big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Tirta Gangga Bali, Tempat Wisata yang Sarat Akan Sejarah

Tirta Gangga Bali

Tirta Gangga adalah salah satu situs bersejarah sekaligus objek wisata populer di Karangasem Bali Timur. Sebagai objek wisata Bali yang populer ada banyak hal yang ditawarkan oleh tempat ini. Misalnya saja seperti mata air bening dan bangunan eksotis yang ada di dalamnya.

Disamping hal diatas wisata yang satu ini juga menyimpan sejarah yang penting untuk warga maupun Masyarakat hindu di Bali. Penasaran seperti apa sejarah dan daya tarik yang dimiliki Tirta Gangga? Simak semuanya dalam artikel berikut ini!

Sejarah dan Asal Usul Tirta Gangga Bali

302231444 816791329685383 2902399137543453006 n
Instagram.com/tirtaganggaa

Sebelum menjadi sebuah objek wisata yang memukau sekaligus populer, Tirta Gangga ternyata mempunyai nilai sejarah yang kaya karena merupakan akar dari kehidupan sehari-hari Masyarakat sekitar. Awalnya wisata ini adalah sumber mata air atau embukan. Oleh penduduk setempat tentunya dianggap suci.

Air Suci tersebut mengali dari bawah pohon banyan yang berukuran besar. Pohon ini tumbuh di bawah kaki bukit yang letaknya berdekatan dengan sebuah pura suci milik Masyarakat. Oleh Masyarakat sumber mata air yang ad aini digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti minum, memasak dan mencuci.

Selain itu sumber mata air ini juga digunakan sebagai tempat untuk menyucikan diri dalam konteks spiritual. Di tahun 1948 an Raja Karangasem yang bernama Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung memberi kontribusi besar dengan cara membangun sebuah istana air di Tirta Gangga.

Istana air tersebut selanjutnya menjadi sebuah destinasi wisata yang populer di Bali saat ini. Memiliki luas yang mencapai 1,2 hektar, kompleks istana air ini sendiri terbagi menjadi beberapa area yang sangat menari dan tentunya penuh daya tarik.

Awalnya tempat ini dinamakan Taman Rijasa. Awalnya tujuan dibangunnya tempat ini oleh Raja Karangasem adalah sebagai tempat rekreasi untuk keluarga istana. Meskipun ada juga prasasti sejarah yang mengatakan bila taman ini juga dibuka untuk umum.

Pembagunan Taman ini sendiri tentu dibangun oleh warga sekitar yang berasal dari Desa Ababi, Desa Temega dan Desa Peladung. Perlu diketahui jika perubahan nama tempat ini menjadi Tirta Gangga karena Raja Karangasem bersemedi di bawah pohon leci. Di situ sang raja memperoleh wahyu dari Dewi Gangga.

Dikatakan jika sang Dewi gangga memberikan wahyu pada Raja Karangasem untuk menganti nama Taman Rijasa menjadi Taman Tirta Gangga.

Nama dari “Tirta Gangga” ini sendiri mempunyai makna berarti dan terinspirasi dari Sungai Gangga di India yang merupakan Sungai suci untuk para penganut agama Hindu. Pilihan nama ini tentunya mencerminkan nilai dan kekayaan spiritual agama yang melekat di tempat tersebut.

Tempat ini secara resmi dibuka sebagai destinasi wisata pada tahun 1970 an. Pada tahun tersebut wisata ini sudah mulai kedatangan para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya.

Fakta Menarik Seputar Tirta Gangga Bali

Disamping memiliki nilai sejarah tersendiri Tirta Gangga ternyata juga memiliki sejumlah fakta yang sangat menarik untuk diulik. Fakta yang dimaksut ialah:

Dulunya Adalah Istana Raja

indiangermantravelcouple 1
Instagram.com/tirtaganggaa

Fakta menarik yang harus kamu tahu dari Tirta Gangga adalah statusnya yang dulu merupakan istana raja, tepatnya istana Kerajaan Karangasem. Kerajaan yang satu ini adalah salah satu Kerajaan Hindu yang berdiri di abad ke 17 di bagian timur Bali. Saat kejayaannya Kerajaan Karangasem bahkan mempunyai wilayah kekuasaan sampai ke pulau Lombok.

Sayangnya pada tahun 1894 kerajaan ini ditaklukan oleh Belanda dan setelah Indonesia Merdeka statusnya berubah menjadi daerah Tingkat II Karangasem dalam pemerintahan provinsi Bali. Setelah statusnya berubah tepatnya pada tahun 1948 nan, Raja Karangasem yang bernama Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung membangun Istana Air Tirta Gangga.

Istana tersebut sangat penting untuk keluarga Kerajaan karena biasanya digunakan sebagai tempat istirahat. Bahkan keluarga Kerajaan Karangasem dulunya juga menjadikan Tirta Gangga sebagai tempat untuk menikmati waktu bersantai layaknya bangsawan.

Mempunyai Arti Air Suci

281414264 313464590967568 4806128172145802937 n
Instagram.com/tirtaganggaa

Air yang berada di Tirta Gangga katanya berasal dari sumber mata air Rejasa yang mengalir ke Amlapura. Air ini tentunya dianggap suci oleh Masyarakat sekitar. Adapun nama dari Tirta Gangg aini sendiri adalah air suci yang berasal dari Sungai Gangga.

Pemberian nama ini dimaksutkan sebagai bentuk penghormatan pada Masyarakat yang memeluk agama Hindu. Akan tetapi nama ini ternyata juga dipakai untuk merujuk ke wilayah yang meliputi istana air beserta daerah pedesaan subur yang ada disekitarnya.

Pernah Mengalami Kerusakan

Sayangnya sekitar tahun 1963 kompleks Istana Air Tirta Gangga ini mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan tersebut dipicu karena adanya letusan Gunung Agung. Namun meski begitu pihak pemerintah Bali kemudian membangunnya kembali.

Bahkan pemerintah berusaha keras agar perbaikan tersebut tidak mempengaruhi atau merubah bentuk aslinya. Dengan begitu wisata ini masih mampu mempertahankan bentuk aslinya sama seperti sebelum terjadinya letusan gunung. Adapun proses rekonstruksi ini tentunya menjadi bukti dari komitmen pemerintah dalam melestarikan warisan Budaya dan sejarah Bali.

Dengan campuran antara keindahan alam, nilai spiritual yang kental dan kearifan lokal, Tirta Gangga ta khaya mampu menjadi sebuah destinasi wisata yang populer saja. Lebih dari itu tempat wisata ini juga menjadi sebuah tempat yang sarat akan makna budaya dan sejarah.

Liburan ke Tirta Gangga tak hanya akan memberikan pengalaman visual yang menakjubkan untuk kamu. Hal ini karena kamu juga akan memiliki kesempatan untuk mempelajari kekayaan budaya yang spiritual Bali secara langsung.

Keunikan dan Daya Tarik Tirta Gangga Bali

Apabila kamu suka dengan tempat wisata yang menangkan dan asri maka Tirta gangga bisa menjadi pilihan. Terlebih wisata yang satu ini juga memiliki keunikan dan daya tarik yang memikat seperti:

Taman Petirtaan

travelingbali tirtagangga
Instagram.com/tirtaganggaa

Salah satu keunikan sekaligus daya tarik utama dari Tirta Gangga adalah keberadaan taman pertirtaan yang memancarkan keharmonisan antara manusia, alam dan budaya. Keindahan taman yang satu ini menjadi salah satu alasan utama para wisatawan berkunjung ke tempat ini.

Apalagi arsitektur yang mencerminkan gaya khas Bali mampu menjadikan Tirta Gangga sebagai sebuah destinasi wisata yang memukau dan kaya akan budaya. Di area taman ini kamu juga akan menemukan pura yang berdiri kokoh dan menjadi baian integral dari semua bangunan.

Taman yang ada di Tirta Gangga ini memang sengaja dibuat tak hanya menjadi objek wisata yang indah saja. Lebih dari itu taman maupun secara keseluruhan Tirta Gangga dibuat sebagai bentuk penghargaan pada Masyarakat Hindu yang ada di bali.

Tak heran jika ada banyak pura yang bisa ditemui di area ini. Pura ini sendiri biasanya digunakan sebagai tempat beribadah untuk para pemeluk agama hindu sehingga menambah nilai spiritual dan religious tersendiri pada kompleks ini.

Adanya tempat suci dan elemen arsitektur yang unik pada area taman akan memberikan pengalaman yang mendalam bagi para pengunjung. Kamu bisa menyaksikan perpaduan antara keindahan alam, seni arsitektur dan nilai-nilai budaya di area taman ini. Keindahan inilah yang kemudian mampu menarik wisata lokal maupun wisatawan dari seluruh dunia.

Keberadaan Mata Air Alami

Keunikan pertama yang bisa kamu temui hanya di Tirta Gangga adalah keberadaan mata air alaminya. Menurut situs DJKN Kemenkeu mata air alami ini berasal dari Mata Air Rejasa. Adapun air yang ada di tempat wisata ini diyakini berasal dari air suci.

Menara Air

62467083 144070923345284 6802071650883443306 n
Instagram.com/tirtaganggaa

Salah satu keunikan yang menyita perhatian dari Tirta Gangga adalah keberadaan Menara air yang berukuran besar. Bentuknya mirip dengan atap pura dengan tinggi mencapai 10 meter. Menara air dikenal dengan nama Nawa Sanga. Dalam kepercayaan agama hindu Menara air ini ada di area bawah atau level kedua dalam doa umat hindu di puja Tri Sandya.

Nawa Sanga ini sendiri seperti air mancur unik yang dikelilingi oleh berbagai patung yang ada dalam cerita Mahabarata. Lokasi Menara air ini ada di tengan antara tempat meditasi, kolam ikan, tempat berenang sampai taman.

Jalan Setapak di Atas Air

277292750 154130573686398 5566863272299305821 n
Instagram.com/tirtaganggaa

Di area Tirta Gangga ada bebatuan yang membentuk sebuah jalan setapak di atas permukaan air kolamnya. Saat berkunjung ke wisata ini kamu bisa berjalan diatasnya. Pastinya akan seru jika mencoba sensasi seolah berjalan di atas air.

Ikan Hias di Kolam Air

277946565 489660689524876 43959924042745950 n
Instagram.com/tirtaganggaa

Suasana kolam di area Tirta Gangga dihiasi oleh keberadaan ikan koi yang tak terhitung jumlahnya. Saat melangkah di atas setapak bebatuan kamu akan dikelilingi oleh pesona ikan koi yang berenang dengan Anggun.

Jembatan Patung Naga

Bali Tirtagangga
Instagram.com/tirtanganggaa

Dalam kompleks taman wisata ini ada sebuah jembatan yang menjulang tinggi dan berbentuk patung naga yang membelah kolam. Keunikan patung naga ini terpancar melalui ukiran khas Bali, menciptakan perpaduan memukau antara budaya Bali dan Tionghoa

Patung Prajurit

Saat memasuki kompleks wisata Tirta Gangga ini, pengunjung akan segera disambut oleh deretan patung yang menyerupai prajurit, memberikan nuansa selamat datang layaknya tamu kerajaan.

Keunikan Tiga Unsur di Tirta Gangga

Tirta Gangga di Karangasem Bali, diatur dengan harmoni melibatkan tiga unsur utama. Unsur yang dimaksut adalah kebun yang memesona, kolam air yang menawan, dan patung-patung yang memikat. Gabungan unik dari ketiga unsur tersebut menciptakan daya tarik yang tak tertandingi bagi pengunjung yang tertarik dengan destinasi wisata yang menggabungkan unsur religi dan sejarah.

Sumber air utama di Tirta Gangga berasal dari mata air Rejasa yang menghadirkan kejernihan dan kebersihan yang luar biasa. Sebagai bukti keberlanjutan, sebagian dari airnya, sekitar sepertiga, dialirkan ke rumah-rumah penduduk di sekitar kawasan Amlapura. Sementara dua pertiga sisanya menjadi sumber air yang menyuplai keindahan kolam-kolam indah di Tirta Gangga.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Tirta Gangga

Tak hanya memiliki keunikan dan daya tarik yang memikat saja, Tirta Gangga juga menawarkan berbagai kegiatan seru yang bisa dicoba oleh para pengunjung. Kegiatan tersebut diantaranya:

Menikmati Keindahan Panorama Taman

210534456 512770823302868 8748135992432797820 n
Instagram.com/tirtaganggaa

Kegiatan seru yang pastinya wajib kamu lakukan adalah menikmati keindahan panorama taman Tirta Gangga. Letaknya yang ada di tengah sawah dan perbukitan hijau membuatnya tampak sangat asri dengan panorama alami.

Letaknya yang berada diketinggian juga membuat udara disekitar tempat wisata ini sangat sejuk. Bahkan baru memasuki gerbang utamanya saja kamu bisa langsung merasakan kesejukan sekaligus melihat megahnya tempat wisata ini. Tak hanya itu saja kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Agung yang memukau karena jaraknya cukup dekat.

Berenang

Tirta Gangga tak hanya menawarkan keindahan pemandangan alam dan nilai sejarah saja. Lebih dari itu tempat wisata ini menyediakan fasilitas rekreasi yang sangat menyenangkan untuk para pengunjung. Salah satunya ialah kolam renang.

Fasilitas ini tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan saja untuk para pengunjungnya. Lebih dari itu kolam renang ini juga mampu menghadirkan pengalaman yang menyegarkan di tengah kompleks istana air yang memukau. Kolam renang di Tirta Gangga didesain untuk memenuhi kebutuhan beragam pengunjung.

Bagi wisatawan dewasa yang ingin berenang atau sekadar bersantai terdapat kolam renang eksklusif dengan air jernih. Sementara itu untuk anak-anak, disediakan kolam renang khusus yang tidak hanya menjamin keselamatan tetapi juga memberikan kesenangan selama mereka menikmati tempat wisata ini.

Salah satu hal yang membuat kolam renang di Tirta Gangga ini Istimewa adalah asalnya yang dari mata air alami di pegunungan sekitar lokasi. Air yang jernih ini tidak hanya menciptakan pengalaman berenang yang segar dan alami, tetapi juga mampu menambahkan rasa kagum pada keindahan alam sekitar.

Dengan demikian, selain menikmati panorama alam yang menakjubkan, pengunjung juga dapat merasakan kelezatan berenang yang sesuai dengan keaslian dan ketenangan alam. Berenang di kolam renang Tirta Gangga bukan sekadar kegiatan rekreasi biasa, melainkan merupakan sarana menyatukan diri dengan keindahan alam sekitar.

Sensasi air pegunungan yang mengalir melalui kolam renang menciptakan pengalaman yang tak terlupakan. Tak heran bila kegiatan berenang di tempat wisata ini juga bisa mnejadi sebuah cara yang menyenangkan untuk terhubung dengan keajaiban Tirta Gangga.

Hunting Foto Keren

Beautifull tirtagangga
Instagram.com/tirtaganggaa

Siapa sih yang akan menyangkal keindahan alam kawasan wisata Tirta Gangga? Untuk itulah saat liburan ke tempat ini kamu tak boleh melewatkan momen hunting foto keren untuk mengabadikan setiap momen indah maupun serumu.

Kemurnian alam, keistimewaan tempat wisata, dan panorama khas kaki gunung dapat menjadi latar belakang foto yang memikat di Instagram. Kamu bisa mencoba berbagai pose saat menjelajahi setiap sudut dan spot foto yang sempurna untuk mempercantik media sosialmu.

Misalnya saja spot foto patung unik prajurit di sekitar pintu masuk hingga kolam-kolam jernih, semuanya bisa diabadikan sebagai konten menarik yang memikat. Selain itu pada bagian tengah kolam di Tirta Gangga menjadi sorotan utama keelokan karena didekorasi dengan beragam patung dewa-dewi dan ornamen taman yang memukau.

Keberadaan elemen-elemen ini tidak hanya menambahkan sentuhan artistik, tetapi juga nuansa spiritual yang memikat bagi para pengunjung. Di sekitar taman, berbagai tanaman dan bunga tersusun dengan rapi, menambah daya tarik alam dan keindahan estetika taman secara keseluruhan.

Kolam yang dipenuhi oleh arca-arca dewa-dewi dan ornamen taman menjadi fokus utama. Ditambah dengan kehadiran ikan-ikan hias yang memberikan daya tarik ekstra dengan sisik berkilauan saat terkena pantulan cahaya. Saat berkunjung, para pengunjung dapat menikmati momen akrab dengan ikan-ikan ini, yang cenderung mendekat ketika diberi makan.

Pengalaman berinteraksi dengan makhluk-makhluk air ini menciptakan kesan yang menyenangkan dan unik, terutama bagi wisatawan yang bersama keluarga atau anak-anak. Tak hanya itu saja agar lebih berkesan kamu juga bisa mengabadikan momen ini menjadi sebuah foto keren.

Agar hasil fotomu lebih keren kamu juga bisa mencoba salah satu spot yang menarik yaitu pijakan batu yang ada di tengah kolam. Dengan berfoto di spot tersebut kamu akan mendapatkan efek visual yang lebih menarik Dimana kamu bisa berpose seolah-olah terapung di atas air.

Wisata Kuliner

Setelah puas menikmati keindahan Tirta Gangga, berenang dan hunting foto kamu seharian tentunya kamu akan merasa lapar. Nah jika lapar kamu tak perlu khawatir atau repot membawa bekal. Hal ini karena di kawasan Tirta Gangga terdapata Restoran yang bernama Tirta Ayu yang cocok untuk mengatasi lapar sekaligus wisata kuliner.

Ada beragam menu yang ditawarkan oleh restoran ini. Mulai dari menu Nusantara, sajian khas bali hingga western. Namun dari sekian menu yang ada yang paling favorit dan tak boleh kamu lewatkan saat mampir ke sini adalah megibu atau cara makan tradisional Masyarakat Bali dengan ramai-ramai.

Jika memesan Megibu kamu akan disajikan makanan dengan berbagai lauk pauk seperti udang, pepes ikan, sate lilit, sayuran sampai dengan rendang sapi. Agar lebih nikmat menyantap menu ini sangat disarankan untuk memilih area balkon. Pada area tersebut kamu bisa sekalian menikmati keindahan view alam yang ada di sekitar Tirta Gangga.

Naik Perahu

beautifulbali
Instagram.com/tirtaganggaa

Tirta Gangga mempunyai kolam memanjang yang membentuk jalur unik. Kolam ini bisa dijelajahi menggunakan perahu. Perahu yang tersedia di Tirta Gangga didesain untuk menampung sekitar 3-5 orang. Dengan mencoba kegiatan ini maka kamu bisa mendapatkan pengalaman berlayar yang santai dan menghibur.

Kamu juga bisa menikmati perjalanan melalui kolam-kolam yang melintang, menjelajahi air yang jernih yang berasal dari mata air alami pegunungan sekitar. Jalur perahu ini menambahkan ruang petualangan yang seru bagi para pengunjung.

Bahkan kamu juga bisa mendapatkan perspektif yang unik dan berbeda terhadap keindahan taman air Tirta Gangga. Selama perjalanan, para wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekitar, melewati arca-arca yang menghiasi tepi kolam, dan merasakan ketenangan yang disuguhkan oleh suara gemericik air.

Selain itu naik perahu juga membuka peluang bagi para wisatawan untuk mengamati Tirta Gangga dari perspektif yang berbeda. Apalagi saat melewati perairan di bawah jembatan yang menghubungkan berbagai area di kompleks ini.

Keelokan arsitektur dan keragaman tanaman sepanjang jalur perahu menambah daya tarik dari pengalaman berlayar ini. Dengan menyediakan pengalaman berlayar melalui jalur kolam, Tirta Gangga menciptakan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan keunikan tempat ini secara interaktif dan menyenangkan.

 Perjalanan menggunakan perahu melintasi kolam-kolam ini tidak hanya memberikan kegembiraan kepada pengunjung saja tentunya. Lebih dari itu naik perahu juga bisa menjadi salah satu cara yang menyegarkan untuk menikmati kecantikan Tirta Gangga.

Berinteraksi dengan Ikan

beautifulbali tirtagangga
Instagram.com/tirtaganggaa

Di dalam kolam kamu bisa melihat ada banyak ikan-ikan hias indah dengan sisik yang berkilau karena pantulan cahaya. Tak hanya melihat kamu juga bisa berinteraksi dengan ikan-ikan ini. Caranya adalah dengan memberi makan ikan tersebut.

Untuk makanan ikan ini bisa kamu dapatkan di toko-toko yang ada di luar area kompleks Istana air. Kegiatan ini pastinya akan menjadi sebuah pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.

Ikut Tur Edukasi

Jika kamu ingin memperdalam pengetahuan maupun pemahaman tentang sejarah dan budaya bali maka bisa mengikuti kegiatan tur edukasi. Kegiatan ini juga memungkinkan kamu untuk menggali lebih dalam mengenai asal-usul dan nilai seni kompleks dari Istana Air Tirta Gangga.

Menyaksikan Ritual Melukat

Kegiatan seru lain yang patut kamu coba selama liburan ke Tirta Gangga adalah menyaksikan ritual Melukat. Melukat sendiri adalah proses pembersihan spiritual yang dilakukan di mata air suci Tirta Gangga. Tujuan dari ritual ini sendiri adalah untuk membersihkan jiwa dari semua pikiran kotor, rasa jenuh dan pengruh ilmu hitam.

Dengan begitu orang yang menjalani ritual ini dapat hidup lebih tenang, damai, nyaman dan bahagia. Ritual Melukat biasanya dilaksanakan pada sore hari ketika bulan purnama. Jadi apabila kamu ingin menyaksikan ritual ini pastikan untuk menyesuaikan jadwal.

Jam Operasional Tirta Gangga Bali

@ayumaulida97
Instagram.com/tirtaganggaa

Tempat wisata Tirta Gangga ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.30 sampai 18.30 WITA. Jam operasionalnya termasuk panjang sehingga memberi kesempatan untuk para pengunjung bisa menikmati keindahaanya dari pagi sampai sore.

Wisata ini biasanya akan menjadi sangat ramai pada jam-jam puncak kunjungan yaitu antara pukul 12.00 siang sampai 16.00. Wisatawan rata-rata akan menghabiskan waktu di Tirta Gangga sekitar satu jam an. Oleh karena itu jika kamu ingi suasana yang lebih tenang maka waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari sekitar jam 08.00.

Di waktu tersebut wisata ini masih tergolong sepi. Selain itu pada jam tersebut pencahayaannya sangat baik sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin hunting foto.

Informasi Harga Tiket Masuk ke Tirta Gangga Bali

Tiket masuk ke Tirta Gangg aini dibagi menjadi beberapa kategori. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak table dibawah ini:

Jenis TiketHarga Tiket Masuk
Wisatawan Domestik DewasaRp 35.000
Wisatawan domestic anak (5-12 tahun)Rp 25.000
Wisatawan Asing DewasaRp 70.000
Wisatawan Asing Anak (5-12 tahun)Rp 35.000
Anak usia dibawah 5 tahunGratis

Biaya diatas tentunya hanya untuk tiket masuknya saja. Apabila kamu ingin mencoba aktivitas tertantu maka ada biaya tambahan seperti di bawah ini:

Jenis AktivitasBiaya
Menyewa perahu tradisionalRp 20.000 per orang
BerenangRp 10.000 per orang
Melakukan sesi foto pre wedding(pasangan dan 2 fotograferRp 700.000
Video shooting dengan jumlah crew video 5 orangRp 2.500.000
Menerbangkan droneRp 200.000

Disamping biaya diatas kamu juga harus membayar biaya parkir apabila membawa kendaraan. Untuk rinciannya sendiri adalah sebagai berikut:

Jenis KendaraanBiaya Parkir
Sepedah MotorRp 2.000
MobilRP 5.000
BusRp 10.000

Perlu diketahui jika tarif diatas bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu. Oleh karena itu kamu perlu selalu update informasi terbaru sebelum berangkat ke Tirta Gangga. Selain itu ada baiknya untuk menyiapkan uang lebih.

Alamat dan Rute Menuju Tirta Gangga Bali

Tempat wisata Tirta Gangga beralamatkan di Jl. Raya Abang Desa Adat,Ababi, Abang, Kab. Karangasem, Bali 80852. Wisata ini termasuk berada dilokasi yang strategis sehingga mudah dijangkau dari beberapa titik penting di Bali. Untuk kamu yang akan ke wisata ini bisa menyimak rute di bawah ini:

  • Dari Pusat Kota Amlapura

Apabila kamu mulai dari titik ini maka jarak yang perlu ditempuh kurang lebih ialah 6 kilometer. Akses ke tirta Gangga sangatlah mudah dicapai. Dari pusat kota Amlapura Ibukota Karangasem kamu hanya perlu melakukan perjalanan kea rah timur dengan menempuh jarak 6 Km dan akan tiba ke pintu gerbang Tirta Gangga.

  • Dari Seminyak

Jika kamu berasal dari seminyak maka jarak yang perlu ditempuh cukup jauh yaitu 80 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam berkendara. Rutenya sendiri bisa melalui jalan Bypass DR.Ida Bagus Mantra. Untuk mencapai Tirta Gangga dari Seminyak maka kamu bisa mengambil rute ke utara.

  • Dari Ubud

Dari Ubud kamu harus menempuh jarak sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam berkendara. Kamu bisa mengambil rut eke arah timur untuk bisa mencapai Tirta Gangga menggunakan kendaraan pribadi.

Pilihan Transportasi Liburan ke Tirta Gangga

Akses ke Tirta Gangga memang sangat mudah. Kendati demikian kamu juga perlu memilih transportasi yang tepat agar perjalanan liburan makin menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Mobil Lengkap dengan Supir. Pilihan transportasi ini akan sangat cocok untuk kamu yang mendambakan kenyamanan, kemudahan dan menghindari stres memikirkan navigasi maupun parkir. Di Bali sendiri ada banyak tempat sewa mobil yang menyediakan layanan lengkap dengan supirnya. Kamu tinggal cari saja informasinya di internet lalu menghubungi salah satunya.
  • Menyewa Sepedah Motor. Pilihan transportasi yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang suka berpetualan dan kebebasan. Terlebih sewa motor di Bali sendiri juga merupakan pilihan yang ekonomis. Selain itu kamu juga akan mendapatkan lebih banyak kebebasan untuk menjelajahi setiap spot yang ada di Tirta Gangga
  • Paket Wisata. Jika kamu ingin pengalaman liburan yang lebih praktis dan terorganisir maka paket wisata yang menggabungkan kunjungan ke Tirta Gangga bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan paket wisata kamu tak perlu bingung memikirkan apapun karena semuanya telah dibuat dan diatur oleh penyelenggara. Tinggal ikuti saja jadwal yang ada.

Fasilitas yang Ada di Tirta Gangga Bali

Sebagai destinasi wisata yang terkenal di Bali, Tirta Gangga menawarkan beragam fasilitas lengkap yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung. Beberapa layanan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan selama perjalanan ini sendiri meliputi:

  • Tempat Parkir: Tirta Gangga menyediakan area parkir yang luas untuk memarkir kendaraan pengunjung, memberikan kemudahan akses dan menjamin kenyamanan bagi para wisatawan yang tiba dengan kendaraan pribadi.
  • Tempat Menginap: Bagi kamu yang berkeinginan untuk melanjutkan petualangan dan merasakan keindahan Tirta Gangga lebih lama, tersedia beragam opsi penginapan di sekitar lokasi. Tempat-tempat inilah yang bisa menjadi alternatif bagi kamu yang menginginkan pengalaman menginap yang dekat dengan destinasi wisata.
  • Tempat Makan: Tirta Gangga tidak hanya menyajikan keindahan alam, tetapi juga menawarkan pilihan kuliner dengan adanya restoran dan warung makan di dalam kompleks wisata. Pengunjung dapat menikmati hidangan lokal atau internasional sambil menikmati panorama taman air yang memukau.
  • Kedai: Selain restoran, di sekitar Tirta Gangga terdapat kedai-kedai penjaja hidangan yang menawarkan berbagai macam pilihan makanan dan minuman. Para pengunjung berkesempatan menikmati hidangan ringan atau minuman segar sepanjang durasi kunjungannya.

Dengan keberadaan sejumlah fasilitas tersebut, Tirta Gangga bukan hanya sekadar destinasi menarik untuk dikunjungi. Lebih dari itu wisata ini juga mampu menawarkan kenyamanan tersendiri untuk para pengunjungnya.

Fasilitas kemudahan akses, beragam pilihan penginapan, dan keanekaragaman kuliner yang dihadirkan menjadikan Tirta Gangga sebagai destinasi wisata yang komprehensif, cocok dinikmati oleh berbagai kalangan pengunjung.

Wisata yang Dekat dengan Tirta Gangga Bali

Tak hanya menawarkan fasilitas yang lengkap namun Tirta Gangga ternyata juga dekat dengan sejumlah tempat wisata lainnya. So, ketika kamu liburan ke wisata ini maka bisa sekalian mampir ke wisata yang ada di dekatnya. Adaput wisata yang dekat dengan Tirta Gangga sendiri diantaranya:

  • Taman Ujung Soekasada: Hanya beberapa kilometer dari Tirta Gangga, taman ini menggabungkan keindahan arsitektur Bali dan Eropa. Cocok bagi kamu yang menginginkan ketenangan sambil menikmati panorama alam dan keagungan arsitektur yang memukau.
  • Pura Lempuyang: Dikenal sebagai ‘Gerbang Menuju Surga’, pura ini tak hanya menawarkan pemandangan yang memesona, melainkan juga menjadi tempat untuk merasakan kedalaman spiritual Bali serta terhubung dengan sejarah dan tradisi pulau ini.
  • Candidasa: Sebuah wilayah pesisir yang menawarkan kedamaian. Di sini kamu dapat menikmati keindahan pantai timur Bali, sambil mencoba snorkeling dan bersantai di tepi pantai yang menawan.
  • Desa Tenganan: Jelajahi kekayaan budaya Bali yang hidup di Desa Tenganan. Terkenal dengan adat istiadat otentiknya dan festival Perang Pandan, desa ini memberikan pemahaman mendalam tentang tradisi-tradisi unik Bali.

Eksplorasi destinasi wisata sekitar Karangasem menjadi pengalaman berharga yang dapat melengkapi kunjunganmu ke Tirta Gangga di Bali. Setiap tempat menyajikan pengalaman yang unik, menambah kekayaan dan kesan yang tak terlupakan dalam liburanmu.

Tips Liburan ke Tirta Gangga Bali

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu selama berkunjung ke Tirta Gangga Bali yang bisa diikuti:

  • Pilih Waktu yang Tepat untuk Berkunjung: Demi mendapatkan pengalaman liburan yang maksimal kamu harus memilih waktu kunjungan yang ideal. Untuk Tirta Gangga sendiri sangat disarankan berkunjung waktu pagi atau sore hari. Pada waktu tersebut suasana lebih tenang karena belum banyak pengunjung. Kamu juga bisa menghindari panasnya terik matahari.
  • Penampilan yang Tepat: Kenakan pakaian yang nyaman namun sopan saat mengunjungi situs bersejarah seperti Tirta Gangga. Pastikan untuk membawa kacamata hitam, topi, dan tabir surya guna melindungi diri dari sinar matahari yang terik.
  • Ketahui Norma dan Etika Lokal: Pastikan kamu memiliki pemahaman yang baik terhadap norma serta etika lokal ketika menjelajahi tempat-tempat bersejarah seperti Tirta Gangga. Hindari tindakan yang bisa dianggap kurang sopan atau tidak menghormati tempat suci.
  • Manfaatkan Jasa Pemandu Wisata: Jika memungkinkan maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pemandu wisata lokal yang dapat memberikan wawasan mendalam tentang sejarah dan budaya Tirta Gangga.
  • Siapkan Bekala Makanan dan Minuman: Meskipun tersedia restoran dan kedai di sekitar, disarankan membawa air minum dan camilan, terutama jika kamu berencana untuk menghabiskan waktu lebih lama di lokasi.
  • Perlengkapan Kesehatan: Persiapkan obat pribadi yang mungkin diperlukan, serta peralatan pertolongan pertama seperti plester dan antiseptik untuk kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.
  • Kebersihan dan Etika: Pastikan kamu selalu menjaga kebersihan selama liburan di Tirta Gangga. Caranya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya, sambil menghormati lingkungan dan warisan budaya lokal melalui perilaku yang sopan.
  • Eksplorasi Secara Menyeluruh: Manfaatkan waktu untuk mengamati setiap sudut Tirta Gangga. Jangan terpaku hanya pada kolam-kolam utama saja. Jadilah penjelajah sejati dengan menelusuri area tersembunyi dan taman yang memesona. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan kepuasan tersendiri.

Dengan memperhatikan panduan di atas maka kamu bisa mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan di Tirta Gangga, memahami kecantikan alam dan kekayaan warisan budaya yang dipersembahkan oleh situs bersejarah ini. Yuk segera buat jadwal liburanmu sekarang juga!.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments