setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

10 Tempat Wisata Bandung Barat yang Keren dan Mengagumkan

Wisata Bandung Barat

Sebagai Paris van Java, Bandung dikenal sebagai kawasan dengan berbagai destinasi wisatanya yang menyenangkan. Tempat wisata Bandung Barat yang keren dan mengagumkan pun bisa menjadi pilihan tepat liburan keluarga saat mengunjungi Bandung.

Deretan tempat wisata mulai dari hutan, air terjun, gunung hingga sungai seluruhnya memiliki panorama menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat Wisata Bandung Barat yang Keren dan Mengagumkan

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan daftar tempat wisata Bandung Barat, berikut ini daftarnya.

Gunung Putri

Gunung Putri - Wisata Bandung Barat
foto: instagram.com/7hilmy7

Menilik sejarahnya, Gunung Putri kerap disebut sebagai tempat pelarian Dayang Sumbi lantaran tak ingin dinikahi anaknya sendiri. Terlepas dari legenda yang familiar bagi masyarakat, gunung ini sangat cocok menjadi pilihan bagi kamu pendaki pemula.

Hal ini karena Gunung Putri hanya memiliki tinggi tak lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut. Agar mencapai puncaknya, kamu hanya perlu berjalan selama 30 menit. Meski begitu, panorama yang ditampilkan Gunung Putri terbilang indah dengan udara yang sejuk.

Jika berminat mendatangi wisata Bandung barat ini, lokasi Gunung Putri terletak di Jalan Gunung putri Nomor 184, Kecamatan Lembang Bandung Barat, Jawa Barat. Jangan khawatir soal jam buka karena tempat wisata ini buka selama 24 jam, pun pada tiket masuk yang hanya dihargai 10-20 ribu per orang.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu - Wisata Bandung Barat
foto: instagram.com/aditia.putra.21

Berikut saat berliburan ke wisata Bandung barat ada Gunung Tangkuban Perahu yang masih berkaitan dengan kisah Dayang Sumbi dan Sangkuriang. Gunung Tangkuban perahu punya panorama menakjubkan dengan berbagai kawah seperti Kawah Ratu, Upas hingga Domas.

Terdapat pula berbagai fasilitas pendukung yang membuat pengunjungnya betah seperti mushala, toilet hingga warung makan sederhana. Gunung Tangkuban Perahu berada di Kelurahan Cikahuripan, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Timur.

Untuk jam operasional, kamu hanya bisa mengunjunginya di jam 07.00-17.00 WIB dan harus merogoh uang sebesar 20-30 ribu rupiah.

Danau Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut - Wisata Bandung Barat
foto: instagram.com/feed_bandung

Berikutnya ada Sanghyang Heuleut sebagai tempat wisata Bandung barat sebagai rekomendasi. Merupakan sebuah danau kecil berwarna kehijauan yang dikelilingi macam bebatuan. Lokasi inilah yang banyak menjadi objek foto para pelancong sembari berenang santai.

Pepohonan di sekitar danau, juga membuat kawasan wisata ini terlihat sejuk dan asri. Serupa dengan tempat lainnya, danau ini juga menyimpan mitos dimana kerap dijadikan tempat mandi para bidadari.

Wisata Menarik Lainnya :  Desa Ngadisari, Menikmati Bromo dari Puncak Seruni

Danau Sanghyang Heuleut berada di Desa Cipanas, Kelurahan Rajamandala Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Jika berminat mengunjunginya, kamu hanya bisa datang pada pukul 08.00-16.00 WIB dengan biaya tiket sebesar 10 ribu rupiah.

Curug Bugbrug

Curug Bugbrug - Wisata Bandung Barat
foto: instagram.com/ahmadsubagja63

Curug Bugbrug adalah air terjun setinggi 50 meter di atas permukaan laut yang terlihat sangat alami. Udara sejuk dengan pemandangan asri yang serba hijau di sekelilingnya, membuat siapapun akan betah.

Meski begitu, fasilitas di kawasan ini masih terbatas karena pengelolaannya yang belum maksimal. Untuk itu, ada baiknya kamu membawa bekal lengkap sebelum memutuskan berlibur di sini.

Lokasi Curug Bugbrug berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Soal jam kunjungan, kamu bisa mengunjunginya kapan saja karena lokasi wisata ini  buka selama 24 jam dengan harga tiket masuk 7.500 per orang.

Orchid Forest

Orchid Forest - Wisata Bandung Barat
foto: instagram.com/sowherenext

Bagi kamu pencinta bunga, Orchid Forest adalah pilihan yang sangat tepat saat mencari tempat wisata Bandung barat. Ini adalah kawasan wisata alam sekaligus edukatif mengenai bunga anggrek. Tak hanya menampilkan deretan bunga tentunya, kamu juga akan mempelajari metode penanaman mengenai bunga anggrek.

Tak hanya taman bunga, kamu bisa menghabiskan waktu dengan bermain outbound, makan di cafe atau berfoto di taman kelinci dengan orang-orang terdekat. Lokasi Orchid Forest terletak di Kelurahan Cikole, Kecamatan Lembang, Bandung Barat Jawa Barat.

Lokasi wisata ini buka sejak pukul 9 pagi hingga 6 sore, jadi pastikan kamu datang lebih pagi agar bisa menikmati suasana lebih lama. Untuk biaya masuk, kamu cukup membayar sebesar 25 sampai 25 ribu rupiah.

Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang - Wisata Bandung Barat
foto: instagram.com/erlintopia

Mengunjungi Farmhouse Lembang pasti akan mengingatkan kamu dengan rumah khas Eropa. Memang, kawasan wisata ini dibuat menyerupai bangunan Eropa sebagai daya tariknya. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat rumah Hobbit, makhluk kerdil dari film terkenal Lord of The Rings.

Ada juga kebun binatang kecil yang bisa kamu lihat jika lelah berfoto di rumah Hobbit. Farmhouse adalah kawasan wisata keluarga yang sangat cocok dengan anak-anak, pun sebagai edukasi terhadap ragam jenis hewan.

Lokasi Farmhouse Lembang berada di Jalan Raya Lembang No 108, Kelurahan Gudangkahuripan, Kecamatan lembang Bandung Barat. Farmhouse buka mulai pukul 08.00-20.00, dengan biaya masuk sebesar 25 ribu.

Curug Cimahi

Curug Cimahi - Wisata Bandung Barat
foto: instagram.com/bandung.banget

Masih dengan wisata alam, Curug Cimahi adalah air terjun setinggi 87 meter yang menarik untuk dikunjungi. Uniknya, kamu harus menuruni anak tangga sebanyak 587 untuk melihat air terjun tersebut. Meski terbilang jauh, letih akan terbayar dengan air terjun yang menjulang indah.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Wisata Bukit di Jogja Paling Eksotis dan Populer

Belum lagi, suasana asri dari pohon dan suara air terjun yang menyejukkan. Sementara itu, meski difasilitasi dengan kolam renang, hati-hati untuk berenang karena kedalamannya yang mencapai dua meter. Tentu tak disarankan bagi anak-anak atau kamu yang tak pandai berenang.

Curug Cimahi berada di Jalan Kolonel Masturi No 325, Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Bandung Barat, buka sejak pukul 08.00-18.00 dengan biaya tiket sebesar 20 ribu rupiah.

Curug Malela

Curug Malela - Wisata Bandung Barat
foto: instagram.com/silviamel24

Tembat wisata Bandung barat selanjutnya adalah Air Curug Malela pada dasarnya bersumber dari sungai di bagian utara Gunung Kendeng. Menyajikan pemandangan air terjun yang tinggi dan menawan, cocok bagi kamu yang senang wisata alam dengan biaya terjangkau. Meski begitu, sangat tak disarankan untuk berenang di bawahnya karena aliran air yang sangat deras.

Jika beruntung, kamu bisa menjumpai sekumpulan monyet yang hidup di sekitar kawasan ini. Curug Malela berada di Desa Cicadas Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam operasional yakni 24 jam dengan biaya tiket hanya 5 ribu rupiah.

Stone Garden

Stone Garden - Wisata Bandung Barat
foto: instagram.com/agnesoryza

Berikutnya sebagai rekomendasi wisata Bandung barat adalah Stone Garden, kawasan wisata alam bebatuan yang konon telah ada sejak puluhan juta tahun silam. Menurut sejarah, lokasi ini mulanya merupakan dasar laut dengan bebatuan dan terumbu karang.

Namun, karena penyusutan air berubah menjadi daratan dengan bebatuan yang menawan di setiap sudut kawasan. Tak hanya deretan bebatuan abstrak, kamu juga bisa menikmati matahari terbenam di sore hari sembari mengambil foto di antaranya.

Stone Garden berada di Desa Gunung Masigit Kecamatan Ciputat Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Jika berminat mengunjunginya, kamu bisa datang pada pukul 08.00-17.00 WIB dengan biaya tiket sebesar 12 ribu rupiah.

Tebing Keraton

Tebing Keraton - Wisata Bandung Barat
foto: instagram.com/repostindonesian

Tempat wisata Bandung barat terakhir sebagai pilihan adalah Tebing Keraton yang berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir H Juanda, dengan ketinggian lebih dari 1.200 meter di atas permukaan laut. Lokasi inilah yang membuat Tebing Keraton memiliki panorama indah saat sunrise, dengan udara yang sejuk dan asri.

Tebing Keraton berada di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Barat yang dibuka sejak pukul 05.00 hingga 18.00. Soal harga, kawasan wisata ini hanya dipatok 11 ribu per orang. Itulah rekomendasi 10 wisata Bandung Barat yang keren dan mengagumkan dan bisa kamu jadikan saat bingung memilih tempat liburan jelang akhir pekan.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks