10 Destinasi Wisata Bangka Belitung Favorit dan Hits

Destinasi Wisata Bangka Belitung

Bangka Belitung dikenal luas oleh masyarakat sebagai Negeri Laskar Pelangi. Hal itu lantaran salah satu kisah berjudul Laskar Pelangi karya Dee Lestari yang berhasil di lebarkan ke layar kaca. Menariknya lagi, Bangka Belitung ternyata menyimpan keindahan alam yang menakjubkan dan tidak boleh dilewatkan.

Wisata Bangka Belitung merupakan destinasi liburan yang belakangan ini ramai dikunjungi. Sebagai salah satu provinsi yang terdiri dari deretan pulau-pulau, Bangka Belitung menyimpan pesona keindahan laut yang menawan.

Mirip seperti Labuan Bajo atau Banda Neira, wisata bahari di Bangka Belitung juga akan membuat semua mata terkagum-kagum. Tidak berhenti sampai di sana saja, Bangka Belitung juga punya beragam destinasi wisata alam lainnya berupa perbukitan, danau, hutan mangrove, hingga museum dan taman hiburan.

Rekomendasi Wisata Bangka Belitung

Berikut ini ada beberapa destinasi wisata Bangka Belitung yang cukup hits. Bagi yang berencana liburan ke sana bisa memilih satu dari beberapa wisata berikut.

1. Pulau Lengkuas

74340435 442091969746428 7143919158055315809 n
Foto via Instagram.com/pergidulu

Pulau Lengkuas memiliki pemandangan alam yang masih alami. Pulau wisata Bangka Belitung ini punya hamparan laut yang begitu jernih dimana kedalamannya mencapai dua hingga tiga meter.

Tidak heran, pulau ini cocok untuk para penyelam pemula. Di dalam sana, wisatawan bisa melihat langsung berbagai biota laut yang cantik. Banyak wisatawan yang mulai mengabadikan momennya di setiap sudut Pulau Lengkuas.

Tidak berhenti sampai di sana, di Pulau Lengkuas ini juga wisatawan akan menemukan peninggalan Belanda berupa mercusuar setinggi 52 meter. Mercusuar ini bisa disambangi dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.Bagi pengunju

ng yang datang dari luar kota juga bisa melakukan penginapan di beberapa hostel terdekat. Bahkan ada pula berbagai macam warung makan dengan hidangan lezat.

Perjalanan ke Pulau Lengkuas bisa dilakukan dengan kapal yang disewa sebesar Rp500.000 hingga Rp1.000.000. Kapal tersebut menampung 10 orang penumpang.

Pulau Lengkuas sendiri berlokasi di utara Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Waktu terbaik untuk mengunjunginya yaitu pada pukul 06:00 WIB.

2. Pulau Batu Berlayar

60174975 683305292109486 5591136812652937568 n
Foto via Instagram.com/pegipegi

Pulau Batu Berlayar merupakan salah satu pulau yang ada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang. Jika dilihat dari kejauhan, pulau wisata Bangka Belitung ini terlihat layaknya gundukan pasir yang dipenuhi oleh batu granit.

Pulau Batu Berlayar ini terkesan unik dari pulau lainnya. Esksotisme pantai yang biru dengan hamparan pasir putihnya membuat semua mata terkagum-kagum pada pesonanya.

Selain menarik karena banyaknya batu granit, keindahan bawah lautnya pun tidak patut disepelekan. Wisatawan bisa melihat langsung beragam biota laut yang cantik.

Liburan di Pulau Batu Berlayar ini wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Hanya saja wisatawan perlu membayar biaya berlayar menggunakan perahu untuk menuju ke sana yang ditaksir mulai dari Rp220.000.

Lokasinya berada di sebelah barat laut Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Wisatawan bisa datang ke sana kapan pun yang diinginkan karena buka selama 24 jam.

3. Pulau Burung

Pulau Burong atau lebih dikenal dengan nama Pulau Burung menjadi salah satu destinasi wisata cantik yang ada di Bangka Belitung. Pulau wisata Bangka Belitung ini memiliki luas sekitar 2 hektar yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang cantik.

Hal unik dari Pulau Burung yaitu di salah satu bibir pantai Pulau Burung ini terdapat bongkahan berupa batu granit yang mirip seperti burung. Itulah sebabnya pulau ini dinamakan sebagai Pulau Burung.

Wisatawan bisa datang ke sana dan melepaskan penat dari rutinitas yang berulang. Di sekitar Pulau Burung juga terdapat beberapa bungalow untuk bersantai. Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pulau Burung ini seperti berenang, snorkeling, berjemur, berburu spot foto, kulineran, dan sebagainya.

Untuk liburan ke sana, wisatawan perlu membayar biaya sewa perahu yang ditaksir mulai dari Rp450.000. Lokasinya berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

4. Pulau Ketawai

56981662 790818001274246 2256387404580286405 n
Foto via Instagram.com/exploredolan.id

Pulau Ketawai merupakan pulau kecil kebanggan masyarakat Bangka Belitung yang selalu saja dipadati oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Pulai wisata Bangka Belitung ini menyuguhkan panorama alam yang begitu menawan.

Birunya pantai serta deretan pohon kelapa membuat suasananya kian menyegarkan. Banyak wisatawan yang datang ke sana untuk menikmati sunset, berjemur, hingga berburu spot yang cantik.

Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan snorkeling di sana. Ada beberapa biota laut cantik seperti kerisi hijau, nemo, dan lainnya yang bisa ditemukan dengan mudah.

Pulai Ketawak ini terletak di Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Sementara itu, untuk menuju ke sana, wisatawan perlu membayar sewa perahu yang ditaksir mulai dari Rp300.000 yang bisa menampung hingga 10 orang.

5. Danau Kaolin

23668436 341498902979867 5585056801772011520 n
Foto via Instagram.com/exploredolan.id

Danau Kaolin merupakan bekas penambangan yang kini dijadikan sebagai objek wisata Bangka Belitung. Danau Kaolin ini berhasil menarik perhatian wisatawan karena memiliki pesona yang eksotis.

Danau ini dulunya dijadikan sebagai tambang biji timah. Meskipun bekas pertambangan timah, Danau Kaolin ini memiliki udara yang segar tanpa terganggu dengan aroma belerang.

Wisatawan yang datang ke sana akan dibuat terpesona oleh keindahannya. Air danaunya yang berwarna biru jernih dipadukan dengan latar belakang hamparan perbukitan putih. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan di jembatan kayu yang terhubung dengan Danau Kaolin tersebut.

Banyak yang memanfaatkan tempatnya sebagai spot untuk pre-wedding. Bahkan ada pula beberapa wisatawan yang melakukan piknik di sana.

Lokasinya berada di Jalan Raya Toboali, Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung 33782. Wisatawan bisa mengunjunginya mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB. Google Maps

6. Museum Timah Indonesia

Museum Teknologi Pertimahan atau lebih dikenal dengan nama Museum Timah Indonesia menjadi destinasi wisata edukasi favorit di Bangka Belitung. Museum Timah Indonesia ini menempati rumah dinas Hoofdt Administrateur Banka Tin Winning (BTW).

Di dalam wisata Bangka Belitung berupa museum ini terdapat berbagai macam catatan perjalanan panjang sejarah pertimahan di Bangka Belitung. Museum Timah Indonesia ini didirikan pada tahun 1958 dan menjadi satu-satunya museum pertimahan yang ada di dunia.

Beberapa koleksi yang ada di Museum Timah Indonesia ini seperti bor bangka klasik, relief serta diorama perjalanan timah dari masa ke masa, dan masih banyak lagi. Masuk ke sana wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp2.000 per orang.

Lokasinya berada di Batin Tikal, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Pulau Bangka Belitung 33684. Buka setiap hari Sabtu hingga Kamis mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB. Google Maps

7. Replika SD Laskar Pelangi

Bangka Belitung identik dengan sebutan Kota Laskar Pelangi. Tidak heran di sana wisatawan akan menemukan lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Wisata Bangka Belitung ini dikenal dengan nama Replika SD Laskar Pelangi. Sekolah sekaligus tempat wisata ini menjadi cukup populer di Bangka Belitung. Karena terkesan ikonik, banyak wisatawan yang mengabadikan momennya di sana.

Masuk ke sana, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang. Lokasinya berada di Jalan Laskar Pelangi, Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung 33562. Jam bukanya mulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB. Google Maps

8. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata
Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata atau lebih dikenal Museum Kata menjadi salah satu destinasi wisata Bangka Belitung menarik yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur ke Bangka Belitung. Ketika menginjakan kaki di Museum Kata, wisatawan akan diajak menapaktilas perjalanan dalam novel Laskar Pelangi.

Di dalam museum, wisatawan akan disuguhkan oleh berbagai foto yang identik dengan cerita Laskar Pelangi. Selain itu, ada banyak kata-kata motivasi dari seorang penulis novel Laskar Pelangi tersebut.

Museum Kata ini terbagi ke dalam beberapa ruangan sesuai dengan kategorinya masing-masing. Ada Ruangan Ikal yang berisi cuplikan novel yang menggambarkan sosok tersebut. Lalu ada pula Ruangan Lintang, dengan berbagai hal menarik yang mendefinisikan kecerdasannya. Bahkan, wisatawan juga bisa menemukan Ruangan Mahar, salah satu tokoh penggila seni.

Museum ini didirikan oleh salah seorang penulis novel Laskar Pelangi yakni Andrea Hirata. Tujuannya agar masyarakat dapat meningkatkan minat baca serta sadar akan pentingnya sastra dalam kehidupan.

Untuk tiket masuknya ditaksir sebesar Rp50.000 per orang sudah termasuk satu buah buku karangan Andrea Hirata. Lokasinya berada di Jalan Raya Laskar Pelangi No. 7 Gantong, Belitung Timur. Bangka Belitung. Google Maps

9. Bukit Peramun

Bangka Belitung tidak hanya dikenal memiliki pantai yang eksotis, wisata perbukitan bernama Bukit Peramun juga berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Bukit Peramun berada di atas ketinggian 129 mdpl. Lokasinya berada di Jalan Peramun, Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Akses jalannya sendiri cukup aman karena telah difasilitasi jalan semen. Sebelum sampai di puncak, wisatawan tidak boleh melewatkan beberapa spot foto kecenya. Suasananya yang segar tentu saja membuatnya banyak disambangi oleh para wisatawan

Tarif masuk ke wisata Bangka Belitung ini ditaksir sebesar Rp10.000 per orang. Lokasinya berada di Jalan Peramun, Air Selumar, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33414. Wisata ini buka mulai dari pukul 07:30 WIB hingga pukul 15:00 WIB. Google Maps

10. Babel Bhay Park

Rekomendasi wisata Bangka Belitung terakhir yaitu Babel Bhay Park. Meskipun terbilang baru Babel Bhay Park ini cukup populer di kalangan para wisatawan.

Babel Bhay Park ini memadukan wisata alam, wisata edukasi hingga kulineran dalam satu tempat. Wisatawan akan disuguhkan oleh pesona danau yang eksotis sambil kulineran malam di sana.

Mampir ke sana wisatawan tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis. Lokasinya berada di Air Itam, Bukitintan, Kota Pangkal Pinang, Pulau Bangka Belitung 33684. Wisata ini buka selama 24 jam sehingga wisatawan bisa mampir ke sana kapan pun yang diinginkan. Google Maps

Itulah 10 tempat wisata Bangka Belitung yang tidak boleh dilewatkan. Datang ke sana bersama teman atau keluarga akan terkesan lebih menyenangkan.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments