Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Berburu Sunrise dan Sunset di Gunung Gamping Tawangmangu

Gunung Gamping Tawangmangu

Menjelajahi tempat – tempat wisata yang ada di Lereng Gunung Lawu memang tak ada habisnya. Daerah pegunungan ini sangat bagus dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Namun jika wisatawan bosan berlibur di lereng Gunung Lawu, bisa dicoba mengunjungi puncak Gunung Gamping.

Gunung Gamping Tawangmangu, merupakan wisata yang menawarkan keindahan alam sekitar Kabupaten Karanganyar dari puncak gunung. Tempatnya yang sejuk dan tenang, cocok untuk mengisi libur akhir pekan dan membebaskan diri dari kesibukan setiap hari.

Seperti apa sih Gunung Gamping itu ? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Lokasi Gunung Gamping Tawangmangu

Gunung Gamping berada di daerah yang terkenal akan wisata alamnya, yaitu Tawangmangu. Tepatnya di Dukuh Gamping, Dusun Pelas, Desa Bandardawung, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

2. Rute Menuju Gunung Gamping Tawangmangu

Untuk menuju Gunung Gamping Tawangmangu, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari arah Kota Karanganyar. Melewati Jalan Raya Matesih – Tawangmangu dan berhenti di Desa Bandardawung.

Karena letaknya di kawasan perbukitan dengan jalanan yang berkelok dan menanjak, pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima, agar dapat melalui medan jalanan.

3. Harga Tiket Masuk Gunung Gamping

Anak tangga Gunung Gamping Tawangmangu
foto : instagram.com/asrulfahrudin1996/

Ingin mengunjungi Gunung Gamping Tawangmangu ini ? Kira – kira berapa sih harga tiket masuknya ? Untuk berwisata di sini, tak perlu merogoh kocek lebih dalam loh.

Cukup membayar tiket masuk untuk kebersihan sebesar Rp 2.000 tiap orang. Dan untuk tarif parkir kendaraannya, hanya Rp 2.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

4. Menikmati Keindahan Sunrise dan Sunset di Puncak Gunung

Sunset di Gunung Gamping Tawangmangu
foto : instagram.com/wonderfulsoloraya/

Dulunya sebelum dikelola menjadi tempat wisata yang keren abis, area ini dimanfaatkan warga sekitar untuk menambang gamping, hingga dikenal dengan Gunung Gamping karena terdapat batuan gamping yang melimpah.

Gunung Gamping Tawangmangu ini menarik minat wisatawan. Panorama yang masih alami dengan bebatuan yang menjulang tinggi membuat semakin eksotis. Apalagi lokasinya yang berada di tengah – tengah lahan pertanian yang hijau.

Jalur utama menuju puncak gunung berupa anak tangga yang dihias dengan cat warna – warni. Dan terdapat plang bertuliskan “Welcome To Mt Gamping” sebelum menaiki anak tangga.

Perjalanan menuju puncak penuh dengan pemandangan yang memukau. di sebelah timur, terlihat Gunung Lawu yang berdiri gagah. Sedangkan di sebelah barat, Kota Karanganyar dapat terlihat dari sini. Di sepanjang jalan terlihat pula para penambang gamping yang bekerja keras.

Keindahan Gunung Gamping Tawangmangu
foto : instagram.com/wonderfulsolo/

Sampai di puncak Gunung Gamping Tawangmangu, wisatawan akan disambut semilir angin khas gunung dan panorama alam dapat dilihat dari ketinggian.

Wisata Gunung Gamping Twangmangu, kini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung. Terdapat gazebo untuk mengistirahatkan tubuh sejenak. Ada juga spot foto yang instagenic, seperti kincir angin, gerbong tua yang aesthetic, dan gardu pandang dari potongan kayu.

Di sisi lain, masih ada daya tarik lain yang tak kalah menawan. Jika datang pada pagi hari akan tampak sunrise dari ujung timur. Sedangkan ketika datang di sore hari, terihat matahari kembali ke peraduannya. Sungguh lanskap mempesona tiada duanya.

Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan foto view yang menakjubkan dari atas Gunung Gamping Tawangmangu. Bahkan kerap kali tempat wisata ini dijadikan latar untuk sesi foto prewedding oleh beberapa pasangan.

5. Asyiknya Camping di Gunung Gamping

Gazebo Gunung Gamping Tawangmangu
foto : instagram.com/inug_boyz/

Selain mendaki Gunung Gamping untuk berfoto ria dan menikmati pesona alam yang ditawarkan. Wisatawan juga bisa nih menikmati suasana malam di sini dengan berkemah.

Sorot lampu dari kota dan kemerlap bintang di atas langit, menjadikan suasana malam di Gunung Gamping Tawangmangu semakin syahdu. Membuat siapa saja merasa betah menikmati camping.

Adapun jika ingin bermalam dan mendirikan tenda, pengunjung cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 50.000 per tendanya. Setelah selesai berkemah, harap untuk menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah di lokasi perkemahan.

6. Wisata Religi Syekh Maulana Maghribi di Gunung Gamping Tawangmangu

Spot foto gunung gamping tawangmangu
foto : instagram.com/anggavito09/

Tak jauh dari wisata Gunung Gamping, pengunjung dapat menemukan objek wisata yang lekat dengan jejak perkembangan islam di Nusantara. Yaitu Bukit Jabal Kanil, berada di desa yang sama dengan lokasi Gunung Gamping, Desa Bandar Dawung. Bukit ini punya sejarah panjang dengan ulama kondang, Syekh Maulana Maghribi.

Warga setempat meyakini bahwa Syekh Maulana Maghribi merupakan sosok yang membangun Bukit Jabal Kanil sebagai pusat syiar. Beliau dikenal dengan nama Maulana Maghribi karena mempunyai kebiasaan melakukan syiar menjelang maghrib.

Dahulu kawasan ini hanya berupa perbukitan saja, sebelum dibangun perkampungan. Hingga kemudian Syekh Maulana Maghribi mendirikan pusat santri untuk masyarakat yang ingin belajar agama islam di Jabal Kanil. Bahkan diyakini sebagai yang pertama di Jawa Tengah, karena ada jauh sebelum era sunan.

Sepertinya seru sekali ya, berlibur di Gunung Gamping apalagi bersama kawan maupun keluarga. Sudah ada rencana untuk mengunjungi nya ?

Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *