setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

7 Tempat Menyelam di Nusa Penida Bali, Indonesia

Wisata Nusa Penida Bali

Pulau Nusa Penida Bali ini terletak di sebelah timur Bali yang memiliki begitu banyak destinasi wisata bagi kalian yang memiliki hasrat untuk berpetualang. Memiliki tiga pulau utama, yaitu Nusa Besar (Nusa Penida), Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Hamparan pasir dan lahan berbatu dengan berbagai wisata bahari dan budaya menjadi daya tarik utama. Pulau ini juga terkenal dengan kehidupan laut yang indah.

Taman laut tersebar di sepanjang pulau. Pengunjung akan senang melihat kristal dan air jernih dari wisata pantai di Bali ini. Kebanyakan dari wisatawan bahkan tidak sabar untuk snorkeling dan menyelam.

1. Rute ke Nusa Penida Bali

Untuk mencapai Nusa Penida Bali, ada tiga rute yang bisa kalian ambil. Pertama, dari Pantai Sanur ke Nusa Penida, yang memakan waktu dua jam dengan perahu motor.

Kedua, dari Pelabuhan Benoa ke Nusa Penida yang memakan waktu 1,5 jam oleh Bali Hai Cruises dan Bounty Cruises.

Ketiga, dari Pelabuhan Padang Bai menuju Pelabuhan Mentigi yang memakan waktu 1,5 jam dengan kapal feri.

2. Harga Snorkeling di Nusa Penida Bali

Snorkeling di Nusa Penida Bali
foto: instagram.com/bundle.dive

Terdapat banyak cara untuk menikmati wisata snorkeling di Nusa Penida. Mulai dari mandiri, yaitu dengan sewa alat snorkeling di Nusa Penida maupun untuk kalian yang tidak perlu ribet dan menggunakan paket wisata.

Untuk paket wisata snorkeling di Nusa Penida, harga paket berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 450.000 untuk setiap spot yang ditawarkan. Harga tersebut sudah termasuk dengan alat snorkeling lengkap untuk dua orang beserta guide snorkeling.

Wisata Menarik Lainnya :  Harus Tahu! Inilah Tempat Wisata Di Bandung Terpopuler Tahun 2021

3. Spot Snorkeling Nusa Penida Bali

Berikut adalah beberapa spot menyelam yang bisa kalian coba saat berkunjung ke Nusa Penida di Bali.

A. Lembongan Bay

Spot Snorkeling ini terletak di kawasan lindung dengan kedalaman perairan dangkal sekitar 5 hingga 10 meter. Teluk Lembongan menawarkan karang yang lembut dan keras.

Daerah karang terdiri dari banyak ikan dangkal yang unik dan indah. Spot ini adalah tempat terbaik untuk menyelam bagi amatir yang masih belajar menyelam dan snorkeling.

B. Gamat Bay

Jarak tempat snorkeling Nusa Penida Bali ini tidak terlalu jauh dari tempat menyelam Toyapakeh. Airnya begitu jernih dengan karang curam dan perbukitan langsung ke selat.

Bahkan, Gamat menjadi salah satu situs terbaik di Nusa Penida karena kalian tidak perlu terlalu banyak menyelam. Kalian dapat menjelajahi gua-gua kecil dan retakan di laut untuk menemukan ikan berwarna-warni dan kehidupan laut lainnya.

C. Manta Point

Diving di Nusa Penida Bali
foto: instagram.com/uganalove

Saat menyelam di Manta Point, kalian dapat bertemu 3 hingga 4 manta menjelajahi area ini. Pari Manta alias manta ray merupakan ikan pari unik berbentuk pipih yang menjadi tujuan untuk dapat mengamatinya dari jarak dekat.

Tempat wisata snorkeling di Bali ini seperti lereng bawah laut dengan kedalaman 50 meter. Tidak banyak batu karang di sini karena daerah ini dipenuhi oleh batu kapur. Selain manta, kalian juga bisa berenang bersama dengan makarel dan tuna.

D. Malibu Point

Malibu Point juga populer untuk penyelam dari seluruh dunia karena di tempat ini, kalian dapat bertemu tuna, pelangi pelari, hiu karang, dan ikan pari.

Jarak pandang jelas sekitar 20 meter. Penyelam akan senang menyelam di sini karena ada beberapa karang datar disekitaran spot ini.

Wisata Menarik Lainnya :  Sunset View di Wisata Candi Ratu Boko Jogja

E. Toyapakeh

Toyapakeh dinominasikan sebagai tempat snorkeling di Nusa Penida terindah karena kawasan ini terlindungi dari ombak dan arus air. Meskipun arus air kuat tetapi masih bisa ditoleransi untuk kegiatan dalam air yang menyenangkan.

Kalian akan menemukan ikan pemicu biru dan hiu di beberapa tempat dekat Ponton. Di beberapa titik dangkal cukup baik untuk snorkeling yang epic. Jarak pandang sekitar 30 meter dengan air jernih di sekeliling spot.

F. Crystal Bay

Saat menyelam di Crystal Bay, kalian akan menemukan sebuah gua bawah laut mulai dari kedalaman 10 meter. Hal ini akan berakhir di dalam lubang yang menjadi rumah bagi kelelawar.

Tempat ini terletak di laguna yang indah dengan pasir putih. Jika arus bawah laut tenang, penyelam akan dapat menikmati pemandangan kehidupan laut. Bahkan, kalian mungkin melihat hiu perawat dan ikan matahari bersembunyi di belakang bebatuan.

G. SD Point

Keadaan air di SD Point ini memanglah kuat. Di spot snorkeling Nusa Penida Bali ini kaliaan terkadang dapat bertemu hiu dan ikan matahari.

Spot ini cocok untuk seorang penyelam yang senang dengan situasi menantang dan petualangan. Kalian akan menikmati pemandangan kehidupan bawah laut karena jarak pandangnya sekitar 20 meter.

Wah banyak juga yah spot menyelam alias snorkeling di Nusa Penida, apakah kalian pernah kesana? Bagi cerita dong.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks