big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Ranca Upas Ciwidey Bandung, Tempat Terbaik untuk Melepas Penat

Ranca Upas Ciwidey

Wisata Bandung tak hanya dikenal akan kekayaan kuliner dan keunikan budayanya saja. Lebih dari itu kota kembang ini juga populer akan keindahan alamnya dan destinasi wisatanya yang luar biasa.

Salah satu contohnya adalah Ranca Upas Ciwidey. Destinasi ini tak hanya sedang hits namun juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat bersama orang terdekat.

Terlebih wisata ini juga menawarkan daya tarik dan berbagai kegiatan menarik, Apa saja? Yuk temukan jawabannya dengan menyimak pembahasan berikut ini!

Mengenal Sejarah Ranca Upas Ciwidey

ciwideybandung
Instagram.com/wisatarancaupas

Menurut sejarah atau asal usulnya dully Ranca Upas Ciwidey adalah salah satu tempat pelatihan Kopassus. Hal ini tentunya wajar bila mengingat tempat wisata Bandung Selatan ini merupakan kawasan hutan belantara dengan rawa yang luas.

Dulunya tempat ini juga pernah dijadikan sebagai hutan lindung oleh pihak Perhutani karena tidak ada hewan buasnya. Selanjutnya pihak Perhutani juga sempat membuka lahan hutan tersebut menjadi sebuah camping ground. Asal nama Ranca Upas sendiri berasal dari bahasa Sunda.

Ranca artinya adalah Rawa sedangkan Upas diambil dari nama seorang petugas Perhutani yang melegenda di kawasan Gunung Patuhan di masanya. Menurut cerita Upas merupakan seorang pria dengan badan kekar dan tinggi mencapai 198 centimeter.

Pria besar kelahiran Belandan tersebut diketahui meninggal ketika bertugas di lapangan untuk menjelajahi rawa yang saat ini dikenal dengan nama Ranca Upas. Bahkan sampai saat ini mayat pria bernama Upas belum ditemukan.

Namun terlepas dari asal usulnya tempat wisata ini memang mampu menawarkan pengalaman wisata yang memikat. Dikelola oleh pihak Perhutani, tempat ini menawarkan perpaduan yang sempurna antara keindahan alam yang asri dan berbagai fasilitas rekreasi yang menarik.

Daya Tarik Ranca Upas Ciwidey

Ranca upas bandung
Instagram.com/_intanpees

Ranca Upas merupakan sebuah destinasi wisata alam yang memukau, menawarkan pesona keindahan bukit yang menjadikannya pilihan utama bagi warga Bandung dan pengunjung dari luar kota untuk berpiknik dan mendapatkan kesembuhan. Keindahan alamnya yang menakjubkan, terutama panorama bukit yang asri menjadi daya tarik utama dari wisata ini.

Selain itu tempat ini menyediakan fasilitas kemah yang nyaman dan berbagai kegiatan outdoor yang menghibur bagi para pengunjung. Ranca Upas juga menjadi destinasi istimewa dengan kehadiran penangkaran rusa, memberikan kesempatan langka untuk berinteraksi dengan rusa yang jinak sehingga menciptakan pengalaman yang menghibur dan mengasikan

Menariknya lagi tempat ini menawarkan fasilitas lengkap, mulai dari glamping yang nyaman, area camping untuk petualang, hingga pemandian air panas yang menyejukkan. Ditambah dengan berbagai wahana bermain yang menyenangkan, semuanya hadir untuk membuat momen liburanmu semakin berkesan dan tak terlupakan.

Tidak hanya menarik namun Ranca Upas menawarkan kesempurnaan untuk melepas penat, menyegarkan pikiran, dan menikmati pesona alam yang memukau. Oleh karena itu wisata ini menjadi pilihan yang sempurna untuk liburanmu selanjutnya.

Mitos yang Dipercaya di Ranca Upas Ciwidey

ranca upas
Instagram.com/wisatarancaupas

Di balik kecantikan alamnya, Ranca Upas ternyata menyimpan mitos yang unik, terutama terkait dengan asal-usul namanya. Dalam bahasa Sunda, kata “ranca” merujuk pada kondisi tempat yang pada awalnya adalah rawa atau daerah berawa-rawa.

Sementara itu, makna dari kata “Upas” juga mengandung kisah menarik. Menurut beberapa sumber, Upas adalah nama seorang pengawas hutan atau polisi hutan Belanda yang bertugas di kawasan ini.

Namun kisah yang terkenal adalah tentang nasib tragis sang pengawas hutan di rawa tersebut. Legenda menggambarkan Upas sebagai sosok polisi hutan yang berhati baik tapi harus menghadapi ajalnya di dalam rawa tersebut.

Ceritanya menuturkan bahwa arwah Upas masih hadir dan menjaga keutuhan kawasan ini. Penduduk sekitar meyakini bahwa arwahnya sering kali muncul di sekitar area tersebut, terutama bagi mereka yang sedang mencari kayu bakar. Diyakini bahwa Upas muncul dalam penampilan yang identik dengan masa hidupnya mengenakan topi koboi dan seragam polisi hutan khas era lampau.

Di samping mitos tentang Upas, terselip cerita tentang batu yang membentuk gambaran macan tidur yang katanya tersembunyi di area ini. Meskipun hingga saat ini belum ada yang berhasil menemukannya, cerita ini menjadi bagian tak terpisahkan dari daya tarik dan misteri Ranca Upas.

Mitos-mitos semacam ini memberikan nuansa yang unik pada keelokan alam Ranca Upas menambahkan sentuhan magis dan aura misterius yang menarik bagi para pengunjung. Meskipun sebagian besar mitos hanya merupakan bagian dari narasi rakyat, kisah-kisah ini menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya dan meningkatkan daya tarik Ranca Upas sebagai destinasi wisata.

Kisah-kisah ini mengajarkan pengunjung tentang kekayaan budaya dan sejarah lokal, sambil menambahkan sentuhan mistis yang memperkaya pengalaman menjelajah Ranca Upas. Jadi di samping menikmati keindahan alamnya, para pengunjung juga dapat merasakan daya tarik magis dan misteri yang tersembunyi di balik keelokan Ranca Upas Ciwidey.

Kegiatan Asik di Ranca Upas Ciwidey

Agar rasa penatmu bisa hilang dan liburanmu semakin seru dan lengkap maka kamu perlu mencoba berbagai kegiatan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini. Beberapa diantaranya:

Camping

Ciwidey
Instagram.com/wisatarancaupas

Camping menjadi salah satu kegiatan yang harus kamu coba. Perlu kamu tahu jika Ranca Upas Ciwidey. Tidak hanya menghadirkan pesona alam yang memukau, Ranca Upas juga menjadi surganya para pecinta alam yang menginginkan pengalaman camping yang tak terlupakan.

Aktivitas camping sendiri menjadi esensi utama Ranca Upas yang dirancang khusus sebagai tempat berkemah. Di sini, pengunjung dari segala lapisan masyarakat, tanpa memandang usia atau status sosial, dapat menikmati atmosfer camping yang memikat dan menghibur.

Salah satu alasan kenapa Ranca Upas mampu mencuri perhatian Masyarakat adalah karena luasnya area berkemah yang disediakan. Dengan wilayah seluas 215 hektar, Ranca Upas mampu menampung peserta dalam jumlah besar tanpa mengorbankan kenyamanan. Bahkan, tempat ini sering menjadi tuan rumah untuk acara jambore tingkat nasional dari berbagai organisasi di Indonesia.

Keindahan alam yang masih terlindungi di sekitar kawasan tersebut menambah daya tarik tersendiri bagi para pengemar camping. Suasana yang tenang dan sejuk, dihiasi oleh pepohonan hijau yang rimbun, menjadikannya sebagai tempat sempurna untuk melarikan diri dari kebisingan kota dan benar-benar meresapi keindahan alam.

Bagi para pengunjung yang tidak membawa perlengkapan berkemah, tidak perlu khawatir. Ranca Upas menyajikan fasilitas penyewaan beragam peralatan berkemah, mulai dari tenda hingga sleeping bag, dan berbagai perlengkapan lainnya. Harga sewa peralatan berkemah juga sangat bersaing.

Dengan begitu para pengunjung bisa mendapatkan pengalaman camping yang lebih menyenangkan. Tak hanya menyenangkan bagi yang hanya ingin merasakan pengalaman camping tanpa repot membawa peralatan sendiri tentunya akan menjadi pilihan terbaik karena lebih praktis.

Dengan daya tarik alam yang memukau dan fasilitas yang lengkap, camping di Ranca Upas memberikan pengalaman yang luar biasa. Bahkan bisa jadi camping tersebut akan menjadi kenangan indah yang tak terlupakan bagi setiap orang yang memutuskan untuk menghabiskan waktu di sana.

Pesona alam yang menakjubkan dan area camping yang luas menjadikan Ranca Upas sebagai destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan bagi pecinta alam dan penggemar petualangan. Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Ranca Upas dan ciptakan kenangan indah dalam setiap momen petualanganmu di sana.

Berinteraksi dengan Rusa di Penangkaran

363902312 780651040517734 8631700308741258202 n
Instagram.com/cho_celyn

Di Ranca Upas Ciwidey, selain kegiatan berkemah, tersedia pengalaman unik dan tak terlupakan melalui interaksi langsung dengan rusa di penangkaran yang terletak di dalam kompleks wisata. Pengalaman ini memungkinkan pengunjung untuk berdekatan dengan rusa-rusa yang indah, bahkan memberi mereka makan dan berfoto bersama.

Penangkaran rusa rusa ini memungkinkan kamu untuk mendekati dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut. Keunikan tempat ini terletak pada tidak adanya pagar pembatas antara pengunjung dan rusa.

Dengan begitu pengunjung benar-benar bisa lebih dekat dengan satwa liar yang ada. Aspek ini menambah nilai istimewa pada pengalaman, memungkinkan pengunjung merasakan kedekatan yang jarang terjadi dengan alam dan satwa liar.

Ketika berada di area penangkaran rusa, pengunjung akan mendapatkan pendampingan dari seorang pawang. Dari pawang tersebut para pengunjung akan mendapatkan panduan. Bahkan pawang ini juga akan menjaga keamanan pengunjung selama berinteraksi dengan rusa.

Pawang ini juga siap membantu pengunjung dalam memberi makan kepada rusa dengan aman dan bertanggung jawab. Sementara makanan khusus untuk rusa dapat diperoleh di counter yang disediakan di lingkungan penangkaran. Salah satu pilihan yang populer adalah wortel yang sudah terikat, menjadi makanan favorit rusa.

Pengalaman langsung berinteraksi dengan rusa di penangkaran memberikan kesan yang menarik dan tak terlupakan, terutama bagi anak-anak dan keluarga. Selain menikmati keindahan alam Ranca Upas, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk memperdalam pemahaman tentang satwa liar dan pentingnya menjaga lingkungan.

Momen berfoto bersama rusa-rusa yang elok juga akan menjadi kenangan indah yang dapat dibagikan dengan keluarga dan teman-teman. Dengan demikian, Ranca Upas Ciwidey tidak hanya menawarkan pengalaman berkemah yang mengasyikkan saja.

Lebih dari itu tempat wisata ini juga berbagai aktivitas menarik lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari berbagai kelompok usia. Interaksi langsung dengan rusa di penangkaran menjadi salah satu daya tarik utama, menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang unik dan patut untuk dijelajahi.

Mencoba Kegiatan Outbound

Camping tak akan lengkap rasanya jika tidak sekalian mencoba kegiatan outbound. Di Ranca Upas Ciwidey ada berbagai aktivitas outbond sebagai bagian tak terpisahkan dari pengalaman wisata yang mereka tawarkan.

Kehadiran aktivitas ini menjadi pilihan menarik bagi pengunjung yang ingin menyelenggarakan kegiatan di alam terbuka sambil menikmati kecantikan dan keaslian alam. Dengan suasana alam yang memikat, Ranca Upas Ciwidey menjadi destinasi ideal untuk aktivitas outbond yang menghibur dan penuh tantangan.

Beragam permainan yang tersedia di sini mencakup berbagai tingkat kesulitan, memberikan tantangan yang menarik bagi semua peserta. Flying fox, Elvis bridge, jembatan goyang, dan sejumlah permainan lainnya menjadi populer di antara pilihan yang tersedia.

Flying fox adalah permainan seru di mana peserta mengalami sensasi terbang dan kecepatan menyenangkan saat meluncur melintasi kabel tinggi di atas tanah. Sementara itu, Elvis bridge menantang keseimbangan dan keberanian peserta ketika melewati jembatan gantung yang bergetar. Jembatan goyang dengan keseimbangan yang harus dijaga juga menjadi favorit di antara pilihan permainan.

Aktivitas outbond di Ranca Upas Ciwidey tidak hanya memberikan kesenangan bagi kelompok kecil atau wisatawan individual saja. Namun aktivitas outbound ini juga sering dijadikan pilihan untuk acara gathering perusahaan atau sekolah.

Selain membangun kerjasama tim, kegiatan ini menciptakan momen menyenangkan untuk bersenang-senang bersama dan memperkuat ikatan antar anggota kelompok. Dengan beragam permainan outbond yang menarik dan latar alam yang spektakuler Ranca Upas Ciwidey menjadi tujuan yang sempurna untuk menyelenggarakan aktivitas outbond yang tak terlupakan dan bermanfaat.

Gabungan antara keindahan alam dan tantangan permainan outbond menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap peserta, baik keluarga, teman, atau rekan kerja. Jadi, jangan ragu untuk mencoba aktivitas outbond dan nikmati sensasi petualangan yang menyenangkan di tengah keaslian alam yang memikat.

Berburu Spot Foto yang Mempesona

Upas
Instagram.com/wisatarancaupas

Ranca Upas Ciwidey memukau dengan keindahan alamnya yang asli, menjadikannya destinasi yang sangat diminati untuk kegiatan fotografi. Dengan kombinasi padang rumput yang luas, penangkaran rusa yang menarik, dan hutan yang rimbun, area ini menampilkan pemandangan-pemandangan yang memukau dan memberikan potensi fotografi yang beragam.

Dalam era digital saat ini, berfoto telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman wisata. Hampir setiap orang memiliki akses ke perangkat pribadi mereka, memungkinkan mereka dengan mudah mengabadikan momen-momen berharga. Dengan latar belakang alam yang memukau di Ranca Upas Ciwidey banyak foto yang diambil memiliki nilai artistik dan daya tarik yang tinggi.

Sesi foto prewedding merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan di Ranca Upas Ciwidey. Dengan keindahan alam yang menakjubkan dan alami sebagai latar belakangnya tempat ini menciptakan suasana romantis yang sempurna untuk momen prewedding.

Pasangan yang akan menikah dapat menikmati saat-saat berharga mereka sambil mengabadikan kenangan indah di tengah pesona alam yang memikat. Hasil foto prewedding yang dihasilkan di sini kerap terlihat luar bias, karena mampu menangkap dengan indah keelokan alam dan keintiman antara kedua pasangan.

Selain untuk spot foto prewedding yang populer tentunya tempat wisata ini juga cocok untuk dijadikan spot foto lainnya. Misalnya saja untuk mengabadikan momen indah dengan potret diri, foto keluarga, atau bahkan karya kreatif dengan latar belakang keindahan alam yang memukau.

Beberapa bahkan melihat kesempatan untuk melakukan sesi foto profesional, mengingat keindahan alam Ranca Upas Ciwidey yang tak terbantahkan. Dengan potensi fotografi yang melimpah, Ranca Upas Ciwidey menjadi tempat yang sempurna bagi para penggemar fotografi untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

Tak mengherankan jika kawasan ini sering menjadi pilihan favorit untuk berfoto, baik untuk keperluan pribadi maupun profesional. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa kamera atau smartphonemu saat berkunjung ke Ranca Upas dan abadikan setiap momen indah di tengah keelokan alam yang mempesona ini.

Berkeliling Naik Kuda

Kegiatan asik lainnya yang bisa kamu coba adalah berkeliling area Ranca Upas yang luas dengan naik kuda. Tak hanya asik kegiatan ini juga sangat cocok untuk melepas penat yang kamu rasakan. Untuk kudanya sendiri bisa kamu sewa dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 35.000 saja. Jika kamu takut atau belum pernah naik kuda sebelumnya tak perlu khawatir.

Hal ini karena ada pemandu berpengalaman yang akan membantu. Bahkan pemandu tersebut akan siap menemani kamu untuk berkeliling dan memandu kamu. Dengan begitu keamanan kamu selama naik kuda ini akan lebih terjamin.

Mengikuti Healing Forest

Bumi Perkemahan Rancaupas
Instagram.com/wisatakabupatenbandung

Healing Forest adalah kegiatan asik yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin istirahat sejenak dari sibuknya rutinitas sehari-hari maupun rasa penat yang sudah memuncak. Melalui kegiatan ini kamu akan diajak untuk menyusuri hutan untuk bermeditasi. Kamu bahkan akan memperoleh treatment psikologis dari ahli.

Namun untuk kegiatan ini sendiri tak bisa dilakukan sendiri. Sebaliknya Healing Forest ini ditujukan untuk berkelompok dengan anggota minimal 5 orang. Untuk mengikutinya kamu juga perlu melakukan reservasi lebih dulu. Per 5 orangnya paling tidak kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 300.000.

Berenang dan Bermain di Waterboom

Pihak pengelola Ranca Upas Ciwidey terus melakukan inovasi dengan memperkenalkan wahana-wahana baru demi meningkatkan pengalaman para pengunjung. Salah satu tambahan terbaru yang menarik perhatian adalah waterbom, suatu tempat bermain air yang memberikan keseruan dan kesegaran tersendiri bagi mereka yang datang berkunjung.

Waterbom Ranca Upas Bandung memiliki daya tarik yang istimewa karena iklim dingin di sekitar kawasan tersebut. Bermain air di kolam renang dan waterbom dengan udara yang segar memberikan pengalaman yang unik dan menyegarkan bagi para pengunjung. Sensasi menyelam dan bermain air sembari menikmati angin sejuk dari pegunungan membuat kegiatan berenang semakin menarik.

Berendam di Kolam Air Panas

Selain waterbom, Ranca Upas juga menawarkan fasilitas kolam pemandian air panas di kampung Cai. Kolam ini merupakan tempat ideal bagi pengunjung yang gemar berendam. Merendam di air panas di tengah udara yang sejuk memberikan sensasi relaksasi dan kesegaran yang unik bagi pengunjung.

Hal ini tentunya akan menjadi kegiatan yang menarik sekaligus wajib dicoba. Dengan adanya fasilitas kolam pemandian air panas di Ranca Upas Ciwidey, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas rekreasi yang menghibur sambil merasakan keindahan alam yang alami.

Harga Tiket Masuk ke Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas menawarkan tarif masuk yang terjangkau, memungkinkan para pengunjung merasakan keelokan alamnya tanpa menguras kantong. Berikut adalah daftar harga tiket masuk yang berlaku:

  • Tiket Masuk untuk Wisatawan Domestik: Rp25.000
  • Tiket Masuk untuk Wisatawan Mancanegara: Rp44.000
  • Tiket Camping untuk Wisatawan Domestik: Rp40.000
  • Tiket Camping untuk Wisatawan Mancanegara: Rp59.000

Sementara itu, untuk menikmati wahana lain yang ditawarkan di Ranca Upas, berikut adalah daftar harga yang berlaku:

  • Tiket Masuk Kolam Renang: Rp25.000
  • PaintBall: Rp125.000
  • Sewa ATV: Rp150.000
  • Tiket Sewa Panahan: Rp35.000
  •  Sewa Kuda: Rp35.000
  • Tiket Masuk Petik Stroberi: Rp50.000
  • Onsen: Rp28.000 dengan durasi 90 menit

Bagi kamu yang berminat untuk berkemah dan menyewa perlengkapan camping, berikut adalah tarif sewa tenda di Ranca Upas:

  • Matras untuk 4 orang: Rp40.000 dengan ukuran 3×3
  • Sleeping Bag tebal: Rp25.000, tipis: Rp15.000
  • Nesting dan Perlengkapan Masak: Rp120.000
  • Lampu Tenda: Rp25.000
  • Kasur Karpet: Rp80.000
  • Terpal 4×6 cm: Rp50.000
  • Alat BBQ lengkap: Rp125.000

Harga tersebut memungkinkan pengunjung untuk memilih dan menyesuaikan aktivitas serta fasilitas yang ingin dinikmati selama kunjungan ke Ranca Upas.

Jam Operasional Ranca Upas Ciwidey

Supaya tidak kecewa karena berkunjung di waktu yang salah maka kamu perlu mengetahui jam operasional dari wisata yang satu ini. Jam buka Ranca Upas khususnya untuk area penangkaran rusa adalah pukul 07.00. Tutupnya adalah pukul 16.00 WIB. Selama di area penangkaran rusa kamu dapat mencoba berbagai kegiatan menarik dan seru.

Alamat dan Rute Menuju Ranca Upas Ciwidey

Alamat: Jalan Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973.

Panduan Rute dari Pusat Kota Bandung yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut:

  • Mulailah perjalanan dari pusat kota Bandung menuju arah selatan.
  • Ambil rute menuju jalan tol Soreang.
  • Masuk ke jalan tol Soreang dan ikuti jalur tol tersebut.
  • Teruskan perjalanan di jalan tol Soreang hingga mencapai pertigaan menuju Ciwidey.
  • Di pertigaan, pilih arah ke kanan menuju Ciwidey.
  • Ikuti jalan utama (Jalan Raya Ciwidey – Patengan) hingga mencapai Ranca Upas.
  • Selama perjalanan, perhatikan petunjuk arah atau tanda-tanda kecil yang mengarah ke lokasi Ranca Upas.

Waktu tempuh perkiraan perjalanan dari pusat kota Bandung hingga Ranca Upas membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas dan kecepatan berkendara.

Ketika mengemudi, pastikan untuk selalu memperhatikan petunjuk arah dan tanda-tanda yang membimbing ke Ranca Upas. Tetap waspada terhadap kondisi jalan dan patuhi peraturan lalu lintas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan.

Fasilitas yang Ada di Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas, sebagai destinasi wisata, menyajikan beragam fasilitas komprehensif untuk memenuhi kenyamanan dan kebutuhan para pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang dapat dinikmati di kawasan Ranca Upas:

  • Tempat Ibadah: Disediakan tempat ibadah bagi pengunjung yang ingin melaksanakannya
  • Toilet Umum: Fasilitas toilet umum tersebar di berbagai lokasi strategis untuk memastikan kenyamanan pengunjung.
  • Area Parkir: Ranca Upas memiliki area parkir yang luas dan aman untuk memudahkan pengunjung menempatkan kendaraan.
  • Warung Makanan Khas Bandung: Beragam warung makanan menyajikan hidangan khas Bandung dan makanan lokal lainnya.
  • Camping Ground: Area camping ground luas dengan fasilitas yang memadai bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkemah di alam terbuka.
  • Glamping dan Penginapan: Ranca Upas menyediakan fasilitas glamping (glamorous camping) dan penginapan untuk pengunjung yang mencari kenyamanan lebih.
  • Pusat Oleh-oleh: Terdapat pusat oleh-oleh yang menjual berbagai produk lokal dan suvenir sebagai kenang-kenangan bagi pengunjung.
  • Spot Foto: Berbagai spot foto menarik dengan latar belakang alam indah dan pemandangan menakjubkan untuk mengabadikan momen para pengunjung.
  • Penangkaran Rusa: Daya tarik utama adalah penangkaran rusa yang memungkinkan pengunjung berinteraksi langsung dengan rusa-rusa jinak.

Dengan fasilitas-fasilitas ini, Ranca Upas bertujuan memberikan pengalaman wisata yang lengkap dan memuaskan, menjadikannya destinasi ideal untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Tips Liburan ke Ranca Upas Ciwidey

Berikut adalah sejumlah tips bermanfaat untuk memaksimalkan kunjunganmu ke Ranca Upas:

  • Rencanakan Perjalanan Dengan Teliti: Sebelum berangkat, rencanakan perjalananmu secara cermat. Tentukan waktu yang ideal untuk berkunjung, siapkan perlengkapan yang sesuai dengan kondisi cuaca, dan pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima.
  • Pilih Waktu Pagi untuk Berkunjung: Untuk menghindari keramaian dan menikmati ketenangan alam, direkomendasikan untuk datang pada pagi hari ketika tempat masih sepi dari pengunjung.
  • Persiapkan Perlengkapan Penting: Pastikan kamu membawa perlengkapan esensial seperti kamera, topi atau selimut untuk melindungi diri dari sinar matahari, dan pastikan membawa air minum untuk menjaga hidrasi.
  • Pilih Pakaian yang Nyaman dan Sesuai: Pilihlah pakaian yang tidak hanya nyaman, tetapi juga sesuai dengan kegiatan yang akan kamu lakukan di Ranca Upas. Jika kamu berencana berkemah, pastikan membawa pakaian yang cocok untuk tidur di alam terbuka.
  • Hormati Keindahan Alam: Selalu pertahankan kebersihan dan kelestarian alam selama berada di Ranca Upas. Hindari meninggalkan sampah di sekitar dan jaga agar lingkungan tetap terjaga.
  • Ikuti Petunjuk dan Aturan: Patuhi aturan dan petunjuk yang diberikan oleh petugas Ranca Upas, demi keselamatan dan kenyamananmu serta untuk melindungi kelestarian lingkungan sekitar.
  • Nikmati Setiap Momen yang Kamu Habiskan : Manfaatkan setiap momen selama berada di Ranca Upas dan saksikan keindahan alamnya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen berharga tersebut dengan berfoto bersama keluarga atau teman-temanmu.
  • Pergi Bersama Keluarga/Teman: Apabila kamu memang ingin liburan atau camping di Ranca Upas maka akan lebih baik jika pergi bersama keluarga, sahabat atau teman agar suasana makin ramai dan menyenangkan. Nikmati keindahan pemandangan di Ranca Upas dan udara yang sejuk bersama orang terdekat agar semakin seru.
  • Carilah Tempat Berkemah yang Aman: Jika kamu memang berencana camping atau mendirikan tenda di tempat wisata ini maka carilah tempat yang aman. Misalnya jauh dari parkiran dan jauh dari tempat yang ramai supaya kamu bisa camping dengan lebih tenang dan nyaman.

Dengan mengikuti tips tersebut kamu dapat memaksimalkan pengalaman berkunjung ke Ranca Upas Ciwidey dan menikmati seluruh pesonanya bersama orang-orang terdekat.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments