoro Sewu yang ketinggiannya sudah mencapai 1800 mdpl dengan model jalur nanjak dan hampir tidak terdapat jalur yang landai mempunyai daya tarik tersendiri bagi pegiat alam, penikmat alam dan pencinta alam. Jalur Ini terdiri dari batu batuan besar yang berwarna hitam serta cukup menantang.

1. Jalur Cemoro Sewu

Jalur Cemoro Sewu terdapat lima pos dengan jarak tempuh antara pos satu menuju pos dua sekitar satu sampai dua jam dan jalurnya sangatlah cukup terjal. Selanjutnya dari pos dua ke pos tiga dapat di tempuh sekitar dua jam dengan jalan santai serta laindai.

Pada wisata Gunung Lawu di pos ketiga sampai dengan pos ke empat dapat di tempuh dengan waktu sekitar satu setengah sampai dengan dua jam dan di pos empat ini sudah terdapat area camp untuk para pendaki yang sudah tidak sanggup melanjutkan perjalanan di karenakan kecapean ataupun keletihan. Di area ini dapat anda dapat gunakan untuk mendirikan sekitar tiga tenda sampai dengan empat tenda dengan kapasitas lima orang sampai enam orang.

Wisata Gunung Lawu Jalur Cemara Sewu
foto: Wisata Gunung Lawu Jalur Cemara Sewu

Yang paling menakjubkan yaitu perjalanan dari pos empat menuju pos lima bagi kami. Di sini para pendaki sudah di suguhi dengan pemandangan sabana yang sangat indah dan luas dari jalur cemoro sewu, biasanya para pendaki mendirikan tendanya di area ini karena tempat yang begitu luas dan sudah dekat dengan mata air yang cukup.

Wisata Menarik Lainnya :  HTM, Jam Buka, Fasilitas Museum Ullen Sentalu Jogja di Era New Normal

Sekitar lima belas menit setelah pos lima maka akan sampai di sendang drajat yaitu mata air yang dapat di gunakan untuk minum serta memasak oleh para pendaki. Di sini pendakian belum selesai dari Sendang Drajat menuju puncak Hargo Dalem yaitu salah satu puncak wisata Gunung Lawu karena para pendaki akan menemui sebuah pondok atau warung mbok Yem yang menjual berbagai makanan dan minuman seperti mendoan, nasi pecel, mie instan dan masih banyak lagi jajanan yang di jual di warung tersebut.

2. Warung Mbok Yem Gunung Lawu

Warung mbok Yem (warung legendaris puncak gunung lawu) atau yang bernama asli mbok Wakiyem konon sudah ada sejak tahun 1980-an menetap di gunung lawu untuk berdagang. Dari warung mbok Yem menuju puncak Hargo Dalem sendiri membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan di suguhi pemandangan bunga edelweis atau bisa di sebut juga bunga abadi pada saat musim kemarau bunga akan bermekaran.

Untuk  mencapai puncak  Hargo dumilah dari puncak Hargo Dalem para pendaki membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan medan perbukitan dengan jalur tanah berdebu pada musim kemarau. Puncak Hargo Dumilah adalah puncaknya wisata Gunung Lawu yang mempunyai ketinggian 3265 mdpl yang dapat di tempuh dari tiga jalur yaitu  jalur Cemoro Sewu yang berada di Kabupaten Magetan Jawa Timur, jalur Cemoro Kandang yang berada di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dan jalur Candi Cetho yang yang terdapat di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Artikel serta dokumentasi telah melalui editoring tim Setapak Langkah dikirim oleh : Ika Novita Sari (@ins_sari)
setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *