Suraloka Zoo, Kebun Binatang Edukatif dan Interaktif Terpopuler di Kota Yogyakarta

Suraloka Zoo

Wisata Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan Malioboro saja. Masih banyak destinasi populer lainnya yang mungkin belum diketahui kebanyakan orang.

Salah satunya ada wisata edukatif Suraloka Zoo. Kebun Binatang yang berlokasi di sekitar kaki Gunung Merapi ini menawarkan konsep liburan yang menghibur sekaligus mendidik.

Daya Tarik Suraloka Zoo

Kota Yogyakarta selalu punya cerita seru untuk dibahas. Kali ini ada tempat wisata baru bernama Suraloka Zoo. Kebun binatang terbaru dengan konsep yang tak biasa. Selain bisa menemukan beragam spesies binatang, pengunjung juga akan disuguhkan beraneka macam wahana permainan. Mulai dari yang biasa hingga paling ekstrem pun ada.

Bisa dibilang liburan ke sana tidak sekedar jalan-jalan biasa. Akan tetapi juga menambah wawasan tentang dunia flora dan fauna. Apalagi udara sekitarnya masih terasa sejuk dan alami. Tentunya akan membuat wisatawan merasa betah dan enggan pergi. Ditambah lagi pemandangan alamnya yang serba hijau benar-benar memanjakan mata.

Suraloka Zoo masih terbilang baru karena proses pembangunannya saja baru selesai pada tanggal 1 Januari 2022. Meski begitu sarana dan prasarana yang tersedia sudah cukup memadai. Terlebih dengan adanya beberapa daya tarik berikut dapat menarik perhatian wisatawan lebih banyak lagi.

Koleksi Binatang yang Beragam

2022 05 09
Sumber : Google Maps/Ika sentya parmadani

Tak mau kalah dengan Kebun Binatang Surabaya. Suraloka Zoo juga menghadirkan koleksi binatang yang beragam. Dari jenis reptil, mamalia, hingga burung semuanya ada. Kurang lebih jumlah koleksinya sekitar 400 satwa. Jumlah tersebut akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Koleksi yang ada bukan hanya hewan lokal saja. Ada pula dari belahan dunia lain seperti Rusa Trotol dari India dan Blue Poison Dart Frog dari Brazil. Tidak sekedar melihat dari jarak dekat, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan itu. Sebuah kesempatan yang jarang ada di wisata kebun binatang populer.

Kamu tidak usah takut dan panik ketika berdekatan secara langsung. Hewan-hewan di sana tergolong jinak serta mudah diajak beradaptasi. Bahkan ada sebagian yang sudah terbiasa bercengkerama dengan wisatawan. Kamu bisa mengajaknya berfoto bersama, bermain, atau memberinya makan.

Orchid House

2022 09 23
Sumber : Google Maps/Herdy Trainer Origami

Selain mengenal dunia fauna, wisatawan juga akan diajak belajar tentang dunia flora. Pihak pengelola Suraloka Zoo menyediakan fasilitas Orchid House dengan suguhan koleksi bunga anggreknya yang beragam. Di sana kamu akan menemukan banyak spesies anggrek dari seluruh dunia.

Koleksi bunganya tidak cuma anggrek. Masih ada tanaman lainnya seperti Anturium, Aglonema, dan lain-lain. Namun yang paling mendominasi adalah tanaman anggreknya. Wisatawan pun sering menjadikannya barang oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Orchid House milik Suraloka Zoo ini bisa dibilang yang terbesar dan memiliki koleksi bunga anggrek terlengkap di Kaliurang. Tak jarang orang dari luar Yogyakarta rela datang jauh-jauh hanya demi ingin mendapatkan anggrek di toko ini. Uniknya lagi dekorasi tempatnya sangat estetik dan instagrammeble hingga mampu mencuri perhatian pengunjung.

Wahana Permainan Seru

2022 11 01
Sumber : Google Maps/Tejo Jati Hapsuro

Setelah lelah berkeliling melihat-lihat koleksi binatangnya, lanjutkan aktivitas dengan mencoba wahana permainan. Ada banyak pilihan wahana yang disediakan pihak pengelola. Kamu tinggal memilih sesuai keinginan.

Beberapa wahana yang sering dimainkan anak-anak untuk level biasa ada kuda poni, kuda sadel, bianglala, dan Kereta Thomas. Sementara untuk wahana yang paling ekstrem ada flying fox. Anak-anak akan diajak terbang layaknya seekor burung dengan melintasi tali menggunakan alat pengaman khusus.

Namun sayang semua wahana tadi tidak gratis. Sebelum mencobanya kamu akan dikenakan biaya tambahan. Setiap wahana memiliki tarif yang berbeda-beda. Tak perlu risau, harganya masih cukup terjangkau dan tidak bikin kantong kempes.

Spot Foto Unik

2022 03 17
Sumber : Google Maps/rizhet setro

Dengan sentuhan sedikit kreativitas menjadikan Suraloka Zoo tampak instagenic. Pemilihan warna-warna cerah yang menghiasi bangunan dan wahana permainannya benar-benar memancarkan aura keceriaan. Belum lagi penambahan ornamen-ornamen uniknya yang kian mempercantik tampilannya.

Beberapa sudut di area wisata ini memang diperuntukkan untuk tempat berswa foto. Salah satunya di area taman yang mana bagian tengahnya terdapat sebuah kolam. Lalu ada ornamen patung dinosaurus beserta telurnya yang terlihat begitu nyata. Spot satu ini termasuk favorit anak-anak maupun orang dewasa.

Harga Tiket Masuk

Kamu tak perlu khawatir mengenai harga tiket masuknya. Pihak pengelola Suraloka Zoo tidak akan memberatkan pengunjung dengan harga tiket yang mahal. Cukup dengan merogoh kocek Rp30.000 sudah bisa masuk dan menikmati fasilitas di dalamnya. Pada hari biasa maupun hari libur harganya tetap sama.

Akan tetapi jika kamu ingin mencoba wahana permainannya akan dikenakan biaya tambahan. Berikut rincian biayanya di masing-masing wahana :

  • Taman Kelinci : Rp10.000
  • Menembak Dino : Rp10.000
  • Bermain Pasir : Rp10.000
  • Kereta Thomas : Rp15.000
  • Carousel : Rp15.000
  • Bianglala : Rp15.000
  • Kora-kora : Rp15.000
  • Flying Fox : Rp30.000
  • Kuda Sandel : Rp30.000
  • Playground Indoor : Rp40.000
  • Kuda poni : Rp50.000
  • ATV : Rp50.000

Jam Buka

Suraloka Zoo beroperasi dari hari Senin sampai dengan Jum’at. Masuk tanggal merah pun tetap menerima kunjungan wisatawan seperti biasa. Untuk jam operasional dari Pukul 09.00 sampai Pukul 17.00 WIB. Sebaiknya kamu datang pada pagi hari agar punya waktu lebih lama menjelajahi area kebun binatangnya.

Fasilitas Umum

Mau tahu apa saja fasilitas umum di Suraloka Zoo? Berikut beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola untuk mendukung kegiatan liburan wisatawan.

Area Parkir

Fasilitas pertama ada area parkir kendaraan. Lahannya tergolong luas dan mampu menampung banyak kendaraan. Baik itu roda dua maupun empat.

Mushola

Berikutnya ada bangunan mushola. Bagi pengunjung beragama Islam bisa menunaikan ibadah di sana. Memang ukurannya tidak terlalu luas. Tetapi sudah cukup layak dan bersih untuk tempat ibadah.

Poliklinik

Sebagai antisipasi semisal ada pengunjung yang kurang enak badan, pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas poliklinik. Nantinya akan ada perawatan lebih lanjut yang dilakukan oleh tenaga medis terkait.

Ruang Menyusui

Fasilitas satu ini sering dilupakan oleh pengelola tempat wisata. Padahal fungsinya juga sama pentingnya. Fasilitas tersebut tidak lain adalah ruang menyusui. Tempat khusus bagi para ibu yang ingin memberikan ASI kepada bayinya. Beruntung Suraloka Zoo menyediakan fasilitas tersebut.

Toilet Umum

Fasilitas toilet di Suraloka Zoo cukup memadai. Di dalamnya sudah dilengkapi air bersih dan perlengkapan lainnya. Bahkan pihak pengelola juga menyediakan toilet khusus bagi para penyandang disabilitas.

Cafe dan Resto

Kalau kamu lapar setelah berkeliling seharian, bisa berkunjung ke cafe atau restonya. Ada banyak pilihan menu makanan dan minuman. Sudah pasti rasanya enak dan harganya juga terjangkau.

Tips Berkunjung

Terapkan beberapa tips berikut ini agar liburan kamu berjalan lancar:

  1. Pilih waktu keberangkatan saat memasuki musim kemarau.
  2. Berangkat lebih pagi agar tidak terjebak macet.
  3. Selama berkendara selalu patuhi aturan rambu lalu lintas.
  4. Ketika sudah sampai ikuti prosedur yang berlaku sebelum memasuki area wisata.
  5. Jadilah wisatawan baik dengan menjaga kebersihan, keamanan, dan ketertiban.

Bagaimana, tertarik liburan di Suraloka Zoo? Sebagai saran saja jangan datang pas weekend atau tanggal merah. Biasanya suasana pada hari-hari libur pasti ramai. Kamu pun tak bisa menjelajahi area wisata dengan tenang dan bebas. Maka dari itu kamu datang saja pada hari kerja. Wisatawan yang berkunjung biasanya jauh lebih sedikit.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments