15 Wisata Hits Banyuwangi Wajib di Sambangi

Wisata hits Banyuwangi

Mungkin wisatawan yang melakukan liburan ke Jawa Timur, selalu memusatkan tujuan wisata di Malang. Namun tidak hanya Kota Malang saja, wisatawan juga bisa memusatkan tujuannya ke kawasan Banyuwangi.

Kawasan yang berada di ujung timur pulau Jawa atau lebih tepatnya di Tapal Kuda ini juga cukup menarik perhatian para wisatawan. Di Banyuwangi, wisatawan akan menemukan beberapa tempat wisata kekinian mulai dari wisata darat hingga wisata air. Map ke Banyuwangi.

Tempat Wisata Hits Banyuwangi

Banyuwangi ini disebut sebagai Kota Bahari lantaran memiliki garis pantai sepanjang 175,8 km. Garis tersebut membentang diantara Kecamatan Wongsorejo hingga Kecamatan Pesanggaran. Itulah sebabnya banyak juga wisatawan luar yang datang ke Banyuwangi untuk menikmati keindahan pantainya yang mempesona.

Berikut ini beberapa tempat wisata hits Banyuwangi yang akan kita temukan :

1. Taman Nasional Baluran

IMG 20190629 095419
Foto via Googlemaps/Heni Putrina Hamid

Nama Baluran, diambil dari nama gunung yang ada di kawasan tersebut. Taman Nasional Baluran ini sering dijuluki sebagai Little Africa in Java dan menjadi daftar wisata hits Banyuwangi yang pertama versi kami.

Memiliki luas sekitar 25.000 hektar mampu menampung dan melestarikan berbagai jenis flora dan fauna. Ada beberapa satwa yang bisa kita temukan di sana seperti Rusa Timor, Kijang, Anjing Hutan, Macan Tutul, Trenggiling, Banteng, dan masih banyak lagi.

Taman Nasional Baluran ini terbagi menjadi beberapa kawasan antara lain Hutan Musim, Hutan Evergreen, Savana Bekol, dan Pantai Bama

Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran ini sebesar Rp 15.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 150.000 per orang untuk wisatawan asing.

Wisatawan bisa datang ke Taman Nasional Baluran ini yang berlokasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

2. De Djawatan

2019 11 23
Foto via Googlemaps/ifa sanjaya

De Djawatan sudah dikenal luas oleh wisatawan dan menjadi deretan wisata hits Banyuwangi berikutnya. Wisata ini merupakan hutan lindung milik Perhutani KPH Banyuwangi Selatan.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke sana mengganggap De Djawatan merupakan lokasi film The Lord Of The Ring. Hal itu dikarenakan De Djawatan ditumbuhi pepohonan trembesi raksasa.

Banyak wisatawan yang melakukan liburan di De Djawatan untuk berburu spot foto instagramable. Bahkan ada pula yang memanfaatkan tempat tersebut untuk foto pre-wedding.

De Djawatan ini berlokasi di Purwosari, Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68482.

3. Taman Nasional Alas Purwo

Tidak hanya Taman Nasional Baluran, di Banyuwangi juga kita akan menemukan Taman Nasional Alas Purwo. Taman Nasional Alas Purwo ini cukup hits di Banyuwangi karena memiliki konsep yang unik.

Wisata Menarik Lainnya :  Keindahan Curug Bidadari di Bogor: Memiliki Ketinggian Hingga 75 Meter

Dengan luas lahan sekitar 43.320 hektar ini, Taman Nasional Alas Purwo membaginya ke dalan beberapa kawasan. Ada kawasan Savana Sadengan, Goa Istana, Pantai Pancur, Pura Giri Selaka, Hutan Bambu, Pantai Plengkung, Hutan Mangrove, dan masih banyak lagi.

Wisatawan bisa mampir ke Taman Nasional Alas Purwo yang berlokasi di Jalan Brawijaya No.20, Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68417.

4. Kampung Warna-Warni Kalilo

2018 04 20
Foto via Googlemaps/lukas palinto

Seperti halnya Kampung Jodipan yang ada di Malang, Banyuwangi juga memiliki kampung warna-warni yang dinamakan Kampung Warna-Warni Kalilo.

Wisata hits Banyuwangi Kampung Warna-Warni Kalilo merupakan perkampungan padat penduduk yang diubah dengan unik oleh warganya sehingga berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Lokasi Kampung Warna-Warni Kalilo ini berada di Singonegaran, Banyuwangi Sub-District, Banyuwangi, Jawa Timur 68415.

5. Bukit Mondoleko

2017 08 16 1
Foto via Googlemaps/Alfons hartono

Bukit Mondoleko ini merupakan wisata hits Banyuwangi berupa taman berkonsep hutan pinus yang eksotis. Di wisata ini wisatawan bisa melihat keindahan 5 gunung sekaligus.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke sana untuk berburu spot foto kekinian dan juga untuk menikmati sunset dari atas ketinggian.

Lokasi Bukit Mondoleko ini berada di Area Pesawahan, Sragi, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur 68463.

6. Candi Agung Gumuk Kancil

IMG 20220104 131258
Foto via Googlemaps/Gede Harjaya

Ketika mengunjungi Banyuwangi, wisatawan bisa mampir ke Candi Agung Gumuk Kancil. Wisata religi ini terbilang cukup unik karena bangunannya yang menyerupai Candi Prambanan.

Candi Agung Gumuk Kancil ini berlokasi di Sugihwaras, Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68466.

7. Desa Wisata Osing

Wisata hits Banyuwangi berikutnya adalah Desa Wisata Osing yang berlokasi di Kecamatan Glagah. Menariknya, masyarakat desa memiliki kebudayaan yang berbeda dari wilayah lainnya di Banyuwangi.

Bahkan, ada bahasa khusus yang digunakan masyarakat tersebut dinamai sebagai bahasa Osing.
Berbagai pagelaran dan tradisi khusus bisa kita saksikan ketika berada di Desa Wisata Osing ini.

8. Taman Blambangan

Taman Blambangan merupakan taman kota yang memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan liburan para wisatawan. Seperti taman kota lainnya, di Taman Blambangan kita bisa jogging, adanya sarana permainan anak, kulineran, dan masih banyak lagi.

Taman Blambangan ini terletak di Jalan Diponegoro No.2, Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411. Taman Blambangan merupakan wisata rekreasi yang ramah kantong.

9. Kawah Ijen

318592679 1117155732336913 700361460737716993 n
Foto via Instagram.com/lolajarrige_

Banyuwangi juga memiliki wisata hits yang banyak diincar oleh wisatawan luar. Namanya Kawah Ijen. Bagi para wisatawan yang suka berpetualang, Kawah Ijen menjadi rekomendasi utama ketika berlibur ke Banyuwangi.

Selain indahnya pesona Blue Fire atau api biru, rute pendakian menuju ke Kawah Ijen juga cukup menegangkan. Sehingga wisatawan akan lebih tertantang untuk bisa melihat panorama indahnya Kawah Ijen.

Lokasi Kawah Ijen ini berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

10. Bangsring Underwater

Wisata hits Banyuwangi yang satu ini lebih dikenal dengan nama rumah apung. Dulu, masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan melakukan penjarahan biota laut secara illegal. Namun karena diketahui pihak berwajib, masyarakat mendirikan sebuah rumah apung yang dijadikan tempat wisata.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Agro Inkarla - Indahnya Pemandangan Taman Bunga Sambil Camping di Bogor

Di rumah apung ini wisatawan bisa melihat koleksi ikan hias maupun terumbu karang. Bahkan, di sana juga kita bisa melihat anak hiu.

Bangsring Underwater ini berlokasi di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

11. Air Terjun Pertemon

Air terjun juga menjadi salah satu destinasi wisata hits Banyuwangi yang paling banyak diminati oleh para wisatawan. Air Terjun Pertemon ini memiliki pesona yang menawan. Apalagi tebing yang ada di sana berbentuk menyerupai sebuah goa yang tertutup oleh lumut.

Wisatawan yang menyukai kegiatan hiking bisa banget mampir ke Air Terjun Pertemon. Alamat Air Terjun Pertemon ini berada di Kentangan, Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463.

12. Pantai Pulau Merah

304997082 761384918477384 5533630551890339243 n.webp
Foto via Instagram.com/bwx_info

Wisata hits Banyuwangi yang satu ini di beri nama Pantai Pulau Merah lantaran adanya sebuah bukit yang memiliki tanah berwarna merah di bibir pantai. Pesona Pantai Pulau Merah ini tidak kalah menawan dari pantai lainnya yang ada di Bali. Apalagi ketika matahari tenggelam.

Wisatawan yang datang ke Pantai Pulau Merah ini seringkali melakukan kegiatan surfing karena ombaknya yang cukup besar. Pantai Pulau Merah ini berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

13. Pantai Rajekwesi

Wisata hits Banyuwangi Pantai Rajekwesi ini teretak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri sehingga suasananya begitu cantik dikelilingi oleh hutan tropis hijau. Wisawatan bisa menaiki perahu dan merasakan sensasi mengapung di tengah laut.

14. Teluk Hijau

Dari sekian banyak pantai yang ada di Banyuwangi, Teluk Hijau memiliki keindahan yang masih alami. Berbeda dengan air lalut lainnya yang memiliki warna biru, air di Teluk Hijau ini memiliki warna hijau sehingga disebut Green Bay.

Selain itum pasir yang berada di pesisir pantainya pun memiliki warna putih layaknya kristal. Tetapi Teluk Hijau ini hanya boleh dinikmati dalam jarak jauh. Artinya wisatawan tidak diizinkan berenang karena berada di kawasan Samudra Indonesia dengan ombak yang besar.

Lokasi Teluk Hijau ini berada di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur 68488.

15. Pantai Sukamede

Masih berada di kawasan Pesanggaran tepatnya di Jalan Sukamade No.99, Dusun Sukamande, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, kita akan menemukan wisata hits Banyuwangi berikutnya yaitu Pantai Sukamede.

Di Pantai Sukamede ini terdapat sebuah tempat penangkaran penyu. Wisatawan bisa melihat pelepasan tukik atau bayi penyu, proses penyu bertelur.

Itulah 15 daftar tempat wisata hits Banyuwangi yang bisa kita kunjungi ketika berlibur. Datang secara beramai-ramai akan semakin asyik dan menyenangkan.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.