Mengunjungi Kebun Binatang Terlengkap di Gembira Loka

Taman Reptil Gembira Loka Zoo

Memiliki karakteristik bangunan-bangunan kuno membuat Yogyakarta terkesan menarik. Selain itu, di sana juga kita bisa menemukan berbagai wisata seru yang akan membuat liburan semakin berkesan. Beberapa wisata di Yogyakarta yang bisa kita kunjungi yaitu wisata alam, taman hiburan, museum, tempat nongkrong dan juga kebun binatang.

Salah satu kebun binatang di Yogyakarta yang saat ini sedang hits yaitu Taman Reptile Gembira Loka Zoo atau dikenal dengan Gembira Loka. Tempat ini selalu saja dipadati para wisatawan entah saat weekday maupun weekend.

Selain menjadi destinasi wisata bersama keluarga, Kebun binatang ini juga merupakan tempat edukasi seputar satwa terutama reptile. Bahkan Taman Reptile Jogja ini juga memiliki beragam jenis aktivitas menarik dan wahana seru yang akan membuat liburan semakin menyenangkan.

Gembira Loka ini hadir di Yogyakarta pada tahun 2017, kemudian pada tahun 2019 menambah beberapa wahananya. Beragam fasilitas yang ada di lokasi wisata mampu membuat liburan bersama keluarga semakin asyik.

Alamat Gembira Loka

Wisatawan yang ingin mengunjungi Gembira Loka ini bisa datang ke Jalan Veteran No.47, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165. Jika dari arah wisata dekat Malioboro kita bisa melalui Jalan Sosrokusuman ke arah Jalan Suryatmajan. Dari sana kita masuk ke Jalan Kenari menuju Jalan Veteran.

Jarak tempuhnya dari Jalan Malioboro sekitar 14 menit perjalanan. Berada di kawasan Kota Yogyakarta membuat kebun binatang ini mudah ditemukan. Apalagi termasuk salah satu wisata hits di Yogyakarta sehingga banyak wisatawan yang sudah mengetahui keberadaannya. Map klik disini.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Gembira Loka ini kita akan dikenakan tiket masuk yang dibanderol dengan tarif Rp 75.000 per orang. Kita juga akan dikenakan tiket tambahan untuk menikmati beberapa wahana yang dibanderol mulai dari Rp 10.000 tiap wahana. Ada juga tiket parkir kendaraan bermotor dibanderol dengan tarif Rp 3.000 dan kendaraan mobil Rp 5.000.

Wisata Menarik Lainnya :  Foto Kekinian Ala 3D di Lulu Trick Eye Bogor

Jam Buka

Gembira Loka ini beroperasi setiap hari. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai pukul 08:30 sampai dengan pukul 16:00. Tetapi pada waktu tertentu, wisata ini dibuka pukul 08:00 tergantung banyaknya antrian pada loket masuk.

Daya Tarik Gembira Loka

2019 02 16
Googlemaps/Hendri Tamara Yuda

Sesuai dengan konsep wisatanya yaitu mengusung tema reptile. Di sana kita akan menemukan berbagai hewan reptil yang cukup beragam. Ada biawak pohon biru, biawak komodo, biawak goldi, kura-kura kepala chery, buaya muara, kadal lidah biru, iguana hijau, dan masih banyak lagi. Selain bertemu para hewan reptil, kita juga bisa belajar mengenai cara hidup, jenis dan lainnya.

Bahkan tidak hanya itu saja, ada berbagai jenis hewan lainnya yang bisa kita temukan di Gembira Loka. Mulai dari hewan jenis mamalia seperti beruang madu, tapir asia, kuda nil landak jawa, owa kalimantan rusa timor, lemot ekor cincin dan lainnya.

Lalu ada juga hewan berjenis aves seperti alap-alap sulawesi, kasuari gelambir dua, elang brontok burung unta, kakatua jambul kuning, pinguin afrika, dan masih banyak lagi. Ada juga hewan lainnya berjenis amfibi dan Pisces.

Wisatawan juga bisa mengunjungi area petting zoo yang berisi beberapa satwa menggemaskan seperti kelinci, domba, kucing, dan lainnya. Area ini merupakan area yang ramah untuk si kecil karena berada di kawasan taman yang dilengkapi dengan playground dan gazebo. Alih-alih menunggangi kuda, di Gembira Loka ini kita bisa menunggangi onta maupun gajah.

Selain itu, di Gembira Loka juga kita bisa menikmati beberapa wahananya yang seru. Wahana-wahana tersebut diantaranya :

ATV, wisatawan yang menyukai kegiatan outbound bisa banget mencoba aktivitas ini. Wahana yang satu ini cukup menantang karena kita akan melalui jalur yang cukup curam dengan jalan yang berbelok-belok.

Perahu Kayuh, selain aktivitas daratnya yang cukup seru, wahana airnya juga wajib banget kita coba. Di sana kita bisa mengelilingi seisi Gembira Loka menggunakan perahu kayuh. Perahu ini bisa dinaiki sampai 5 orang penumpang.

Sekuter Air, mungkin sebagian wisatawan penasaran ingin mencoba jet ski di laut lepas. Namun untuk melakukannya butuh keberanian yang kuat. Untuk mencoba wahana yanh serupa, kita bisa mencobanya di Gembira Loka dengan menaiki wahana sekuter air. Wahana ini dijamin aman untuk berbagai kalangan usia.

Wisata Menarik Lainnya :  Mencoba Berbagai Wahana Seru di Malang Smart Arena

Bumper Boat, masih wahana air, bumper boat juga wajib banget kita coba. Kita bisa merasakan sensasi berputar-putar di atas air. Biasanya wahana ini menampung 2 sampai 3 orang saja.

Zoo Express berbeda dengan wahana lainnya yang ada di Gembira Loka. Wahana ini merupakan wahana spot foto dengan latar America Old West Town. Amerika tempo dulu bisa kita lihat di sana. Biasanya para pengunjung memanfaatkan area ini untuk berburu spot foto.

2018 07 19
Googlemaps/Hanif Eko Hadmono

Di sana juga kita bisa menyaksikan beberapa atraksi satwa seperti bird show, interaksi reptil, pertunjukan ketangkasan satwa, dan juga feeding time.

Di Gembira Loka juga kita bisa mampir ke salah satu restonya yang menyediakan berbagai hidangan lokal. Ada ikan gurame, udang, nasi goreng, ayam bakar, karedok, dan masih banyak lagi. Untuk harga menu makanan yang ada di Gembira Loka dibanderol dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp 10.000 sampai dengan Rp 35.000.

Fasilitas

Ada juga beberapa fasilitas lainnya yang menunjang seperti pusat oleh-oleh, gazebo, toilet, musala, lahan parkir, area piknik, dan masih banyak lagi. Memiliki fasilitas yang menunjang membuatnya selalu saja dipadati para wisatawan.

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan di sekitar Gembira Loka bisa mengunjungi Fave Hotel Kusumanegara yang berada di Jalan Kusumanegara No.91, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

Jarak tempuhnya dari Gembira Loka sekitar 6 menit perjalanan. Untuk tarif penginapannya dibanderol mulai dari Rp400.000 sampai dengan Rp720.000 per malam sesuai paket penginapan yang kita inginkan. Kita juga bisa reservasi terlebih dahulu melalui nomor 0274560111.

Wisatawan yang sedang liburan ke Yogyakarta bersama keluarga, wajib banget mampir ke Gembira Loka ini. Liburan di Gembira Loka ini dijamin akan membuat akhir pekan berkesan dan tentunya menambah banyak pengalaman berharga.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.