big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Waduk Kedung Ombo, Wisata Alam Terkenal Di Grobogan yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kehidupan

Waduk Kedung Ombo

Siapa tidak mengenal Waduk Kedung Ombo? Sebuah waduk di Kabupaten Grobogan yang memiliki peranan penting bagi kehidupan. Apalagi kalau bukan berfungsi sebagai pengairan dan pembangkit listrik.

Dikarenakan kebutuhan yang diberdayakan itu pula kelestarian alam waduk ini tetap terjaga. Tidak ada polusi maupun sampah sehingga wisatawan merasa nyaman liburan di sana.

Sejarah Waduk Kedung Ombo

Beberapa bulan belakangan media sosial digemparkan dengan tempat wisata bernama Waduk Kedung Ombo. Sebenarnya bukanlah hal yang baru untuk sebagian masyarakat Jawa tengah. Tempat wisata Purwodadi itu sudah lama ada karena proses pembangunannya dimulai pada tahun 1980. Dan baru selesai 11 tahun kemudian. Tepatnya di tahun 1991.

Pada awal pembangunannya waduk tersebut akan digunakan sebagai PLTA dengan daya 22,5 Megawatt. Fungsinya tidak lain untuk mengairi sawah milik warga. Sekitar Bulan Januari tahun 1989 waduk tersebut mulai dialiri air. Hingga pada akhirnya Presiden Soeharto meresmikannya pada tahun 1991.

Dulunya kawasan Waduk Kedung Ombo adalah hutan. Ada pula beberapa desa dengan jumlah penduduknya terbilang banyak. Namun karena ada pembangunan waduk terpaksa pemerintah harus merelokasinya. Maka tak heran jika sekarang tak ada rumah penduduk di sekitar waduk.

Fungsi waduk sendiri tidak hanya sebagai PLTA saja. Melainkan juga sebagai destinasi wisata dan sentra agribisnis. Beberapa warga mulai merambah bisnis perikanan darat. Teknik yang digunakan adalah keramba. Ada juga warga lain yang mencoba peruntungan dengan menanam buah dan sayuran.

Ragam Aktivitas Di Waduk Kedung Ombo

Liburan di Waduk Kedung Ombo bisa menjadi solusi terbaik menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Untuk menuju lokasinya pun tak memerlukan waktu yang lama. Palingan hanya perlu kisaran 1 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 30 km dari pusat Kota Grobogan. Kamu bisa naik angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Area waduk ini juga terbilang luas dengan area lahan mencapai 6.576 hektare. Kawasannya terdiri dari perairan seluas 2.830 hektare dan daratan sekitar 3.746 hektare. Bahkan kabarnya menjadi waduk terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di sekitar waduk terdapat rerimbunan pepohonan yang membuat kawasan tersebut kian sejuk.

Siapapun yang datang ke sana pasti merasa betah dan enggan untuk pergi. Bisa dibilang tempat itu cocok sebagai tempat bersantai atau kumpul-kumpul bareng teman atau keluarga. Selain itu bisa juga buat melakukan berbagai macam aktivitas seru sebagai berikut.

Menunggang Kuda

Ada kabar baik buat kamu para penikmat wisata Waduk Kedung Ombo. Pihak pengelola telah menyediakan arena pacuan kuda yang akan membuat liburan wisatawan semakin seru. Untuk lokasinya ada di Desa Ngargotirto. Nama arena pacuan kudanya adalah Nyi Ageng Serang.

Pacuan kuda ini merupakan miniatur dari lapangan pacuan kuda Pulo Mas Jakarta. Dengan panjang lintasan yang hanya 600 meter tak menyurutkan wisatawan untuk mencoba olahraga berkuda di sana. Pada Bulan Desember 2006 lalu, Pacuan Kuda Nyi Serang digunakan sebagai tempat perlombaan pacuan kuda tingkat nasional.

Memancing Ikan

2019 09 01
Sumber : Google Maps/Salma Putri

Bagi yang tidak suka pacuan kuda bisa mencoba aktivitas lain. Salah satunya memancing ikan air tawar di tempat-tempat yang sudah disediakan oleh para petani tambak. Beberapa warga memang sengaja membuka area pemancingan guna menambah pemasukan. Ikan-ikan yang dipancing juga berasal dari kolam pemilik tambak.

Area pemancingannya sendiri masih satu lokasi dengan restoran. Setelah selesai memancing pengunjung bisa menyerahkan ikan hasil tangkapannya untuk diolah menjadi santapan yang lezat. Kamu bebas memilih jenis masakan sesuai keinginan. Namun yang menjadi favorit wisatawan adalah menu ikan bakar.

Ukuran Ikannya tergolong besar dan mempunyai tekstur daging yang empuk. Dijamin kamu bakal ketagihan dan ingin tambah terus. Soal harga tak perlu khawatir. Seporsi ikan bakarnya masih dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Kalau kamu tidak suka ikan bakar masih ada menu lainnya.

Konsep restorannya mengusung tema outdoor dengan bangunan saung semi permanen. Tempat duduknya beralaskan tikar sehingga mau tak mau pengunjung harus duduk lesehan. Sementara untuk mejanya hanya berupa meja kayu panjang sederhana.

Berswa Foto

2021 03 25
Sumber : Google Maps/Mas Mugik

Gugusan bukit hijau beserta langit kebiruan mengundang decak kagum setiap pasang mata. Ada pula air sebening kristal tempat tinggal ikan- ikan air tawar semakin menambah keindahannya. Nuansa pedesaan dari Waduk Kedung Ombo memang spot terbaik buat hunting foto.

Wisata ini termasuk tempat healing terbaik buat melepas penat. Bentang alam indah, perairan jernih, dan hijaunya rerumputan serasa mampu memberi ketenangan pada jiwa. Belum lagi embusan angin sepoi-sepoi dan suara kicauan burungnya yang merdu.

Kamu seolah-olah berada di surga tersembunyi mengingat suasananya di sekitar waduk terasa sepi. Itu hanya akan terjadi pada hari-hari biasa saja. Namun saat hari libur kondisinya ramai karena jumlah kunjungan meningkat drastis.

Mengelilingi Area Waduk

2018 05 16
Sumber : Google Maps/Satriyo Adi

Kurang lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Waduk Kedung Ombo tidak mencoba naik perahu motornya. Kendaraan air itu memang disediakan pihak pengelola untuk digunakan pengunjung berkeliling area waduk. Sayangnya itu tidak gratis dan dikenakan biaya tambahan.

Selain perahu motor masih ada wahana air lainnya. Diantaranya ada jet sky dan bebek air. Bagi yang suka tantangan maka jet sky adalah pilihan yang tepat. Nikmati keseruan mengelilingi area danau dengan kecepatan cukup tinggi. Wahana jet sky ini benar-benar bisa memacu adrenalin kamu.

Khusus yang tidak suka hal-hal menantang bisa naik bebek air. Wahana ini berbentuk sebuah kapal dengan karakter bebek yang super lucu dan menggemaskan. Tersedia berbagai macam pilihan warna bernuansa cerah. Satu perahu hanya muat untuk dua orang. Cara menjalankannya dengan menggenjot pedal yang ada di bagian bawah perahu.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Waduk Kedung Ombo bervariasi. Pada hari biasa harganya Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk hari libur naik menjadi Rp7.500. Biaya itu belum termasuk tiket wahana air dan retribusi parkir.

Jam Buka

Waduk Kedung Ombo buka setiap hari. Kamu bisa datang kapanpun kamu mau asalkan sesuai dengan jam operasional yang berlaku. Pihak pengelola menetapkan jam operasionalnya dari Pukul 08.00 hingga Pukul 16.00 WIB. Saat menjelang sore hari pengunjung sudah harus meninggalkan areanya karena sudah mendekati waktu tutup.

Fasilitas Umum

Terdapat sejumlah fasilitas umum memadai yang disediakan pihak pengelola wisata Waduk Kedung Ombo. Fasilitas pertama ada lapangan parkir luas yang bisa muat untuk banyak kendaraan sekaligus. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus.

Tak ketinggalan pihak pengelola juga menyediakan fasilitas toilet umum. Di dalamnya sudah dilengkapi air bersih dan fasilitas lainnya. Buat pengunjung muslim sudah disediakan sarana tempat ibadah berupa mushola kecil. Pihak pengelola juga membangun fasilitas playground yang bisa digunakan anak-anak sebagai tempat bermain.

Tips Berkunjung

Berikut beberapa tips penting buat kamu yang ingin liburan ke Waduk Kedung Ombo:

  1. Tentukan siapa saja yang akan kamu ajak pergi berlibur. Kamu bisa datang bersama teman, teman kerja, atau keluarga.
  2. Pilih waktu keberangkatan saat masuk musim kemarau. Dikarenakan kalau musim penghujan kamu tidak bisa menikmati keindahan alamnya.
  3. Jika berangkat secara berkelompok sebaiknya gunakan transportasi bus besar.
  4. Siapkan semua barang bawaan kamu ke dalam satu tas besar.
  5. Jangan lupa membawa uang tunai yang cukup untuk membeli tiket masuk maupun tiket wahana.

Apabila semua persiapan sudah selesai kamu tinggal berangkat saja ke Waduk Kedung Ombo. Semisal tidak tahu rute mana saja yang harus kamu lewati bisa menggunakan aplikasi google maps.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments