Taman Pracima Tuin Mangkunegaran Solo: Daftar Menu & Tiket Masuk Lengkap dengan Harganya

Taman Pracima Tuin Mangkunegaran Solo

Taman Pracima Tuin Mangkunegaran merupakan sebuah taman yang terletak di kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Taman ini merupakan bagian dari kompleks Istana Mangkunegaran yang dibangun pada abad ke-18 oleh keluarga kerajaan Mangkunegaran.

Taman yang menampilkan arsitektur tradisional Jawa, termasuk paviliun dan taman serta terkenal dengan lanskapnya yang indah dan suasananya yang damai. Pengunjung taman juga bisa belajar tentang sejarah dan budaya keluarga kerajaan Mangkunegaran.

Alamat : Jl. RA Kartini, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131.
Map : klik disini.
Jam Buka : Setiap hari jam 12.00 – 22.00 WIB.
Harga Tiket Masuk : – .

Tak hanya cantik, Taman Pracima di Pura Mangkunegaran baru saja dilakukan soft opening pada 21 Januari 2023 Sabtu lalu dan melngkapi deretan wisata Solo terbaru yang apik. Pada area dalam Taman Pracima tersebut, terdapat sebuah resto yang menyajikan beragam menu khas Mangkunegaran yang menyajikan kuliner khas Mangkunegaran yang tidak ditemui di tempat lain.

Review Taman Pracima Tuin

Sesuai dengan namanya taman Pracima yang dalam bahasa Sansekerta berarti arah barat, maka taman ini pula terletak di bagian barat Mangkunegaraan. Terdapat pula bangunan lain yang mendukung pada taman di dalamnya, seperti Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik, yang rencananya akan menjadi wadah pengembangan kesenian, kolaborasi budaya, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta kuliner khas Mangkunegaran.

Indahnya Taman Pracima Tuin
Indahnya Taman Pracima Tuin

Sebagai kota wisata berkelanjutan, revitalisasi dilakukan pada taman Pracima Tuin Pura Mangkunegaran Solo merupakan salah satu upaya pengembangan kebudayaan Jawa, khususnya Mangkunegaran berkelanjutan.

Hal tersebut diwujudkan dalam Renewable Energy Certificate (REC) oleh Istana Pura Mangkunegaran sebagai bentuk komitmen Istana dalam mendukung penggunaan energi bersih. REC sendiri adalah salah satu inovasi produk hijau miliki PLN dimana penggunaannya dikalim tidak menghasilkan gas emisi.

Taman yang tersirat untuk pelestarian lingkungan juga sebagai pusat kebudayaan ini menanamkan pesan penggunaan energi bersih berdampingan pelestarian kebudayaan sehingga masyarakat lebih perhatian terhadap isu lingkungan.

Wisata Menarik Lainnya :  Museum Geologi Bandung - Wisata Edukasi Koleksi Kerangka Hewan & Manusia Purba

Fasilitas Taman Pracima Tuin Mangkunegaran

Selain tertata sangat rapi dan ditumbuhi pepohonan hijau di kawasan sekitar taman. Adapun beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung antara lain seperti area parkir, berbagai spot foto, bangku-bangku taman, air mancur utama, dan restoran yang menyajikan berbagai menu khas Mangkunegaran.

Menu di Resto Taman Pracima Tuin Mangkunegaran

Tak hanya menikmati keindahan taman, pengunjung juga bisa menikmati hidangan khas dari Mangkunegaraan dari restoran yang ada di dalam kompleks taman Pracima Mangkunegaran.

Daftar Menu Taman Pracima Tuin
Daftar Menu Taman Pracima Tuin

Menu yang disajikan di resto Taman Pracima Mangkunegaran Solo berasal dari rujukan arsip-arsip di perpustakaan dan riset kajian dari para sesepuh, salah satunya brubus, yang merupakan olahan daging yang dibalut dengan sayuran.

Selain itu, masih banyak daftar menu lainnya yang dapat ditemui diantaranya;

Jajanan

BrubusRp 35.000
Urap Pithik LintingRp 30.000
Lidah Sapi GorengRp 40.000
Dadar jagungRp 25.000

Selad

Selad Tomat Kaliyan KejuRp 50.000
HuzarenslaRp45.000

Sup

Sop Daging RempahRp 55.000
Sop Jamur Kenthel Rp55.000

Dedaharan Utama

Pepes Grameh KemangiRp 85.000
Lidah GongsoRp 100.000
Dendeng AgeRp 155.000
Sate PithikRp 90.000
Iga GorengRp 150.000
Pithik Goreng JangkepRp 120.000
Steak Ayam Bumbu OporRp 100.000

Harga Tiket Masuk Taman Pracima Tuin Mangkunegaran

Untuk memasuki Taman Pracima Tuin yang menjadi ruang dan pusat kebudayaan untuk mengenalkan kuliner, busana dan kesenian khas mangkunegaran sejauh ini tidak dipungut biaya namun hal tersebut dapat berubah sesuai dengan ketentuan pemerintah setempat.

Taman ini bisa diakses umum dengan reservasi terlebih dahulu. Reservasi mungkin akan lama karena minat masyarakat sangat besar untuk berkunjung kesini.

Rate this post
Seorang ayah yang hobi berpetualang berbagai destinasi wisata untuk mencurahkannya pada sebuah tulisan yang informatif.
Avatar for Tomi Kurniawan
Seorang ayah yang hobi berpetualang berbagai destinasi wisata untuk mencurahkannya pada sebuah tulisan yang informatif.