Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing di Semarang

Vanaprasta Gedong Songo Park

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan wisata sejarah hits di Semarang dan juga Ayanaz Gedong Songo yang merupakan tempat wisata kekinian.

Selain Yogyakarta, Semarang juga menjadi salah satu kota favorit yang bisa dijadikan sebagai tujuan untuk liburan. Berbagai tempat wisata di Semarang mudah ditemukan mulai dari alam, taman hiburan maupun kulineran dan juga situs budaya.

Ada salah satu destinasi wisata alam populer yang bisa kita temukan di Semarang. Wisata tersebut bernama Vanaprasta. Namanya cukup populer di kalangan para wisatawan Semarang dan sekitarnya.

Vanaprasta Gedong Songo Park ini menjadi wisata favorit para wisatawan sejak awal pendiriannya. Tempat ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Lalu apa saja hal menarik yang bisa kita temukan?

Daya Tarik Vanaprasta Gedong Songo Park

Vanaprasta Gedong Songo Park ini memiliki konsep wisata alam. Tidak heran ketika pertama kali sampai di sana, wisatawan akan disuguhkan oleh pesona pemandangan Semarang yang begitu memukau.

Sesampainya di lokasi wisatawan akan disambut oleh panorama hutan pinus yang begitu eksotis. Pohon pinus tersebut membuat suasana Vanaprasta Gedong Songo ini dinilai sejuk dan tenang.

Camping di Vanaprasta Gedong Songo
Camping di Vanaprasta Gedong Songo

Banyak wisatawan yang menggelar tikar di bawa rindangnya pepohonan pinus tersebut. Bahkan ada pula yang mengenakan hammock untuk menikmati suasana sejuk dan tenangnya hutan pinus yang ada.

Tidak sedikit juga wisatawan yang datang ke sana bersama si kecil. Biasanya, si kecil akan senang diajak berlarian kesana-kemari. Bahkan, si kecil juga bisa mengikuti beberapa kegiatan outbound menarik seperti panjat tebing mini, paint ball, hingga games.

Selain itu, Vanaprasra Gedong Songo ini juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan camping. Areanya yang luas bisa menampung puluhan hingga ratusan orang untuk mendirikan tenda di sana.

Wisata Menarik Lainnya :  28 Destinasi Wisata Alam Karanganyar Terbaik Tahun 2022

Bagi wisatawan yang ingin melakukan camping di sana, bisa membawa tenda dan perlengkapan lainnya secara mandiri maupun menyewa di sana. Untuk harga sewa yang diberlakukan cukup bervariatif yakni mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 370.000 sesuai dengan kapasitas tenda.

Karena Vanaprasta Gedong Songo ini berada di atas ketinggian 1.200 mdpl, wisatawan perlu mengenakan pakaian hangat dan membawa selimut karena suhunya yang begitu dingin ketika malam hari.

Selain itu, Vanaprasta Gedong Songo juga cocok dijadikan sebagai tempat berburu spot foto. Terutama bagi wisatawan pencinta alam. Di sana wisatawan akan disuguhkan oleh berbagai spot foto mulai dari area hutan pinus, hamparan pemandangan hijau, gardu pandang, dan masih banyak lagi.

Banyak juga wisatawan yang memanfaatkan Vanaprasta Gedong Songo ini sebagai tempat untuk pre-wedding. Wisatawan bisa melakukan foto pre-wedding secara mandiri maupun dengan jasa yang ditawarkan Vanaprasta Gedong Songo.

Hunting Foto di Vanaprasta
Hunting Foto di Vanaprasta

Sambil menikmati pesona Semarang dari lokasi Vanaprasta Gedong Songo, wisatawan juga bisa mampir ke beberapa kedai makanan yang menyedikan aneka hidangan lezat. Ada soto mie, kikil, soto Semarang, bakso, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Untuk harga berbagai menu makanan yang dihidangkan di sana dibanderol mulai dari Rp 8.000.

Fasilitas lainnya yang ada di Vanaprasta Gedong Songo ini berupa toilet, musala, pusat oleh-oleh, gazebo, area bermain anak, saung, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Vanaprasta Gedong Songo

Bagi wisatawan yang ingin melakukan liburan di Vanaprasta Gedong Songo ini akan dikenakan tarif sebesar Rp 8.000 per orang. Sementara bagi wisatawan yang ingin liburan di Candi Gedong Songo juga, akan dikenakan tarif tambahan yang ditaksir dengan harga Rp 15.000 per orang.

Namun turis asing, akan dikenakan tiket sebesar Rp 75.000 untuk masuk ke Vanaprasta Gedong Songo beserta Candi Gedong Songo. Harga tarif masuknya terbilang cukup terjangkau dengan fasilitasnya yang begitu memadai.

Lokasi dan Jam Buka Vanaprasta Gedong Songo

Wisatawan bisa mengajak anggota keluarga maupun teman-teman untuk liburan di Vanaprasta Gedong Songo ini yang berlokasi di Jalan Ke Candi Gedong Songo No.16, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614. Google maps disini.

Wisata Menarik Lainnya :  5 Kawasan Wisata Gunung Bromo Wajib di Kunjungi

Wisatawan yang datang dari arah pusat Kota Semarang tepatnya Stasiun Tawang maupun Stasiun Poncol, bisa melalui Jalan Tol Tanjung Mas – Srondol ke arah Jalan Tol Ungaran Bawen. Dari sana kita masuk ke Jalan Dr. Cipto hingga bertemu Jalan Ke Candi Gedong Songo. Jarak tempuhnya sekitar 1 jam 15 menit perjalanan dari pusat Kota Semarang.

Vanaprasta Gedong Songo ini memiliki durasi waktu operasional yang panjang yaitu selama 24 jam. Dengan begitu, wisatawan bisa menikmati panorama keindahan Semarang di waktu pagi maupun malam hari.

Penginapan Terdekat

Bagi wisatawan yang ingin bermalam dalam sebuah kamar, bisa datang ke salah satu hotel terdekat dari sana yakni Hotel Griya Persada Bandungan yang terletak di Jalan Gintungan Utara No.77, Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614.

Jaraknya dari lokasi Vanaprasta Gedong Ijo hanya sekitar 10 menit perjalanan. Untuk tarif penginapannya ditaksir mulai dari Rp 429.000 per malam sesuai dengan fasilitas dan paket penginapan yang kita inginkan.

Wisatawan yang bingung liburan di Semarang, bisa langsung pergi ke Vanaprasta Gedong Songo untuk menikmati panorama Semarang dari atas ketinggian.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...

Wisata Bahari Lamongan, Taman Hiburan Berkonsep Lautan

Mendengar kata Lamongan membuat wisatawan teringat akan kulineran. Kuliner khas Lamongan yang sudah tidak...