setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Pantai Pink Beach Lombok, Unik dengan Jutaan Pesona

Pantai Pink Beach Lombok

Wisata Pink Beach Lombok atau dalam bahasa Indonesia disebut pantai pink, memiliki daya tarik karakteristik yang luar biasa. Tepi laut ini memiliki pasir bercorak pink. Suatu perihal yang sangat jarang di dunia inilah yang menyedot kemauan turis seantero dunia buat mendatangi tepi laut di lombok timur ini.

Nama Pink Beach asal Lombok ini sesungguhnya cuma nama julukan. Tepi laut ini aslinya bernama Pantai Tangsi. Tetapi sebab pasir memiliki corak pink, jadilah tepi laut ini lebih terkenal dengan istilah Pink Beach (Pantai Pink).

Sesungguhnya pasir tepi laut menawan ini bercorak putih. Sebaliknya corak pink timbul akibat percampuran pasir dengan butiran terumbu karang yang bertekstur halus. Butiran terumbu karang tersebut mempunyai corak merah, sehingga membuat pasir berganti jadi corak pink. Corak pink nampak jelas kala pasir terserang basah oleh ombak laut.

Hamparan bukit yang mengelilingi Pink Beach membuat kecantikan pantai ini terus menjadi meningkat sempurna. Pada bagian kiri pantai ada bukit dengan padang rumput hijau yang luas terhampar. Di atas bukit inilah panorama alam pantai hendak nampak lebih mempesona serta luar biasa.

Pantai Tangsi Pink Beach Lombok
foto: instagram.com/travelerthz/

1. Lokasi Pantai Pink Beach

Pink Beach atau Pantai Pink berlokasi di Desa Serokah, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Pantai unik satu ini berjarak bekisar 82 km dari Pusat Kota Mataram.

2. Rute Menuju Pantai Pink Beach

– Rute Darat

Rute ekspedisi menuju pantai jika dari Mataram ke Pink Beach tidak sangat membingungkan. Dari Pusat Kota Mataram cuma butuh mengarah ke arah timur mengarah Praya. Perjalanan ini ditempuh lewat Jalur By Pass Bandara terbang Internasional Lombok, Jalan Mataram – Labuhan Lombok, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Setelah sampai di Praya, wisatawan tinggal melanjutkan perjalanan menyusuri Jalan Raya Keruak mengarah menuju Lokasi Wisata Lombok Pink Beach.

– Rute Laut

Akses jalan laut mengarah Pulau Pink dapat ditempuh dari Pelabuhan Tanjung Luar. Waktu ekspedisi dari Kota Mataram ke Pelabuhan Tanjung Luar berkisar kurang lebih 1,5 jam dan jarak tempuh yang dilewati sekitar 66 kilometer.

Kapal Boat Pantai Pink Beach Lombok
foto: instagram.com/virgi.phang_/

Ada 2 opsi transportasi laut dari Pelabuhan Tanjung Luar ke Pink Beach, yaitu kapal boat pribadi maupun menggunakan kapal boat umum. Biaya sewanya pun beragam antara Rp 800.000 – Rp 900.000 satu kapal boat pergi – pulang untuk kapal boat pribadi. Sebaliknya buat kapal boat umum berkisar antara Rp30.000 – Rp40.000 /orang sekali pemberangkatan.

Wisata Menarik Lainnya :  Pulau Mioskon Raja Ampat: Menjelajahi Eksotisme Keindahan Alam

3. Jam Buka Wisata Pantai Pink Beach

Pantai Pink dibuka buat kunjungan publik wisatawan mulai dari jam 08.00 pagi hingga jam 17.00 sore.

4. Tiket Pantai Pink Beach

Harga tiket masuk Pink Beach alias Pantai Pink Lombok berfariasi untuk setiap wisatawan. Untuk wisatawan asing dapat mencapai Rp. 50.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan lokal dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang.

4. Fasilitas Wisata Pantai Pink Beach

Pink Beach memanglah pantai yang belum mempunyai sarana lengkap selayaknya suatu wisata internasional lainnya seperti wisata gunung Bromo maupun wisata Tawangmangu dari Karanganyar. Wisatawan hanya akan menemukan masyarakat lokal yang menawarkan perahu untuk mengelilingi pulau dan menawarkan aneka minuman.

Di lokasi wisata pantai belum ditemukan layanan penginapan. Oleh sebab itu, dianjurkan bagi pengunjung pulau untuk kembali ke penginapan asal.

5. Pesona Wisata Pantai Pink Beach

Pantai Pink yang memiliki nama asli Pantai Tangsi ini memanglah terkenal hingga mancanegara dengan sebutan Pink Beach Indonesia.

Pesona Pantai Pink Beach Lombok
foto: instagram.com/wisataflobamora/

Seperti layaknya wisata pantai Kolbano yang bewarna warni, Keelokan Pantai Tangsi Lombok yang menawan tidak bisa diragukan lagi. Kecantikan dari pantai pink ini sanggup membuat siapapun merasa terpukau, tenang, damai serta terus ingin berada disini.

Yang sangat khas dari pantai satu ini adalah warna pink yang memukau pada pasir pantainya. Warna pink pasir berasal dari campuran pecahan batu karang yang berwarna merah, sehingga jika dari jarak cukup jauh akan nampak bewarna pink yang sangat menawan.

Air laut di pantai ini sangat jernih serta bersih bercorak biru laut yang membuat panorama alam jadi lebih indah. Perpaduan antara corak warna pink, biru serta ditambah dengan perbukitan di sekitar pantai yang bercorak hijau menjadikan Pink Beach sangat mempesona. Pantai ini terlihat semacam surga yang terdapat di dunia sebab keindahannya yang sangat menawan serta elegan.

Pantai Pink ini mempunyai terumbu karang bercorak merah yang memanglah berkembang di perairan dangkal. Terumbu karang ini pecahannya terbawa oleh arus ombak ke tepian sehingga menyatu dengan pasir yang bercorak putih. Pada sore hari saat matahari mulai turun, panorama alam hendak terlihat lebih indah dipadukan dengan sunset di pantai yang sangat indah.

Di Pink Beach ada panorama alam manarik yang lain, ialah pulau pasir yang mencuat timbul lalu tenggelam. Pulau Pasir ini timbul kala air laut surut, serta lenyap tenggelam dikala pasang naik. Bila angin tiba dari arah barat daya biasanya pulau pasir ini muncul saat pagi hari, sebaliknya pada masa angin selatan akan timbul pada sore hari.

Berjemur di Pantai Pink Beach Lombok
foto: instagram.com/wander.143/

Tidak terdapat kehidupan di pulau kecil ini. Yang terdapat cuma hamparan pasir putih yang memiliki bentuk seperti merica kecil. Di pulau pasir ini, wisatawan bisa menyasikkan begitu banyak bintang laut dengan beragam jenis.

Wisata Menarik Lainnya :  5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia

Tidak hanya pulau pasir unik yang timbul tenggelam ini, terdapat pulau kecil lain yang berpenghuni, ialah Gili Marengkek, Gili Kambing serta satu gili kecil yang lain. Dikala air surut, ketiga pulau itu hendak menyatu oleh dataran berpasir dan menjadi terlihat lebih luas. Sebaliknya dikala pasang naik, ketiga pulau kembali terpisah.

Dengan keelokan panorama pantai Pink Beach Lombok, wisatawan biasa menjadikannya sebagai spot terbaik buat difoto dari bermacam sudut. Tidak hanya itu kebersihan serta kealamian dari air lautnya membuat wisatawan merasa lebih tenang serta sejuk.

Wisatawan dapat berenang lebih santai tanpa takut sebab airnya sangatlah bersih. Apalagi ombaknya yang tenang juga membuat wisatawan tidak butuh takut buat mengawasi anak serta keluarga yang mau berenang.

Tidak cuma itu, kawasan pantai Lombok ini sangat sesuai buat snorkeling ataupun menyelam. Sebab panorama dasar lautnya dari trumbu karang serta ekosistemnya sangat indah serta masihlah lestari. Ditambah dengan keadaan air laut yang sangat jernih, menjadikan wisatawan dapat memandang panorama alam alam dasar laut dengan sangat jelas.

Snorkeling di Pantai Pink Beach Lombok
foto: instagram.com/pinkbeachlombok/

Wisatawan dapat bersantai dengan angin sepoi – sepoi yang sangat fresh di kawasan pantai. Bahkan para pengujung pula dapat menikmati cerah sinar matahari dengan cara berjemur. Demikian juga dengan garis tepi laut yang panjang dapat diperuntukan buat berjalan – jalan di sore hari.

6. Tips Mengjungi Pantai Pink Beach

Terdapat sebagian perihal yang hendaknya dipertimbangkan serta dipersiapkan dikala hendak melancong di pantai pink ini. Mengingat pantai Pink Beach ini bukan tergolong sebagai pantai yang biasa saja melainkan pantai yang istimewa. Berikut sebagian tips menunjungi pantai Pink Beach Lombok diantaranya:

  • Pastikanlah bahan bakar kendaraan dalam kondisi penuh dan dengan kendaraan yang baik. Karena berada di lokasi pantai, akan sangat merepotkan jika kehabisan bahan bakar.
  • Siapkan perbekalan yang komplit baik itu makanan, minuman maupun obat – obatan yang dibutuhkan.
  • Tidak butuh bawa perlengkapan snorkeling. Dikala mau snorkeling telah terdapat persewan perlengkapan snorkeling di area pantai Pink Beach.
  • Belajarlah untuk menawar harga perahu bila harga sewa terasa tidak normal. Harga sewa normal perahu di pantai Tangsi ataupun pantai Pink Beach Lombok ini berkisar di harga 300- an ribu.
  • Hendaknya berkunjung saat pagi hari ataupun siang hari. Jangan kembali kemalaman, sebab jalanan kurang baik dengan penerangan yang kurang memadai.

Demikian sedikit tentang pantai yang unik dengan jutaan pesona di Lombok yaitu pantai Pink Beach. Mudah- mudahan pembahasan Setapak Langkah berguna untuk wisatawan yang ingin berkunjung.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks