Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Kunjungi Galeri Batik Ninik Ichsan Cirebon

Batik Ninik Ichsan Cirebon

Ada yang istimewa di kota Cirebon lho selain berkunjung ke batik Trusmi. Apa itu?

Yups! Selain sentra batik pesisir yang sudah terkenal dimana-mana, ada galeri batik Ninik Ichsan Cirebon yang ternyata produknya sudah tersebar di Amerika dan Eropa.

Waaahhh, keren banget ya. Kalau kamu berkunjung ke Cirebon, jangan lupa masukin ke daftar destinasi wisata mu ya. Galeri Ninik Ichsan ini bisa jadi tempat beli batik di Cirebon yang rekomended lho.

Pasti udah penasaran kan sama seluk beluk butik batik Cirebon yang satu ini? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Sejarah Batik Ninik Ichsan Cirebon

Siapa sangka, salah satu gerai batik di kota udang ini sudah mendunia. Buktinya, produk batik Ninik Ichsan Cirebon banyak diminati oleh orang-orang mancanegara.

Koleksi batik di galeri Ninik Ichsan
foto: instagram.com/batikninikichsan/

Pemasarannya mulai dari Amerika, Jepang, hingga negara-negara yang ada di Eropa. Satu lembar kain batik tulis halus dengan kualitas yang bagus bisa dijual hingga Rp. 30 juta di luar negeri.

Hal itu sesuai dengan kualitas dan cara membuatnya yang sangat teliti. Sementara itu, Ninik Ichsan merupakan pengrajin batik generasi ke lima.

Batik NInik Masina
foto: instagram.com/batikninikichsan/

Galeri Batik Ninik Ichsan Cirebon ini merupakan usaha turun temurun. Pada tahun 1997-1998, pembuatan batik sempat mengalami kendala di tengah krisis moneter. Tak sampai di situ, Ninik pun terlilit hutang banyak.

Meski begitu, gerai batik itu bisa berdiri perlahan hingga saat ini. Selain menjadi tempat beli batik favorit di Cirebon, pemilik gerai ini juga berharap jika rumahnya bisa menjadi tempat para pecinta batik.

Wisata Menarik Lainnya :  Berburu Batik di Pasar Klewer Solo

2. Alamat Batik Ninik Ichsan

  • Jl. Syekh Datul Kahfi No.331, RW.03, Wotgali, Plered, Cirebon, Jawa Barat 45154
  • Senin – Minggu
  • 09.00 – 18.00 WIB

3. Rute Menuju Lokasi

Proses menjemur batik NInik Ichsan
foto: instagram.com/batikninikichsan/

Rute menuju galeri batik Ninik Ichsan ini tak sulit. Sebab, lokasinya ada di ujung kawasan lokasi batik trusmi. Kamu bisa gunakan GPS juga kok jika sudah sampai ke tengah kota Cirebon.

Meski begitu, jika kamu berasal dari luar kota, sebaiknya keluar pintu tol Plumbon. Setelah itu, belok kanan menuju jalan Otto Iskandar dan melewati jembatan Plumbon.

Ikuti rute jln Otto Iskandar Muda hingga bertemu pertigaan dan belok kiri. Kemudian menuju jalan Syekh Datul Kahfi dan masuk ke kawasan batik Trusmi. Lokasinya ada di sebelah kiri.

4. Motif Batik Ninik Ichsan Cirebon

Berbicara soal motif batik yang ada di galeri batik NInik Ichsan Cirebon, sebetulnya ada beberapa yang memang khas Cirebon.

a. Motif Batik Mega Mendung

Motif Mega Mendung
foto: instagram.com/batikninikichsan/

Jika melihat batik dengan corak awan mendung, harusnya sudah tau ya kalau itu adalah batik Cirebon. Motifnya sudah sangat familiar dan memang menjadi iconic kota tersebut.

Usut punya usut, motif batik ini memang terinspirasi dari bentuk awan. Ada sedikit sentuhan unsur Cina namun pembedanya terletak di bentuknya. Jika Mega mendung berbentuk lancip, jika unsur Cina berbentuk bulat.

b. Motif Patran Keris

Nah motif yang satu ini sangat disukai oleh orang Jepang. Bahkan mereka memesan kain batik motif ini untuk kemudian dijadikan kimono. Motif Patran Keris ini sangat klasik.

c. Motif Batik Singo Barong

Corak yang ada di batik ini berupa sebuah kereta singa yang ditarik oleh kerbau. Dahulu motif ini menunjukan bahwa kerajaan yang ada di Cirebon punya transportasi yang hebat.

Wisata Menarik Lainnya :  16 Rekomendasi Tempat Beli Batik di Pekalongan

Oleh karena ini, saat ini para pengrajin batik membuat motif ini untuk mengenang kerajaan Cirebon.

Proses membatik secara manual
foto: instagram.com/batikninikichsan/

d. Motif Batik Wedasan Cirebon

Untuk motif batik Wedasan Cirebon ini, kamu juga bisa dapatkan di gerai Ninik Ichsan. Jika di amati secara detail, coraknya masih terlihat aura keraton dengan warna khasnya yakni coklat.

e. Motif Paksinaga Liman

Batik Ninik ichsan Cirebon juga punya motif Paksinaga Liman. Filosofi dari motif batik ini adalah sebagai lambang kekuatan keraton Cirebon pada waktu itu.

Sebab, Paksinaga Liman merupakan gabungan motif tiga hewan yang kuat, yakni burung, naga dan gajah.

5. Harga Batik Ninik Ichsan Cirebon

Meski sudah merambah ke mancanegara, namun harga batik Ninik Ichsan Cirebon ini tergolong masih variatif. Memang sih, untuk yang pesanan negara lain dengan jenis kain batik tulis, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Tentu saja hal itu seimbang dengan hasil karya batik yang elegan. Namun demikian, ada juga batik cap dan printing yang di produksi oleh butik batik Cirebon ini. Harganya pun relatif terjangkau.

Harga blouse viscose
foto: instagram.com/batikninikichsan/

Sebut saja kemeja batik atau baju batik lainnya. Harganya kisaran 200 ribu rupiah. Sementara unutk blouse wanita juga kisaran 200 ribu.

Jadi, kalau kamu sedang berada di kota Cirebon, jangan lupa ya mampir ke Batik Ninik Ichsan yang legendaris ini. Di jamin pengetahuanmu soal batik bakal bertambah pesat lho!

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *