Kebun Binatang Surabaya, Ini Dia Wahana Dan Fasilitasnya

Kebun Binatang Surabaya

Di Surabaya ini kita akan menemukan destinasi wisata kebun binatang bernama Kebun Binatang Surabaya. Seperti yang kita tau, tempat wisata yang berhubungan langsung dengan satwa tidak lain merupakan kebun binatang.

Surabaya merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Surabaya ini dijuluki sebagai Kota Pahlawan. Hal tersebut lantaran pemuda-pemuda Surabaya pada masa penjajahan, begitu gesit memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Namun hal menarik yang akan kita bahas mengenai Surabaya bukan terletak pada sejarahnya. Akan tetapi pada daya tarik kota tersebut. Surabaya ini cukup diminati oleh banyak wisatawan karena berhasil menyuguhkan beragam destinasi wisata menarik.

Selain Malang yang dikenal sebagai surganya pariwisata di Jawa Timur, Surabaya juga tidak mau kalah. Di Surabaya ada beberapa destinasi favorit yang berhasil menarik perhatian wisatawan. Kebanyakan destinasi wisata yang bisa kita temukan di sana dilengkapi dengan konsep edukasi yang akan memberikan wawasan tertentu pada wisatawan.

Ada Museum House of Sampoerna, Museum 10 November, Tugu Pahlawan, Patung Suro dan Boyo, hingga Patung Budha 4 Rupa. Selain wisata-wisata tersebut, Surabaya juga memiliki destinasi wisata yang berhubungan dengan satwa.

Mungkin di setiap kota sudah difasilitasi destinasi wisata kebun binatang, sehingga wisata kebun binatang ini tidak terdengar asing lagi. Jika wisatawan berlibur ke Pulau Dewata, tentunya wisatawan akan menemukan Kebun Binatang Bali.

Lalu wisatawan yang berlibur ke Jakarta, akan disuguhkan destinasi wisata Taman Margasatwa Ragunan. Begitu pula di Bogor, kita akan menemukan Taman Safari Indonesia yang memiliki beragam koleksi satwa.

Nah, Kebun Binatang Surabaya juga hadir memberikan edukasi yang serupa seperti kebun binatang lainnya. Kebun Binatang Surabaya juga berhasil mengambil hati para wisatawan yang melakukan liburan ke Surabaya.

Sejarah Singkat Kebun Binatang Surabaya

Sebelum berkunjung ke sebuah tempat, alangkah baiknya kita telusuri dulu seputar sejarah tempat tersebut.

Kebun Binatang Surabaya ini dipelopori oleh seorang jurnalis bernama H.F.K. Kommer. Jurnalis ini memiliki hobi mengumpulkan koleksi berbagai binatang. Sejak saat itu, jurnalis tersebut mendirikan sebuah kebun binatang mini pada tahun 1916 yang berlokasi di Kaliondo.

Tetapi pada tahun 1917, kebun binatang mini tersebut dipindahkan ke Jalan Greoedo yang saat ini kita kenal dengan nama Kebun Binatang Surabaya.

Dan pada tahun 2013 silam, Kebun Raya Surabaya ini resmi menjadi Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya. Kepopulerannya sejak tahun 2013 berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Bukan hanya wisatawan dari Surabaya dan sekitarnya saja. Ada pula turis asing yang sengaja menyempatkan waktunya untuk berlibur di Kebun Raya Surabaya.

2022 06 23 1
Foto via Googlemaps/PG Journey

Daya Tarik Kebun Binatang Surabaya

Seperti halnya Ibukota, Surabaya juga dikenal sebagai salah satu kawasan yang memiliki suhu lebih tinggi dari kawasan lainnya. Namun suasana di Kebun Binatang Surabaya ini terkesan sejuk dan menyegarkan dengan rindangnya pepohonan dan hijaunya lingkungan sekitar.

Kebun Binatang ini memiliki luas hingga 85.000 meter persegi. Wisata ini membaginya ke dalam beberapa zona dunia aves, zona dunia mamalia, zona dunia reptil, zona dunia ikan, dan lainnya. Berikut ini keunikan dari setiap zona yang ada.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata dan Petualangan Seru di Lava Tour Merapi

1. Zona Dunia Aves

Dunia aves ini dipenuhi dengan berbagai koleksi satwa unggas yang menarik. Zona ini cocok dikunjungi oleh para pecinta burung. Tidak hanya jenis unggas yang berasal dari Indonesia saja, di sana juga kita akan menemukan koleksi unggas dari berbagai penjuru dunia.

Beberapa diantaranya yaitu burung pelikan, burung beo, burung jalak Bali, burung hantu, burung cendrawasih, dan masih banyak lagi.

2. Zona Dunia Mamalia

Hewan mamalia atau yang dikenal dengan hewan menyusui ini bisa kita temukan dengan mudah di Kebun Binatang Surabaya. Beberapa hewan mamalia yang ada di sana yaitu anoa, harimau, orangutan, kuda nil, jerapah, dan lainnya.

3. Zona Dunia Reptil

Tidak hanya di Museum Komodo dan Taman Reptil saja, di Kebun Binatang Surabaya juga kita bisa menemukan koleksi satwa berjenis reptil. Ada ular piton, ular sanca, ular sendok, ular picung, biawak, buaya, hingga komodo.

4. Zona Dunia Ikan

Tidak lengkap rasanya jika hanya menyuguhkan satwa daratnya saja. Untuk itu, Kebun Binatang ini juga menyediakan fasilitas berupa zona dunia ikan. Di zona dunia ikan ini wisatawan akan disuguhkan pemandangan akuarium yang cukup besar.

Akuarium tersebut menampilkan beragam koleksi ikan hias yang begitu cantik. Kita bisa melihat ikan gupi, ikan neon tetra, ikan molly, ikan mas koki, dan masih banyak lagi.

Selain keempat zona yang bisa menambah edukasi dan pengalaman berharga, wisatawan juga bisa mampir ke Kid’s Zoo yang akan membuat si kecil ceria. Kid’s Zoo ini dilengkapi dengan beberapa satwa menggemaskan seperti kelinci, kuda poni, dan domba.

20220813 133737
Foto via Googlemaps/Delphine L

Lalu di Kebun Binatang ini kita juga bisa menunggangi gajah. Menunggangi gajah merupakan kegiatan favorit yang banyak diminati oleh para wisatawan. Meskipun sedikit menguji adrenalin, tetapi kegiatan ini wajib banget kita coba ketika berlibur di sini.

Tidak hanya gajah, wisatawan juga bisa mencoba menunggangi unta. Hanya di Kebun Binatang Surabaya wisatawan bisa menikmati fasilitas seperti ini. Dan bagi wisatawan yang ingin berkeliling Kebun Binatang tanpa merasa kelelahan, bisa menaiki kereta onta.

Setelah bermain-main bersama aneka satwa yang ada di Kebun Binatang, wisatawan juga bisa mencoba aktivitas ooutboundnya yang menantang. Ada flying fox, bungee trampoline, panahan, dan wahana outbound anak.

Di area danau Kebun Binatang Surabaya juga terdapat fasilitas perahu yang bisa kita coba. Bahkan ada pula bebek air dan balon air. Wisatawan yang menyukai kegiatan wisata air bisa mampir ke area ini.

Wisatawan yang ingin berburu spot foto bisa langsung mengunjungi taman selfie. Di taman selfie ini kita akan menemukan beragam sudut spot foto kekinian. Ada spot dengan latar taman bunga, gapura warna-warni, jembatan, dan masih banyak lagi.

Melakukan aktivitas seru di Kebun Binatang Surabaya ini tentunya akan menguras tenaga. Untuk beristirahat sekaligus mengisi perut, wisatawan bisa datang ke salah satu resto yang ada di Kebun Binatang Surabaya. Resto ini menyediakan berbagai menu yang lezat seperti lontong balap, rujak cingur, pecel semanggi, rawon, dan masih banyak lagi.

Wisata Menarik Lainnya :  28 Destinasi Wisata Alam Karanganyar Terbaik Tahun 2022

Untuk harga menu hidangan yang ada di Kebun Binatang Surabaya ini ditaksir mulai dari Rp 13.000 hingga Rp 41.000.

Fasilitas lainnya yang ada di Kebun Binatang Surabaya ini yaitu bom-bom car, kolam renang, ruang edukasi satwa, aula, musala, pusat oleh-oleh, toilet, lahan parkir dan masih banyak lagi.

Beberapa Hal Seputar Kebun Binatang Surabaya

Ketika melakukan liburan di Kebun Binatang Surabaya, wisatawan diharuskan telah melakukan vaksin minimal dosis pertama. Wisatawan tidak diperbolehkan untuk menggelar tikar dan membawa makanan dari luar. Bahkan wisatawan juga dilarang untuk memberikan makanan pada satwa.

Kebun Binatang Surabaya juga merupakan kawasan bebas asap rokok sehingga wisatawan tidak diperbolehkan untuk merokok di sana.

Harga Tiket Kebun Binatang Surabaya

Untuk masuk ke Kebun Binatang Surabaya ini kita akan dikenakan tarif sebesar Rp 35.000 per orang. Tiket tersebut hanya berlaku untuk fasilitas jelajah 4 zona dan juga berfoto bersama satwa.

Bagi wisatawan yang ingin mampir ke Kid’s Zoo, menunggangi gajah, menikmati fasilitas outbound, dan lainnya akan dikenakan tarif tambahan yang ditaksir mulai dari Rp 15.000 sampai dengan Rp 35.000 setiap wahana.

Wisatawan yang ingin melakukan pembelian tiket secara online bisa melalui nomor telepon 03125678703 atau melalui web resmi Kebun Binatang Surabaya yaitu www.surabayazoo.co.id.

Wisatawan yang melakukan pembelian tiket dengan jumlah banyak akan mendapatkan potongan harga. Kita bisa melakukan pembayaran melalui Mbanking, E-wallet, dan lainnya.

Lokasi Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya ini berlokasi di Jalan Setail No.1, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Lokasi Kebun Binatang ini berdekatan dengan Patung Suro dan Boyo sehingga mudah ditemukan oleh para wisatawan. Map klik disini.

Wisatawan hanya perlu memusatkan tujuan ke pusat Kota Surabaya. Dari sana kita menuju ke Terminal Joyoboyo. Terminal ini bisa diakses oleh berbagai jenis angkutan umum. Sehingga wisatawan akan sampai di Kebun Binatang Surabaya dengan sangat mudah.

Untuk durasi waktu operasional Kebun Binatang Surabaya ini mulai dari pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 16:00 WIB. Dengan begitu wisatawan bisa lebih leluasa melakukan liburan akhir pekannya di Kebun Binatang Surabaya karena durasi waktu operasionalnya yang terbilang panjang.

Akmodasi Terdekat

Wisatawan yang ingin bermalam di Surabaya setelah lelah melakukan liburan di Kebun Binatang Surabaya, bisa mampir ke Novotel Surabaya Hotel & Suites yang berlokasi di Jalan Ngagel No. 173 – 175, Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Jarak tempuhnya dari Kebun Binatang Surabaya sekitar 4 menit perjalanan dengan menaiki kendaraan atau sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Lalu tarif penginapan yang ditawarkan pihak Novotel Surabaya Hotel & Suites ini ditaksir mulai dari Rp 677.000 hingga Rp 1.540.000 per malam.

Lengkapnya fasilitas yang ada di Kebun Binatang Surabaya, membuat wisatawan berbondong-bondong datang ke sana. Bagi wisatawan yang ada di Surabaya maupun sekitarnya, wajib banget menghabiskan akhir pekannya di Kebun Binatang Surabaya. Apalagi jika datang secara beramai-ramai bersama keluarga maupun teman tentunya akan semakin asyik.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.