setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Pantai Kolbano, Pantai Unik dengan Kerikil Warna-warni di Nusa Tenggara Timur

Pantai Kolbano, Pantai Unik dengan Kerikil Warna-warni
5/5 - (1 vote)
5/5 - (1 vote)

Pantai Kolbano nampaknya sudah jadi primadona serta daya tarik utama untuk para wisatawan yang hendak menyambangi Kota Kupang serta mengeksplorasi Pulau Timor.

Wisata Pantai Kolbano yang dahulu hening sepi, nampaknya telah tidak asing lagi terdengar di golongan para turis lokal maupun mancanegara. Alasannya keberadaan pantai ini telah diliput oleh banyak kegiatan di stasiun tv serta pula para pengguna sosial media.

1. Lokasi Pantai Kolbano

Terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) berkisar antara 135 kilometer dari Ibu Kota Kupang.

Diperlukan waktu tempuh antara 3 – 4 jam buat sampai ke objek wisata pantai yang menawan nan unik ini.

2. Daya Tarik Pantai Kolbano

Kenapa unik? Sebab bukan hamparan pasir gelap ataupun putih yang hendak wisatawan amati melainkan hamparan bebatuan kerikil yang nampak menawan berwarna-warni.

Perpaduan kecantikan pantai yang mempesona dipadukan dengan luasnya biru air laut serta hamparan batuan kerikil yang unik berwarna – warni menciptakan panorama pemandangan alam yang luar biasa.

Pesona Pantai Kolbano
foto: instagram.com/ayodolan/

Diatas ribuan bebatuan kerikil unik, wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti halnya berkemah maupun berjemur dibawah sinar mentari. Hangatnya mentari serta angin sekitaran pantai, menjadikan rasa nyaman dan membuat betah.

Saat hari menjelang malam alias sore hari degan ditemani makanan serta minuman di camp, wisatawan dapat menikmati indahnya sunset pantai yang mengagumkan. Langit yang berawan kemerahan dengan suasana panorama pantai, menjadikan wisata alam dari Kolbano Kupang sangatlah favorit.

Wisata Menarik Lainnya :  28 Destinasi Wisata Alam Karanganyar Terbaik Tahun 2020

Tidak hanya itu saja keindahan dari destinasi wisata pantai Kolbano Kupang yang ditawarkan untuk wisatawan. Di area pantai juga dilengkapi dengan terdapatnya landmark yang berbentuk suatu batu raksasa yang jadi karakteristik serta ciri khas dari pantai Kolbano ini.

Penduduk setempat biasa menyebutnya batu besar “Fatu Un”. Sekilas batu Fatu Un ini nampak semacam kepala singa bila dilihat dari sisi samping. Memiliki ketinggian sekitar 50 meter, batu ini menjadi pertanda letak wisata Kolbano ini berada dan patokan perjalanan.

Kolbano Beach Kupang
foto: instagram.com/ervan_dimu/

Wisatawan pula bisa menaiki batu tersebut buat memandang keelokan panorama Pantai dari ketinggian. Samudera Hindia yang terdapat di depan pantai dengan campuran birunya air laut dan hamburan bebatuan krikil berwarna – warni menjadikan semakin menawan indahnya Pantai Kolbano.

Seperti pada kebanyakannya tempat wisata Indonesia yang memiliki legenda, Pantai Kolbano juga dipercaya masyarakat sekitar setempat memiliki mitos yang cukup terkenal.

Mitos tersebut berkisah tentang gadis manusia bernama Bi Kabin yang menikah dengan Raja Laut Na’ Besimnasi (Buaya). Konon berabad-abad tahun yang lalu, untuk menjaga hubungan serta kelestarian alam dengan Na’ Besimnasi, keluarga Bi Kabin beserta warga sekitar melakukan ritual suci tahunan hingga sekarang ini.

Terbukti sampai saat ini, perairan pantai Kolbano merupakan penghasil utama ikan di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan sekitarnya. Hal ini dipercaya bahwa merupakan ucapan terimakasih Raja Laut Na’ Besimnasi.

3. Rute Menuju Pantai Kolbano

Rute perjalanan menuju ke tempat ini terbilang lumayan susah, sebab transportasi umum yang belum mencukupi. Tetapi tidaklah perlu gusar, sebab para wisatawan bisa menyewa kendaraan dari Kota Kupang.

Keadaan jalur jalan menuju kawasan Kolbano lumayan variatif, wisatawan hendak melewati jalur yang berkelok- kelok serta pula tanjakan dan turunan yang memacu adrenalin.

Wisata Menarik Lainnya :  Air Terjun Kedung Gupit, Pesona Petualangan Alam di Sudut Bojonegoro

Tetapi tenang saja sebab sejauh jalur yang dilewati, wisatawan pula hendak disuguhkan bermacam panorama alam berupa indahnya pematang sawah serta ladang penduduk desa setempat. Hamparan perbukitan serta tebing – tebing yang menjulang gagah pula sebagian rumah adat khas setempat ikut menemani indahnya rute perjalanan menuju Pantai Kolbano.

Fatu Un Pantai Kolbano
foto: instagram.com/ooz_gobang/

Kurang lebih sehabis melewati jarak 135 kilometer dari Kota Kupang, wisatawan akan telah sampai di objek wisata dengan ditandai terlihatnya Fatu Un dari kejauhan serta berhamburannya bebatuan krikil yang berwana – warni di tepian tepi laut yang hendak membuat wisatawan terpesona.

4. Harga Tiket Masuk Pantai Kolbano

Dengan harga tiket masuk yang relatif murah ialah sebesar Rp 2.000 – Rp 5.000 -an untuk yang bawa kendaraan pribadi, wisatawan telah bisa menikmati indahnya wisata pantai Kolbano.

Tetapi sayangnya, masih belum ada fasilitas umum yang memadai untuk para wisatawan. Hanya saja terdapat lopo-lopo (sejenis bale- bale / gazebo) yang bisa digunakan buat istirahat serta berteduh para wisatawan.

5. Tips ke Pantai Kolbano

Untuk wisatawan yang hendak melancong ke Pantai Kolbano dianjurkan untuk membawa bekal santapan serta minuman disebabkan masih sangat jarang ditemukan warung yang menjajakan santapan serta minuman.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati perjalanan wisata alam di Pulau Timor, Pantai Kolbano bisa menjadi destinasi wisata yang sangat disayangkan buat dilewati begitu saja. Ataupun untuk para pecinta batu – batu unik, tidak ada salahnya untuk membuktikan kecantikan hamparan baebatuan unik warna warni di Kolbano.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks