setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

9 Daftar Tempat dan Kegiatan Wisata Ungaran Semarang

Kegiatan Wisata Ungaran Semarang

Wisata Ungaran Semarang sangat menarik dikunjungi bagi kamu yang membutuhkan tempat untuk sekedar melepas penat. Tidak perlu pergi ke luar negeri karena di Indonesia sendiri masih menarik untuk dijelajahi. Letak kota Ungaran tidak jauh dari pusat kota Semarang yaitu hanya sekitar 23 km. Kedekatan jarak ini membuat daerah Ungaran sangat aksesibel untuk dikunjungi.

Ungaran adalah sebuah kota yang menjadi ibukota dari kabupaten Semarang. Jika ingin mengunjungi daerah ini kamu dapat melalui jalur darat ke arah selatan dari kota Semarang. Jalur ini juga merupakan jalur utama kendaraan dari Semarang menuju ke Solo dan Yogyakarta.

Daya tarik utama dari wilayah ini adalah kawasan pegunungannya yang sejuk. Kota Ungaran terletak di kaki gunung Ungaran yang banyak menyimpan potensi wisata alam pegunungan.

Wilayah ini seperti kawasan Puncak bagi orang Jakarta. Jika lelah dengan aktivitas kota dan penat dengan hawa panas kota Semarang, maka banyak warga kota ataupun wisatawan yang datang ke Ungaran untuk menghirup segarnya udara pegunungan.

Staycation Wisata Ungaran Semarang

Di masa pandemi Covid-19 ini wisata staycation sangat populer dilakukan oleh para traveler. Mereka datang ke tempat yang tidak jauh dari rumah dan berwisata untuk melepas penat. Terkungkung di rumah selama beberapa bulan tentunya membawa dampak negatif bagi setiap orang sehingga mereka juga membutuhkan liburan.

Wisatawan mendatangi area wisata dekat dengan rumah mereka dan melakukan kegiatan wisata sehingga dapat melepaskan penat. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan saat staycation misalnya bersepeda, piknik di taman, berkunjung ke taman bermain, pergi ke pantai di dekat kota, bahkan menginap di villa Bandungan.

Nah bagi warga Semarang, kawasan Ungaran ini sangat cocok untuk konsep staycation sehingga tetap bisa bepergian yang tidak jauh dari rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Biasanya wisata dilakukan dalam waktu singkat, dengan budget yang tipis, dan tidak memerlukan perjalanan yang melelahkan seperti pergi ke luar negeri.

Konsep staycation juga dapat dilakukan bagi kamu yang berasal dari luar kota Semarang dengan tinggal beberapa hari menyewa villa atau resort di kawasan Ungaran. Bahkan kamu yang melakukan bekerja dari jarak jauh atau digital nomad juga dapat bekerja sembari berlibur menikmati sejuknya udara pegunungan.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Wisata Religi Masjid di Jogja yang Penuh dengan Sejarah

Kamu hanya tinggal memesan unit resort atau villa, tinggal selama beberapa hari, melakukan aktivitas wisata di sekitar tempat menginap, dan me-recharge kembali pikiran kamu. Banyak alternatif tempat staycation yang asik dan unik di Wisata Ungaran Semarang yang dapat kamu pilih juga lho.

Wisata Alam di Ungaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa daerah Wisata Ungaran Semarang merupakan kawasan pegunungan sehingga banyak alternatif wisata alam yang dapat dilakukan untuk kamu. Yang menarik adalah, selama pandemi dan pasca pandemi Covid-19 ini diprediksikan bahwa wisata alam dan bepergian dalam grup kecil akan menjadi tren kegiatan wisata.

Selain itu juga berwisata dengan mengedepankan konsep wellness tourism akan sangat populer dilakukan oleh para pelancong. Intinya adalah bagaimana menerapkan konsep kebugaran tubuh dan kesehatan psikologis dapat dilakukan dalam kegiatan wisata. Maka dari itu beberapa tempat yang menarik untuk wisata alam dan wisata healing di kawasan Ungaran seperti:

Curug Lawe Benowo

Wisata Air Terjun
foto: instagram.com/kamiljamroz

Curug atau air terjun merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi kamu yang menyukai tantangan. Di Wisata Ungaran Semarang ini terdapat dua curug yaitu curug Lawe dan Benowo dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Untuk dapat mencapai kawasan air terjun ini dapat dijangkau dengan berjalan kaki melewati kawasan pepohonan dan semak berbatu yang licin. Wisata ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai wisata petualangan.

Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron
foto: nstagram.com/redianwicaksono

Untuk kamu yang menyukai wisata jelajah alam berupa hutan, kawasan Wana Wisata Penggaron adalah salah satu alternatif pilihannya. Berbagai aktifitas yang dapat dilakukan disini seperti berkemah, outbound, trekking, atau hanya sekedar selfie dengan latar belakang wisata hutan yang menarik.

Ada juga penginapan yang harganya cukup terjangkau jika kamu ingin merasakan sensasi menginap nyaman di dalam hutan. Sebagai kawasan hutan lindung di Wisata Ungaran Semarang ini juga merupakan habitat dari tumbuhan dan hewan asli wilayah ini seperti berbagai jenis burung.

Kolam Watu Gunung

Watu Gunung Ungaran
foto: instagram.com/sindy_siska.s

Merupakan pemandian alami yang airnya berasal dari gunung Ungaran. Pemandian ini cocok untuk kamu yang ingin berenang atau berendam merasakan sejuknya air pegunungan bersama keluarga. Konsep pemandian alami ini ditata secara tradisional dengan bangunan berarsitektur Joglo. Kolamnya sendiri juga masih mempertahankan kesan alami dengan memanfaatkan bebatuan di sekitarnya.

Umbul Sidomukti

Wisata Semarang
foto: instagram.com/baban.sobarudin

Atraksi utama dari kawasan ini adalah taman pemandian alam yang digabungkan dengan wisata camping, outbound, berkuda, gathering, penginapan, dan lain sebagainya. Di sini kamu akan mendapatkan pemandangan gunung sambil berenang di kolam yang terletak di pinggir tebing. Setelah puas berenang kamu bisa ngopi santai di café pondok kopi sambil menikmati pemandangan alam.

Wisata Menarik Lainnya :  Fasilitas, HTM, dan Rute Menuju Tlogo Putri Kaliurang

Rawa Pening

Eling Bening
foto: instagram.com/eling_bening

Konsep dari wisata Rawa Pening adalah wisata selfie yang bertemakan alam nan asri. Kawasan Wisata Ungaran Semarang ini berada di arah selatan dari kota Ungaran pinggiran, tepatnya lebih dekat diakses dari Ambarawa. Di atas kolam terdapat jembatan dan bangunan shelter untuk pengunjung dapat berfoto. Suasana pemandangan alam dan pegunungan di sekelilingnya juga menambah keindahan tempat ini. Selain itu bagi kamu yang ingin mencoba berperahu di tengah rawa juga dapat dilakukan disini.

Kampung Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran
foto: instagram.com/pesona_kabsemarang

Sesuai dengan namanya kampung kopi, maka tempat ini menyediakan rekreasi agrowisata kebun kopi mulai dari penanaman hingga siap untuk dikonsumsi. Meskipun namanya kampung kopi, kamu juga dapat melihat tanaman perkebunan lainnya seperti karet, kakao, dan berbagai macam buah-buahan. Selain agrowisata kegiatan lain yang dapat dilakukan di sini adalah kegiatan outbound, flying fox, panahan, ATV, dan masih banyak kegiatan lainnya yang berhubungan dengan alam.

Bukit Lerep Indah

Bukit Lerep Indah
foto: instagram.com/travellerscouple_id

Menyediakan wahana rekreasi air berupa kolam renang. Saat akhir pekan, kawasan Wisata Ungaran Semarang ini sangat ramai dengan keluarga yang berwisata mengajak anak dan sanak saudara mereka untuk melepas penat. Selain kolam renang, tentunya disini juga terdapat fasilitas penginapan, ruang pertemuan, restoran, sehingga cocok dijadikan tempat gathering.

Wisata Sejarah dan Edukasi

Selain wisata alam yang terkenal di kawasan Wisata Ungaran Semarang, ada beberapa spot wisata edukasi yang dapat dikunjungi juga yaitu:

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
foto: instagram.com/aslisemarang

Candi ini merupakan peninggalan kebudayaan Hindu yaitu Wangsa Syailendra pada tahun 900-an masehi. Ada beberapa buah candi yang saat ini menjadi komplek peninggalan purbakala. kamu dapat belajar mengenai sejarah masa lampau sekaligus menikmati sejuknya alam di sekitar.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa
foto: instagram.com/seputarsemarang

Ambarawa merupakan stasiun kereta api kuno peninggalan Belanda yang sekarang difungsikan sebagai museum. Di Wisata Ungaran Semarang ini kamu juga dapat naik kereta uap maupun diesel dengan rute Ambarawa-Tuntang untuk sekedar berwisata. Selain itu disini juga menyediakan berbagai informasi sejarah dan koleksi tentang perkeretaapian di Indonesia.

Itulah beberapa pilihan wisata Ungaran Semarang yang dapat menjadi tujuan kamu dan keluarga saat berlibur. Jangan lupa selalu jaga protokol kesehatan Covid-19 selama kamu berada di lokasi wisata.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks