setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Pulau Mioskon Raja Ampat: Menjelajahi Eksotisme Keindahan Alam

Eksotisme Pulau Mioskon Raja Ampat
Rate this post
Rate this post

Pulau Mioskon Raja Ampat atau Pulau Kelelawar (yang menjadi sebutan penduduk setempat) merupakan salah satu destinasi wisata unik di Raja Ampat yang eksotis.

Pulau ini mendapat julukan pulau kelelawar karena terdapat ribuan kelelawar yang bersarang di pulau ini. Selain kelelawar, pulau ini juga menjadi tempat tinggal burung. Meskipun penduduk setempat mengenalnya sebagai Pulau Kelelawar, akan tetapi bagi penyelam lebih akrab dengan sebutan Mioskon Raja Ampat.

Pulau Mioskon adalah pulau yang indah di Raja Ampat. Kabupaten Raja Ampat sendiri memiliki 610 pulau, termasuk pulau terbesar, yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool dengan 35 pulau berpenduduk.

Hingga saat ini hanya sekitar 400an pulau yang telah dijelajahi. Sisanya adalah kepulauan virgin yang masih menyembunyikan keindahannya kepada publik.

Seperti halnya pulau Nusa Penida Bali, di Pulau Mioskon para wisatawan dapat menemukan tempat menyelam dan snorkeling dengan keragaman kehidupan laut, karang sehat, dan ikan berwarna-warni.

Meskipun lokasi Pulau Mioskon terpencil dan terisolasi namun pulau ini menjaga keindahan alam, terutama kehidupan bawah laut. Bahkan, kehidupan laut di Raja Ampat dikenal sebagai salah satu dari sepuluh tempat menyelam terbaik di dunia.

1. Transportasi Pulau Mioskon

Untuk mencapai pulau Mioskon Raja Ampat, Kota Sorong di Papua Barat menjadi gerbang utama karena saat ini penerbangan langsung angkutan Pulau Mios Kon belum tersedia. Namun, sepertinya sekarang ini telah dikembangkan bandara baru.

Kalian dapat terus memeriksa pesawat terbang yang melayani rute Jakarta – Sorong, yaitu Garuda Indonesia, Express Air, dan Wing Air ke Bandara Eduard Sorong. Selama musim promosi, tiket bisa seharga 50 persen saja pulang pergi, namun saat musim liburan tiba, tiket dari Jakarta – Sorong bisa naik tajam untuk pulang pergi.

Wisata Menarik Lainnya :  Menikmati Wisata Miniatur Dunia Taman Balekambang Tawangmangu

Saat tiba di Bandara Eduard Sorong, para wisatawan harus berjalan keluar dari bandara untuk mencari transportasi umum dengan warna kuning (angkot) ke Pelabuhan Sorong. Jika kalian ragu, kalian dapat meminta orang-orang di sekitar untuk mengarahkan ke pelabuhan.

Tarifnya mulai dari Rp 30.000 – Rp 50.000 saja. Setelah tiba di Pelabuhan Sorong, kalian bisa naik feri cepat ke Waisai City Raja Ampat atau speedboat dengan membayar kurang lebih Rp200 ribu per orang. Setiap transportasi memakan waktu sekitar 2 jam. Biasanya, feri cepat berangkat pukul 12.00 dan 13.00. Jika kalian ingin pergi ke Pulau Mioskon Raja Ampat dengan lebih cepat, kalian bisa naik speedboat dari Sorong atau Waisai yang memakan waktu sekitar kurang dari 2 jam.

Transportasi Pulau Mioskon Raja Ampat
foto: instagram.com/rumatorassiwan

Yang membuat transportasi Pulau Mioskon mahal adalah karena biaya untuk menyewa speedboat dan bahan bakarnya mahal. Itulah sebabnya kalian disarankan untuk pergi ke sana secara berkelompok dan bukan sendirian. Karena dapat berbagi biaya untuk transprtasi speedboat, atau bahkan untuk bermalam di hotel di Waisai.

2. Menjelajahi Pulau Mioskon

Mioskon Raja Ampat dikelilingi oleh keragaman terumbu karang, bersih, dan memiliki pasir putih yang indah. Eksotisme kehidupan laut di sekitar pulau itu sangatlah sehat.

Yang menjadikan Pulau Mioskon istimewa dan menarik adalah karena ketika kalian melihat dari ketinggian, bentuk pulau ini membentuk ‘simbol hati’. Itulah sebabnya Pulau Mioskon memiliki nama baru, tidak hanya Pulau Kelelawar tetapi juga Love Island Raja Ampat. Sehingga tidak ada keraguan ketika masyarakat senang berkunjung dan kembali lagi ke Raja Ampat Papua.

Menyelam di Pulau Mioskon Raja Ampat
foto: instagram.com/sinagamikhaa

Menjelajahi Pulau Mioskon akan memberi kalian kesempatan untuk melakukan banyak hal yang menarik. Tidak hanya menyelam atau snorkeling seperti itu saja. Akan tetapi dengan menjelajahi pulau, kalian akan memiliki kesempatan untuk mengamati bagaimana kelelawar dan burung-burung bisa tinggal serta hidup di sana.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Destinasi Wisata Tempat Bersejarah di Indonesia yang Sayang Dilewatkan

Seminggu tidaklah cukup untuk menjelajahi tempat snorkeling dan menyelam di Raja Ampat. Kalian harus memberikan waktu ekstra jika ingin mengintip pulau ini lebih dalam lagi. Dengan demikian, kalian dapat mencari homestay, hotel, atau resor di Raja Ampat, Waisai, dan Pulau Arborek. Untuk petualangan praktis, kalian dapat bergabung dengan agen perjalanan wisata di Raja Ampat dengan memilih paket wisata yang cocok dengan kantong tentunya.

Jadi setelah semua yang kita ketahui tentang keindahan serta eksotisme dari Pulau Mios Kon Raja Ampat ini, kalian ingin berangkat kapan kesana?

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks