Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

10 Referensi Beli Batik di Cirebon 2020

Kampung batik trusmi Cirebon

Seperti halnya batik Pekalongan atau bahkan batik Solo dan batik Jogja, Cirebon juga punya tradisi untuk membatik lho.

Bahkan, di Jawa Barat ada empat sentra batik yakni di Indramayu, Garut, Tasikmalaya dan Cirebon. Motif batiknya punya dua versi, yakni versi batik keraton kasepuhan dan batik pesisir atau yang biasa disebut dengan batik trusmi.

Sementara untuk motif yang paling terkenal adalah mega mendung. Filosofi dari motif tersebut adalah sebuah awan pembawa hujan yang akan membuat subur daerah sekitar.

Jika berbicara soal ornamen batiknya, Batik Cirebon punya lima ciri khas yakni Pangkayan, Wadasan, Geometris, Semarangan, dan Byur.

Ada beberapa gerai yang bisa kamu kunjungi jika berminat untuk membeli batik di Cirebon. Jangan lewatkan juga untuk melihat-lihat pengrajin batik secara langsung di beberapa area sentra batik Cirebon.

Yuk langsung simak saja rekomendasi tempat beli batik di Cirebon berikut ini.

1. Batik Trusmi

Perjalanan mu tak akan lengkap jika tak beli batik di Cirebon tepatnya di sentra industri batik Trusmi.

Berjarak 4 KM dari pusat kota Cirebon, berjajar puluhan gerai-gerai batik yang bisa kamu kunjungi. Tempat ini memang menjadi lokasi pusat batik di Cirebon.

Beli batik di Cirebon Trusmi
foto: instagram.com/nationallabelbandung

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, batik trusmi adalah batik pesisir dengan corak yang khas. Namun demikian, sebagian yang lainnya masuk ke dalam versi keraton.

Ada dua keraton di kabupaten Cirebon ini, yakni keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman. Sementara itu, untuk motif batiknya ada mega mendung, patran keris singa payung, singa barong, sawat penganten, ayam alas, gunung giwur, simbar kendo, paksinaga liman, patran kangkung, katewono dan lainnya.

Untuk fasilitas yang ada di Batik Trusmi Cirebon ini cukup lengkap ya. Parkirnya luas, ada masjid dan toilet.

Setelah membeli batik di Cirebon trusmi pastinya kamu merasa lapar bukan? Oleh karena itu, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di lokasi tersebut. Makanan yang menjadi favorite para pengunjung adalah empal gentong H. Apud yang berada tak jauh dari BT.

  • Alamat : Gedung Kantor Pasar Batik Trusmi LT 2 Sekretariat Kampung UKM Digital Pasar Batik Trusmi Desa, Jl. Otto Iskandardinata No.KM, Weru Lor, Kec. Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

2. Pasar Kanoman

Sekilas, pasar Kanoman Cirebon terlihat seperti pasar pada umumnya. Ada berbagai pedagang yang menjual makanan dan kebutuhan rumah tangga.

Namun, jika kamu berjalan lebih jauh. pasar Kanoman juga bisa jadi salah satu destinasi beli batik di Cirebon. Ada beberapa toko batik yang berjajar di lokasi tersebut.

Pasar Kanoman Cirebon
foto: instagram.com/cirebonholic

Kebanyakan dari gerai tersebut menjual kain batik dan nantinya pembeli bisa menjahitnya sendiri. Namun demikian, ada juga yang menjual bahan jadi seperti kemeja, blouse, gaun, kebaya, dan baju lainnya dengan corak batik Cirebon.

Soal harga, tak usah di ragukan lagi. Pastinya, harganya batik di pasar Kanoman sangat terjangkau. Kamu juga bisa membelinya dengan harga grosir.

  • Alamat : Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111

3. Toko Pangestu

Berlanjut ke toko Pangestu yang merupakan tempat beli batik di Cirebon yang legendaris.

Toko ini berdiri sejak tahun 1992 dan hingga saat ini tak pernah sepi pengunjung. Mereka punya koleksi gallery batik yang eksklusif dengan kualitas premium.

Toko Pangestu beber Cirebon
foto: instagram.com/tapeketan.sarirasa

Harganya juga menyesuaikan kainnya ya. Batik yang dijual di tempat ini tekstur bahannya adem dan halus. Cocok sekali dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. o

Selain jadi destinasi tempat beli batik di Cirebon, sebetulnya toko pangestu juga terkenal dengan menjual berbagai macam oleh-oleh. Salah satunya adalah makanan seperti abon ebi, kerapu ebi, kerupuk kerapu, teri udang, dan lainnya.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Tempat Wisata Fashion di Jogja Terhits dan Paling Murah

Alamat : Jl. Sukalila Selatan No.49, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45118

4. Pasar Pagi

Tak jauh beda dengan toko pengestu, Pasar pagi kota Cirebon ini juga menjadi pusat oleh-oleh yang patut dipertimbangkan.

Pasalnya, jika kamu ingin membeli batik di Cirebon, bisa banget menuju lantai 1 pasar pagi ini. Di sana berjajar berbagai macam fashion batik dengan motif khas Cirebon.

Pasar Pagi Cirebon
foto: instagram.com/cirebonunited

Berbagai macam batik dijual di sana, mulai dari batik cap, printing, hingga batik tulis. Soal harga, kalau kamu jago nawar, selamat! Bakat nawar itu bisa digunakan untuk membeli batik di sini.

Nah, kalau sudah memborong batik di lantai 1, jangan lupa jalajahi sudut lain. Pasar pagi ini juga menjual oleh-oleh khas Cirebon lho. Paket lengkap sekali bukan? Kamu bisa bawa pulang batik dan juga camilan khas Cirebon.

Camilan yang dijual di sana ada banyak sekali. Salah satunya adalah rengginang gapit, sirup campolay, kerupuk rambang, udang petis, abon udang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Alamat : Jl. Siliwangi (Jl. Sukalila blok Mambo, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123

5. Toko Daud

Sentra oleh-oleh khas Cirebon adalah jargon dari toko Daud. Memang tempat ini menjadi salah satu toko oleh-oleh yang cukup populer.

Banyak makanan khas yang dijual di toko ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Ada dodol, abon, sambal terasi, rambak udang, dan berbagai camilan lainnya.

Toko Batik Daud Cirebon
foto: instagram.com/_zoely02

Di sudut yang berbeda, pelancong juga bisa menemukan sepatu bercorak batik mega mendung yang khas. Tak hanya itu, kamu juga bisa membeli batik Cirebon dengan harga yang terjangkau di sini.

Tak kalah dengan lokasi lain, koleksi batik di toko Daud ini juga petut dipertimbangkan. Jika tak sempat mampir ke pusat batik Cirebon, maka toko daud bisa jadi salah satu alternatif untuk membeli batik di Cirebon.

Selain baju batik, ada juga aksesories lainnya dengan corak batik seperti sepatu, tas, dan berbagai aksesories lainnya.

  • Alamat : Jl. Sukalila Utara No.12 – 14, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat

6. IM Batik Cirebon

Tak kalah dengan butik batik di Cirebon, IM Batik juga bisa menjadi salah satu pilihan beli batik di Cirebon. Memang gerai batiknya masih berupa rumahan belum ada showroomnya.

Meski begitu, IM Batik yang notabene adalah UMKM ini sudah terkenal lho. Banyak pembeli yang mengaku puas berbelanja di sana. Sebab, memang bahan yang digunakan berkualitas bagus, teksturenya lembut dan adem untuk dipakai.

IM Batik Cirebon
foto: instagram.com/imbatikcirebon_official

Koleksi batiknya cukup high class ya, ada batik sutera, batik katun tulis, batik soga, batik kain viscose, dan bahan batik kain paris. Tentu saja harganya cukup bersaing ya.

Selain itu, untuk batik bahan jadinya, ada kemeja, gamis, blouse, dan lain sebagainya dengan corak batik yang bagus. Pembeli menilai, pelayanan di toko batik ini juga sangat ramah.

  • Alamat : Jl Kinatagama RT/RW 13/03, Kaliwulu, Plered, Cirebon, Jawa Barat 45154

7. Toko Pesona Batik

Cirebon atau juga dikenal dengan kota Udang, juga punya banyak bangunan tua peninggalan Belanda. Salah satunya ada bangunan tua yang iconic yakni ‘tembok retak’.

Bangunan tersebut cukup instagramable dan sering dijadikan tempat untuk berselfie ria. Kini ‘tembok retak’ disulap menjadi toko batik Pesona yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Butik batik di Cirebon ini punya banyak koleksi yang kekinian. Mulai dari kemeja kerja, kemeja untuk pria, baju batik santai, baju batik anak, kebaya, sarimbit. hingga berbagai kain batik.

Pesona Batik Cirebon
foto: instagram.com/pesonabatikofficial

Untuk jenisnya sendiri, ada batik cap, printing, dan tulis. Harganya sangat bervariasi tergantung bahan dan jenis batiknya. Tak hanya menjual baju batik saja, namun toko pesona juga menyediakan aksesories cantik. Tentu saja dengan corak batik khas Cirebon ya.

Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Jelajahi Kampung Batik Kauman Pekalongan

Selain itu, di sana juga menjual camilan khas Cirebon seperti kerupuk udang, sekoteng atau bandrek, dan sari lemon jenisa. Referensi beli batik di Cirebon yang satu ini memang cukup menarik ya….

  • Alamat : Jl. Syekh Datul Kahfi No.1, Weru Lor, Plered, Cirebon, Jawa Barat 45154

8. Galeri Batik Ninik Ichsan

Punya keinginan buat beli batik di Cirebon dengan kualitas high class? Cuss… datang saja ke koleksi batik Ninik Ichsan.

Gerai Ninik Ichsan menjual batik tulis halus, bukan batik cap atau printing. Kualitasnya sangat juara, sebab kain yang dipakai pun halus dan adem. Jadi jangan heran jika satu lembar kain batik galeri ini dibanderol dengan harga Rp. 30 juta.

Usut punya usut, harga itu memang sudah sesuai dengan kualitas yang di tonjolkan. Bahkan untuk mengerjakan satu lembar kain batik saja, mereka memakan waktu berbulan-bulan lamanya. Untuk pencuciannya pun memakan waktu kurang lebih 2 minggu lamanya. Sangat istimewa bukan?

Galeri Ninik Ichsan Cirebon
foto: instagram.com/lila_bamboo_villa_bali

Untuk batik dengan harga yang tinggi nantinya untuk di ekspor hingga ke Jerman, Kanada, dan Jepang. Sementara itu, mereka juga membuat batik dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp. 50.000,-

Memang untuk harganya menyesuaikan dengan motif dan tingkat kerumitannya ya. Selain bisa membeli batik, kamu juga bisa melihat secara langsung proses membatik dari para pengrajin. Lokasinya ada di belakang galeri Ninik Ichsan.

  • Alamat: Jl. Syekh Datul Kahfi No.331, RW.03, Wotgali, Plered, Cirebon, Jawa Barat 45154

9. Mall Batik Salma

Nah, rekomendasi tempat beli batik di Cirebon yang satu ini termasuk paket lengkap ya. Mall batik Salma, punya tempat yang nyaman dan luas. Mereka memadukan konsep modern dan tradisional di gerai batiknya.

Butik batik di Cirebon ini ada 2 lantai. Di lantai pertama menjual berbagai macam aksesories yang unik, seperti dompet, tas, merchandise dengan corak batik yang khas. Kemudian ada pula makanan tradisional khas Cirebon yang juga wajib untuk dicicipi.

Mall Batik Salma Cirebon
foto: instagram.com/tri.salela

Di lantai 2, ada koleksi batik mulai dari kain batiknya, baju, kebaya, kemeja, dan lain sebagainya. Harga batik salma tentu bervariasi ya, sesuai dengan jenisnya.

Dijamin, pengunjung juga akan betah memilih batik di toko ini. Sebab, fasilitas yang di sediakan juga cukup memadai. Seperti mushola, toilet, area parkir luas, wifi gratis, hingga resto yang berkapasitas 200 orang. Menarik ya…

  • Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No.15, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat 45154

10. Rajjas Batik Juanda

Terakhir, destinasi tempat beli batik di Cirebon ada di Rajjas batik juanda. Lokasinya tak jauh dari empal gentong H. Apud. Jadi masih cukup strategis ya..

Rajjas barik juanda ini punya banyak koleksi batik modern, seperti syal, baju batik dengan model kekinian, kain batik motif khas Cirebon, hingga berbagai aksesories cantik yang dijual di sana.

Saking modernya model baju yang dijajakan, mereka juga kerap mengikuti ajang fashion batik batik show. Salah satunya Jakarta Fashion Food and Festival (JFFF) pada tahun 2017.

Rajjas Batik Juanda Cirebon
foto: instagram.com/rajjasbatik

Menariknya lagi, mereka juga punya model batik tenun lho. Tentu saja, berbicara soal harga, pastinya harganya cukup bervariasi ya. Sesuaikan saja dengan budget kamu jika ingin membeli batik di Cirebon khusunya di Rajjas batik Juanda ini.

  • Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No.31, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat 45153

Yups! itu dia 10 referensi jika kamu ingin membeli batik di Cirebon. Cukup lengkap bukan?

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *