7 Rekomendasi Pasar Seni di Bali yang Cocok Jadi Tujuan Berbelanja

Pasar Seni di Bali

Wisata Bali menjadi salah satu tempat yang populer dan sering dipadati oleh para wisatawan. Hal itu lantaran Bali memiliki daya pikatnya tersendiri mulai dari pesona alamnya yang menawan, kentalnya kebudayaan, hingga dinilali kreatif.

Salah satu buktinya yaitu banyaknya souvenir yang banyak pada Pasar Seni di Bali yang selalu dijadikan buah tangan oleh para wisatawan. Wisatawan yang sedang berlibur di Bali, bisa mampir ke pasar seninya yang memiliki banyak karya seni untuk dibawa pulang.

Rekomendasi Pasar Seni di Bali

Pasar Seni adalah tempat jual beli benda-benda kesenian, dan terkadang juga menjadi temat produksi dan pertunjukan langsung. Berikut ini ada beberapa pasar seni di Bali yang bisa dikunjungi.

1. Pasar Seni Ubud

2023 12 01
Foto via Googlemaps/Ashutosh Saini

Pasar Seni Ubud merupakan pasar seni di Bali yang cukup populer. Pasalnya, pasar ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan baik lokal maupun turis asing. Menariknya lagi, Pasar Seni Ubud ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film Hollywood berjudul Eat Pray Love.

Pasar Seni Ubud ini terbagi menjadi dua bagian yakni blok barat dan blok timur. Blok timur ini menjadi pasar tradisional yang menjual berbagai macam makanan dan barang kebutuhan sehari-hari. Sementara itu, di blok barat tersedia beragam jenis karya seni yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Beberapa diantaranya seperti patung, topeng, lukisan, aneka macam gerabah, kemeja, syal sutra, keranjang, layang-layang, pernak-pernik, dan masih banyak lagi. Selain itu, wisatawan juga akan menemukan barang-barang antik khas Pasar Seni Ubud seperti rok bohemian satin, patung Budha kuningan, lampu minyak gaya Maroko, dan lainnya.

Bagi para pecinta kerajinan anyaman, di Pasar Seni Ubud ini juga terdapat beragam jenis kerajinan anyaman tangan yang cantik. Bahkan, beberapa kios menyediakan kegiatan belajar menganyam. Untuk harga setiap barang yang ada di Pasar Seni Ubud ini tidak dibanderol dengan harga tertentu alias wisatawan bisa melakukan penawaran sebesar mungkin.

Pasar Seni Ubud ini berlokasi di Jalan Raya Ubud No.35, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar,, Bali 80571. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 10:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB. Google Maps

2. Pasar Seni Sukawati

2023 03 06
Foto via Googlemaps/The Bali J

Pasar Seni Sukawati menjadi pasar yang cukup terkenal sampai penjuru dunia. Tidak heran, banyak wisatawan yang rela menyempatkan waktunya untuk berburu oleh-oleh yang ada pada pasar seni di Bali ini.

Pasar seni ini menyediakan pilihan barang-barang yang begitu beragam. Bahkan harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau. Itulah yang membuat Pasar Seni Sukawati wajib disambangi sebelum pulang ke kampung halaman.

Beberapa oleh-oleh khas Bali yang bisa ditemukan di Pasar Seni Sukawati ini seperti layangan tradisional yang punya aneka corak dan warna, tas anyaman, lukisan, dan masih banyak lagi. Wisatawan juga bisa menemukan pakaian, kain sarung, bed cover, hingga aneka perhiasan yang cantik.

Sama seperti pasar seni lainnya, di Pasar Seni Sukawati ini wisatawan bisa melakukan penawaran harga. Wisatawan tentunya akan mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang pas.

Pasar Seni Sukawati ini berlokasi di Jalan Raya Sukawati, Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582. Buka mulai dari pukul 06:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB. Google Maps

3. Pasar Seni Kuta

2019 03 18
Foot via Googlemaps/Reynard Har

Pasar Seni Kuta ini berdekatan dengan Pantai Kuta sehingga tidak heran, pantai ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan. Di Pasar Seni Kuta ini wisatawan bisa menemukan berbagai bentuk oleh-oleh yang identik dengan budaya Bali.

Beberapa diantaranya seperti pernak-pernik, pakaian dengan motif Bali, patung, lukisan, bed cover, tas, dan lainnya. Tidak hanya itu saja, pasar seni di Bali ini juga dipenuhi oleh deretan toko modern yang menjual berbagai macam barang merek internasional.

Bahkan wisatawan juga akan menemukan berbagai macam kedai makanan dan restoran tepi pantai. Bagi wisatawan asing yang ingin melakukan penukaran uang juga bisa mencarinya di sekitar sana. Fasilitas yang ada di Pasar Seni Kuta ini juga terbilang lengkap mulai dari toilet, gazebo, minimarket, hotel, dan masih banyak lagi.

Lokasinya berada di Jalan Kuta Art Market no.18, Kuta, Badung, Kabupaten Badung, Bali 80361. Buka mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 22:00 WIB. Google Maps

4. Pasar Seni Legian

Selain Pasar Seni Kuta, Pasar Seni Mertha Nadi atau lebih dikenal dengan nama Pasar Legian juga cocok dijadikan sebagai tempat berbelanja oleh-oleh. Pasar seni di Bali ini juga berdekatan dengan Pantai Kuta.

Di bagian depan Pasar Seni Legian, wisatawan akan menemukan deretan pedagang yang menjajakan souvenir berupa hiasan dinding dari bahan seng. Selain itu ada pula hiasan dinding dari kayu, hiasan meja dari batu kapur atau aluminum, gantungan kunci, alas meja, dan masih banyak lagi.

Tidak berhenti di sana, Pasar Seni Legian juga menyediakan berbagai macam pakaian santai. Harga yang ditawarkan cukup bervariatif yakni mulai dari Rp50.000 hingga Rp180.000.

Lokasinya berada di Jalan Melasti No.86, Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361. Buka mulai dari pukul 06:00 WIB hingga pukul 23:00 WIB. Google Maps

5. Pasar Seni Kumbasari

Mungkin sebagian wisatawan sudah tidak asing lagi dengan Pasar Seni Kumbasari. Pasar seni di Bali ini juga cukup hits dan banyak diincar oleh para wisatawan. Pasar Seni Kumbasari ini menyediakan berbagai jenis kerajinan lokal serta kebutuhan pokok.

Lantai satu pasar ini digunakan untuk tempat menjual beragai macam sembako sementara di lantai duanya terdapat berbagai macam barang seperti pakaian tradisional, patung, tas wanita, lukisan, dan lainnya. Lalu di lantai tiganya terdapat beragam jenis pernak-pernik baik buatan seniman lokal maupun dari luar Bali.

Lokasinya berada di Jalan Gajah Mada, Pemecutan, Kecamatan Denpasar Batu, Kota Denpasar, Bali 80111. Buka mulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB. Google Maps

6. Pasar Seni Klungkung

Pasar Seni Klungkung ini merupakan salah satu pasar tradisional yang terkenal akan penjualan kainnya yang berkualitas tinggi. Beberapa kain yang ada di Pasar Seni Klungkung ini seperti songket, pakaian sembahyang umat Hindu, endek, dan masih banyak lagi.

Namun selain aneka jenis kain, pasar seni di Bali ini juga terdapat toko souvenir, kios makanan dan minuman, dan masih banyak lagi. Untuk harganya sendiri ditaksir mulai dari Rp35.000.

Lokasinya berada di Jalan Diponogero No.16, Semarapura Kelod Kangin, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80761. Jam bukanya mulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB.

7. Pasar Seni Guwang

Rekomendasi pasar seni di Bali selanjutnya yaitu Pasar Seni Guwang. Pasar Seni Guwang juga menawarkan beragam jenis kerajinan khas Bali seperti lukisan, pernak-pernik, patung, selimut, dan sebagainya.

Berbeda dari pasar seni lainnya, Pasar Seni Guwang ini dinilai lebih kondusif dan rapi. Untuk harganya pun terbilang murah yakni mulai dari Rp20.000.

Lokasinya berada di Guwang, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582. Buka mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB. Google Maps

Itulah rekomendasi pasar seni di Bali yang bisa dikunjungi. Wisatawan dapat mengunjunginya untuk mendapatkan berbagai macam buah tangan menarik dengan harga murah.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments