Taman Brantas, Tempat Healing Baru di Kediri yang Super Asri dan Instagrammeble

Taman Brantas Kediri

Taman Brantas adalah ruang terbuka hijau baru di Kediri yang kini tengah naik daun. Baru dibuka pada tanggal 7 April 2018 lalu, keberadaannya sudah mampu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pemerintah setempat sengaja membangun taman ini dengan tujuan ingin membangun ruang terbuka hijau sebanyak-banyaknya selain sebagai destinasi wisata Kediri yang menjanjikan.

Daya Tarik Taman Brantas

Taman Brantas memiliki sejumlah daya tarik tersendiri sehingga membuatnya menjadi tempat wisata unggulan. Bukan hanya soal keindahan alam saja yang paling dominan. Namun beberapa fasilitas yang ditawarkan juga menjadi daya tarik utama. Lebih hebatnya lagi terdapat pula spot-spot unik buat kamu para pencinta fotografi.

Dijamin sewaktu berkunjung ke sana kamu pasti ketagihan. Udara sekitar yang sejuk dan dikelilingi pepohonan hijau tentunya akan membuat wisatawan semakin betah berlama-lama. Ingin mengenal taman ini lebih jauh lagi? Berikut sudah kami buatkan ulasan singkat mengenai sejumlah daya tariknya.

BMX Arena

IMG 20231110 114912
Sumber : Google Maps/Ebith Joenaidi

Satu hal unik yang hanya bisa kamu temukan di Taman Brantas adalah adanya BMX Arena. Sebuah arena khusus yang difungsikan sebagai tempat berkumpulnya anak muda yang hobi bermain sepeda trail. Bisa juga untuk arena bermain skateboard atau sepatu roda.

BMX Arena memiliki area yang terbilang cukup luas. Dilengkapi dengan area tanjakan dan beberapa jalur ekstrem yang bisa digunakan untuk membuat beragam atraksi memukau oleh para pemain sepeda BMX. Bisa dibilang fasilitas satu ini paling difavoritkan anak muda saat berkunjung ke Taman Brantas.

Taman Bernuansa Modern

2022 03 10
Sumber : Google Maps/Tikno Chandra

Konsep Taman Brantas di Kabupaten Kediri ini terbilang cukup unik. Mengapa? Karena lokasinya yang berdekatan dengan Sungai Brantas membuat taman ini tampak berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri. Kehadirannya diharapkan bisa menjadikan Kediri sebagai ikon kota wisata baru yang patut dikunjungi oleh wisatawan.

Kesan modern dan kekinian begitu tampak karena adanya sejumlah bangunan balok dengan desain yang estetik. Dimana keempat sisinya mengusung motif bergambar ranting pohon. Sangat cocok dijadikan background foto dengan tambahan pemandangan Jembatan Brawijaya di sebagian sisi taman.

Alam Sekitar yang Begitu Indah

2022 03 11
Sumber : Google Maps/Weka Prawira

Cari tempat bersantai tidak usah jauh-jauh. Cukup duduk santai di Taman Brantas kamu sudah bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah. Berjalan-jalan di sekitar jalan berpaving, kamu akan disuguhkan tanaman pohon palm di sisi kanan dan kiri. Ada pula deretan bunga-bunga cantik yang tumbuh di atas rerumputan hijau.

Di sekitar jalan berpaving juga disediakan sejumlah bangku taman. Pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai tempat beristirahat semisal sudah lelah berkeliling area taman. Bersantailah sebentar sembari menikmati keindahan alam sekitar dengan kesejukan udaranya yang menggoda indera penciuman.

Kalau kamu merasa kepanasan bisa duduk di bangku yang ada payung besarnya. Dengan begini kamu akan terlindungi dari paparan sinar matahari. Kamu bisa duduk santai tanpa perlu takut kepanasan.

Semisal kamu merasa bosan hanya duduk-duduk saja. Cobalah bermain bersama sekumpulan burung merpati yang biasa beterbangan di sekitar area taman sewaktu pagi dan sore hari. Burung merpati sengaja ditempatkan di taman tersebut agar para pengunjung merasa terhibur.

Gemerlap Lampu di Malam Hari

2023 10 18
Sumber : Google Maps/Kharisma nurul Azizah

Waktu paling pas berkunjung ke Taman Brantas itu pada malam hari. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan malam memukau berupa gemerlap lampu warna-warni yang menghiasi area taman. Suasananya semakin meriah saja dengan tambahan lampu yang terpasang di area jembatan.

Taman Brantas bisa menjadi rekomendasi tempat kencan favorit bersama pasangan. Gemerlap lampu berpadu keindahan malam hari mampu memberi kesan romantis bagi dua sejoli yang sedang dimabuk cinta.

Track Joging

Sama seperti taman pada umumnya, Taman Brantas juga mempunyai area track joging. Arena khusus yang disediakan pihak pengelola buat kamu yang suka joging. Lintasannya cukup nyaman karena dibuat mengelilingi area taman yang mana pengunjung bisa joging sambil melihat-lihat pepohonan rindang.

Tulisan Taman Brantas

2023 06 02
Sumber : Google Maps/Susila Fajar

Taman Brantas mempunyai satu spot foto yang sangat digandrungi oleh para pengunjung. Spot tersebut berupa tulisan “Taman Brantas” berukuran besar dengan perpaduan warna hijau dan merah. Lokasinya berada persis di pinggir Sungai Brantas.

Ketika pagi atau siang hari mungkin akan terlihat biasa saja. Akan tetapi pas malam hari kamu akan dibuat terpukau sewaktu tulisan “Taman Brantas” mengeluarkan cahaya warna-warni di setiap hurufnya. Dijamin hasil foto kamu akan tampak bagus dengan pancaran sinar dari tulisan tersebut yang menerangi kegelapan malam.

Harga Tiket

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Taman Brantas tidak perlu khawatir soal tiket masuk. Di sini pengunjung tidak dibebankan biaya apapun. Semua orang bisa masuk ke area taman dan memanfaatkan setiap fasilitas yang ada secara gratis.

Namun jika kamu datang dengan membawa kendaraan pribadi wajib membayar tiket parkir. Tarif yang dikenakan tidak sampai menguras isi kantong kamu. Paling penting siapkan uang receh agar kamu tidak kesusahan sewaktu mencari kembalian.

Jam Buka

Kamu bisa datang ke Taman Brantas kapanpun. Tidak perlu mencari waktu khusus karena pihak pengelola membuka taman ini hampir setiap hari. Mulai dari Senin sampai dengan Minggu. Untuk jam operasionalnya buka selama 24 jam nonstop.

Biasanya waktu hari biasa suasana taman tidak terlalu ramai. Berbeda pas hari libur, jumlah kunjungan pasti naik dua kali lipat. Kalau kamu ingin menikmati suasana taman yang hening dan sepi sebaiknya jangan datang pas tanggal merah atau weekend.

Fasilitas Umum

Pihak pengelola Taman Brantas telah menyediakan sejumlah fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Fasilitas pertama ada area parkir kendaraan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Tentunya ini tidak gratis, pengunjung wajib membawa biaya retribusi parkir.

Selanjutnya ada fasilitas toilet umum.Jumlahnya cukup banyak dan tersebar di sekitar area taman. Toiletnya sendiri terbagi menjadi dua jenis. Ada toilet khusus perempuan dan laki-laki. Soal kenyamanan tak perlu kamu ragukan. Di dalamnya cukup bersih dan terawat.

Tips Berkunjung

Selama liburan di Taman Brantas selalu taati setiap peraturan yang diberlakukan oleh petugas. Jangan coba-coba melanggar semisal kamu tidak ingin terkena masalah. Sebisa mungkin jadilah wisatawan yang baik dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Tidak membuang sampah sembarangan dan selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar taman.
  • Tidak mencoret-coret fasilitas umum.
  • Tidak mencabut atau merusak tanaman atau pohon di sekitar taman.
  • Jangan membuat gaduh yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban umum.
  • Bersikap baik kepada sesama pengunjung taman.
  • Memarkirkan kendaraan pada tempat yang sudah disediakan.

Taman Brantas wajib masuk ke dalam daftar liburan kamu. Selain gratis, tempat wisata ini juga tak kalah populer dengan wisata lainnya di Kabupaten Kediri. Apalagi kamu juga disuguhkan fasilitas super lengkap dan pemandangan alam hijau nan asri. Jadi, apakah kamu tertarik berkunjung ke Taman Brantas waktu akhir pekan nanti?

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments