big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Rekomendasi 13 Wisata Nusa Tenggara Barat yang Punya Pesona Menawan

Wisata Nusa Tenggara Barat Gili Asahan

Nusa Tenggara Barat atau disingkat NTB menjadi tujuan wisata minat khusus dalam hal olahraga. Hal tersebut lantara Wisata Nusa Tenggara Barat memiliki sirkuit berskala internasional yang dikenal dengan nama Sirkuit Mandalika yang merupakan destinasi wisata super prioritas.

Tidak hanya punya daya tarik dari Sirkuit Mandalika saja, NTB juga dikenal memiliki bentang alam yang mempesona. Deretan pantai yang eksotis, hamparan hijau yang menyegarkan, serta suasananya yang tenang tentu membuat siapapun ingin melakukan liburan ke destinasi wisata Nusa Tenggara Barat.

Rekomendasi Wisata Nusa Tenggara Barat

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi liburan berbeda di Nusa Tenggara Barat, berikut terdapat beberapa andalan wisata Nusa Tenggara Barat yang tidak boleh dilewatkan.

1. Gili Nanggu

Gili Nanggu
Gili Nanggu

Gili Nanggu merupakan sebuah pulau kecil yang secara administratif berada di Sekotong. Pulau wisata Nusa Tenggara Barat ini terbilang private karena dihuni oleh manajemen serta staf resort.

Keindahan pasir putih serta laut birunya berhasil menarik perhatian para wisatawan. Bahkan, ribuan jenis ikan serta terumbu karang yang ada di bawah air juga menjadi salah satu daya pikat pulau ini.

Pesisir pantainya pun memiliki ombak yang tenang, sehingga wisatawan bisa berenang dan snorkeling dengan aman. Selain itu, wisatawan juga bisa mengeliling Gili Nanggu menggunakan perahu layar.

Akses untuk menuju ke Gili Nanggu ini terbilang mudah. Itulah salah satu alasan para wisatawan memilih liburan ke sana.

Lokasi Gili Nanggu ini berada di Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Google Maps

2. Gili Asahan

Wisata Nusa Tenggara Barat Gili Asahan
Wisata Nusa Tenggara Barat Gili Asahan

Gili Asahan punya keindahan bawah laut yang tidak boleh disepelekan. Bagi para pecinta wisata laut, rasanya kurang lengkap jika tidak mampir ke Gili Asahan. Wisatawan bisa merasakan serunya snorkeling dan melihat berbagai macam biota laut yang cantik.

Ada sekitar 24 spot diving atau snorkeling yang bisa wisatawan coba di salah satu wisata Nusa Tenggara Barat ini. Tiga diantaranya yang begitu terkenal yaitu Secret Garden yang terkenal akan keindahan karangnya, Snorkeling Point yang dihuni berbagai ikan-ikan cantik, serta belongan.

Sisi menarik lainnya dari Gili Asahan yaitu indahnya soft coral dan hard coral yang ada di sana. Kelestariannya selalu terjaga dengan baik sehingga terkesan begitu alami. Tidak berhenti sampai di sana, wisatawan juga bisa berenang di sekitar pesisir pantainya. Memiliki ombak yang tenang sehingga wisatawan bisa merasa aman.

Wisatawan juga bisa mampir ke resto dengan hidangan laut super lezat. Bahkan bisa juga melakukan akomodasi di Gili Asahan Eco Lodge & Restaurant untuk menciptakan kesan liburan yang menyenangkan.

Lokasinya berada di Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat. Untuk menuju ke sana, wisatawan perlu menyewa perahu yang ditaksir mulai dari Rp320.000. Google Maps

3. Gili Trawangan

397462051 858171865855686 5238057604887183921 n.webp
Foto via Instagram.com/emanuelemilone

Dari semua gili, Gili Trawangan menjadi yang paling populer dan banyak diincar oleh para wisatawan. Gili Trawangan ini memiliki keindahan berupa pantai dan batu karang. Pulau ini punya luas sekitar 338 hektar.

Gili Trawangan ini menawarkan keindahan biota laut yang banyak dikagumi mulai dari berbagai jenis karang, ikan napoleon, ikan hias, kura-kura hingga pari. Keindahan bawah laut ini bisa dinikmati hanya dengan berenang sedikit saja.

Jika melakukan snorkeling, wisatawan seolah disuguhkan oleh akuarium raksasa. Untuk sewa alat snorkeling, wisatawan hanya perlu menyisihkan uang sebesar Rp75.000 saja.

Menariknya lagi, wisata Nusa Tenggara Barat Gili Trawangan juga memiliki karang yang dinilai langka yakni Karang Biru atau Blue Coral. Di belahan dunia, hanya ada 2 tempat yang punya Blur Coral yaitu Gili Trawangan dan Lautan Karibia.

Ada beberapa aktivitas menarik selain snorkeling yang bisa dilakukan di Gili Trawangan yaitu keliling pulau dengan sepeda, keliling pulau dengan cidomo atau andong, tour glass bottom boat, berkuda, menikmati sunset hingga kulineran.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar Gili Trawangan, ada beberapa hotel berbintang yang bisa dikunjungi seperti Pearl Of Trawangan, Villa Ombak, Pinkcoco Gili Trawangan, Jambuluwuk Oceano Resort, dan masih banyak lagi. Fasilitas yang disediakan oleh setiap hotel terbilang lengkap. Untuk tarif penginapannya sendiri ditaksir mulai dari Rp800.000 per malam.

Lokasi Gili Trawangan ini berada di Kabupaten Lombok Utara, Kecamatan Pemenang. Wisatawan bisa melakukan sewa perahu yang ditaksir mulai dari Rp500.000. Google Maps

4. Pantai Bangko-Bangko

Peselancar lokal hingga mancanegara menjadikan Pantai Bangko-Bangko sebagai destinasi wisata Nusa Tenggara Barat favorit. Ombaknya yang ganas membuat peselancar seolah tertantang.

Pantai ini memiliki ombak yang tidak pernah pecah hingga tepian. Bahkan gulungan ombaknya pun cukup dalam dan tinggi. Tidak heran, Pantai Bangko-Bangko masuk dalam 10 pantai favorit bagi peselancar versi International Surfing Association.

Selain punya ombak yang besar, Pantai Bangko-Bangko juga memilki pesona yang menawan. Hamparan pasir putihnya membuat semua mata terkagum-kagum. Apalagi tempat ini termasuk dalam tipe ekosistem hutan pantai atau hutan mangrove. Sehingga kelestariannya masih terjaga.

Pantai Bangko-Bangko juga melestarikan beberapa fauna seperti ayam hutan, raja udang, elang bendol, elang laut, dan sebagainya. Lokasinya berada di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

5. Gili Meno

Gili Meno merupakan tempat wisata Nusa Tenggara Barat yang cocok untuk berbulan madu karena suasananya yang dinilai romantis. Hamparan pasir putih dengan keindahan laut birunya berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Wisatawan yang ingin merasakan sensasi menyelam di Gili Meno, bisa melakukan kegiatan snorkeling di sana. Tidak hanya bisa meliat beragam biota laut saja, wisatawan juga bisa berfoto dengan latar patung bawah laut karya seniman bernama deCaires Taylor. Patung tersebut berada di 13 kaki kedalaman laut.

Kegiatan menarik lainnya yang bisa wisatawan lakukan di sana yaitu bersepeda dan berkuda. Wisatawan juga bisa datang ke Danau Meno dan menikmati keindahan sunset di sana. Lokasinya berada di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

6. Gili Sulat

Gili Sulat merupakan sebuah pulau yang melewati garis Wallace. Di Gili Sulat ini terdapat hutan mangrove atau bakau yang cukup menarik untuk disambangi. Hutan bakau ini masih terbilang alami sehingga memiliki suasana yang menyegarkan.

Selain itu, Gili Sulat ini menjadi salah satu tempat hidup berbagai jenis burung. Salah satunya yang cukup menarik perhatian yaitu Burung Bertong atau Burung Maleo. Burung ini suka berimigrasi ke beberapa pulau lainnya seperti pulau Bali, pulau Sulawesi, Sumbawa, dan sebagainya. Bahkan di sana juga hidup beberapa spesies ular seperti ular hijau.

Beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di wisata Nusa Tenggara Barat Gili Sulat ini seperti snorkeling, berenang, berkeliling pulau dengan perahu, berburu spot instagramable, kulineran, dan masih banyak lagi. Gili Sulat ini berlokasi di Desa Sambelia, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Provinsi NTB.

7. Pulau Satonda

93655047 219137872706649 296463417628581102 n
Foto via Instagram.com/natgeoindonesia

Pulau Satonda merupakan destinasi wisata favorit masyarakat Dompu. Wisata Nusa Tenggara Barat ini terbilang legendaris dan masih tetap eksis sampai saat ini.

Satonda sendiri merupakan pulau vulkanik yang ada di Laut Flores. Letusan dari gunung purba Satonda meninggalkan jejak pulau dengan luas 6 km persegi serta membentuk danau dengan luas 4 km persegi.
Danau tersebut dikeliling oleh bukit serta tebing dengan ketinggian 300 mdpl. Awalnya danau tersebut berupa air tawar. Namun tragedi tsunami pada tahun 1815 mengakibatkan air laut naik ke permukaan dan mengisi danau menjadi air asin.

Pesisir pantai Pulau Satonda ini juga punya pesona yang eksotis. Wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan bawah lautnya yang dipenuhi oleh berbagai macam ikan hias serta terumbu karang. Pulau Satonda ini berlokasi di Desa Nangamiro, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

8. Pundu Nence Peak

Mungkin sebagian wisatawan merasa asing dengan wisata Nusa Tenggara Barat bernama Pundu Nence Peak. Pundu Nence Peak sendiri merupakan gugusan pegunungan di wilayah bagian timur Kota Bima. Puncak gunung tertingginya sekitar 1050 mdpl dan tentunya cukup mudah dijangkau.

Pundu Nence Peak ini cocok untuk pendaki pemula. Dalam perjalanan mendaki, wisatawan akan disuguhkan oleh nuansa alam yang menyegarkan serta menawan. Bahkan di sana juga terdapat sebuah sungai yang bisa disambangi.

Bagi wisatawan yang merasa kelelehan, bisa mengunjungi sebuah cafe yang ada di sana. Berbeda dari cafe pada umumnya, cafe tersebut menyuguhkan nuansa alam dengan ornamen seadanya. Yang menariknya lagi, di sana juga wisatawan akan menemukan peninggalan penjajahan Belanda yakni 3 meriam kuno dan satu ulekan batu raksasa.

Pundu Nence Peak ini berlokasi di Kelurahan Lelamase, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima, NTB. Lokasinya bisa wisatawan akses dengan mudah.

9. Air Terjun Benang Kelambu

2023 03 05
Foto via Googlemaps/Maximilian

Air Terjun Benang Kelambu ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan merupakan rekomendasi wisata Nusa Tenggara Barat berikutnya. Tidak seperti air terjun pada umumnya, Air Terjun Benang Kelambu ini memiliki aliran yang tenang dan juga terlihat tipis layaknya kelambu.

Air Terjun Benang Kelambu ini memiliki ketinggian 30 meter pada tingkatan pertama. Perlu diketahui bahwa yang menjadikan Air Terjun Benang Kelambu ini terlihat tenang karena berundak dan memiliki penampungan. Tidak seperti air terjun lainnya yang berupa sungai terpotong oleh tebing.

Air Terjun Benang Kelambu ini juga punya fasilitas yang cukup lengkap. Harga tiket masuknya ditaksir mulai dari Rp5.000 per orang. Wisatawan bisa mengunjunginya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

10. Doro Ncanga

Bagi wisatawan yang pernah melakukan liburan ke Gunung Tambora mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu wisata Nusa Tenggara Barat bernama Doro Ncanga. Doro Ncanga ini merupakan hamparan savana yang mirip seperti di Afrika.

Di Doro Ncanga ini wisatawan akan disuguhkan oleh pesona savananya yang menawan. Ditambah lagi dengan deretan hewan seperti kuda, domba, dan kerbau yang sengaja dibiarkan liar.

Doro Ncanga ini seringkali dijadikan tempat untuk hunting foto karena latarnya yang cantik. Banyak juga wisatawan yang melakukan kegiatan piknik di sekitar sana. Liburan ke sana, wisatawan tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis.

Tempat ini berlokasi di Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Wisatawan bisa mengunjunginya mulai dari pukul 06:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB.

11. Gunung Rinjani

Mungkin hampir semua orang sudah tau mengenai Gunung Rinjani. Gunung Rinjani ini merupakan gunung api tertinggi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ketinggiannya mencapai 3.726 mdpl dan termasuk dalam lingkaran api atau ring of fire.

Gunung Rinjani ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Jayawijaya di Papua dan Gunung Kerinci di Sumatera. Tidak heran Gunung Rinjani selalu menjadi tempat favorit untuk mendaki baik oleh wisatawan lokal maupun turis asing dalam melakukan wisata Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani ini terkenal karena pesona alamnya dan jalur trekkingnya yang menantang. Selain itu salah satu ikon Gunung Rinjani yang menarik perhatian yaitu Puncak Dewi Anjani dan adanya danau bernama Segara Anak.

Danau Segara Anak ini memiliki kedalaman hingga 230 meter dengan warna air yang biru bagaikan anak lautan. Banyak pendaki yang memancing di danau tersebut lantaran memiliki banyak populasi ikan mas dan ikan mujaer.

Untuk menuju puncak Gunung Rinjani, ada dua jalur yang bisa dilewati yaitu Jalur Sembalun dan jalur Senaru. Kedua pos tersebut memiliki 3 pos peristirahatan. Gunung Rinjani ini berlokasi di Pulau Lombok, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

12. Air Terjun Sendang Gile

IGP9745 copy
Foto via Googlemaps/Darko Eterovic

Air Terjun Sendang Gile berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Aliran air terjun ini berasal dari Danau Segara Anak yang berada di puncak Gunung Rinjani.

Air terjun wisata Nusa Tenggara Barat ini memiliki ketinggian sekitar 600 mdpl, dengan kedalaman 31 meter dari dasar sungai. Air Terjun Sendang Gile ini terbagi ke dalam dua tingkatan yakni kolam pertama dengan air terjun cantik dan kolam kedua yang mengalir layaknya sungai.

Untuk harga tiket masuk ke Air Terjun Sendang Gile ini ditaksir sebesar Rp10.000 per orang. Wisatawan bisa mengunjunginya di Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat 83354. Air terjun ini buka setiap hari mulai dari pukul 07:00 WIB hingga pukul 15:00 WIB.

13. Lombok Wildlife Park

unnamed 1
Foto via Googlemaps/Darko Eterovic

Setiap kota tentu saja memiliki tempat konservasi satwa. Begitu pula di wisata Nusa Tenggara Barat, wisatawan bisa mengenalnya dengan nama Lombok Wildlife Park.

Awalnya tempat wisata itu bernama Lombok Elephant Park. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah populasi di hewan yang ada di sana terus bertambah hingga kini bernama Lombok Elephant Park.

Ada sekitar 195 hewan serta 50 spesies yang berbeda dari berbagai negara. Beberapa diantaranya seperti gajah Sumatera, burung cenderawasih, kakatua jambul kuning, ular sanca bodo, siamang, bekantan, beruang madu, dan masih banyak lagi.

Masuk ke Lombok Wildlife Park ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp75.000 per orang setiap hari Senin hingga Jumat dan Rp100.000 per orang setiap hari Sabtu dan Minggu. Lokasinya berada di Jalan Raya Tanjung Sire, Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat 83352.

Itulah rekomendasi tempat wisata Nusa Tenggara Barat yang bisa wisatawan temukan. Wisatawan bisa mengajak keluarga maupun teman liburan ke sana.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments