setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Air Terjun Umbulan, Pesona Alam Indonesia

Air Terjun Umbulan

Air Terjun Umbulan memiliki view yang super keren, indah, dan menawan. Nuansa alam yang disuguhkan masih sangat asri sehingga menambah daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Ketika mendengar kata objek wisata Bromo, hal yang kerap kali muncul di benak adalah gunung saja. Padahal, ketika bercerita tentang Bromo, sebenarnya kita sedang berbicara banyak hal, salah satunya adalah Air Terjun Umbulannya.

Air Terjun Umbulan memanglah salah satu tujuan wisata air terjun di Bromo yang perlu untuk di perhitungkan karena memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong selain air terjun Madakaripura.

Memanglah memilihnya karena memiliki suasana yang asri, tenang, dan alam banget adalah pilihan untuk melepaskan penat setelah beraktivitas selama seminggu full, bergelut dengan masalah yang tiada hentinya.

1. Daya Tarik Air Terjun Umbulan

Pesona Air Terjun Umbulan
foto: instagram.com/variz_91/

Air Terjun ini memiliki banyak bebatuan yang indah dengan posisinya di tengah-tengah hutan. Jika ingin brwisata ke Bromo, kamu pasti akan melalui Air Terjun Umbulan ini.

Lokasi Air Terjun Umbulan berada di Watulumpung, Desa Sukapura, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo, Prov. Jawa Timur.

Untuk mencapai puncak pemandangan air terjun dan merasakan sensasi asrinya yang bikin nyaman, kamu diharuskan memiliki keberanian yang besar serta tekat yang kuat. Sebagaimana kata pepatah, semakin indah suatu wisata, akan semakin besar tantangannya.

Hal ini tidak terkecuali bagi Air Terjun Umbulan ini. Bahkan ada yang menyebutkan “perjalanan ke Air Terjun Umbulan adalah perjalanan mistik yang dimulai sejak masuk dari jalan rayanya yang hanya bisa dilalui jalan setapak saja.

Wisata Menarik Lainnya :  Air Terjun Pringgodani Tawangmangu, Surga Tersembunyi Lereng Lawu

Kamu akan naik turun melewati anak tangga yang terbuat dari besi sekitar kurang lebih 35 meter. Kamu juga akan melewati jembatan.

Sungguh perjalanan yang tidak mudah dan pastinya menyenangkan. Dibutuhkan nyali yang sangat besar, apalagi tanpa tali penolong yang makin memberikan kesan petualangan sebenarnya.

2. Akses Menuju Air Terjun Umbulan

Rute Menuju Air Terjun Umbulan
foto: instagram.com/jhoeco_90/

Jika kamu berangkat dari Kota Probolinggo, kamu tinggal mengikuti petunjuk menuju ke Bromo. Nanti, ketika sudah berjalan sekitar 500 m dan melewati Pasar Sukapura, di sisi kiri jalan ada Kantor Telkom yang di sampingnya terdapat gang kecil.

Nah, gang kecil tersebut merupakan satu-satunya akses yang bisa kamu tempuh untuk bisa sampai membawamu ke Air Terjun Umbulan, jaraknya hanya sekitar 200 m dari jalan utama. Jadi, lokasinya cukup dekat dari Probolinggo, karena hanya berjarak sekitar 30 Km.

Masuk ke gang kecil ini, kamu hanya tinggal mengikuti jalannya yang berupa paving kemudian jalan yang sudah dicor. Sebenarnya, rute menuju ke Air Terjun sudah dibuat oleh masyarakat setempat. Hanya saja, di beberapa bagiannya sudah terdapat kerusakan dan berlumut, sehingga sangat bahaya untuk dilalui ketika musim hujan.

3. Tips Wisata ke Air Terjun Umbulan

Tips Wisata Air Terjun Umbulan
foto: instagram.com/probolinggo_blusukan/

Selain menyiapkan mental, ada beberapa hal yang juga meski kamu perhatikan ketika sudah memutuskan berlibur ke sini loh. Pertama, siapkan fisik yang benar-benar fit.

Kedua, siapkan perlengkapan, seperti jas hujan dan sepatu, apalagi ketika sedang musim hujan. Jalannya akan sangat licin. Ketiga, usahakan bawa bekal makanan dan minuman ya.

Melewati jembatan dan tangga besi serta rintangan lain yang membuat jantungan ternyata mampu menguras energy yang cukup besar. Sehingga untuk mengatasi kelaparan atau kehausan di jalan, kamu tidak perlu kebingunan.

Wisata Menarik Lainnya :  Mengenal Candi Sambisari, Candi Unik di Jogja

Terakhir, harus ekstra hati-hati. Meski sudah menakhlukkan banyak wisata ekstrem, kamu tetap harus berhati-hati ketika menuju Air Terjun Umbulan, karena ketika musim hujan sangat rawan longsor dan banjir.

4. Harga Tiket Masuk Air Terjun Umbulan

Air terjun yang sangat indah, dipenuhi dengan hal-hal istimewa, untuk menjadi penikmatnya, kamu tidak perlu merogoh kocek yang sangat dalam, karena hanya butuh Rp. 5000 saja untuk biaya parkir. Sangat cocok untuk kamu pecinta alam dan tantangan.

Wisata satu ini sangat rekomen banget dah untuk kamu pecinta wisata alam Indonesia, karena pesonanya yang melimpah. Datanglah ketika musim hujan, karena saat itu debit air sangat deras, sehingga menambah keindahan air terjunnya. Dengan catatan persiapan fisik dan mental yang bagus ya.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks