Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Yuk! Liburan ke Edu-Rekreasi Rumah Atsiri Tawangmangu

Rumah Atsiri Tawangmangu Karanganyar

Tau nggak sih, ternyata di Karanganyar Jawa Tengah, tepatnya di Tawangmangu ada banyak tanaman atsiri. Tanaman tersebut jika di olah akan menghasilkan essential oil.

Wisatawan bisa melihat proses pembuatannya di rumah atsiri Tawangmangu. Bahkan, mereka bisa meraciknya secara langsung. Menarik bukan?

1. Mengenal Tanaman Atsiri

Tanaman Atsiri
foto : instagram.com/rumahatsiri

Lereng Lawu memang terkenal akan kesuburan tanahnya. Tak heran jika banyak tanaman yang tumbuh dengan baik di sana. Salah satunya adalah tanaman atsiri yang ada di rumah atsiri Tawangmangu.

Tanaman tersebut biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak essensial yang digunakan sebagai aromaterapi. Saat ini banyak sekali orang yang memburu aromatheraphy humidifier untuk meredakan rasa cemas.

Perlu diketahui, jenis tanaman atsiri ini banyak sekali. Salah satunya adalah citronella, lavender, eukaliptus dan puluhan jenis lainnya. Manfaatnya juga bermacam-macam. Ada yang digunakan untuk meredakan nyeri otot, membantu agar tidur nyenyak, atau bahkan digunakan saat perut terasa mual.

2. Sejarah Wisata Rumah Atsiri Tawangmangu

Sejarah wisata rumah atsiri tawangmangu
foto: instagram.com/rumahatsiri

Bermula pada tahun 1963, rumah atsiri Tawangmangu zaman dulu merupakan bangunan pabrik untuk pembuatan citronella. Pabrik tersebut merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Bulgaria.

Namun, pabrik itu akhirnya jatuh ke tangan swasta pada tahun 1986. Kemudian pada tahun 2015 mereka berhenti produksi karena keadaan krisis. Nah, pada saat itulah tempat ini di ambil alih dan dijadikan rumah atsiri Tawangmangu.

Wisata Menarik Lainnya :  Ini Rekomendasi 16 Spot Beli Batik di Solo

Arsitektur bangunannya sangat menarik dan indah. Cocok sekali untuk kamu yang suka mengabadikan momen dengan berfoto di sana. Tak ayal wisata alam Karanganyar yang satu ini banyak di datangi pelancong.

3. Wisata Edukasi Tawangmangu di Rumah Atsiri Indonesia

a. Workshop Rumah Atsiri

Menariknya, di rumah atsiri Tawangmangu, kamu bisa ikut melihat proses pembutan produk essentialnya. Salah satunya adalah lilin aropaterapi, hand sanitizer, bath boom, dan tentu saja essential oil.

Jangan khawatir, kamu tak hanya bisa melihat prosesnya saja kok. Tapi, kamu juga bisa ikut meraciknya. Kabar baiknya, racikan yang kamu buat juga bisa dibawa pulang lho.

b. Museum

Nah, ada juga museumnya. Tentunya kamu akan melihat perjalanan sejarah dari tempat ini. Selain itu, kamu juga bisa melihat secara langsung alat-alat yang digunakan untuk membuat minyak atsiri.

c. Aromatic Garden

Aromatic Garden Tawangmangu
foto: instagram.com/rumahatsiri

Wisata kebun bunga yang indah juga ada di rumat atsiri Tawangmangu. Tentu saja, bunga-bunga yang bisa dilihat berasal dari tanaman atsiri. Namanya saja kebun aromaterapi, pasti pengunjung bisa mencium aroma yang menyenangkan di tempat itu.

Usut punya usut, di kebuh tersebut ada kurang lebih 80 jenis tanaman. Tak hanya dari Indonesia saja, beberapa tumbuhan itu juga berasal dari luar negeri.

Pemanangan yang ditampilkan di tempat ini juga indah lho. Tak jarang pengunjung yang mengabadikan momen di tempat ini karena sangat instagenic.

4. Rute dan Lokasi Rumah Atsiri Indonesia

Lokasi rumah atsiri ini berada di Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Rute menuju lokasinya tak sulit kok, kamu bisa pakai kendaraan pribadi. Kendaraan roda dua atau roda empat. Namun, kamu harus memperhatikan kondisi kendaraan yang kamu tumpangi ya, karna berada di lereng Lawu, jalan yang dilalui sudah pasti naik turun.

Wisata Menarik Lainnya :  Batik Keris Nonongan Solo, Pusat Kerajinan Nusantara

5. HTM

  • Tiket masuk : Rp. 50.000,-

Tiket masuk tersebut akan ditukarkan dengan voucher. Voucher juga bisa digunakan untuk pembayaran di rumah makan yang ada di lokasi.

6. Jam Operasional

  • Senin – Minggu
  • 10.00 WIB – 17.00 WIB

7. Fasilitas

Museum rumah atsiri
foto: instagram.com/rumahatsiri

Rumah artisi Tawangmangu punya fasilitas umum yang bisa digunakan oleh pengunjung.

  • Toilet
  • Tempat parkir luas
  • Laboratorium
  • Toko Marchandise
  • Tempat ibadah
  • Rumah makan

8. Harga Menu Makanan di Rumah Atsiri Restaurant

resto rumah atsiri
foto: instagram.com/p/BkZvhJxD3XY

Salah satu fasilitas yang ditawarkan dari rumah atsiri Tawangmangu adalah restaurannya. Setelah lelah belajar tentang tanaman penghasil aromaterapi, ada baiknya mengisi perut dulu di sini.

Untuk harga setiap menu yang disajikan tempat ini, terbilang standar resto ya. Beberapa menu makanan dan harganya sebagai berikut.

  • Ice Tea : Rp. 10.000,-
  • Mocktail : Rp. 25.000,-
  • Jus Buah : Rp. 20.000,-
  • Paket sate kambing : Rp. 50.000,-

Ada menu-menu lainnya juga seperti nasi goreng, nasi campur, sup iga, spaghetti, carbonara, dan gordon bleu.

Nah yang special dari resto ini adalah minumannya. Menu mocktail yang disajikan mengandung atsiri. Sebagai contoh green atsiri mocktail, mint pinnaple mocktail dan rosemary red atsiri. Meski begitu, ada juga minuman lain seperti cappucino, blueberry tea, cookies and cream dan mojito.

Menarik ya, kapan nih jalan-jalan ke sana?

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *