Asyiknya Wisata Sejarah di Kampung Wisata Taman Sari

Kampung Wisata Taman Sari

Deretan tempat di Yogyakarta berhasil menarik perhatian para wisatawan. Di sana kita bisa menemukan beberapa tempat seperti wisata alam, taman rekreasi dan hiburan, samapi situ sejarah.

Bicara soal situs sejarah, Yogyakarta menyuguhkan banyak destinasi wisata sejarah yang wajib kita kunjungi. Seperti halnya di Kampung Wisata Taman Sari, tempat ini menjadi sorotan para wisatawan karena memiliki gaya arsitektur yang memadukan dua kebudayaan yakni Jawa dan Portugis.

Bangunan ini sudah ada sejak masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I. Meskipun Kampung Wisata Taman Sari ini dinilai bangunan tua, sampai saat ini tempat tersebut masih ramai dikunjungi bahkan pada saat akhir pekan.

Alamat : Patehan, Kraton, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta.
Map : Klik disini.
Jam Buka : 09.00 – 15.00 WIB.
Harga Tiket : Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp15.000 untuk turis asing.

Dulunya, Taman Sari ini merupakan taman kerajaan sehingga memiliki kolam pemandian, kanal air, ruangan besar, kolam besar, dan lainnya. Namun saat ini, Taman Sari disebut-sebut sebagai Istana Wisata Air.

Ketika berkunjung ke sana kita bisa menaiki menara dan menikmati pemandangan. Di menara tersebut ada sebuah jeruji kayu yang masih asli sebab belum pernah diganti semenjak bangunan ini didirikan. Dengan segala sisi yang terlihat kuno dan menyeramkan ini Taman Sari dijadikan sebagai cagar budaya.

2021 09 29
Googlemaps/rohib alfaisal

Daya Tarik Kampung Wisata Taman Sari

Daya tarik Kampung Wisata Taman Sari ini juga terletak pada tiga buah kolam yang memiliki nama dan fungsinya yang berbeda.

Ada Umbul Pamucar yang digunakan untuk selir raja, Umbul Kawitan untuk putra dan putri raja, dan Umbul Panguras yang dikhususkan untuk raja. Kolam berwarna hijau tersebut sering dijadikan sebagai spot foto yang keren.

Lalu ada juga bangunan-bangunan yang terlihat kuno seperti Gapura Panggung, Gapura Agung, Gedung Kenongo, Terowongan, Lorong Bawah Tanah, dan masih banyak lagi. Meskipun terlihat tua, bangunan-bangunan tersebut masih tetap kokoh sampai saat ini.

Wisata Menarik Lainnya :  Keindahan Tempat Wisata Air Terjun Clebung Bubulan Bojonegoro

Dan yang terakhir di sana kita bisa menemukan Sumur Gumuling. Sumur Gumuling bukanlah sebuah sumur atau tempat penampungan air, tempat tersebut merupakan masjid bawah tanah yang digunakan oleh para Sultan untuk berlindung dari bahaya dan serangan.

Masjid ini berbentuk melingkar 360 derajat dengan bagian tengahnya yang berlubang. Selain itu, di sana juga terdapat lima buah tangga yang melambangkan jumlah Rukun Islam.

2021 11 29 1
Googlemaps/muhammad radhi

Spot-spot tersebut menjadi daya tarik dari Taman Sari. Deretan foto para pengunjung yang beredar di Instagram tentu saja menarik minat orang-orang untuk mengunjungi Kampung Wisata Taman Sari.

Di sana kita juga bisa mampir ke beberapa rumah makan yang menyediakan berbagai hidangan mulai dari gudeg, oseng mercon, gatot, dan masih banyak lagi.

Fasilitas

Fasilitas lainnya yang ada di sana yaitu pemandu tour, toko souvenir, gazebo, musala, toilet, lahan parkir, dan lainnya.

Untuk harga tiket masuk Kampung Wisata Taman Sari ini kita akan dikenakan tarif sebesar Rp 13.000 per orang setiap hari Senin sampapi Jumat dan Rp 15.000 per orang setiap hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Kita juga akan dikenakan tarif parkir yang dibanderol mulai dari Rp 2.000 sampai dengan Rp5.000 setiap kendaraan.

Lokasi

Wisatawan yang ingin mengunjungi Kampung Wisata Taman Sari ini bisa datang ke Patehan, Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133. Berada di pusat Kota Yogyakarta menjadikan tempat ini mudah ditemukan. Jika dari Jalan Malioboro kita ambil arah selatan menuju Jalan Sosrokusuman.

Dari sana kita akan menemukan Jalan Nyai Ahmad Dahlan dan belok kiri menuju Jalan Taman Sari. Jarak tempuhnya sekitar 10 menit perjalanan dari Kota Yogyakarta.

Kampung Wisata Taman Sari ini beroperasi setiap hari. Untuk jam operasional Kampung Wisata Taman Sari ini mulai pukul 09:00 sampai dengan pukul 15:00.

Karena merupakan tempat bersejarah, datang ke sana kita diharuskan mematuhi setiap kebijakan seperti jangan merusak segala ornamen, menjaga kebersihan, dan lainnya.

Penginapan Dekat Kampung Wisata Taman Sari

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan bisa mengunjungi Gita Benara yang berada di Jalan MT. Haryono No.52Aa, Suryowijayan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141. Jarak tempuhnya sekitar 5 menit perjalanan dari Kampung Wisata Taman Sari.

Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Liburan ke Edu-Rekreasi Rumah Atsiri Tawangmangu

Untuk tarif penginapannya dibanderol mulai dari Rp 90.000 sampai dengan Rp 300.000 per malam sesuai paket penginapan yang kita inginkan. Kita juga bisa reservasi terlebih dahulu melalui nomor 0811862900.

Wisatawan dari Yogyakarta dan sekitarnya wajib banget mengunjungi destinasi wisata yang satu ini untuk rekreasi keluarga sekaligus wisata edukasi.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.