setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Air Terjun Tumpak Sewu, Air Terjun Tirai yang Bikin Takjub

Air Terjun Tumpak Sewu

Berwisata ke air terjun daerah Bromo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang kerap menjadi pilihan wisata bromo selain gunung ketika libur tiba di kawasan Bromo. Meski harus melewati banyak rintangan, nyatanya tetap saja banyak penikmatnya yang rela-rela menyusuri terjalnya jalanan demi keindahan yang ditawarkan.

Salah satunya adalah Air Terjun Tumpak Sewu ini. Air Terjun Tumpak Sewu pada kasus lain biasa disebut juga dengan Air Terjun Coban Sewu.

Air Terjun Tumpak Sewu terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Lumajang. Sehingga tidak heran jika ingin mengaksesnya bisa dari Malang maupun Lumajang. Lokasinya berada di dalam hutan, dengan nuansa yang masih sangat asri karena termasuk dalam kawasan wisata gunung Bromo.

1. Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu untuk versi tempat wisata terdekat Lumajang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, dengan titik koordinat 8.230408˚S 112.916939˚E.

Disadur dari Wikipedia. Sementara versi tempat wisata terdekat Malang terletak di Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan, Kabupaten Malang. Dari pusat Kota Lumajang berjarak kurang lebih 52 km dengan jarak tempuh 1.2 jam. Seedangkan dari Malang bisa mencapai kurang lebih 66 km, dengan jarak tempuh 2 jam.

2. Pesona Air Terjun Tumpak Sewu

Di kawasan Air Terjun Tumpak Sewu pengunjung akan menemukan udara yang segar, sejuk, dan rimbunnya pepohonan. Sesekali, pengunjung akan menangkap kicauan burung-burung dari balik dedaunan.

Keunikan Air Terjun Tumpak Sewu terletak dari alirannya yang tidak hanya satu. Pengunjung akan menemukan beberapa aliran dari atas, sehingga tampak bak tirai.

Seperti halnya air terjun Madakaripura maupun air terjun Coban Pelangi, air dari Air Terjun Tumpak Sewu sangatlah jernih. Suara gemuruh dari air terjun dan pemandangan indah akan memanjakan penglihatanmu, apalagi pengunjung bisa memilih menikmati pemandangan dari atas atau bawah.

Wisata Menarik Lainnya :  HTM, Jam Buka, Fasilitas Museum Ullen Sentalu Jogja di Era New Normal

Untuk menyaksikan keelokannya juga telah disediakan gardu pandang, sehingga keelokan air terjun dapat dengan sempurna pengunjung saksikan dari atas. Hanya saja, pengunjung harus berjalan sejauh 400 m. Gardu Pandang ini adalah bangunan permanen dengan luas 300 meter persegi dengan kapasitas maksimal 500 orang.

Pesona Air Terjun Tumpak Sewu
foto: instagram.com/andiniirmad/

Ketika menyaksikan kemegahan dan kegagahan air terjun, pengunjung akan dibuat takjub terus menerus akan indahnya ciptaan Tuhan, apalagi pengunjung akan melihat betapa kerdilnya dirimu di hadapan ciptaan Tuhan itu.

Sudut pandang yang tepat begitu mengagumkan, pemandangan air yang mengurai bagaikan tirai di tambah hijaunya alam dapat menyejukkan mata.

Fasilitas yang ada di tempat wisata Air Terjun Tumpak Sewu terbilang memadai, seperti ada parkir, mushalla, toilet, dan warung-warung makan. Jadi tidak perlu repot-repot menyandang tas berisi makanan atau minuman seperti ke beberapa air terjun lain yang belum ada warungnya.

3. Rute Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Meski berada di dua kabupaten, namun tempat wisata satu ini lebih mudah bagi pengunjung untuk akes lewat Malang loh. Tatkala sampai di Bandara Abdulrahman Saleh Malang, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan sejauh 70 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Versi lainnya, pengunjung bisa melewati Kota Malang, Dampit, Tirtomoyo, Pronojiwo, dan Perbatasan Lumajang Malang. Dari arah ini, pengunjung tinggal mengikuti jalan utama sejauh 100 m, ambil sebelah kiri gang turun. Parkirkan kendaraan, kemudian mulailah berjalan kaki.

Pengunjung akan mulai petualang dengan menuruni anak tangga berundak ke dasar bukit sejauh 800 m.  Tidak perlu tergesa-gesa ketika melaluinya, karena kondisinya yang cukup curam.

Pertama-tama, pengunjung akan bertemu dengan Goa Tetes di ujung tangga. Kemudian, pengunjung harus menuruni tebing, terus melanjutkan petualangan melewati sungai.

Panorama Air Terjun Tumpak Sewu
foto: instagram.com/marikemalang/

Untuk bisa menyaksikan keindahan air terjun ini, pengunjung harus menyusuri lembah yang cukup memacu adrenalin. Pengunjung harus melewati banyak medan yang sulit. Harus turun melalui dinding-dinding, bahkan parahnya lagi, ada beberapa yang tidak memiliki jalan, sehingga harus melewati bagian tengah air terjun kecil.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Tempat Wisata Alam Bali yang Paling Tersembunyi

Curamnya medan membuatmu harus sangat berhati-hati. Bahkan, pengunjung harus melawan arus yang lumayan deras untuk sampai di sana.

4. Harga Tiket Air Terjun Tumpak Sewu

Pengunjung wajib membeli dua tiket jika hendak menikmati keindahannya. Yaitu tiket parkir Rp. 2.000 dan tiket spot foto Rp. 3.000. Tentu, dengan pesona alam yang sangat indah, harga tersebut terbilang sangat murah dan ramah kantong

Jadi, tunggu apa lagi, abadikan momen indahmu di sana, lukis kenangan abadi lewat tracknya yang luar biasa menantang.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *