Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

11 Pilihan Tempat Beli Batik di Jogja yang Apik

Tempat Beli Batik di Jogja

Sebagai orang Indonesia tentunya sudah tau dong sama batik Jogja.

Tak hanya sekedar tau, bahkan rata – rata orang Indonesia pasti memiliki atau beli batik di Jogja.

Biasanya, batik digunakan dalam seragam kantor atau sekolah, dan untuk acara formal. Tapi kini, batik tampil dalam beragam pakaian yang lebih santai.

Bicara soal batik, banyak banget daerah di Indonesia yang menjadi sentra batik. Seperti batik Pekalongan, batik Solo, batik Jogja, batik Cirebon, batik Lasem, dan masih banyak lainnya.

Beda daerah, beda juga ciri khas batiknya loh. Seperti halnya yang kita bahas kali ini adalah batik Yogyakarta.

Keberadaan batik khas Yogyakarta sendiri tidak terlepas dari sejarah berdirinya kebangkitan Kerajaan Mataram Islam yang dibangun oleh Panembahan Senopati. Selama perjuangan mendirikan Mataram, Panembahan Senopati sering bertapa melakukan pengembaraan dan laku spiritual di sepanjang pesisir selatan Pulau Jawa.

Batik Jogja, yang lebih banyak menggunakan warna putih, hitam, dan coklat sebagai warna dasarnya. Dengan motif berupa tumbuhan, hewan ataupun manusia yang memiliki makna kehidupan.

Seperti halnya batik Nitik Yogyakarta yang memiliki motif nitik khas Yogyakarta. Motif batik Nitik khas Yogyakarta merupakan ragam hias ceplokan yang tersusun atas garis-garis halus, balok-balok kecil, segi empat, serta titik-titik halus yang sepintas menyerupai tenunan.

Ingin belanja batik Jogja ? Nih, ada beberapa pilihan tempat beli batik di Jogja dengan aneka outfit batik yang modis.

1. Pasar Beringharjo

Beli Batik Jogja di Pasar Beringharjo
foto: instagram.com/infojogja.co

Alamat : Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Pilihan pertama untuk beli batik di Jogja adalah Pasar Beringharjo.

Jika tempat beli batik di Solo terkenal dengan Pasar Klewernya, Jogja juga punya pasar yang menjadi langganan untuk belanja batik.

Bagi yang suka travelling ke Jogja, pasti sudah tau dengan pasar yang satu ini. Beringharjo menjadi pusat jual beli terlengkap di Jogja sejak tahun 1758.

Di sini, kamu dapat menemukan berbagai kebutuhan sandang dan pangan, diantaranya adalah batik.

Pasar Beringharjo mempunyai banyak kios yang menjual aneka produk batik. Ngga cuma pakaian batik aja, tas, dompet, sepatu, dan aksesoris batik lainnya tersedia di Beringharjo.

Harga batik yang dijual di Pasar Beringharjo cukup bervarian.

Jika ingin mendapatkan batik Yogyakarta dengan harga murah, sebaiknya kamu berkeliling dahulu untuk membandingkan harga dan lakukan proses tawar menawar.

Selain itu, untuk mendapatkan harga yang lebih murah, kamu bisa memborong batik di toko grosir yang berada di bagian barat dan utara pasar.

2. Malioboro

Batik di Malioboro
foto: instagram.com/malioboro_jogja

Alamat : Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta

Jalanan sepanjang 2,5 km yang membentang dari Tugu Jogja hingga ke Kantor Pos ini menjadi jantung kota Jogja yang sayang untuk dilewatkan.

Jalan Malioboro merupakan tempat yang khas Jogja banget. Tak heran jika lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan.

Jejeran toko yang menjual cindera mata khas Jogja menghiasi pinggiran jalan Malioboro. Termasuk toko batik ada juga di sini, jadi kamu dapat beli batik di Jogja kawasan Malioboro.

Tidak hanya satu atau dua toko yang menjual batik, tetapi ada banyak banget toko batik di Malioboro dengan berbagai merk.

Biasanya toko – toko tersebut akan memasang baju batik terbaik pada manekin, yang dipajang di depan toko. Sehingga wisatawan yang melalui Jalan Malioboro tertarik untuk membelinya.

3. Kampung Batik Ngasem

Kampung Batik Ngasem
foto: instagram.com/meiowww

Alamat : Jl. Polowijan No.11, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133.

Rekomendasi tempat beli batik di Jogja selanjutnya adalah Kampung Batik Ngasem. Sentra indutri batik ini sudah terkenal sejak tahun 70an.

Di sini, tak hanya menawarkan busana batik yang siap pakai, namun juga tersedia kain batik dengan beragam motif. Ada motif klasik khas batik Jogja dan ada juga motif modern yang cocok untuk kawula muda.

Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Belanja ke Batik Soga Laweyan Solo

Harga kain batiknya pun standar, untuk kain lembaran harganya berkisar 70 ribuan hingga ratusan ribu tergantung motif dan kualitas kain. Sedangkan untuk kain meteran, dibanderol mulai 48 ribu per meternya.

Selain menjadi rekomendasi tempat untuk beli batik di Jogja, di Kampung Batik Ngasem ini, pengunjung juga dapat melihat serta belajar cara membatik.

4. Kampung Batik Giriloyo

Kampung Batik Giriloyo
foto: instagram.com/leony.onyy

Alamat : Jalan Imogiri Timur No.Km. 14, Karang Kulon, Wukirsari, Kec. Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782

Kampung ini mirip – mirip dengan Kampung Batik Ngasem. Penduduk kampung ini, sebagian besar bermata pencaharian sebagai pengrajin batik.

Membatik sudah dilakukan penduduk kampung Giriloyo sejak abad ke-17, sebagai bentuk mempertahankan budaya batik dari Kerajaan Mataram. Pantas saja, batik Giriloyo ini terkenal sejak dahulu.

Bahkan kabarnya, presiden kita, Bapak Joko Widodo pernah beberapa kali menggunakan batik tulis khas Giriloyo lohh. Jadi, udah ngga diragukan lagi dong kualitasnya ?

Batik Giriloyo merupakan beli batik di Jogja yang mempunyai beberapa motif yang khas, diantaranya adalah motif parang srimpi, wahyu tumurun, gebang, sido mukti , sido luhur dan udan liris.

Tiap motif memiliki makna yang mendalam, seperti sido mukti yang artinya harapan untuk meraih kebahagian lahir dan batin. Atau udan liris yang bermakna ketabahan dan prihatin dalam menjalani hidup.

Pewarna yang digunakannya pun masih alami. Batik Giriloyo memanfaatkan hasil alam seperti kulit mahoni, daun pohon nila, buah jelawe, hingga daun pohon mangga.

Soal harga, untuk beli batik di Jogja khas Giriloyo mulai dari 400 ribu sampai 3 juta bagi batik tulis. Sementara batik cap bisa di dapat dengan harga yang lebih murah, yaitu 200 ribuan saja.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Kampung Batik Giriloyo, ngga cuma belanja aneka produk batik doang. Wisatawan juga dapat menikmati paket wisata belajar membatik.

5. Desa Wisata Krebet

Desa Wisata Krebet
foto: instagram.com/muhammad.abdulsyukur42

Alamat : Desa Wisata Krebet RT. 04, Sendangsari, Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

Tempat untuk beli batik di Jogja satu ini berbeda dari yang lain guyss.

Jika lokasi – lokasi sebelumnya menawarkan produk batik berupa kain dan pakaian batik. Lain halnya dengan Desa Wisata Krebet yang punya inovasi produk batik yang unik.

Umumnya media yang digunakan untuk membatik adalah kain, dari kain ini lah tercipta berbagai busana seperti kemeja, rok, gamis, daster dan masih banyak lagi.

Namun di sini, media untuk membatik bukanlah kain, tetapi berupa kayu. Emang bisa, membatik dengan media kayu ? Bisa dong.. tuh Desa Wisata Krebet buktinya, yang membuat kerajinan batik kayu.

Kerajinan yang dihasilkan berupa topeng batik, wayang, patung, bingkai cermin, gantungan kunci dan masih banyak lainnya.

Kayu yang digunakan untuk media membatik yaitu kayu mahoni, kayu klepu dan kayu sengon, yang mudah ditemukan di kawasan Bantul.

Batik kayu ini bisa menjadi pilihan alternatif sebagai oleh – oleh khas Bantul. Tertarik membelinya ?

6. Batik Rumah Suryowijayan

Batik Rumah Suryowijayan
foto: instagram.com/batik.rumah_suryowijayan

Alamat : MJ 1, Jl. Suryowijayan No.427, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55142

Ingin mencari pakaian batik dengan model yang kekinian ? Ke Batik Rumah Suryowijayan aja.

Toko Batik ini menjadi langganan para turis ketika beli batik di Jogja. Sejak dulu, Batik Rumah memang dikenal dengan kreasi batiknya yang menarik.

Kamu akan menemukan bermacam – macam model baju batik, dari kemeja batik, dress batik, rok batik, dan batik modern. Keperluan ibadah seperti mukenah, sarung dan sajadah batik juga tersedia di toko ini.

Berminat membeli batik di Batik Rumah Suryowijayan ? Kamu dapat mengunjungi mulai dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam.

7. Toko Mirota Batik (Hamzah Batik)

Toko Mirota Batik Hamzah Batik
foto: instagram.com/bagas_zain04

Alamat : Jl. Margo Mulyo No.9, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Hamzah Batik menjadi salah satu toko batik yang populer di Jogja. Dibuka sejak Bukan Juni tahun 7-an oleh Hamzah Sulaiman. Hamzah merintis usaha batiknya mulai dari titik nol hingga populer seperti saat ini.

Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Tengok 5 Wisata Belanja Semarang yang Hits

Toko Mirota Batik atau Hamzah Batik ini lengkap banget lohh. Mulai dari produk yang dijual, ada banyak koleksi pakaian batik untuk pria, wanita, anak – anak, dan dewasa.

Aksesoris dengan sentuhan batik seperti dasi, gelang, dan topi juga dapat kamu beli di toko tersebut. Semakin lengkap dengan menjual pernak – pernik dan cindera mata khas Jogja.

Ada juga jamu herbal dan cemilan yang jarang ditemui di toko lain. Lengkap banget deh Toko Mirota Batik ini.

Selain produknya yang lengkap, Hamzah Batik seringkali mengadakan pertunjukan untuk menghibur pengunjungnya, seperti tari – tarian, seni ketoprak, pertunjukan musik piano, dan sebagainya.

Ngga salah kalau Hamzah Batik menjadi salah satu pilihan tempat untuk beli batik di Jogja. Pokoknya, kamu wajib banget datang kesini.

8. Toko Batik Winotosastro

Toko Batik Winotosastro
foto: instagram.com/batik_winotosastro

Alamat : Jl. Tirtodipuran No.54, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

Masih berlanjut mengenai tempat beli batik di Jogja lainnya. Ada Toko Batik Winotosastro yang legendaris dan sudah berdiri sejak tahun 1940.

Selain bisa membeli pakaian dan kain batik langsung dari sini, Toko Batik Winotosastro juga menyediakan kelas membatik untuk para turis yang ingin belajar membatik, dan diajari langsung oleh pakarnya.

Walaupun sekarang sudah banyak produk batik printing yang berkembang. Batik Winotosastro tetap mempertahankan ciri khasnya yaitu batik tradisional dengan teknik batik tulis dan batik cap.

9. Rianty Batik

Rianty Batik
foto: instagram.com/riantybatik

Alamat : Jl. Malioboro No.79, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Berikutnya ada butik batik di Jogja yang menampilkan beraneka ragam koleksi busana nan modis. Adalah Rianty Batik, brand lokal Jogja yang sudah mendunia.

Rianty Batik juga mempunyai beberapa outlet di luat negeri. Ada di Kanada, Australia, dan kabarnya akan membuka cabang di negara tetangga Malaysia.

Wihh, ini sih bisa jadi bukti kalau Rianty Batik beneran unggul ya.

Tersedia baju batik couple, yang bisa dipakai bersama pasangan. Ada juga dress lucu untuk anak – anak.

Rianty Batik menjadi pilihan tempat beli batik di Jogja favorit kalangan milenial.

Karena, meskipun batik dianggap budaya yang tradisonal, namun dengan desain dan padu padan yang tepat oleh desainernya. Batik Rianty terlihat modern dan menunjukkan kesan yang fresh.

10. Batik Yudhistira

Batik Yudhistira
foto: instagram.com/grosirbatikyudhistira

Alamat : Jl. Taman Siswa No.150 A, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

Bingung cari lokasi beli batik di Jogja dengan harga yang murah ? Langsung cuss aja ke Batik Yudhistira.

Toko grosir batik ini menawarkan batik dengan harga yang miring. Kamu bisa mendapatkan rok batik dengan harga 20 ribuan aja lohh. Baju batik anak, mulai dari 9 ribuan.

Oleh karena itu, Batik Yudhistira menjadi tempat belanja batik yang digemari oleh wisatawan dan pedagang grosir.

Nahh, kalau kamu sedang jalan – jalan di Jogja. Jangan lupa mampir ke Batik Yudhistira yaa.

11. Batik Seno

Batik Seno
foto: instagram.com/diary_trips

Alamat : Jl. Mantrijeron, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

Tempat rekomendasi beli batik di Jogja yang terakhir adalah Batik Seno merupakan sebuah galeri batik yang cukup terkenal di Kota Jogja. Juga sebagai tempat edukasi membantik dengan teknik batik tulis atau mencanting.

Galeri batik ini tak pernah sepi pengunjung, kebanyakan pengunjung yang datang untuk belajar membatik adalah wisatawan mancanegara.

Pengunjung akan diajari cara membuat batik dari menggambar pola pada kain, mencanting, memberi warna dasar, hingga memberi blok dengan malam hingga memberi pewarna pada batik sebelum kain dijemur.

Batik yang telah dibuat sendiri bisa dibawa pulang oleh pengunjung.

Itulah beberapa pilihan tempat untuk beli batik di Jogja. Lokasi mana nih yang ingin kamu tuju saat beli batik di Jogja ?

Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *