Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Sumber Sirah Kediri, Wisata Pemandian Populer Dengan Suguhan Air Kolam Sebening Kristal

sumber sirah kediri

Kala cuaca panas enaknya pergi ke mana ya? Buat kamu yang hobi traveling, coba deh liburan ke Sumber Sirah Kediri. Di wana wisata Kediri ini ada kolam pemandian super eksotis dengan warna airnya yang sebening kristal. Sangat jernih, dan terasa menyegarkan. Dijamin rasa gerah dalam tubuh langsung hilang seketika.

Asal Muasal Sumber Sirah Kediri

Kemunculan Sumber Sirah membawa angin segar bagi pariwisata Kediri. Berkat wisata tersebut, jumlah kunjungan wisatawan ke Kediri meningkat dua kali lipat. Apalagi air yang dari Sumber Sirah Kediri adalah sumber mata air alami. Maka tak heran jika wisatawan begitu menyukai wisata ini.

Sumber airnya sendiri berasal dari Gunung Wilis yang mengalir melalui beberapa saluran yang dibuat oleh warga setempat. Dulunya kawasan ini hanyalah sumber air biasa yang mana siapapun bebas berenang di sana tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Namun, seiring berjalannya waktu sumber Sirah beralih fungsi menjadi destinasi wisata. Pemerintah setempat sengaja melakukan hal tersebut demi mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Kediri. Dan kini jika ingin berenang pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk.

Bagaimana, apakah kamu tertarik liburan ke sana? Agar kamu semakin yakin, berikut sudah kami buatkan rangkuman singkat mengenai beberapa daya tariknya. Semoga informasi ini bisa membuat kamu kenal lebih dekat dengan wisata Sumber Sirah Kediri.

Daya Tarik Sumber Sirah Kediri

Kediri yang dikenal dengan julukan “Kota Tahu”, kini menjelma menjadi daerah pariwisata yang memukau. Keindahan wisata alam yang dimilikinya mampu membius setiap pasang mata. Salah satunya yang tengah viral saat ini ialah Sumber Sirah Kediri.

Wisata alam satu ini tergolong cukup menarik karena kondisinya yang masih asri dan alami. Suasana alam yang sunyi dan tidak terlalu ramai membuatnya cocok dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Apalagi wisata ini juga ramah anak.

Sumber Sirah Kediri bukanlah wisata baru. Tempat ini sudah lama ada. Namun baru dibuka untuk umum pada awal tahun 2021 lalu. Banyak hal menarik yang akan kamu temukan disana. Kira-kira apa saja ya? Kalau penasaran coba simak penjelasan lengkapnya pada sub bab berikut.

Sajian Kuliner yang Menggugah Selera

2022 10 19
Sumber : Google Maps/Navy Julianty

Berbicara tentang Sumber Sirah Kediri tidak melulu soal wisata pemandian. Di sana kamu juga bisa menemukan sentra kuliner yang menjual berbagai macam jenis makanan khas Nusantara. Khususnya makanan tradisional khas Jawa Timur seperti lontong, opak, nasi pecel, dan masih banyak lagi.

Selesai dari aktivitas berenang kamu bisa langsung memesan makanan dengan mendatangi lokasi sentra kuliner tersebut. Letaknya ada di atas kolam renang Sumber Sirah. Kamu akan melihat deretan warung makan sederhana berjejer rapi menjajakan dagangannya.

Soal rasa tak perlu khawatir. Makanan di sentra kuliner ini memiliki cita rasa yang autentik. Begitu suapan pertama kamu pasti ketagihan lantaran rasa rempah-rempahnya terasa sekali kala mengecap di lidah. Harganya juga murah meriah dan tidak bikin kantong kamu kempes.

Rumah Hobbit

2022 07 05
Sumber :Google Maps/Salsa Bila

Wisata Sumber Sirah Kediri juga menyediakan berbagai macam spot foto menarik. Salah satu spot favorit pengunjung adalah Rumah Hobbit. Lokasinya berada tepat di pinggir kolam renang anak. Bentuk rumahnya terlihat lucu dan menggemaskan.

Bentuknya benar-benar mirip seperti rumah kurcaci yang ada di film “The Lord of the Rings”. Memiliki bentuk bulat dan bagian atapnya menyatu dengan tanah rerumputan. Setiap rumah hanya dilengkapi satu pintu masuk dan jendela berbentuk lingkaran.

Masuk ke bagian dalamnya serasa berada di negeri dongeng. Kamu seolah-olah menjadi seorang liliput yang tinggal di rumah berukuran mini. Jangan lupa mengabdikan setiap momen di Rumah Hobbit dalam jepretan kamera ponsel.

Kolam Renang

2023 10 11
Sumber : Google Maps/Endah Febrianita

Kolam renang adalah daya tarik utama dari wisata Sumber Sirah. Pihak pengelola telah menyediakan dua jenis kolam renang untuk para pengunjung. Ada kolam renang khusus anak-anak dan ada kolam khusus orang dewasa. Masing-masing kolam mempunyai tingkat kedalaman air yang berbeda-beda.

Untuk kolam renang anak-anak cenderung tidak terlalu dalam. Kolamnya terlihat lebih modern dan kekinian karena menggunakan lantai keramik di bagian bawahnya. Terus di pinggiran kolam ada bangunan Rumah Hobbit yang biasa digunakan pengunjung sebagai tempat berswa foto.

IMG 20231204 084024
Sumber : Google Maps/Fernanda

Sementara itu untuk kolam orang dewasa masih terlihat alami. Tidak ada lantai keramik di bagian bawah kolam. Justru yang akan kamu lihat adalah lantai berpasir berwarna kecokelatan. Ukurannya cukup besar dan luas. Ketinggian airnya juga tidak terlalu dalam.

Pemandangan Alam yang Asri

IMG 20231204 083955
Sumber : Google Maps/Edo Christianto

Setiap objek wisata yang berhubungan dengan alam pasti selalu menarik perhatian wisatawan. Tak terkecuali wisata Sumber Sirah Kediri. Mengusung tema alam yang dipenuhi pepohonan rindang dan kolam renang alami menjadikan tempat ini tampak menyejukkan.

Pemandangan alam di sekitarnya sungguh asri dan hijau. Sejauh mata memandang kamu akan dimanjakan hamparan sawah yang sangat luas. Ada pula rerumputan dan pepohonan rindang menghiasi setiap sisinya. Tak lupa penampakan langit biru bersanding dengan sekumpulan awan putih kian menambah keindahannya.

Lokasinya yang dekat area persawahan membuat alam di sekitarnya tampak subur. Bahkan sumber air dari Sumber Sirah ini mampu mengirigasi 30 hektare sawah setiap harinya. Meskipun musim kemarau tiba, airnya tetap mengalir seperti biasa dan tak pernah surut.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke Sumber Sirah Kediri masih relatif terjangkau. Kamu cukup membayar Rp5.000 sudah bisa mendapatkan satu tiket. Namun itu belum ditambah biaya retribusi parkir jika kamu membawa kendaraan sendiri.

Jam Buka

Sumber Sirah Kediri selalu buka setiap hari. Mulai dari Senin sampai dengan Minggu. Jam operasionalnya dari Pukul 08.00 hingga Pukul 16.00 WIB untuk hari Senin sampai Sabtu. Sementara hari Minggu buka dari Pukul 07.30 sampai dengan Pukul 16.00 WIB.

Fasilitas Umum

Fasilitas umum di wisata Sumber Sirah Kediri sudah cukup memadai. Pihak pengelola telah menyediakan sarana tempat parkir luas untuk menampung sepeda motor dan mobil milik wisatawan. Lalu ada toilet umum dengan kondisi bersih dan terawat.

Di dalam toilet juga dilengkapi fasilitas ruang ganti bagi pengunjung yang ingin mengganti pakaian sehabis berenang. Selain itu ada pula loker sebagai tempat penyimpanan barang. Sengaja disediakan untuk mengamankan barang bawaan pengunjung.

Di sekitar kolam ada sebuah pondok kecil bernama gazebo. Pengunjung yang baru selesai berenang biasanya duduk-duduk santai di sana sambil bercengkerama bersama teman atau menikmati sajian makan siang dari warung makan sekitar.

Wisata yang dikelola langsung oleh BUMDES setempat ini masih akan menambah sejumlah fasilitas umum lain. Seperti mushola dan beberapa fasilitas outbound seperti tali yang digantung dari satu pohon ke pohon lainnya.

Tips Berkunjung

Dikarenakan perjalanan menuju Sumber Sirah Kediri lumayan jauh, maka kamu harus membuat persiapan yang matang. Beberapa hal yang mesti kamu siapkan sebagai berikut.

  • Kondisi fisik yang prima.
  • Beberapa barang penting yang memang kamu butuhkan. Contohnya seperti baju ganti, peralatan mandi, alat shalat, obat-obatan pribadi, surat-surat kendaraan, dan uang tunai.
  • Kendaraan pribadi dengan kondisi mesin yang mumpuni.

Apabila semuanya sudah siap, kamu tinggal berangkat ke sana. Jangan lupa mengajak teman atau keluarga agar suasananya jadi lebih menyenangkan. Semisal kamu kebingungan mencari rutenya bisa memanfaatkan aplikasi google maps.

Sekian pembahasan tentang wisata Sumber Sirah Kediri. Semoga dengan pemaparan di atas dapat menumbuhkan rasa ketertarikan kamu terhadap pariwisata dalam negeri. Selamat liburan dan bersenang-senang di akhir pekan nanti.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments