Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Batik Keris Nonongan Solo, Pusat Kerajinan Nusantara

Batik Keris Nonongan Solo

Di hari batik yang akan jatuh pada tanggal 2 Oktober mendatang, pastinya kamu harus tampil kece dong ya. Siap-siap nih buat beli koleksi-koleksi batik dengan model up to date di kota Solo.

Batik Keris Nonongan Solo adalah salah satu gerai batik yang rekomended sebagai tempat wisata belanja batik di Solo. Berdiri sejak tahun 1920, toko batik ini memang sudah merajai pasar.

Berbeda dengan gerai batik di Pusat Grosir Solo (PGS) yang menjual produknya dengan harga grosir, Batik Keris ini menjual produknya dengan harga ekslusif.

Meski begitu, brand batik keris ini memang sudah mendunia. Terlebih lagi ada banyak toko batik yang tersebar di Nusantara hingga luar negeri. Tentunya banyak juga peminatnya ya.

1. Cerita Tentang Batik Keris

Batik Keris punya sejarah panjang yang menarik untuk diulas. Sebab, toko batik Solo ini sudah berdiri sejak tahun 1920. Didirikan oleh seorang Chinese bernama Kwe Tiong Djing, dulunya gerai batik ini hanya menjual batik tulis dengan produksi yang tak banyak.

Perayaan Batik Keris di Gedung Djoang Solo
foto: instagram.com/batikkerisindo/

Hingga pada tahun 1947, putra Kwe Tiong Djing yang bernama Kasom Tjokrosaputro menamai gerai tersebut dengan Batik Keris Nonongan Solo. Lokasinya memang berada di Nonongan Solo. Itulah awal mula batik keris dirintis.

Sebetulnya silsilah keluarga Batik Keris Solo ini berawal dari keluarga pembisnis. Ayah Kasom, dulunya juga punya saudara yang merupakan paman Kasom yang juga punya bisnis sendiri.

Pada tahun 1970, penjualan batik keris Nonongan Solo semakin merajai pasar. Tak seimbang dengan permintaan pasar, Kasom Tjokrosaputro mendirikan PT. Batik Keris Sukoharjo. Saat ini karyawannya mencapai 2.000 pekerja.

Wisata Menarik Lainnya :  Fasilitas, HTM, Rute Menuju Lokasi Museum Batik Danar Hadi

2. Rute Menuju Batik Keris Nonongan Solo

kain batik keris Solo
foto: instagram.com/batikkerisindo/

Alamat : Jl. Kom. Yos Sudarso (Nonongan) No. 62, Kemlayan, Serengan, Surakarta City, Central Java 57122

Rute menuju batik Keris Nonongan ini sangat mudah. Kamu bisa gunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil. Cukup menuju pusat kota yakni jalan Slamet Riyadi.

Ikuti terus jalan tersebut hingga melewati McD di sisi kiri jalan. Maju sedikit lagi maka kamu akan menemukan perempatan lampu merah Nonongan. Belok ke kanan lalu kamu akan melihat toko batik keris Nonongan Solo.

Jika tak membawa kendaraan pribadi, kamu juga bisa naik kendaraan umum lho. Ada bus trans Solo (BTS) yang selalu lalu lalang setiap 10 menit sekali ke lokasi tersebut.

3. Gerai-gerai Batik Keris

Batik Keris Nonongan Solo
foto: instagram.com/batikkerisindo

Toko Batik Keris Nonongan Solo adalah toko batik Solo pertama untuk brand batik keris sebelum mereka mendirikan pabrik batik di Sukoharjo. Seiring dengan berjalannya waktu, batik ini hingga sekarang punya 125 gerai yang tersebar di dalam dan di luar negeri.

Cabang Batik Keris ada di beberapa kota seperti Surabaya tepatnya di Mall Pakuwon, ada pula di Semarang, Jakarta dan masih banyak yang lainnya. Menariknya lagi, mereka juga punya gerai batik di Singapore dan beberapa negara lainnya lho.

4. Motif Batik Keris

Berbicara soal motif batik keris, mereka punya banyak sekali motif. Di setiap tahun selalu ada motif batik keris terbaru. Meski begitu, ada beberapa produk batik keris yang punya motif sebagai berikut.

Cara membatik
foto: instagram.com/batikkerisindo/
  • Motif Batik Sekar Jagad

Dalam bahasa jawa, Sekar mempunyai arti bunga yang wangi. Oleh karena itu, motif sekar jagad punya makna kecantikan dan keindahan.

  • Motif Batik Parang Rusak
Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Jalan-jalan ke Kampung Batik Laweyan Solo

Perlu diketahui jika motif batik Parang dahulu hanya bisa di pakai oleh kaum bangsawan saja. Seperti raja, ratu, ksatria, dan para penguasa. Tak heran jika makna dari motif Parang Rusak ini adalah keberanian ksatria melawan kejahatan.

  • Motif Batik Truntum

Berasal dari kata Truntum yang artinya tumaruntum yakni subur. Motif batik ini punya makna cinta yang dalam. Selalu menyiramnya hingga subur dan langgeng

  • Parang Barong

Makna dari motif ini adalah kehati-hatian seorang raja.

  • Morif Batik Sidomukti

Sido dalam bahasa jawa artinya adalah jadi. Makna dari motif batik sidomukti ini sendiri adalah untuk menjadikan lahir dan batin bahagia.

Proses pembuatan batik keris Solo
foto: instagram.com/batikkerisindo/
  • Parang Klitik

Nah, untuk motif yang ini, pada zaman dahulu biasanya sering dipakai oleh putri kerajaan. Melambangkan makna kelemah lembutan seorang putri kerajaan.

  • Parang Siobong

Ada beberapa makna yang terkandung dalam motif ini, diantaranya adalah ketelitian, keteguhan, dan ketabahan dalam sebuah tugas.

5. Harga Batik Keris Nonongan Solo

Untuk rata-rata harga batik keris sendiri berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Banyaknya produk dengan motif yang berbeda-beda membuat harganya bervariasi.

Batik Keris Special Price
foto: nstagram.com/batikkerisindo/

Sebut saja harga batik keris pria lengan panjang yang berkisar antara Rp. 200.000,- hingga Rp. 300.000,- Sementara untuk kemeja batik keris pria lengan pendek harganya berkisar Rp. 200.000 hingga Rp. 225.000,-

Sementara untuk harga kain batik keris per meter nya bisa puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Nah itu dia ulasan tentang batik keris Nonongan Solo. Yuk kenakan batikmu pada hari batik tanggal 2 Oktober nanti!

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *