Cafe Hutan Pinus Kediri, Tempat Bersantai Terbaru di Kediri yang Menawarkan Pesona Alam Super Hijau

Cafe Hutan Pinus Kediri

Kalau kamu lagi stres atau capek karena tumpukan pekerjaan, coba deh bersantai sejenak di Hutan Pinus Kediri. Pemandangan alam berupa deretan pohon pinus menjulang tinggi siap memanjakan mata kamu dengan pesonanya. Ditambah lagi sajian kuliner kekinian kian menambah kenikmatan kamu kala berada di wisata Kediri ini.

Daya Tarik Hutan Pinus Kediri

Hutan Pinus Kediri adalah wisata alam terbaru di Kediri yang cocok buat tempat nongkrong kaula muda. Awalnya lokasi tersebut hanyalah hutan biasa. Namun berkat kreativitas dari empat anak muda, kini beralih fungsi menjadi tempat wisata favorit para kaum milenial.

Di sana kamu akan disuguhkan suasana asri nan rindang layaknya hutan hujan tropis. Rasakan pengalaman bersantai di bawah rerimbunan pohon pinus yang penuh kesejukan. Dijamin semua beban dalam pikiran hilang seketika dan tergantikan dengan nuansa hati yang tenang.

Keasrian alam yang ditawarkan membuat sebagian besar pengunjung merasa betah berlama-lama disana. Bahkan jumlah kunjungan per hari saja bisa mencapai 100-300 orang. Angka tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya. Apalagi kalau masuk waktu liburan, pasti jumlahnya naik dua kali lipat.

Contohnya saja pada tahun 2022 lalu ada sekitar 500 lebih orang berkunjung ke Hutan Pinus Kediri kala masuk liburan Natal dan Tahun Baru. Pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari Kediri. Ada juga yang dari luar kota seperti Malang, Mojokerto, Jember, dan lain-lain. Banyak orang menyukai tempat wisata ini karena beberapa daya tariknya berikut ini.

Kedai 66 yang Instagrammeble

IMG 20190910 173007
Sumber : Google Maps/Edo Christianto

Salah satu faktor yang membuat wisatawan tertarik mengunjungi Hutan Pinus Kediri karena keberadaan Kedai 66. Sebuah warung makan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman kekinian khas anak muda. Satu hal menarik dari kedai ini adalah tempatnya yang sangat unik sekaligus instagrammeble.

Di sekitar Kedai 66 ada sejumlah hammock tergantung rapi yang biasa digunakan pengunjung sebagai tempat bersantai. Kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai objek foto untuk menambah kesan estetik di dalam foto. Pasti sangat menyenangkan, rebahan di atas hammock sambil menikmati keindahan alam hutan pinus yang mempesona.

Selain hammcok, pihak pengelola Kedai 66 juga menyediakan spot bangku ayunan dari kayu. Lalu ada juga beberapa tempat duduk dan meja yang terbuat dari kayu asli. Kedua spot tersebut benar-benar cocok dijadikan background foto karena terlihat menyatu sekali dengan alam. Bisa dipastikan hasil foto kamu akan tampak natural dan terkesan alami.

Menu Andalan yang Nikmat

2021 12 04
Sumber : Google Maps/M. Ilham Athalla

Daya tarik berikutnya tentang kuliner yang tersaji di Hutan Pinus Kediri. Wisata ini mempunyai deretan menu andalan yang pastinya membuat wisatawan semakin berminat untuk datang. Salah satunya ada nasi tiwul goreng. Satu porsinya dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Apalagi rasanya juga enak dan terasa nikmat kala menyentuh lidah.

Menu yang tersedia tidak hanya nasi tiwul goreng saja. Masih ada makanan favorit lainnya seperti ayam geprek, kentang goreng, roti bakar, jagung bakar, dan ayam bakar. Sementara untuk minumannya sendiri ada kopi dan es blend yang paling sering dipesan oleh pengunjung.

Bagi para penikmat kopi, wajib coba minuman kopi di wisata ini. Tersedia berbagai macam jenis kopi dengan cita rasa yang khas. Di sini kamu bisa menemukan kopi hijau dari Tulungagung yang terbuat dari campuran kopi dan kacang ijo. Ada juga kopi giras dari Gresik yang terkenal akan rasa manis dan pahitnya.

Kalau kamu tidak terlalu suka kopi bisa mencoba es blend. Minuman unggulan dari wisata Hutan Pinus Kediri yang selalu jadi incaran anak muda. Bagi yang belum tahu, minuman ini merupakan perpaduan dari susu murni segar, kopi, dan susu crime.

Terletak di Sekitar Lereng Gunung Wilis

2021 12 04 1
Sumber : Google Maps/M. Ilham Athalla

Pemandangan hijau dengan udara sejuk adalah keunggulan utama dari wisata Hutan Pinus Kediri. Hampir di setiap sisinya kamu akan melihat beragam tumbuhan dan pepohonan pinus menghiasi kawasan tersebut. Ternyata, alam yang indah bak surgawi itu karena lokasinya berada di sekitaran lereng Gunung Wilis.

Perjalanan menuju ke sana memang cukup melelahkan dan menguras energi. Apalagi dengan ukuran jalannya yang tidak terlalu lebar. Tetapi tenang saja, meski sempit tapi tak banyak lubang dan kondisinya lumayan mulus. Namun tetap harus berhati-hati karena nantinya kamu akan melewati jalan menanjak.

Harga Tiket Masuk

Bagi yang ingin liburan ke Hutan Pinus Kediri tidak perlu khawatir soal tiket masuk. Dikarenakan wisata ini tidak mengenakan biaya tiket masuk alias gratis. kamu bebas keluar masuk dan memanfaatkan fasilitas yang ada. Akan tetapi kalau membawa kendaraan pribadi, kamu wajib membayar biaya retribusi parkir.

Jam Buka

Dikarenakan Hutan Pinus Kediri masuk dalam kawasan hutan, maka pihak pengelola membatasi jam operasionalnya. Wisata ini hanya buka dari Pukul 08.00 sampai dengan Pukul 17.00 WIB. Untuk harinya mulai dari Senin sampai Minggu. Memasuki tanggal merah atau hari libur masih tetap buka di jam yang sama.

Fasilitas Umum

Meskipun tidak dikenakan biaya tiket masuk, tetapi soal penyediaan fasilitas umum tidak boleh kamu pandang sebelah mata. Fasilitas yang ada sudah cukup membuat pengunjung merasa nyaman. Buat kamu yang datang membawa kendaraan pribadi sudah disediakan tempat parkir yang cukup luas oleh pihak pengelola.

Tak lupa pihak pengelola juga menyediakan fasilitas toilet umum untuk para pengunjung. Ada toilet khusus laki-laki dan perempuan. Kondisinya cukup bersih dan terawat karena hampir setiap hari petugas selalu siap sedia membersihkannya.

Namun sayang, di wisata ini belum ada fasilitas mushola. Jadi kalau mau menunaikan ibadah shalat 5 waktu terpaksa harus keluar dari tempat wisata untuk mencari masjid terdekat. Memang agak repot, tapi tetap saja shalat adalah ibadah wajib yang tak boleh kamu tinggalkan.

Tips Berkunjung

Terapkan beberapa tips berikut ini agar liburan kamu ke Hutan Pinus Kediri berjalan lancar dan tanpa ada hambatan.

  • Pilih waktu kedatangan saat cuaca sedang cerah. Jangan liburan ketika masuk musim penghujan atau langit tengah mendung.
  • Pastikan kondisi fisik kamu benar-benar sehat dan bugar untuk menempuh perjalanan yang lumayan jauh. Seperti yang kamu tahu, lokasi Hutan Pinus Kediri agak tersembunyi dan jauh dari wilayah perkotaan.
  • Dikarenakan jalan yang akan kamu lewati sedikit menanjak, sebaiknya hindari menggunakan sepeda motor matic. Bawalah sepeda motor yang memang sesuai dengan medan pegunungan.
  • Jangan bepergian ke sana seorang diri. Ajaklah teman atau keluarga untuk menemani kamu. Setidaknya kalau terjadi sesuatu selama perjalanan akan ada orang yang siap membantu kamu.
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang memang membuat kamu nyaman.
  • Ketika berada di sana selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sekian pembahasan kali ini mengenai wisata Hutan Pinus Kediri. Dari sini kita tahu bahwa tidak perlu mengeluarkan banyak uang jika ingin liburan. Dengan budget yang minim sekalipun kamu juga bisa pergi ke tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam super eksotis.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments