big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Pantai Sari Ringgung, Liburan Seru Ke Pantai Tercantik di Lampung

Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung adalah salah satu pantai cantik yang ada di Lampung. Dari kota Bandar Lampung letak pantai ini cukup strategis dan sangat mudah dijangkau. Tak heran jika pantai ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Lebih dari itu pantai yang satu ini juga kerap kali menjadi tujuan favorit para wisatawan karena ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini. Sudah tak sabar ingin segera liburan ke pantai ini? Sebelum itu itu yuk simak dulu informasi berikut yang bisa kamu jadikan referensi ketika liburan ke Pantai Sari Ringgung nanti!

Sekilas Tentang Pantai Sari Ringgung

32156773 160414294810006 8841052005423120384 n
Instagram.com/pantaisariringgung.official

Pantai Sari Ringgung adalah salah satu permata yang tersembunyi di wisata Lampung. Keberadaannya tidak hanya memikat dengan pemandangan alamnya yang memesona, tetapi juga menawarkan beragam wahana permainan air yang mengundang untuk dicoba. Selain itu, pengunjung dapat menyeberang ke pulau-pulau di sekitar pantai untuk menjelajahi kecantikannya lebih dalam.

Tidak hanya itu, keceriaan di Pantai Sari Ringgung semakin lengkap dengan deretan warung tepi pantainya yang menawarkan berbagai kuliner lokal. Fasilitas umum yang terjaga dengan baik juga menambah kenyamanan pengunjung. Namun, yang membuat pantai ini begitu istimewa adalah keberadaan masjid terapung di tengah lautan serta kawasan pasir timbul yang dapat diakses oleh para wisatawan.

Daya Tarik Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung,baru dibuka untuk umum pada tahun 2014 setelah melalui serangkaian perbaikan yang memastikan kelayakannya sebagai tempat wisata. Setelah diperbaiki pantai ini tentunya menjadi lebih baik baik dari segi fasilitas maupun aspek lainnya. Daya Tarik yang dimilikinya juga semakin kuat sehingga mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Daya tarik yang dimaksud diantaranya:

Masjid Terapung

photo today Masjid Apung Ringgung
Instagram.com/pantai_sariringgung

Salah satu daya tarik yang sangat mempesona dari Pantai sari Ringgung adalah keberadaan Masjid Terapung Al Aminah. Masjid Terapung Al Aminah bukan sekadar daya tarik saja. Lebih dari itu pantai ini juga mempunyai nilai-nilai sejarah, keunikan arsitektur, dan makna spiritual yang dalam. 

Lebih dari sekadar tempat ibadah lokal, masjid ini menarik perhatian para wisatawan yang ingin merasakan keistimewaan suasana di tengah lautan. Dengan desain terapungnya yang inovatif, masjid ini mampu beradaptasi dengan gelombang laut tanpa mengganggu kenyamanan jamaah. 

Masjid ini dibangun pada tahun 1980 an yang awalnya untuk memenuhi kebutuhan praktis nelayan, menghadirkan cerita menarik di balik eksistensinya. Sebagai lambang kekuatan dan keteguhan iman, masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga cerminan perjuangan dalam menghadapi tantangan kehidupan laut.

Masjid Terapung Al Aminah tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga lambang keharmonisan antara indahnya alam dan keagamaan di Pantai Sari Ringgung. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati panorama laut yang memesona, tetapi juga merasakan atmosfer spiritual yang mendalam di dalam bangunan tersebut. 

Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan kesan magis saat mengunjungi pantai ini, tetapi juga menghadirkan pengalaman yang spiritual dan budaya yang memikat. Dengan segala kekhasan dan maknanya, menjelajahi Masjid Terapung Al Aminah di Pantai Sari Ringgung tidaklah sekedar liburan biasa saja. 

Lebih dari itu liburanmu akan menjadi sebuah perjalanan yang menginspirasi secara spiritual dan budaya. Pantai ini dengan bangganya menampilkan pesona alamnya yang menakjubkan sekaligus menggambarkan nilai-nilai spiritual yang kaya dalam kehidupan masyarakat lokal.

Pasir Timbul

Menyusuri Kawasan Sari Ringgung akan membawa pengunjung pada petualangan menarik dan sedikit menantang dengan menemukan Pasir Timbul. Fenomena alam ini terjadi ketika air laut surut, memunculkan gundukan pasir di tengah lautan luas. 

Hanya dapat dijangkau dengan perahu selama 15-25 menit, pengalaman unik ini menawarkan pemandangan luar biasa dari gundukan pasir yang melayang di permukaan air laut. Ketinggiannya yang dekat dengan air menciptakan suasana yang memukau, ideal untuk berbagai aktivitas seperti berfoto atau sekadar menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Walau menarik, menjelajahi Pasir Timbul bukanlah tugas yang mudah. Terbatasnya area yang dikelilingi oleh samudra yang luas menjadi tantangan tersendiri. Ketika air laut pasang, risiko genangan air dapat membuat akses semakin sulit. Oleh karena itu, penting bagi pengunjung untuk berhati-hati dan memperhatikan waktu yang tepat untuk mengunjungi Pasir Timbul.

Namun demikian, daya tarik Pasir Timbul sebagai destinasi wisata tetap menggelora. Keunikan dan kecantikan alaminya memikat banyak pelancong untuk menjelajahi dan mengabadikan momen di sana. Foto-foto dari Pasir Timbul sering menjadi kenangan berharga bagi para pengunjung.

Dipenuhi dengan tantangan dan pesona yang tak tertandingi, Pasir Timbul di Kawasan Sari Ringgung adalah destinasi yang memikat untuk dijelajahi. Kombinasi antara sensasi mendebarkan dan keelokan alam yang memukau menjadikan tempat ini magnet bagi para petualang dan pengagum keindahan alam yang tak terbantahkan.

Keindahan Panorama Pantai dari Ketinggian

Pantai sari Ringgung 1
Instagram.com/pantaisariringgung.official

Mengagumi keindahan Pantai Sari Ringgung dari tepiannya memang sudah biasa, tapi mengalami sensasi yang berbeda dengan melihatnya dari ketinggian. Saat berada di sana, kamu bisa menaiki sebuah bukit yang berada di sebelah Pantai Sari Ringgung. 

Bukit yang dikenal sebagai Puncak Indah menawarkan pengalaman unik untuk menyaksikan pemandangan laut dan pantai secara menyeluruh. Meskipun ketinggian bukit ini cukup, pendakian ke Puncak Indah terasa lebih mudah berkat adanya anak tangga yang telah disediakan oleh pengelola.

Keindahan Bawah Lautnya

Pantai Sari Ringgung di Lampung tidak hanya menawarkan panorama alam yang menakjubkan di permukaannya, tetapi juga menyimpan keajaiban bawah laut yang memukau. Salah satu kegiatan yang sangat diminati di pantai ini adalah snorkeling, menjadi pilihan utama para wisatawan yang ingin mengungkap keindahan lautan. 

Kejernihan air di Pantai Sari Ringgung menjadi daya tarik utama bagi para penyelam. Air yang begitu jernih memungkinkan pengunjung untuk mengamati dengan mudah beragam biota laut yang hidup di sekitar pantai ini. 

Batu karang yang sehat dan berwarna-warni, anemon laut yang mempesona, serta ikan-ikan berwarna yang berenang riang menambah pesona luar biasa dari panorama bawah laut yang dapat dinikmati oleh para snorkeler.

Bagi pengunjung yang membawa kamera bawah air, snorkeling di Pantai Sari Ringgung menawarkan kesempatan langka untuk mengabadikan momen-momen menakjubkan di bawah permukaan laut. Mengambil foto-foto biota laut yang memesona atau mengabadikan momen saat berinteraksi dengan ikan-ikan berwarna-warni akan menciptakan kenangan tak terlupakan dari petualangan snorkeling di pantai ini.

Bagi kamu yang tidak membawa peralatan snorkeling sendiri, tidak perlu khawatir karena di Pantai Sari Ringgung tersedia layanan penyewaan peralatan snorkeling. Tempat penyewaan biasanya dilengkapi dengan instruktur yang siap membantu wisatawan, baik yang baru pertama kali melakukan snorkeling maupun yang membutuhkan panduan tambahan.

Dengan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, snorkeling di Pantai Sari Ringgung adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan bagi pecinta aktivitas outdoor dan keindahan alam. Kombinasi kejernihan air, keragaman biota laut, dan fasilitas snorkeling yang tersedia menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang sempurna untuk menjelajahi keindahan laut Lampung.

Banyak Wahana Air

Pantai Sari Ringgung Lampung
Instagram.com/rumahkawe

Pantai Sari Ringgung tak hanya menawarkan panorama alam yang memikat dan aktivitas snorkeling yang menarik, tetapi juga menyuguhkan beragam wahana air yang mengasyikkan bagi para pengunjung yang mencari keseruan di atas permukaan laut. Bermain wahana air di sini menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan penuh dengan kegembiraan.

Salah satu wahana air yang paling diminati di Pantai Sari Ringgung adalah Banana Boat. Pengunjung dapat merasakan sensasi kecepatan di atas gelombang laut sambil bersenang-senang bersama teman atau keluarga. Dalam momen ketika banana boat bermanuver secara tajam atau meloncati ombak, keceriaan semakin terasa. 

Meskipun terjatuh ke dalam laut, tidak perlu khawatir karena setiap orang akan dilengkapi dengan pelampung untuk menjaga keselamatan. Instruktur yang berpengalaman juga akan mendampingi pengunjung dan memastikan keselamatan selama bermain.

Selain Banana Boat, Pantai Sari Ringgung juga menawarkan berbagai wahana air lainnya seperti speed boat yang dapat memberikan pengalaman memacu adrenalin dengan kecepatannya di atas permukaan laut. Permainan tong air tumpah juga menjadi pilihan menarik, di mana lokasinya terletak di tengah-tengah lautan, memberikan sensasi yang unik dan lebih menantang.

Bagi wisatawan yang mencari aktivitas yang lebih santai, kano adalah pilihan yang ideal. Mendayung kano di perairan lepas sambil menikmati pemandangan sekitar dan hembusan angin laut adalah pengalaman yang menenangkan dan menyegarkan. Instruktur akan memastikan keselamatan dan memberikan panduan yang diperlukan.

Di samping itu, sepeda air berbentuk angsa juga menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Sari Ringgung, terutama bagi pengunjung yang melancong bersama keluarga. Dengan kapasitas untuk dua hingga tiga orang penumpang sekaligus, sepeda air ini memberikan kesempatan bagi keluarga untuk bersenang-senang bersama di atas permukaan laut.

Dengan beragam pilihan wahana air yang seru dan menarik, Pantai Sari Ringgung menjadi destinasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Pengalaman bermain wahana air di pantai ini akan meninggalkan kenangan yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Berburu Kuliner

Setelah puas bermain air dan berfoto berburu kuliner menjadi aktivitas yang tak boleh dilewatkan. Di sekitar pantai, terdapat sejumlah warung yang menawarkan beragam makanan dan minuman. Bahkan kamu juga dapat menikmati hidangan seafood khas daerah Sari Ringgung. Ikan segar hasil tangkapan nelayan merupakan spesialisasi kuliner di sini.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung Lampung berlokasi di Jalan Way Ratai KM.14, Desa Sidodadi Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Jika kamu dari Bandar Lampung maka rute yang harus dilalui adalah dengan menuju ke arah Padang Cermin. 

Selanjutnya kamu akan menemukan sebuah petunjuk jalan yang menunjukan pantai yang ada. Pantai Sari Ringgung ini dari pantai Mutun hanya berjarak 15 menit saja. Adapun jika dari arah Bandar Lampung maka kamu perlu menghabiskan waktu sekitar 30 sampai dengan 60 menitan. 

Untuk menuju ke tempat wisata ini kamu bisa memakai angkutan umum seperti angkutan pedesaan. Jika menggunakan angkutan maka pilihlah yang dari terminal Rajabasa mengarak ke Ramayana. Bila sudah sampai di Ramayana kamu harus berganti angkutan lagi yang berwarna merah hati untuk turun di Gudang lelang. 

Setelah itu kamu perlu jalan beberapa meter sampai menemukan angkutan pedesaan berwarna hitam. Jika sudah ketemu angkut tersebut maka langsung naik saja dan nantinya turun di pintu masuk yang bertuliskan Pantai Sari Ringgung. 

Namun jika ingin lebih mudah maka disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ketika hendak mengunjungi Pantai Sari Ringgung, karena kemungkinan akses kendaraan umum terbatas, terutama setelah jam 3 sore. Dengan berkendara sendiri kamu bisa lebih leluasa dalam merencanakan waktu kedatangan dan kepulangan dari pantai ini. 

Selain itu, menggunakan kendaraan pribadi juga memungkinkan pengunjung untuk membawa perlengkapan atau barang bawaan dengan lebih nyaman. 

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Ke Pantai sari Ringgung

Tempat wisata yang satu ini memiliki jam operasional yang panjang karena buka setiap hari mulai dari senin hingga hari minggu. Untuk jamnya sendiri mula dari pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore waktu setempat. 

Tiket masuk ke wisata pantai ini per orangnya adalah Rp 25.000. Disamping itu kamu perlu membayar parkir untuk motor sebesar Rp 5.000 sedangkan mobil adalah Rp 10.000.

Fasilitas yang Ada di Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung telah dilengkapi berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh semua pengunjung yang liburan ke wisata ini. Fasilitas tersebut adalah:

  • Area parkir yang memadai
  • Taman bermain khusus untuk anak-anak
  • Kamar mandi yang bersih dan rapi
  • Warung-warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman
  • Aneka wahana permainan air
  • Penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap.

Tips Liburan ke Pantai Sari Ringgung

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti dan tentunya akan sangat membantu ketika berkunjung ke Pantai sari Ringgung:

1.Buat Rencana Perjalanan

Sebelum berangkat liburan ke Pantai Sari Ringgung pastikan kamu sudah membuat perencanaan perjalanan dengan sebaik mungkin. Tentukan kapan waktu yang tepat untuk berkunjung. Selain itu periksa cuaca dan pastikan kamu sudah mempunyai seluruh barang yang dibutuhkan seperti pakaian pantai, peralatan snorkeling dan lain sebagainya

2. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Agar lebih leluasa bergerak dan menikmati liburan kamu juga perlu mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk kegiatan di pantai seperti baju renang. Untuk melindungi diri dari sinar matahari kamu juga perlu mengenakan topi dan payung. 

3. Sebaiknya Gunakan Kendaraan Pribadi

Jika memang memungkinkan akan lebih baik jika kamu menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke pantai Sari Ringgung. Hal ini karena kendaraan umum termasuk terbatas di daerah ini. Oleh karena itu kamu memang harus memikirkan dengan baik dalam memilih kendaraan yang akan digunakan.

4. Perhatikan Jam Operasionalnya

Pastikan kamu sudah tahu jam operasional pantai dan fasilitas yang ada di sekitarnya seperti toko, warung maupun tempat sewa alat tertentu seperti alat snorkeling. Perlu kamu tahu mungkin saja beberapa tempat mempunyai jam operasional yang berbeda. 

5. Utamakan Keamanan

Meskipun sedang berlibur kamu tetap harus selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan diri sendiri maupun orang lainnya. Caranya adalah dengan mengikuti berbagai aturan yang berlaku dipantai seperti petunjuk arah, larangan berenang di area yang berbahaya dan lainnya. 

6. Pilih Tempat Penyewaan Alat yang Tepat

Apabila kamu ingin snorkeling atau mencoba wahana air tertentu pastikan untuk menyewa alatnya dari tempat yang tepat dan terpercaya. Agar lebih aman jangan ragu untuk bertanya dan meminta rekomendasi dari instruktur atau petugas yang ada di pantai ini. 

7. Jagalah Kebersihan

Dimanapun dan kapanpun kamu berada usahakan untuk selalu menjaga kebersihan, atk terkecuali saat liburan ke pantai Sari Ringgung. Caranya bisa kamu mulai dari hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya. Selalu ingat jika pantai yang bersih akan lebih menyenangkan untuk dinikmati dibandingkan pantai yang kotor jadi pastikan untuk selalu menjaga kebersihannya. 

8. Nikmati Momen Liburanmu Sebaik Mungkin

Tips terakhir liburan di pantai ini adalah nikmatilah setiap momen dan waktu liburanmu sebaik mungkin. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah tersebut agar bisa menjadi kenangan yang berkesan.

Liburan ke Pantai Sari Ringgung akan membuat liburanmu jadi makin seru karena ada daya tarik dan aktivitas seru yang ditawarkan oleh pantai ini. Jadi kapan nih kamu mau liburan ke pantai Indah ini?

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments