10 Wisata Populer Lampung Dengan Beragam Aktifitas Menawan

wisata populer Lampung

Pulau Sumatera tidak hanya memiliki Bangka Belitung saja dengan keindahan alamnya yang menawan. Pesona wisata alam Lampung juga tidak diragukan lagi.

Beragam destinasi wisata populer Lampung bisa wisatawan temukan dengan sangat mudah. Mulai dari pantai, air terjun, taman nasional, bukit batu, dan lainnya.

Rekomendasi Wisata Populer Lampung

Berikut ini ada beberapa tempat wisata populer di Lampung menarik yang bisa wisatawan temukan ketika berlibur.

1. Way Kambas

2022 09 21
Foto via Googlemaps/irfan

Taman Nasional Way Kambas dikenal luas oleh para wisatawan sebagai tempat konservasi gajah Sumatera. Memiliki luas sekitar 125.000 hektar, Taman Nasional Way Kambas ini dilengkapi dengan hutan air, hamparan padang rumput, semak belukar, dan juga hutan pantai.

Ada sekitar 300 gajah Sumatera yang dilatih di Taman Nasional Way Kambas ini. Tidak hanya itu saja, bahkan di wisata populer Lampung ini juga terdapat beberapa binatang yang dilindungi seperti badak Sumatera, beruang madu, rusa sambas, harimau Sumatera, kucing emas, kijang, dan masih banyak lagi.

Wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut tentunya dengan arahan pemandu.
Masuk ke Taman Nasional Way Kambas ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp7.000 per orang. Lokasinya berada di Raja Basa Lama, Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur. Google Maps

2. Pulau Balak

Pulau Balak merupakan salah satu destinasi wisata populer Lampung menarik yang patut di kunjungi. Diberi nama Pulau Balak lantaran pulau ini adalah pulau yang besar dan terletak diantara dua pulau lainnya yaitu Pulau Lok dan Pulau Lunik.

Pulau Balak ini terkenal akan pesona alamnya yang begitu menawan. Hamparan pasir putih dan jernihnya air laut tentu saja akan membuat siapa pun yang melihatnya terpana. Banyak wisatawan yang mengabadikan momennya di sana karena terlampau cantik.

Tidak sampai di sana, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alama bawah lautnya. Ada banyak biota laut cantik yang bisa wisatawan temukan di sana. Ditambah dengan keindahan batu karangnya yang mempesona.

Tidak ada tiket masuk khusus Pulau Balak. Wisatawan hanya perlu membayar biaya transportasi saja. Lokasinya berada di Kawasan Teluk Pidada, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

3. Pulau Pahawang

21480522 125019134817371 986104678477463552 n
Foto via Instagram.com/pikniknusantara

Selain Pulau Balak, Pulau Pahawang juga menjadi salah satu destinasi wisata populer Lampung yang tidak boleh dilewatkan. Pulau ini terkenal lantaran keindahan pantai dan bawah lautnya.

Ketika melakukan snorkeling, wisatawan akan menemukan ikan badut. Biota laut jenis ini sangat banyak di sana. Hal menarik lainnya yaitu wisatawan juga bisa menginap di atas laut. Aktivitas unik ini tentu saja akan menjadi pengalaman yang berkesan.

Masuk ke sana wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Wisatawan hanya perlu membayar biaya transportasi serta snorkeling bagi yang ingin melakukannya. Lokasi Pulau Pahawang ini berada di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pasawaran, Provinsi Lampung.

4. Pantai Sari Ringgung

253359883 247291254120276 6063325075947348866 n
Foto via Instagram.com/tempat_wisata_lampung

Bagi para pecinta pantai, wajib banget mampir ke Pantai Sari Ringgung. Pantai sebagai wisata populer Lampung ini dikenal memiliki pemandangan yang menawan. Hamparan pasir putih dan birunya air laut akan memanajakan para wisatawan.

Menariknya, Pantai Sari Ringgung ini memiliki masjid apung yang bisa dijangkau menggunakan perahu. Banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk hunting foto.

Tidak hanya itu saja di Pantai Sari Ringgung ini juga wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas air menarik. Beberapa diantaranya seperti speedboat, banana boat, kano, hingga air tumpah.

Harga tiket masuknya ditaksir sebesar Rp20.000 per orang. Adapun karcis parkir kendaraan yang ditaksir mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000.

Lokasinya berada di Jalan Way Ratai Km 14, Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran. Beroperasi mulai dari pukul 06:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB. Google Maps

5. Pantai Duta Wisata

Pantai Duta Wisata menjadi tempat terbaik untuk melakukan healing. Wisatawan akan disuguhkan oleh deretan pepohonan rindang yang asri. Deretan gazebo juga bisa digunakan untuk bersantai di pesisir pantai.

Dari wisata populer Lampung ini juga wisatawan bisa menikmati pemandangan Teluk Lampung yang mempesona. Selain itu, wisatawan juga bisa berkeliling pantai dengan menaiki perahu. Bahkan ada pula aktivitas lainnya yang tidak kalah menarik seperti banana boat, jet ski, hingga sepeda air.

Bagi wisatawan yang suka memancing juga bisa melakukan kegiatan memancing di sana. Namun wisatawan yang ingin mendapatkan ikan secara instan tidak perlu khawatir, di sana terdapat kios yang menjajakan berbagai jenis ikan dengan harga murah.

Untuk masuk ke Pantai Duta Wisata ini akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang. Adapun karcis parkir kendaraan yang ditaksir mulai dari Rp2.000 hingga Rp10.000 per unit.

Lokasinya berada di Telukbetung Timur, Bandar Lampung. Karena beroperasi selama 24 jam, wisatawan bisa datang ke sana kapan pun sesuai yang diinginkan. Google Maps

6. Pantai Batu Lapis

21690381 1819656771657718 3299548671703515136 n
Foto via Instagram.com/explorelampung

Pantai Batu Lapis terbilang cukup unik karena berbeda dari pantai-pantai pada umumnya. Alih-alih memiliki hamparan pasir luas, Pantai Batu Lapis ini justru tersusun dari bebatuan yang berlapis-lapis.
Pantai ini memiliki kejernihan air sebiru kristal. Yang dikeliling oleh deretan bebatuan yang cantik. Biasanya pengunjung memanfaatkannya sebagai spot foto instagramable.

Pantai sebagai wisata populer Lampung ini belum diketahui oleh banyak orang, sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati ketenangan dengan pemandangannya yang menawan. Masuk ke sana wisatawan tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis.

Untuk lokasi pantainya sendiri berada di Jalan Haji Heran Penengahan No. 4 Toto Harjo, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Wisatawan bisa mengunjunginya mulai dari pukul 06:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB. Google Maps

7. Danau Biru Tambang Batu Kapur Padas

Danau Biru Tambang Batu Kapur Padas atau lebih dikenal dengan nama Danau Biru menjadi salah satu destinasi wisata populer di Lampung yang tidak boleh dilewatkan. Sesuai dengan namanya, Danau Biru ini memiliki air jernih berwarna kebiruan.

Meskipun sebuah danau, Danau Biru terbentuk tidak secara alami. Danau ini ada karena penambangan batu kapur padas. Dengan pemandangannya yang menawan ini, banyak dari warga Lampung memanfaatkan tempat tersebut untuk rekreasi.

Wisatawan bisa berburu spot foto instagramable di setiap sudutnya. Bahkan, di sana juga wisatawan bisa menemukan berbagai kulineran.

Masuk ke Danau Biru ini tentunya wisatawan tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Namun wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi, akan dikenakan karcis parkir yang ditaksir mulai dari Rp2.000.

8. Danau Tirta Gangga

Masih seputar destinasi wisata air, Danau Tirta Gangga juga menjadi salah satu tempat wisata populer Lampung yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan alamnya yang menawan tentu saja membuat siapa pun ingin datang ke sana.

Hal menarik lainnya pada Danau Tirta Gangga ini yaitu adanya patung Bima Sakti yang banyak dijadikan sebagai spot foto. Tidak jauh dari Danau Tirta Gangga juga wisatawan ajan menemukan sebuah pura. Namun pura tersebut disakralkan oleh umat Hindu sekitar.

Di sekitaran sana juga wisatawan dapat menemukan berbagai macam jajanan yang lezat. Liburan di sana tentunya kita tidak perlu membayar tiket masuk.

Lokasinya berada di Desa Sakti Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah. Google Maps

9. Danau Bekri

Danau Bekri berada di tengah-tengah perkebunan kelapa sawit sehingga tidak heran panoramanya banyak digemari oleh para wisatawan. Selain itu, eksotisme danau juga cukup menarik perhatian. Tidak heran tempat ini selalu dikunjungi banyak wisatawan.

Pengelola Danau Bekri juga menyediakan beberapa spot foto kece seperti jembatan, gardu pandang, rumah pohon, ayunan, dan sebagainya. Bahkan banyak pula pengunjung yang memanfaatkan tempat wisata populer Lampung untuk piknik bersama keluarga. Wisatawan bisa menggelar tikar di tepi danau dan menikmati suasananya yang romantis.

Bagi wisatawan yang tidak membawa perbekalan tidak perlu merasa khawatir. Wisatawan dapat menemukan berbagai macam kuliner mulai dari camilan hingga makanan berat.

Tidak ada tarif khusus untuk masuk ke kawasan Danau Bekri ini. Wisatawan hanya perlu membayar karcis parkir yang ditaksir mulai dari Rp2.000.

Lokasinya berada di Unnamed Road, Sinar Banten/Bekri, Kecamatan Bekri, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung 34162. Jam bukanya mulai dari pukul 07:00 WIB hingga pukul 20:00 WIB. Google Maps

10. Puncak Mas

Puncak Mas menjadi destinasi wisata populer Lampung yang berikutnya. Lokasinya yang berada di perbukitan tentu saja membuat pemandangannya begitu menawan. Dari sana, wisatawan bisa menyaksikan Teluk Lampung, Pusat Kota Bandar Lampung, serta view perbukitan yang cantik.

Tidak hanya itu saja, Puncak Mas juga menyediakan beberapa spot foto instagramable seperti rumah pohon, ayunan, gardu pandang, dan masih banyak

lagi. Ada pula beberapa wahana menariknya seperti sepeda gantung, zipe bike, dan lainnya.Wahana anak juga tersedia di Puncak Mas seperti kereta mini, bianglala, boom-boom car, dan lainnya. Setelah puas menikmati berbagai wahana serunya, wisatawan bisa mencoba berbagai kuliner yang ada di sana.

Masuk ke Puncak Mas ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp20.000 per orang. Lokasinya berada di Jalan H. Hamim RJP, Sukadanaham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Itulah rekomendasi wisata populer Lampung menarik yang bisa disambangi ketika sedang berlibur di Lampung. Wisatawan tentu akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments