big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Pantai Madasari, Eksotisme Tersembunyi di Pangandaran

Pantai Madasari Pangandaran

Pantai Madasari merupakan salah satu objek wisata di Pangandaran yang sangat rekomended untuk dikunjungi. Wisata yang indah ini termasuk hidden gem karena lokasinya yang cukup tersembunyi. Bahkan dari segi pengunjung pantai ini masih kalah populer dibanding Pantai Pangandaran.

Kendati demikian dari segi eksotisme dan keindahan Pantai Madasari tentunya tak kalah sama sekali. Aktivitas yang ditawarkan oleh wisata pantai ini juga cukup menarik untuk dicoba dan pastinya mampu membuat liburanmu makin seru.

Jika kamu penasaran dan ingin liburan ke objek wisata yang satu ini tapi minim informasi maka bisa menyimak serba serbi informasinya sebelum berangkat liburan yang bisa kamu dapat di artikel ini. Yuk langsung saja simak detail informasinya sampai habis di bawah ini!

Sekilas Tentang Pantai Madasari

pangandaran madasari
Instagram.com/pantaimadasaripangandaran

Pantai Madasari merupakan objek wisata dengan panorama alam tumbuhan dan pohon hijau yang sangat ini. Ada juga bukit-bukit batu karang yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas menarik. Misalnya saja seperti aktivitas melihat matahari tenggelam atau camping.

Di pantai ini konon pernah menjadi tempat Presiden Soekarno semedi atau tirakat untuk mendekatkan diri pada sang pencipta. Apabila menengok mundur lebih jauh lagi maka Pantai Madasari juga pernah digunakan sebagai tempat para raja Pangandara melakukan musyawarah. Jadi terlepas dari pesonanya pantai yang satu ini juga mempunyai nilai sejarah tersendiri.

Untuk asal usul nama Pantai Madasari ini sendiri dari kata Madang Nyari. Kata Madang memiliki arti makan sedangkan Nyari artinya enak. Jadi apabila kedua kata tersebut digabungnya artinya adalah makan enak. Dahulu kala Madasari ini adalah sebuah hutan belantara yang digunakan sebagai tempat persembunyian pada masa penjajahan Belanda.

Namun setelah berubah menjadi perkampungan salah satu pendatang yang berasal dari suku Bugis bernama Daeng Danto merubah nama Madang Nyari jadi Madasari. Artinya sendiri ialah Mada berarti makanan dan Sari berarti Rasa. Apabila digabungkan maka artinya adalah rasa yang enak.

Mitos yang Ada di Pantai Madasari

pantai madasari pangandaran
Instagram.com/pantaimadasaripangandaran

Dibalik pesona indahnya ternyata Pantai Madasari juga memiliki cerita mitos yang cukup menarik untuk diulik. Hal ini karena meski mitos namun warga sekitar sangat mempercayainya. Kepercayaan ini sebenarnya cukup wajar mengingat mitos ini merupakan sisi lain sekaligus menjadi daya tarik tersendiri dari wisata yang satu ini.

Mitos yang ada di Pantai Madasari ini sendiri berhubungan erat dengan cerita Kuda Sembrani milik Sultan Agung yang berlari ke area Pantai. Konon kuda gaib yang bernama Kuda Sembrani tersebut selalu menyetubuhi kuda betina yang ada dimiliki warga setempat.

Seringkali kuda betina warga tiba-tiba saja hamil. Padahal takt ahu kuda siapa yang telah menghamilinya. Inilah yang kemudian membuat warga setempat jadi meyakini jika kuda betina disana bisa hamil karena disetubuhi oleh kuda sembrani. Apalagi disana tidak ada kuda jantan yang mampu bertahan hidup lama.

Mitos ini sampai saat ini masih sangat dipercaya dan disakralkan dimana pada tempta tersebut konon dipakai untuk tempat singgahnya kuda sembrani milik Sultan Agung yang kabur dari kandangnya di Kerajaan Mataram.

Berdasarkan cerita yang diyakini oleh Masyarakat sekitar dulunya Sultan Agung mempunyai kuda sembrani atas dasar saran dan masukan adninya yang bernama Ko Bodo. Sebelumnya Ki Bodo diangkat menjadi abdi Kerajaan karena saran dari para penasihat spiritual yang dimiliki oleh Sultan Agung sebagai salah satu syarat untuk mengembangkan perekonomian dan kesejahteraan rakyatnya.

Setelah Ki Bodo menjadi abdi Kerajaan lantas dia disuruh memberi masukan dan saran untuk Sultan Agung. Pada saat itulah Ki Bodo ini memberikan saran supaya Sultan Agung memelihara seekor kuda sembrani. Meski cerita ini belum diketahui kebenarannya namun Masyarakat sekitar sangat menyakini dan percaya pada mitos atau cerita ini.

Daya Tarik Pantai Madasari

Pantai Madasari adalah pantai yang masih asri. Tak hanya itu saja pantai yang satu ini juga memiliki daya tarik unik yang wajib kamu tahu seperti:

Panorama Alam yang Indah

Madasari
Instagram.com/pantaimadasaripangandaran

Daya tarik utama yang ditawarkan oleh pantai ini tentu saja panorama alamnya yang sangat indah dan menawan. Meski jarak yang perlu kamu tempuh untuk bisa mencapai Pantai Madasari lumayan jauh tapi di sepanjang perjalanannya suguhan keindahan alamnya juga tak kalah memukau.

Apalagi jika kamu termasuk orang yang suka ketenangan maka liburan ke Pantai MAdasari yang ada di Pangandaran ini merupakan hal yang tepat untuk menenangkan pikiran. Pasalnya area pantai ini masih tampak alami. Wisatawan juga jarang mengunjungi pantai ini.

Dengan begitu kamu bisa lebih puas menikmati panorama alam yang tersaji berupa pemandangan laut dengan gradasi tiga warna yang indah. Warna biru tentu saja lebih mendominasi bagian laut lepasnya sedangkan warna hijau menghiasi area tepi laut. Untuk warna yang ketiga adalah warna putih yang dihasilkan dari deburan ombak.

Keindahan Gulungan Ombak dan Karang Pantainya

Pangandaran madasari beach
Instagram.com/pantaimadasaripangandaran

Daya tarik lain yang tentunya tak kalah mempesona adalah keindahan gulungan ombak dan karang pantainya. Selama liburan ke pantai ini kamu akan melihat keberadaan pulau-pulau karang kecil di lautan. Disamping itu kamu juga bisa menyaksikan indahnya ombak besar di pantai Madasari menuju ketepian menjadi terpecah karena pulau batu karang tersebut.

Karena batu karang tersebut ombak yang datang ke area tepi pantai menjadi tidak terlalu besar. Apabila memiliki drone maka kamu akan lebih mudah melihat besarnya ombak pantai Madasari yang menghantam pulau karang kecil tadi.

Meski ombaknya cukup tenang namun kamu tetap harus hati-hati jika sedang berada di kawasan pantai. Hal ini karena saat air pantai surut ada banyak sekali bulu babi yang terbawa oleh gulungan ombak. Namun tetap saja ada momen yang paling menyenangkan yang hanya bisa kamu saksikan di Pantai Madasari.

Momen tersebut ialah menyaksikan secara langsung deburan ombak yang menabrak karang-karang setinggi 5 hingga 6 meter. Seperti yang diketahui jika momen seperti ini tidak akan bisa kamu lihat di setiap pantai.

Spot Ikonik di Pantai Madasari

Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Madasari tentunya tak perlu kamu ragukan lagi. Apalagi pantai ini juga memiliki beberapa spot ikonik dengan pemandangan unik yang wajib kamu coba saat liburan ke sini. Berikut ini adalah beberapa spot yang dimaksut:

Karang Sebrotan

karang sebrotan
Instagram.com/pantaimadasaripangandaran

Spot ikonik yang wajib kamu kunjungi saat ke Pantai Madasari adalah Karang Sebrotan. Sebrotan sendiri artinya adalah semburan air karena ombak yang menghantam batu karang. Fenomena ini menjadi suatu pemandangan yang unik sekaligus menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Tak jarang wisatawan memanfaatkan spot ini sebagai latar untuk berfoto. Jadi tak ada salahnya jika kamu juga ikut menjadikannya latar foto saat liburan ke pantai ini agar mendapat hasil yang keren.

Muara Madasari

Spot ikonik selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan ada Muara Madasari. Muara ini adalah zona pantai yang landai dengan banyak batuan karang sebagai karakteristik utamanya. Di zona ini ombak pantainya tak terlalu besar.

Hal tersebut terjadi karena ada banyak bebatuan karang. Untuk itulah area ini tergolong aman untuk bermain. Tempat ini juga cocok untuk kamu jadikan zona bermain air bersama anak. Namun perlu diingat kamu harus tetap hati-hati dan pastikan anak tetap dalam pengawasan selama bermain.

Karang Seugeuh

karang seugeuh
Instagram.com/pantaimadasaripangandara

Karang Seugeuh merupakan salah satu batu karang yang memiliki ukuran cukup besar di Pantai Madasari. Karang ini biasanya seringkali dimanfaatkan untuk melihat sunset. Selain itu karang ini juga merupakan spot camping yang paling favorit.

Tanah klarang ini terbilang cukup landai. Oleh karena itu spot ini sangat cocok untuk memasang tenda kemah. Ditambah lagi dengan pemandangan indah dari karang yang langsung mengarah ke laut tentunya menjadi sebuah keistimewaan tersendiri.

Batu Leuit

Jika kamu ingin spot foto yang menarik di Pantai Madasari maka tak boleh melewatkan Batu Leuit. Spot ikonik yang satu ini berupa batu karang besar dengan bentuk layaknya pulau kecil ditengah pantai. Bentuk batu tersebut sangatlah unik.

Bahkan apabila dilihat dengan baik bentuknya seperti pemandangan pura yang ada di Tanah Lot Bali. Tak heran jika spot ini menjadi salah satu latar yang sangat diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Madasari.

Legok Gandu

Disamping Muara Madasari pantai yang satu ini ternyata juga memiliki area yang landan dan berkarang lainnya. Area tersebut dikenal dengan nama Legok Gandu.Nilai plusnya dibanding Muara Madasari area ini mempunyai ombak yang lebih asik untuk bermain air.

Jadi bila kamu ingin bermain air di Pantai Madasari maka wajib hukumnya untuk ke area yang satu ini. Menariknya lagi pemandangan yang ada di sekeliling area ini juga sangat menakjubkan. Ada banyak tebing-tebing karang indah disekitarnya.

Pantai Cariu

Di kawasan Pantai Madasari ada suatu spot yang cukup unik dan tentunya tak boleh kamu lewatkan. Spot tersebut dinamakan Pantai Cariu. Spot ini sangat cocok untuk dijadikan tempat memancing. Oleh karena itu jika kamu memiliki hobi memancing maka bisa menyalurkannya di Pantai Cariu.

Tak hanya memancing saja, kamu juga bisa menikmati keindahan pantai yang menakjubkan dari atas tebing karang. Apabila kamu berkunjung pada pagi hari maka spot ini juga merupakan tempat yang terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit.

Singkling Surfing

Spot ikonik yang terakhir ada Singkling Surfing. Nah spot ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi berselancar. Ombah yang ada di spot ini cukup besar namun masih aman untuk berselancar. Namun jika membawa anak-anak bermain di area ini pastikan untuk selalu memberi pengawasan yang tepat agar tetap aman.

Kegiatan Seru yang Ada di Pantai Madasari

Liburan ke Pantai Madasari tentunya tak boleh hanya sekedar diam atau termenung menikmati pemandangan saja. Lebih dari itu kamu juga wajib nih mencoba beberapa kegiatan seru yang ditawarkan pantai ini, Apa saja sich? berikut berikut daftarnya:

Piknik di Pantai Madasari

Area tepi pantai Madasari memiliki dataran yang landai dan berumput. Disamping hamparan rumput hijau, di area pantai juga terdapat pepohonan kelapa yang mampu menghadirkan suasana teduh. Sangat sempurna untuk kamu yang memang mendambakan spot nyaman untuk bersantai di pantai.

Tak hanya bersantai saja, kamu juga bisa piknik sambil menikmati segarnya kelapa muda yang dilengkapi dengan makanan ringan atau camilan enak. Agar lebih lengkap jangan lupa untuk membawa dan mengelar tikat sendiri. Namun jika kamu tak ingin repot bisa juga menyewanya di warung setempat.

Asiknya lagi kamu juga bisa memasang hammock diantara pohon kelapa. Rebahan santai diatas hammock sambil menikmati pemandangan pantai plus meneguk segarnya air kelapa muda tentunya akan menjadikan liburanmu semakin sempurna.

Memancing

Memancing adalah salah satu kegiatan seru yang digemari banyak orang. Nah apabila kamu salah satunya maka bisa nih memancing ikan di pantai ini. Apalagi perairan pantai ini ememang dikenal memiliki banyak ikan.

Tak heran jika Pantai Madasari ini termasuk populer dikalangan pemancing manis. Adapun lokasi populer yang paling disukai oleh para pemancing mania ini adalah batu karang yang tinggi. Tepatnya batu karang yang letaknya agak ditengah laut.

Jalan-Jalan di Sekitar Pantai

Madasari beach
Instagram.com/pantaimadasaripangandaran

Agar lebih seru pastikan kamu mencoba kegiatan jalan-jalan menjelajahi alam yang ada disekitar Pantai Madasari. Menurut warga setempat yang tinggal di sekitaran pantai ini ada banyak hewan-hewan yang hampir punah seperti ayam hutan dan cangehgar yang bisa kamu saksikan.

Tak sampai disitu saja, dikawasan pantai Madasari juga ada banyak sekali pulau kecil berderet menambah pesona keindahan tersendiri. Agar jalan-jalan makin seru sangat disarankan untuk dilakukan bersama keluarga atau teman-teman.

Menikmati Indahnya Pemandangan Matahari Terbenam

82884175 897544130658271 3097068233749486053 n
Instagram.com/pantaimadasaripangandaran

Apabila kamu mengunjungi Pantai Madasari sampai sore hari maka jangan lewatkan untuk menyaksikan keindahan dan pesona luar biasa matahari terbenam di pantai ini. Selain menyaksikan keindahan tersebut kamu juga wajib mencoba berfoto dengan background panorama alami ini untuk menjadi momen yang mengesankan.

Supaya lebih lengkap sebaiknya kamu membawa bekal makanan dan minuman dari rumah agar bisa dinikmati sambil menunggu datangnya senja. Selain itu membawa bekal dari rumah juga lebih hemat. Disamping itu jika kamu memang ingin melihat matahari terbenam jangan lupa untuk memperhatikan waktu.

Hal ini karena akses ke wisata ini terbimang tidak mudah. OIeh karena itu jangan sampai kamu lupa waktu dan kemalaman karena akan cukup berbahaya. Inilah kenapa sebelum berangkat pastikan untuk membuat perencanaan dengan matang.

Berburu Foto Keren

228919168 352818446301569 2871353757741549821 n
Instagram.com/pantaimadasaripangandaran

Kegiatan wajib yang satu ini tentunya harus kamu coba saat sedang berada di Pantai Madasari. Selain untuk kenang-kenangan berburu foto keren juga merupakan suatu kegiatan yang sangat seru untuk dilakukan.

Apalagi pantai ini juga memiliki banyak sekali sudut-sudut yang mendukung untuk setting fotografi. Kamu bisa saja memanfaatkan pemandangan lautan biru yang eksotis sebagai latar belakang foto. Kamu juga bisa memanfaatkan karang-karang yang ada di Pantai ini untuk latar belakang foto.

Kondisi pantai yang masih asri tentunya akan membuatmu lebih betah untuk berburu foto maupun menghabiskan waktu di sini. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai salah satu tempat healing yang rekomended karena ragam sajian alamnya yang memukau. Deburan ombaknya yang besar menciptakan buih putih akan sangat indah untuk dinikmati sambil bersantai menghabiskan waktu.

Mencicipi Kuliner Seafood

Disamping menawarkan keindahan Pantai Madasari ini juga sangat populer akan kuliner seafoodnya yang nikmat. Lobster dan udang bakar adalah makanan khas yang biasanya dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Kamu bisa mencicipi lobster berukuran jumbo yang segar. Untuk rasanya sendiri tentu tak perlu kamu ragukan lagi dan pastinya mampu memanjakan lidahmu.

Camping di Pantai Madasari

Madasari pangandaran
Instagram.com/pantaimadasaripangandaran

Kegiatan seru yang tentu saja harus kamu coba adalah camping. Perlu kamu tahu jika Pantai Madasari merupakan spot terbaik untuk melakukan kegiatan camping di kabupaten Pangandaran. Banyak sekali pengunjung yang melakukan kegiatan camping bersama keluarganya.

Kegiatan camping ini tentunya akan memberi nilai edukatif tersendiri, terutama untuk anak-anak. Selama camping kamu dapat menyaksikan indahnya pemandangan gemerlap bintang dimalam hari yang begitu mempesona. Supaya lebih lengkap jangan lupa untuk membuat api ungun sebagai penghangat tubuh sekaligus media berkumpul untuk mengobrol bersama.

Akan tetapi jika kamu memang mencoba kegiatan yang satu ini maka tetap harus memperhatikan aspek keselamatan. Misalnya saja dengan mengecek perkiraan cuaca lebih dulu. Selain itu bawalah perlengkapan yang memadai.

Bawa juga perbekalan makanan yang mencukupi. Pilihlah makanan yang sekiranya awet dan mudah disimpan seperti makanan kaleng atau mie instan. Selama melakukan kegiatan ini kamu juga harus tetap menjaga kebersihan lingkungan. Buanglah sampah pada tempatnya atau bawalah trash bag sendiri.

Disamping itu selama camping kamu juga harus menjaga keamanan diri sendiri dan barang berharga. Simpanlah barang berharga di tempat yang sekiranya aman dan jangan meninggalkannya di dalam tenda.

Menikmati Indahnya Sunrise

sunrise pantai madasari
Instagram.com/pantaimadasaripangandaran

Apabila camping di Pantai Madasari maka paginya saat bangun maka kamu bisa menikmati indahnya pemandangan sunrise. Keindahan sunrise di pantai yang satu ini sangat mempesona dan tak kalah dengan destinasi wisata pantai lainnya di Indonesia.

Bermain Air dan Pasir Pantai

307445203 440346661494634 8598223168115143676 n
Instagram.com/pantaimadasaripangandaran

Pantai Madasari mempunyai ombak yang cukup besar sehingga sangat tidak disarankan untuk berenang. Meski begitu kamu masih bisa bermain air ditepi pantai. Setelah puas main air juga bisa bermain pasir di tepi pantai. Jangan lupa untuk membawa perlatan bermain seperti bola, sepatu air dan lain sebagainya. Perlengkapan mandi juga perlu kamu bawa.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Madasari

Pantai Madasari ada di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Pangandaran. Apabila dari pusat kota pantai ini memang tergolong jauh. Namun untuk jalan yang dilalui sudah cukup memadai. Kamu juga bisa mengaksesnya memakai kendaraan pribadi.

Untuk rute yang bisa kamu lalui ialah dari jalan raya Cijulang ambil arah selatan. Selanjutya menuju jalan sasak dan menyeberangi jembatan. Masuk ke jalan jalur Batu Karas sampai menuju kearah Pantai Madasari.

Dari kota Pangandaran kamu akan menempuh waktu sekitar 30 higga 45 menitan. Untuk lebih mudah kamu juga bisa memanfaatkan bantuan Google Maps untuk sampai ke Pantai Madasari.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Madasari

Harga tiket masuk ke Pantai Madasari ini cukup beragam. Mulai dari tiket masuk, sewa tempat untuk camping, sewa tenda hingga paket wisata. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak rinciannya di bawah ini:

  • Tiket Masuk untuk Pejalan kaki/ tidak membawa kendaraan saat masuk Rp 3.000
  • Tiket masuk untuk kendaraan bermotor Rp 9.000
  • Tiket masuk mobil Rp 30.000
  • Tiket masuk untuk kendaraan seperti Elf dan sejenisnya Rp 60.000
  • Tiket masuk untuk bus dengan kapasitas 30 orang Rp 120.000
  • Tiket masuk bus besar dengan kapasitas 30 orang lebih Rp 170.000

Selain tiket masuk kamu juga harus mengeluarkan biaya sewa untuk tempat camping jika ingin camping di Pantai Madasari. Untuk biayanya sendiri adalah Rp 25.000. Jika menyewa tenda maka kamu perlu membayar Rp 125.000.

Disamping harga diatas kamu juga bisa memanfaatkan paket wisata yang tersedia berupa camping lengkap dengan peralatan dan kegiatan outbound seperti rafting dan api unggun. Jika tertarik membeli paket ini maka paling tidak kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp 125.000 sampai dengan Rp 250.000.

Harga ini tentunya sudah lengkap dengan jasa pasang bongkarnya. Jadi kamu tinggal terima beres dan tinggal pakai saja sehingga lebih praktis dan anti ribet. Menarik dan mudah bukan?

Jam Buka Pantai Madasari

Tempat wisata Pantai Madasari Pangandaran ini sendiri buka setiap hari selama 24 jam full. Kamu bisa berunjung kapan saja apabila ingin menghabiskan waktu liburan yang seru di tempat ini. Akan tetapi pastikan kamu memilih hari dan tanggal yang tepat. Sebaiknya cek juga kondisi cuacanya, terutama jika kamu berencana camping. Hindari liburan di musim hujan.

Fasilitas yang Ada di Pantai Madasari

Dari segi fasilitas mungkin Pantai Madasari tidak selengkap Pantai Pangandaran. Kendati demikian fasilitas yang tersedia disini terbilang cukup memadai. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang bisa kamu temukan sekaligus manfaatkan:

  • Tempat untuk parkir kendaraan
  • Toilet dan kamar mandi
  • Camping Area
  • Gazebo
  • Warung

Untuk fasilitas seperti hotel atau penginapan diarea pantai memang belum ada oleh karena itu kebanyakan wisatawan yang ingin menginap akan memilih camping. Namun fasilitas diatas pastinya cukup untuk membuatmu nyaman selama liburan ke pantai yang satu ini.

Informasi Penginapan Dekat Pantai Madasari

Meski diarea pantainya tidak ada penginapan namun jika kamu tak ingin camping maka bisa juga menginap di hotel atau penginapan terdekat. Berikut ini adalah informasi penginapan yang dekat dengan pantai Madasari:

GTR Pondok Rivana Hotel

Alamat: Jalan Pantai Indah Batukara, Pantai Indah Batukaras, Kecamatan Cijulag, Batu Karas, Pangandaran

GTR Pondok Rivana Hotel letaknya cukup dekat dari Pantai Madasari karena kurang dari 1 kilometer saja jaraknya. Lokasinya yang dekat dengan pantai ini memberi nilai plus tersendiri untuk kamu yang menginap di hotel ini. Nilai plus tersebut adalah kamu dapat melihat panorama keindahan pantai dari hotel.

Dari segi fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap. Beberapa fasilitas yang dimaksut ialah restoran, kolam renang, Wi-fi gratis, AC dan tempat parkir yang luas. Menariknya lagi hotel ini cukup terjangkau sehingga tak akan menyiksa kantongmu.

Kalaras Cottage Batu karas

Alamat: Jalan Pantai Batu Karas No 35, Pangandaran

Ingin menginap ditempat yang dekat dengan Pantai Madasari sekaligus ramah kantong? Kalaras Cottage Batukaras bisa menjadi solusi. Penginapan ini sangat cocok untuk kamu yang backpacker atau ingin liburan hemat.

Meski terjangkau suasana penginapan ini sangat nyaman dan terasa lebih homey. Fasilitas yang disediakan juga cukup memuaskan sehingga kamu tak akan menyesal jika menginap disini. Lebih penting lagi lokasi penginapan ini juga dekat dengan pantai.

Tips Liburan ke Pantai Madasari

Untuk mendapatkan liburan impian yang menyenangkan kamu perlu memperhatikan beberapa tips yang ada di bawah ini:

  • Datang di waktu yang tepat dan terbaik yaitu pada pagi dan sore hari
  • Ajak keluarga, sahabat atau orang terdekat untuk menghabiskan liburan bersama di Pantai Madasari
  • Bawalah kamera untuk mendukung kegiatan hunting fotomu selama liburan ke pantai Madasari
  • Bawa baju ganti agar kamu bisa lebih leluasa bermain air
  • Patuhi peraturan yang ada
  • Tetap waspada dan hati-hati, terutama jika kamu membawa barang berharga. Simpanlah ditempat yang aman dan jangan ditinggalkan sembarangan

Pantai Madasari memang salah satu wisata Pangandaran yang menarik untuk dikunjungi. Oleh karenanya segera jadwalkan untuk liburan ke pantai yang indah dan eksotis ini.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments