Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Informasi Lengkap, Wisata Ala Jepang, Sakura Hill Tawangmangu

Sakura Hills Tawangmangu

Lereng Gunung Lawu masih menjadi tempat yang kece untuk ber-wisata alam. Salah satunya adalah Sakura Hill Tawangmangu. Wisata yang menawarkan view ala Jepang ini, tergolong tempat wisata baru yang tak kalah bagus dengan tempat wisata alam Karanganyar lainnya.

Sakura Hill Tawangmangu baru saja dibuka pada akhir tahun 2019 yang lalu. Tapi sudah ramai wisatawan yang mengunjunginya. Mengapa pengunjung bisa begitu antusias ? Yuk, simak ulasan mengenai Sakura Hill Tawangmangu berikut ini.

1.  Lokasi Sakura Hill Tawangmangu

Tempat wisata Sakura Hill Tawangmangu beralamatkan di Jalan Raya Matesih no. 16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Berada di lereng Gunung Lawu, membuat tempat wisata satu ini terasa sejuk, ditambah lagi dengan pemandangannya yang menghadap langsung ke Gunung Lawu, sangat nyaman sekali untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama orang terdekat.

2. Jam Operasional

Foto ala Jepang di Sakura Hills Tawangmangu
foto : instagram.com/sakurahills_tawangmangu

Wisata Sakura Hill Tawangmangu beroperasi mulai dari jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore. Dengan jam buka cukup lama ini, kamu bisa menghabiskan waktumu untuk berkeliling dan berfoto di berbagai spot yang instagramable yang tersedia.

3. Harga Tiket Masuk Terbaru

Untuk masuk ke wisata Sakura Hill Tawangmangu kamu akan dikenakan tarif Rp 30.000 untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak – anak hanya membayar Rp 15.000. Selain itu, wisata ini  sering kali menawarkan harga promo untuk tiket masuknya.

Harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan berwisata langsung ke Negara Jepang bukan ?

4. Fasilitas dan Spot Foto

Spot foto baju Kimono ala Jepang
foto : instagram.com/sakurahills_tawangmangu

Sama layaknya fasilitas wisata di tempat lain, seperti tempat parkir, toilet, dan mushola. Namun, ada yang wajib kamu coba, yaitu kulinernya. Ada Jubatsu Cafe yang menawarkan makanan ala Jepang.

Dan kamu yang kurang suka masakan Jepang bisa memilih di Isoku Resto yang menjual makanan Indonesia. Isoku Resto juga menyajikan Kopi Lawu Salman, kopi arabika asli yang hanya ada dan ditanam di Sakura Hill Tawangmangu.

Wisata Menarik Lainnya :  Berburu Spot Foto Terbaik di The Lawu Park Tawangmangu

Sakura Hill Tawangmangu ini perpaduan alam Gunung Lawu dengan ornamen dan bangunan ikonik Jepang. Kamu juga bisa mengambil gambar di spot foto yang tersedia dan mengunggahnya di media sosial mu.

Pertama memasuki wisata ini, kamu akan disambut dengan bangunan yang menyerupai benteng Takeshi dengan corak kayu yang Jepang banget.

Ada juga bebentuk seperti Torii Path, pintu gerbang kuil berwarna merah keoranyean khas Jepang yang ada di Kuil Fushimi Inari Taisha, kamu bisa menjumpai tanpa harus pergi jauh – jauh ke Jepang. Cukup datang saja ke Sakura Hill Tawangmangu, Karanganyar.

Gerbang Khas Wisata Jepang
foto : instagram.com/sakurahills_tawangmangu

Selanjutnya, ada spot foto yang tak kalah unik bernama Lorong Waktu. Lorong ini dibuat dengan memanfaatkan limbah botol kecap. Dengan disusun sedemikian rupa hingga menjadi apik, seolah mengingatkan kita bahwa limbah jika diolah dengan baik akan bermanfaat.

Lorong Waktu Sakura Hills Tawangmangu
foto : instagram.com/sakurahills_tawangmangu

Di sini ada samurai koen, kamu bisa melihat barang – barang bekas seperti sisa potongan paralon dan ban bekas disulap menjadi patung patung samurai lengkap dengan pedangnya. Kreatif sekali ya.

Samurai Koen
foto : instagram.com/sakurahills_tawangmangu

Untuk menambah kesan Jepang di Sakura Hill Tawangmangu, disediakan juga penyewaan  pakaian khas Jepang seperti kimono, yukata dan baju samurai dilengkapi dengan berbagai aksesoris yang mendukung.

Persewaan baju kimono sakura hills Tawangmangu
foto : instagram.com/sakurahills_tawangmangu

5. Wahana dan Penginapan

Tak hanya menyediakan spot foto, di Sakura Hill Tawangmangu juga disediakan beberapa wahana. Sehingga kamu bisa mengajak anak – anak berlibur disini. Berikut adalah wahana yang ada di Sakura Hill :

a. Sakura Park

Sesuai dengan nama tempat wisata ini, Sakura Hill Tawangmangu terdapat taman bunga sakura berwarna pink bermekeran yang khas Jepang. Bukan bunga yang terbuat dari plastik, melainkan pohon dan bunga sakura asli, karena di sekitar sini terdapat budidaya bunga sakura.

b. Nihon Gallery

Bangunan Jepang dengan dominan warna merah berlantai kayu ini, berisi beraneka ragam lukisan dan pernak pernik ala Jepang beserta sejarahnya, yang dapat mengedukasi para wisatawan.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Tempat Wisata Alam Bali yang Paling Tersembunyi

Kamu juga bisa loh mencoba Japanese Tea Ceremony, yaitu upacara minum teh yang biasa dilakukan oleh orang Jepang.

Nihon Gallery Sakura Hills Tawangmangu
foto : instagram.com/sakurahills_tawangmangu

c. Zen Garden

Area ini digunakan untuk kamu yang ingin merasakan sensasinya ‘rock balancing’, kamu dapat melatih fokus dan ketenangan dengan menyusun batu – batu beraneka bentuk agar seimbang.

Mungkin terdengar sepele ya, tapi siapa sangka melakukan ini cukup menguras kesabaran karena sering kali batu tak seimbang dan jatuh. Pengelola Sakura Hill sering menggunakan area ini untuk mengadakan lomba rock balancing.

Zen Garden
foto : instagram.com/sakurahills_tawangmangu

d. Kawaguchiko Onsen

Untukmu yang tak tahan hawa dingin pegunungan, kamu bisa coba nih, onsen atau pemandian air panas.  Berendam di sini akan membuat tubuhmu lebih rileks.

Di bagian lain terdapat juga kolam buatan, yang bisa digunakan untuk menaiki kano yang dapat memuat dua orang.

e. Lawu Jeep Adventure

Rasakan sensasi serunya mengelilingi area Sakura Hill Tawangmangu dengan menaiki jeep. Dengan kapasitas hingga 5 orang, dan harga sewanya sekitar Rp 250.000. Tertarik mencobanya ?

g. Supercamp

Buat wisatawan yang ingin menginap, Sakura Hill Tawangmangu terdapat supercamp, yaitu bangunan rumah berkonsep tenda dengan view langsung Gunung Lawu. Supercamp dapat menampung hingga 10 orang per supercamp. Bisa banget digunakan untuk wisata dengan keluarga.

Supercamp Sakura Hills Tawangmangu
foto : instagram.com/sakurahills_tawangmangu

Selain yang disebutkan di atas, ada lagi wahana lain yang tersedia, diantaranya :

  • Japanese Park
  • Forest Canopy Tour
  • Outbond Batik Lawu
  • Lawu Galery

Banyak juga ya, yang dapat kita jumpai di Sakura Hill Tawangmangu .

Oh iya, sebelumnya, di masa pandemi covid, wisata ini sempat ditutup sementara demi mencegah penyebaran corona virus. Namun, di era new normal ini, Sakura Hill Tawangmangu sudah kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Itulah informasi lengkap mengenai wisata baru Sakura Hill Tawangmangu.  Kamu tak perlu repot jauh – jauh ke Jepang, cukup datang saja ke Sakura Hill Tawangmangu untuk menikmati suasana Jepang dengan kearifan lokal Gunung Lawu.

Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *