Wisata Bendungan Dam Jati Magetan, Serunya Liburan Penuh Warna

Bendungan Dam Jati Magetan

Dam Jati Magetan merupakan destinasi wisata Magetan yang sangat populer, terutama di kalangan generasi muda. Tempat ini sangat ideal untuk para pencinta foto Instagram, karena terdapat beragam spot berwarna-warni di sekitarnya.

Liburanpun pastinya akan semakin seru dan penuh warna. Oleh karena itu tak ada salahnya untuk menjadikan wisata ini sebagai tujuan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan bersama keluarga atau sahabat.

Sekilas Tentang Dam Jati Magetan

Dam Jati adalah sebuah bendungan sungai yang merupakan peninggalan dari era Belanda, destinasi wisata ini kini telah diubah dengan pewarnaan yang indah dan cerah. Tak heran bila hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, terutama karena keunikannya sebagai objek foto yang jarang ditemui di tempat lain.

Meskipun dulunya area tersebut memiliki reputasi sebagai tempat yang angker, namun kini situasinya berbeda. Keberadaan palet warna yang menawan di sekitar bendungan membuatnya layak untuk dikunjungi, dan menjadi tempat yang ideal untuk mengabadikan momen bersama teman-teman atau keluarga.

Berkunjung ke sana akan memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan area sekitar yang telah dikembangkan dengan baik. Tempat ini juga menyediakan area istirahat khusus dengan konsep lesehan, sehingga menjadi alternatif menarik untuk merasakan atmosfer liburan yang berbeda.

Aktivitas Menarik yang Wajib Kamu Coba di Dam Jati Magetan

Setiap tempat wisata pastinya menawarkan daya tarik dan berbagai aktivitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Menikmati Indahnya Warna Warni Dam Jati

c
Instagram.com/ayualveroadia

Pesona utama di destinasi wisata ini terletak pada warna-warni indah yang menghiasi area bendungan. Pengunjung dapat menikmati kecantikan palet warna tersebut sambil menikmati suasana disekitar Dam Jati.

Lokasinya juga cocok untuk kamu yang ingin bersantai dan melepaskan penat. Agar terhindar dari terik matahari direkomendasikan untuk mengunjungi wisata ini pada pagi atau sore hari. Dengan demikian, pengalaman menikmati keelokan bendungan yang dipenuhi dengan warna-warni akan semakin memuaskan.

Mendaki Bukit Hutan Jati

Di tempat wisata ini kamu bisa menemukan bukit hutan jati yang berlokasi di samping bendungan itu sendiri. Kamu dapat mendaki bukit tersebut sebagai alternatif tempat beristirahat yang ideal karena rimbunnya daun jati mampu memberikan perlindungan dari panasnya sinar matahari di siang hari.

Selain itu, pengunjung memiliki kebebasan lebih untuk mengamati aliran air di bendungan dari ketinggian bukit. Suasana sekitarnya sangat nyaman karena ditumbuhi oleh banyak pepohonan. Lokasinya juga sangat cocok untuk dijadikan tempat peristirahatan yang tenang setelah seharian beraktivitas.

Berburu Spot Foto yang Menarik

d
Instagram.com/yuliaiffa

Jika berwisata ke Dam Jati Magetan maka kamu akan menemukan berbagai spot yang pastinya sangat menarik. Keindahan spot foto ini bukan hanya di sekitar bendungan yang penuh warna saja namun area disekitar bendungan juga cukup keren untuk dijadikan latar belakang foto.

Booth foto juga tersedia di bukit hutan jati di sekitarnya, cocok bagi pecinta fotografi yang ingin mengambil gambar. Namun, tetaplah berhati-hati karena bukit ini berdekatan dengan bibir sungai, sehingga keamanan perlu diperhatikan.

Beristirahat dan Bercengkrama dengan Santai

Pengelola wisata bendungan telah menyediakan banyak kursi untuk para pengunjung, menjadikannya tempat yang ideal untuk berkumpul bersama keluarga. Selain itu kamu juga dapat bercengkrama dengan keluarga dalam suasana lesehan.

Tidak hanya itu, keindahan alam sekitarnya akan semakin menambah serunya liburan. Ditambah lagi, pengelola tidak mengenakan biaya tiket masuk, sehingga kamu dapat berlama-lama di tempat ini tanpa perlu mengkhawatirkan uang.

Memancing

Saat mengunjungi Dam Jati Magetan kamu juga memiliki kesempatan untuk menikmati kegiatan seru lainnya, yaitu memancing ikan di sekitar area tersebut. Bendungan ini merupakan tempat yang sangat ideal untuk memuaskan hobi memancingmu.

Menariknya lagi tidak adanya biaya tiket masuk menjadikannya sarana yang paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Pengunjung dapat dengan bebas memancing ikan di sekitar area ini, namun sebaiknya membawa peralatan memancing pribadi dari rumah.

Jika diperlukan, disarankan juga membawa bekal seperti air minum untuk menjaga kenyamanan dan mencegah kehausan saat berlama-lama menikmati waktu di tempat ini.

Senam Bersama

Destinasi ini juga kerap kali ramai dikunjungi pada setiap hari Minggu, karena adanya berbagai acara hiburan, termasuk senam dan pertunjukan dangdut. Inilah salah satu daya tarik yang membuat pengunjung tertarik, ditambah lagi dengan beragam fasilitas yang telah disediakan di tempat tersebut.

Setiap pengunjung pasti akan semakin nyaman dan betah berlibur ke sini, tidak hanya untuk menikmati keindahan warna-warninya. Saat akhir pekan tiba, kamu juga dapat mengikuti acara senam yang diadakan di sekitar bendungan, menjadikannya sebagai kegiatan liburan yang tidak hanya seru tetapi juga bermanfaat.

Harga Tiket Masuk Dam Jati Magetan

Kamu dapat menikmati destinasi wisata ini tanpa dipungut biaya tiket masuk, sehingga para pengunjung dapat menikmati area tersebut tanpa khawatir mengeluarkan banyak biaya. Meski gratis namun kamu perlu mengeluarkan uang untuk biaya parkir.

Tempat ini menjadi lokasi menarik untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, mengingat keindahannya. Kamu bisa menikmati momen berharga di sekitar bendungan yang dihiasi dengan warna-warni menarik, memberikan kesempatan untuk berfoto tanpa memikirkan biaya tiket masuk. Ini sangat cocok untuk merencanakan liburan yang ramah di kantong.

Tempat ini buka mulai pukul 06.30 pagi hingga 17.00 sore. Bukanyapun setiap hari sehingga memungkinkan kamu datang kapan saja.

Lokasi Dam Jati Magetan

Kamu bisa dengan mudah menemukan destinasi wisata ini di Desa Goranggareng, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Hingga saat ini, tempat wisata ini telah menjadi sangat populer, terutama di kalangan wisatawan muda, meskipun sederhana namun memiliki banyak daya tarik yang unik.

Bendungan sungai ini sebenarnya merupakan bangunan peninggalan Belanda, yang kemudian diubah dengan tata letak yang menarik untuk memberikan keindahan khas, terutama melalui pengecatan dengan warna-warna mencolok. Tak heran jika bangunan ini menarik perhatian banyak orang untuk berfoto.

Area di sekitar bendungan dihiasi dengan berbagai warna cerah yang menarik. Oleh karena itu, siapa pun dapat memilihnya sebagai destinasi ideal untuk berfoto dengan spot Instagramable. Maka, ketika berada di wilayah Magetan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata unik ini.

Fasilitas yang Ada di Dam Jati Magetan

Sama dengan tempat wisata pada umumnya Dam Jati Magetan juga telah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti:

  • Toilet
  • Tempat istirahat
  • Spot foto menarik

Fasilitas yang ada ditempat wisata ini sekarang memang belum cukup lengkap. Kendati demikian untuk kedepannya akan terus dikembangkan demi kenyamanan para wisatawan.

Itulah informasi seputar Dam Jati Magetan. Tempat ini memang sangat ideal untuk menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga. Suasana di sekitarnya sangat nyaman karena ditumbuhi oleh pohon-pohon yang rindang di sekitar.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments