Bukit Jamur Gresik, Pesona Wisata Terbaru Jawa Timur 2023

Bukit Jamur Gresik

Bukit jamur Gresik adalah salah satu destinasi wisata terbaru yang ada di provinsi Jawa Timur. Simak yuk info lengkap mengenai wisata ini!

Alamat : Bungah, Gresik Jawa Timur.
Lokasi : Google Maps
HTM : Rp 3.000,00
Jam Buka : 24 Jam

Bukit Jamur di Gresik merupakan salah satu tujuan wisata alam yang menarik dengan spot yang tidak biasa dan cocok untuk kegiatan fotografi. Nikmati liburan akhir pekan di Kabupaten Gresik dan jelajahi tempat-tempat wisatanya yang terbaik bersama keluarga tercinta. Berlibur dengan teman atau keluarga akan menjadi pengalaman seru untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Kabupaten Gresik di Jawa Timur memiliki daya tarik wisata alam yang tersembunyi dan sangat direkomendasikan untuk dieksplorasi keindahannya. Keelokan Bukit Jamur Gresik yang terbentuk secara alami menawarkan pesona yang menakjubkan, dengan spot terbaik yang akan memukau siapa pun yang mengunjunginya.

Rasakan liburan yang menyenangkan di Kabupaten Gresik dan eksplorasi sudut-sudut terbaik yang ditawarkan oleh Bukit Jamur. Jika kamu berencana untuk menghabiskan hari libur di tempat wisata murah terbaru di Gresik ini dan sedang mencari informasi maka penting bagi kamu untuk membaca ulasan dan review menarik tentang Bukit Jamur Gresik sebagai referensi liburan yang menyenangkan.

Sekilas Mengenai Bukit Jamur

306129869 417490950520201 476202920992097006 n
Instagram.com/bakhrus

Bukit Jamur di Gresik, Jawa Timur, adalah sebuah kawasan pertambangan batu kapur yang masih aktif hingga saat ini. Mengapa dinamakan Bukit Jamur? Mungkin ada beberapa dari kamu yang penasaran mengenai hal ini. Nama tersebut bukan berasal dari pertumbuhan jamur di kawasan tersebut.

Sebenarnya, di area seluas 1 hektar ini terdapat banyak batu yang memiliki bentuk menyerupai jamur dengan ukuran yang besar. Hal ini benar-benar unik, bukan? Sebagai pengetahuan tambahan, kawasan ini sebenarnya bukan sengaja dijadikan objek wisata.

Batu-batu tersebut merupakan bekas tambang kapur yang tererosi oleh air hujan dan perubahan cuaca selama bertahun-tahun sehingga bentuknya seiring waktu menjadi menyerupai jamur. Semua proses ini terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia, sehingga menjadi sebuah misteri alam.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kawasan ini masih merupakan area pertambangan batu kapur yang aktif hingga saat ini. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengunjunginya, disarankan untuk datang hanya pada akhir pekan, karena pada hari Minggu biasanya kawasan ini tidak aktif dalam aktivitas penambangan.

Awalnya tempat wisata ini termasuk kurang populer. Namun, berkat foto-foto yang beredar di media sosial dan acara perjalanan di stasiun TV swasta yang memperkenalkan Bukit Jamur.Hal tersebut menjadi bentuk promosi yang efektif untuk memperkenalkan objek wisata yang populer di Gresik ini kepada masyarakat umum.

Berkat hal tersebut, pada setiap hari Minggu, lokasi ini pasti akan ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Kebanyakan wisatawan umumnya merasa penasaran ingin melihat sendiri keunikan dari Batu Jamur Gresik tersebut.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Jamur Gresik

Jika kamu berada di Surabaya atau sekitarnya dan ingin mengunjungi tempat ini, bisa langsung menuju kota Gresik dengan jarak sekitar 28,4 km. Untuk waktu perjalanan adalah sekitar 58 menit melalui Jalan Tol Surabaya – Gresik.

Untuk mencapai Bukit Jamur Gresik, lokasinya berada di Desa Bungah, Kecamatan Bungah. Apabila berangkat dari pusat kota maka waktu tempuh sekitar 40 menit. Agar lebih mudah kamu juga bisa mengikuti rute menuju Bukit Jamur berikut ini:

  • Dari Gresik, arahkan kendaraanmu ke Kawasan Industri Manyar dan terus ikuti jalan tersebut hingga mencapai Perempatan Utama Bungah (belok kiri).
  • Kemudian, terus ikuti jalan tersebut hingga menemukan plang kecil yang mengarah ke Tambang Kapur Kecamatan Bungah.
  • Setelah melewati jalan raya (plang kecil), maka kamu akan memasuki jalan masuk sekitar 1 km sebelum mencapai Bukit Jamur. Jika kamu menggunakan sepeda motor, harap berhati-hati saat melewati jalan ini karena jalannya tidak beraspal. Bahkan saat musim hujan jalan tersebut mungkin akan berlumpur.

Untuk kamu yang baru pertamakali atau bukan orang Gresik mungkin cukup membingungkan. Adapun jika ingin lebih mudah dan praktis kamu juga bisa mencoba menggunakan google maps.

Harga Tiket Masuk Bukit Jamur Gresik

287312125 155171450404790 7359977339023684627 n
Instagram.com/bakhrus

Kamu dapat mengunjungi Bukit Jamur Gresik, Jawa Timur, dengan biaya yang terjangkau. Tempat piknik ini sangat direkomendasikan untuk liburan akhir pekan bersama keluarga. Di tempat ini kamu dapat menikmati kesegarannya serta mengeksplorasi spot-spot terbaiknya.

Jika kamu berencana untuk berlibur di Bukit Jamur Gresik, harga tiket masuknya hanya Rp3.000 per orang. Harga ini tentunya sangat ramah dikantong dan cocok untuk dijadikan sebagai tujuan liburan hemat.

Selain harga tiket masuk, kamu juga perlu memperhitungkan biaya parkir ketika mengunjungi Bukit Jamur Gresik dengan menggunakan kendaraan. Biaya parkirnya sekitar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Harga tersebut cukup terjangkau, namun perlu dicatat bahwa harga tiket masuk Bukit Jamur Gresik dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jangan lupa mencatat destinasi wisata alam murah dan terbaru di Gresik ini sebagai pelengkap perjalanan liburan panjang kamu.

Keunikan yang Menarik Perhatian di Bukit Jamur

73505097 1019709088373844 8797391265486209776 n
Instagram.com/kreasi_gresik

Jika berkunjung ke tempat ini maka kamu akan bisa melihat berbagai keunikan yang menjadi daya tarik dari Bukit Jamur ini. Keunikan tersebut sangat menarik perhatian seperti:

Batuan Unik yang Menyerupai Jamur

Bukit Jamur menjadi tujuan wisata yang unik dan jarang ditemukan di tempat lain. Bahkan, hanya ada di Gresik dan Kalimantan di seluruh dunia. Proses pembentukan batuan yang menyerupai jamur ini terjadi secara alami, di mana batu-batuan bekas tambang ini terkikis oleh angin dan air selama bertahun-tahun.

Bagian bawah batuan lebih rapuh sementara bagian atasnya lebih kuat, sehingga bagian bawahnya lebih tererosi sedangkan bagian atasnya tetap utuh. Inilah yang menyebabkan terbentuknya batuan yang menyerupai jamur matsutake ini. Keunikan bentuk ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Ukuran batuan ini juga sangat besar dengan tinggi yang bervariasi. Ada yang tingginya kurang dari 1 meter, namun ada juga yang mencapai 7 meter. Berada di sini, terasa seperti berada di dunia dongeng dengan jamur-jamur raksasa.

Wisata dengan Spot Foto Menarik

14240950 1253355271362603 2140031557 n
Instagram.com/mr_willy_jalan2

Banyak wisatawan yang datang ke Bukit Jamur hanya untuk berfoto dan menjelajahi sekitar kawasan. Lokasi batuan ini berada di atas tanah yang kering dan panas, sangat berbeda dengan habitat jamur yang tumbuh di lingkungan yang lembab. Di sini, kepala batu tidak memberikan banyak naungan karena ukurannya yang tidak terlalu lebar.

Lahan ini masih berupa tanah berkapur yang dapat menjadi berdebu ketika terkena angin atau dilalui oleh orang. Tidak ada pepohonan besar, hanya tumbuhan rumput yang tumbuh di antara batuan-batuan tersebut.

Meskipun demikian, hal ini tidak menghalangi keinginan wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Mereka dapat memuaskan rasa ingin tahu mereka sekaligus mengabadikan momen dengan foto-foto menarik di tempat yang unik ini.

Beberapa wisatawan terlihat berfoto dengan latar belakang batuan jamur ini, bahkan ada yang memanjat bagian atas batuan tersebut. Jika diambil dari sudut yang tepat, hasil foto akan menjadi indah. Dengan penampilan yang tepat dan menggunakan kamera yang baik, hasil foto tersebut akan memukau.

Bekas Lahan Bekas Galian Tambang Selama Puluhan Tahun

Tempat wisata ini berlokasi di lahan bekas galian batuan kapur di Bukit Kaliwot. Galian ini termasuk dalam tipe C dan telah mengalami proses penggalian sejak tahun 1992. Pada tahun 2008, galian tipe C ini ditutup, dan baru mulai dikenal oleh publik pada tahun 2010.

Awalnya, bentuk batuan di area ini adalah batuan keras yang tidak dapat diambil. Karena sifatnya yang keras, batuan tersebut dibiarkan dan sekitarnya mengalami proses pengerukan. Pengaruh panas dan hujan mengakibatkan terkikisnya batuan ini, sehingga bagian bawahnya membentuk tebing vertikal. Terdapat sekitar 40 batu jamur yang ada di Bukit Jamur ini, yang menempati area seluas 3 hektar.

Toko Souvenir Khas Bukit Jamur

Di tempat wisata ini, tidak ada bangunan yang berdiri. Namun, sekitar 400 meter dari kawasan Bukit Jamur terdapat toko souvenir. Toko souvenir ini menawarkan berbagai macam barang khas Bukit Jamur yang diminati oleh para wisatawan, seperti kaos dengan gambar Bukit Jamur.

Dengan membeli dan mengenakan kaos tersebut, dapat menjadi tanda bahwa seseorang telah mengunjungi Bukit Jamur. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan mengenakan kaos tersebut.

Mencoba Aktivitas Bersepeda dan Camping

75239232 293304931916518 8812332217127506840 n
Instagram.com/wisatagresik

Seringkali, area Bukit Jamur digunakan sebagai rute atau sirkuit bersepeda, memberikan pengalaman petualangan dan adrenalin bagi para penggemar sepeda. Bagi yang menyukai kegiatan berkemah, dapat merencanakan aktivitas berkemah di area Bukit Jamur dan menikmati keindahannya.

Namun jika kamu memiliki rencana kemah sebaiknya bawa peralatan sendiri. Hal ini karena di Bukit Jamur ini belum ada fasilitas yang menyediakan sewa perlengkapan camping.

Membawa peralatan sendiri mungkin sedikit merepotkan. Akan tetapi itu semua tentu akan terbayar dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan. Selain itu kamu juga bisa lebih puas menikmati keindahan alam dengan panorama matahari terbit dan terbenam yang istimewa saat mengunjungi Bukit Jamur, dan rasakan liburan yang menyenangkan di tempat ini.

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Bukit Jamur Gresik

103735244 150087153268795 2855970132771272803 n
Instagram.com/wisatagresik

Waktu yang ideal untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pagi atau sore hari. Kawasan ini selalu buka untuk para wisatawan yang ingin berkunjung. Jika memungkinkan, sebaiknya datang sebelum pukul 10 pagi.

Pada saat itu, matahari belum terlalu terik, sehingga kondisinya masih nyaman untuk berfoto. Pada siang hari, suhu di kawasan ini cenderung meningkat, membuatnya lebih panas. Selain pagi, sore hari juga merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung.

Apalagi jika kamu merupakan penggemar matahari terbenam maka sore memang waktu terbaik. Saat sore kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam. Selain itu kamu juga bisa mengambil foto di atas batuan dengan latar belakang langit senja berwarna oranye pasti akan menciptakan pemandangan yang indah.

Namun, jika kamu datang pada siang hari, tidak perlu khawatir. Kamu masih dapat menikmati pemandangan indah dengan langit biru. Jika terik matahari terlalu menyengat, kamu dapat menyewa payung di kawasan wisata dengan harga sekitar Rp5.000,00

Dengan demikian, kamu dapat membawa payung dan melindungi diri sepuasnya. Agar lebih aman dan nyaman saat berkunjung siang hari sebaiknya kamu gunakan juga sunscreen. Tujuannya agar kulit tidak belang dan tetap terproteksi dari sengatan matahari langsung.

Larangan di Bukit Jamur Gresik

Ketika mengunjungi tempat wisata yang juga merupakan lokasi kerja, ada beberapa larangan yang perlu diperhatikan baik oleh para wisatawan maupun penduduk sekitar. Mengingat bahwa kawasan ini masih merupakan properti pribadi, penting untuk menghormati pemilik lahan.

Beberapa larangan di sini termasuk larangan memanjat batuan, mendirikan bangunan, dan melakukan aktivitas jual beli. Selain itu, dilarang merusak atau mencoret batuan, melakukan tindakan tidak senonoh, dan membuang sampah sembarangan. Selain itu, wisatawan juga tidak diizinkan memarkir kendaraan di dalam area Bukit Jamur.

Fasilitas di Bukit Jamur Gresik

Sayangnya, bagi para pengunjung yang ingin pergi ke objek wisata ini, maka harus menerima kenyataan bahwa fasilitas yang tersedia di Bukit Jamur Gresik terbatas. Hal ini karena masih ada proyek-proyek yang sedang berlangsung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat ditemukan:

  • Toilet umum: Beberapa titik di lokasi ini telah disediakan beberapa kamar mandi atau toilet umum bagi para pengunjung yang ingin mencuci tangan atau menggunakan toilet. Meskipun lokasinya agak jauh, setidaknya pengunjung tidak perlu repot mencari fasilitas tersebut.
  • Tempat parkir: Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa bus pariwisata, mereka tidak perlu khawatir tentang masalah parkir. Di Bukit Jamur Gresik terdapat lahan parkir yang luas sehingga dapat menampung beberapa bus dan ratusan mobil atau sepeda motor dari para pengunjung. Tempat parkir ini juga dijaga keamanannya.
  • Warung atau tempat makan: Meskipun agak jauh dari Bukit Jamur Gresik, pengunjung dapat menemukan warung atau tempat makan yang menjual makanan dan minuman khas Gresik dengan harga terjangkau. Setelah puas menikmati keindahan batu-batu jamur, pengunjung dapat langsung menyantap hidangan di tempat tersebut.

Secara umum fasilitas yang ada di Bukit Jamur Gresik ini sudah termasuk lumayan. Namun memang tak bisa dipungkiri jika akan lebih baik bila lebih dilengkapi lagi. Semoga saja untuk kedepannya pemerintah kabupaten Gresik atau pihak pengelola dapat lebih memperhatikan tempat ini dan membangun fasilitas lain yang diperlukan oleh para wisatawan di masa mendatang.

Tips untuk Berkunjung ke Bukit Jamur Gresik

Agar liburan akhir pekan di Bukit Jamur Gresik berjalan dengan lancar, menyenangkan, dan berkesan, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  • Pilih waktu terbaik untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam Bukit Jamur, yaitu pada pagi dan sore hari. Dengan mengunjungi pada saat ini, kamu bisa merasakan liburan yang berkualitas di tempat piknik Gresik ini dan merefresh diri dari kejenuhan dan kelelahan.
  • Siapkan kamera untuk mengambil foto-foto instagramable di spot terbaik Bukit Jamur Gresik. Manfaatkan momen indah di tempat ini untuk mengabadikan kenangan yang tak terlupakan.
  • Gunakan pakaian dan aksesoris yang menarik untuk meningkatkan hasil foto kamu di tempat ini. Pilihlah outfit yang cocok dan aksesoris fotografi yang sesuai dengan tema dan suasana Bukit Jamur.
  • Selalu jaga kebersihan, keindahan, dan kelestarian lingkungan saat berwisata. Bantu menjaga kebersihan area tersebut dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menghormati alam sekitar.
  • Membawa bekal: Jika ingin liburan yang lebih hemat tak ada salahnya jika kamu membawa bekal sendiri. Adapun bekal yang dibawa bisa berupa makanan instan yang mudah dikonsumsi. Selain itu kamu juga perlu membawa minum sendiri.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat memaksimalkan pengalaman liburanmu di Bukit Jamur Gresik dan membuatnya menjadi momen yang berkesan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati selama liburan agar tidak celaka atau kehilangan barang berharga.

Untuk kamu yang memang mencari pengalaman rekreasi di tempat yang unik, Bukit Jamur Gresik tentunya bisa menjadi pilihan yang menarik. Selamat menikmati liburan!

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments