Puncak Mas, Menikmati Panorama Lampung Dari Ketinggian

Puncak Mas Lampung

Wisata menarik yang bisa kita kunjungi di Lampung yaitu Puncak Mas Lampung yang menjadi salah satu wisata favorit masyarakat Lampung dan sekitarnya sebagai taman hiburan untuk melihat indahnya Lampung dari ketinggian

Ketika mendarat di Pulau Sumatera, selain Medan wisatawan bisa memusatkan tujuan ke Kota Gajah yang tidak lain yaitu Kota Lampung. Lampung ini merupakan salah satu kota paling ujung di selatan Pulau Sumatera.

Lampung memiliki semboyan yang berbunyi Sai Bumi Ruwa Jurai yang berarti Satu Bumi Dua Jiwa.
Lampung ini dikenal akan pesona alamnya yang menawan. Kebanyakan wisata yang bisa kita temukan di Lampung berupa wisata air seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Tanjung Setia, Air Terjun Curug Tujuh dan masih banyak lagi.

Namun tidak hanya sekedar wisata air saja, di Lampung juga kita bisa menemukan wisata alam berupa dataran tinggi. Bahkan, dinamai Lampung lantaran dulunya masyarakat bermukim di dataran tinggi yakni Gunung Pesagi hingga Puncak Mas.

Puncak Mas Lampung didirikan pada tahun 2016 silam. Hingga saat ini tidak lekang oleh waktu dan tetap menjadi destinasi wisata hits di Lampung. Hal tersebut lantaran wisatawan bisa menyaksikan landscape Bandar Lampung yang mempesona.

Puncak Mas ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga guna melepas penat dari pekerjaan kantor maupun tugas kuliah. Suasananya yang nyaman dan tenang tentunya akan membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

Daya Tarik Puncak Mas Lampung

2022 11 02
Foto via Googlemaps/Ricky Irwanto

Wisata paling populer di Lampung ini menyuguhkan pesona deretan pepohonan rindang yang menyejukkan mata. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sana merupakan kawula muda lantaran suasananya yang terkesan hangat dan romantis, apalagi ketika malam hari. Namun ada juga beberapa wisata yang datang bersama anak-anak dan tentunya tidak kalah menyenangkan.

Di Puncak Mas ini wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan taman yang disusun sedemikian rupa sehingga terlihat begitu cantik. Taman dengan alas rerumputan hijau ini dihiasi dengan aneka bunga warna-warni yang terlihat begitu indah. Terlebih, ada pula beberapa ornamen seperti pagar kayu, kursi taman, rumah pohon yang menambah kesan instagramable.

Selain panoramanya yang indah, spot foto itulah yang membuat wisatawan berbondong-bondong datang ke Puncak Mas. Beberapa spot yang bisa kita temukan di Puncak Mas ini seperti jembatan gantung, rumah pohon, balon udara, lampu taman, kolam ikan, taman bunga, dan masih banyak lagi.

2020 08 09
Foto via Googlemaps/Robani Alzawani

Bahkan, ada salah satu hal yang cukup menarik perhatian para wisatawan. Di Puncak Mas ini kita akan menemukan dua musala yang dibangun di pohon durian. Musala ini berbentuk layaknya rumah pohon. Ada dua musala yang bisa kita temukan yakni musala untuk laki-laki dan musala untuk perempuan.

Musala yang diperuntukan bagi laki-laki ini dibangun di atas ketinggian 8 meter dengan kapasitas 25 jemaah. Sementara untuk musala perempuan dibangun di atas ketinggian 6 meter dengan kapasitas jemaah 15 orang.

Bagi wisatawan yang menyukai wahana menantang, bisa banget mencoba salah satu wahana yang ada di Puncak Mas ini yakni sepeda gantung. Meskipun panjang lintasannya hanya beberapa meter saja, namun untuk ketinggian sepeda gantung ini berhasil membuat wisatawan berteriak histeris.

Wisatawan tidak perlu khawatir karena keamanannya sudah terjamin. Beberapa wisatawan justru mengabadikan momennya ketika sedang menaiki sepeda gantung tersebut. Adapun wahana lainnya yang tidak kalah mendebarkan seperti ayunan di tepi jurang hingga panjat tebing.

Wisatawan yang datang bersama si kecil juga bisa mampir ke playgroundnya yang menyediakan berbagai wahana asyik seperti ayunan, jungkat-jungkit, putaran besi, seluncuran, dan masih banyak lagi.

Selain itu, wisatawan juga bisa nongkrong hingga kulineran di cafe yang ada di Puncak Mas. Cafe ini memiliki konsep outdoor yang begitu memikat perhatian. Meskipun ornamennya terkesan sederhana yakni hanya berupa deretan kursi dan meja, ketika cuacanya cerah wisatawan bisa melihat panorama Lampung yang indah dari atas sana.

2023 01 02
Foto via Google maps/andri zulfitri

Cafe ini juga lebih menarik jika dikunjungi waktu malam karena kerlipan lampu perkotaan menjelma layaknya seperti bintang yang sedang berkedip. Berbagai hidangan yang bisa kita temukan di cafe ini seperti gulai taboh, seruit, gabung, engkak, dan masih banyak lagi.

Harga menu makanan yang ada di cafe tersebut terbilang sangat murah yakni mulai dari Rp 8.000.

Fasilitas lainnya yang ada berupa gazebo, area piknik, garden shop, pusat oleh-oleh, toserba, musala, toilet, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Puncak Mas

Untuk melakukan liburan di Puncak Mas ini wisatawan perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Bagi wisatawan yang ingin menaiki beberapa wahana yang ada di sana akan dikenakan tarif mulai dari Rp 10.000 setiap wahana.

Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tiket tambahan berupa karcis parkir yang dibanderol mulai dari Rp 2.000 setiap kendaraan.

Lokasi dan Jam Buka Puncak Mas

Puncak Mas ini bisa kita kunjungi di Jalan PB. Marga, Sukadana Ham, Kecamatan Tj. Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung 35215. Google Maps.

Lokasi Puncak Mas bisa ditempuh dengan waktu sekitar 46 menit perjalanan dari Bandar Udara Internasional Radin Inten II. Kita bisa melalui Jalan ZA Pagar Alam menuju ke Jalan Teuku Cik Ditiro. Dari sana kita masuk ke Jalan H. Hamim RJP dan belok kiri ke Jalan Puncak Mas.

Puncak Mas ini buka setiap hari dengan durasi waktu operasional mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 23:00 WIB. Wisatawan yang ingin liburan keluarga bisa datang ke sana dari pagi hingga menjelang malam untuk menyaksikan matahari tenggelam. Sementara wisatawan yang datang bersama pasangan wajib banget menikmati momen malam romantis di Puncak Mas ini.

Akomodasi

Kita bisa melakukan penginapan di hotel yang ada di sekitar sana yakni Hotel Bella. Hotel Bella ini berlokasi di Jalan Ganjaran No.9, Kemiling Permai, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung 35151.

Jaraknya dari Puncak Mas hanya sekitar 10 menit perjalanan saja. Wisatawan bisa bermalam di Hotel Bella dengan tarif penginapan mulai dari Rp 488.000 hingga Rp 929.000 per malam sesuai dengan fasilitas yang kita dapatkan.

Wisatawan sekitar Lampung wajib merasakan sensasi liburan menyenangkan di Puncak Mas. Dan wisatawan luar Pulau Sumatera yang mencari tempat wisata hits di Lampung wajib banget mampir ke Puncak Mas.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments