Goa Selomangleng, Wisata Alam Kediri yang Terkenal akan Keindahan Alam Goa Buatannya

Goa Selomangleng

Bosan liburan ke pantai mulu? Ingin liburan ke tempat yang anti mainstream? Yuk datang saja ke Goa Selomangleng Yang berlokasi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Wisata Kediri ini adalah goa buatan yang terbuat dari batu andesit hitam dan sudah ada sejam zaman Kerajaan Kahuripan. Suasananya tergolong sepi sehingga cocok untuk tempat bersantai.

Sejarah Goa Selomangleng

Wisata alam Kediri satu ini dinamakan Goa Selomangleng karena posisi goanya yang miring. Dalam bahasa setempat selo artinya batu dan mangleng artinya miring. Kalau kedua kata tersebut disatukan membentuk makna batu yang tampak miring.

Goa ini termasuk wisata bersejarah karena dibangun pada masa Kerajaan Kahuripan. Dimana pada saat itu adalah masa pemerintahan Raja Erlangga. Di akhir kepemimpinannya, sang raja berniat mewariskan takhta kerajaan kepada sang putri yang bernama Sanggramawijaya Tungga Dewi.

Sayang, itikad tersebut tak disambut baik oleh sang putri. Ia menolak meneruskan takhta dan lebih memilih menjadi seorang petapa yang menyepi di Goa Selomangleng. Tujuannya tidak lain karena sang putri ingin menjauhi kehidupan dunia dengan cara melakukan tapa barata.

Berkat kegigihannya menjalankan ritual pertapaan. Sanggramawijaya Tungga Dewi mendapatkan julukan sebagai Dewi Kili Suci. Dari kejadian itu Goa Selomangleng dikenal sebagai tempat pertapaan Putri Erlangga yang berkeinginan menjauhkan dirinya dari kehidupan dunia.

Ragam Aktivitas Seru

Goa Selomangleng bisa menjadi daftar destinasi menarik yang patut kamu kunjungi sewaktu liburan ke Kota Kediri. Goa ini memiliki ciri khas tersendiri karena bentuknya yang agak miring. Dan hal itulah yang menjadikannya unik sehingga sangat cocok dijadikan background foto.

Terletak di sekitar kaki Gunung Klotok, membuat wisata ini mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Di setiap sisinya kamu akan disuguhkan rerimbunan pepohonan hijau berpadu dengan keindahan langit baru. Ditambah lagi udara sekitar yang sejuk dan berhawa dingin.

Memasuki libur akhir pekan, wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Banyak keluarga mengajak serta anak-anaknya ke sana untuk menghabiskan waktu bersama. Biasanya wisatawan akan melakukan berbagai macam aktivitas seru sebagai berikut.

Hunting Foto

2020 07 04
Sumber : Google Maps/Firdous Redfish

Salah satu aktivitas wajib yang tak boleh kamu lupakan saat berkunjung ke tempat wisata adalah hunting foto. Sangat penting mengabadikan momen selama liburan dalam jepretan kamera agar ada sesuatu yang bisa dikenang. Maka dari itu selalu sediakan kamera di dalam tas saat liburan.

Terlebih lagi di wisata Goa Selomangleng terdapat banyak spot foto menarik. Sayang bukan jika terlewatkan begitu saja. Jika berkunjung ke sana cobalah mengambil gambar di bagian pintu masuk goanya. Di spot tersebut terdapat ukiran relief yang cukup unik yang bisa menjadikan foto kamu lebih instagrammeble.

Spot lainnya ada Museum Airlangga. Kamu bisa berfoto di dalam museum yang menyimpan berbagai macam jenis benda-benda bersejarah. Contohnya seperti prasasti, patung, dan masih banyak lagi. Gunakan beberapa benda tersebut sebagai objek foto kamu.

Sebelum berfoto kamu harus meminta izin terlebih dahulu kepada petugasnya. Mengingat di wisata ini ada beberapa larangan yang tidak boleh dilanggar oleh wisatawan.

Berenang di Kolam Renang

Meskipun Goa Selomangleng adalah wisata sejarah tapi pihak pengelola tak lupa menyediakan wahana kolam renang. Selesai berfoto ria di sekitar area goa, kamu bisa berenang sepuasnya di dalam kolam tersebut. Bisa juga sambil bermain air bersama teman atau keluarga.

Tidak perlu khawatir mengenai kebersihannya. Kolam di sana tergolong bersih dan terawat. Airnya juga jernih dan tidak berbau sama sekali. Sehingga aman digunakan berenang oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Ukuran kolamnya juga cukup besar dan luas. Kamu bisa berenang lebih leluasa tanpa perlu takut berdesakan dengan pengunjung lain. Akan tetapi ini tidak gratis. Ada biaya tambahan dari pihak pengelola.

Berkunjung Ke Museum Airlangga

PXL 20230424 020938781
Sumber : Google Maps/pungki nugroho

Ketika berkunjung ke Goa Selomangleng, jangan lupa mampir ke Museum Airlangga. Wisata bersejarah paling terkenal di Kota Kediri. Tenang saja, lokasi museum masih satu kawasan dengan Goa Selomangleng. Kamu hanya perlu berjalan kaki dan sudah bisa sampai di area museumnya.

Museum Airlangga banyak menyimpan benda-benda sejarah. Mulai dari senjata kuno, arca, prasasti, dan lain-lain. Melalui benda-benda tersebut kamu bisa tahu lebih detail tentang kehidupan masyarakat zaman dulu.

Menjelajahi Area Goa Selomangleng

2022 05 09
Sumber : Google Maps/Glow_in_the dark JN

Kemunculan Goa Selomangleng tidak terbentuk secara alami seperti goa-goa pada umumnya. Goa ini tercipta karena kepiawaian tangan manusia yang pandai membuat tiruan benda-benda ciptaan sang Maha Kuasa.

Meskipun kondisi goanya tak semegah gua alami. Namun bentuknya yang unik mampu mengundang decak kagum setiap pasang mata yang memandang. Maka jangan heran jika datang ke sana kamu akan disuguhi pemandangan orang-orang yang tengah berfoto selfie ria.

Sejauh mata memandang memang terlihat seperti bongkahan batu biasa. Tetapi jika dilihat dari jarak dekat akan tampak beberapa pahatan relief menghiasi dinding goanya. Untuk sampai ke mulut goa kamu harus menaiki sejumlah anak tangga terlebih dahulu.

Memang sedikit melelahkan dan menguras energi. Tetapi hal itu tak jadi masalah bagi sebagian wisatawan. Begitu di atas, mereka akan disambut dua pintu goa berbeda ukuran. Satu pintunya tampak besar dan pintu lainnya berukuran kecil.

Setelah bersenang-senang menjelajahi area Goa Selomangleng. Lanjutkan aktivitas kamu dengan berziarah di makam keramat yang letaknya tepat di atas bukit. Makam-makam tersebut adalah kuburan para tokoh yang dulunya merintis wilayah Kediri.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke Goa Selomangleng masih relatif terjangkau. Satu tiket untuk orang dewasa hanya dibanderol Rp4.000 saja. Sementara khusus anak-anak cukup membayar Rp2.000 per orang. Harga tersebut tidaklah tetap dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jam Buka

Wisata Goa Selomangleng buka setiap hari. Dari hari Senin sampai dengan Minggu. Jam operasionalnya tidak terbatas. Dikarenakan pihak pengelola membuka wisata ini selama 24 jam. Kamu pun bisa berkunjung di hari dan jam berapa pun.

Fasilitas Umum

Fasilitas pertama yang disediakan pihak pengelola wisata Goa Selomangleng ada area parkir. Sebuah lahan yang digunakan untuk memarkirkan kendaraan pribadi para pengunjung. Jenis kendaraan yang sering tampak ialah sepeda motor dan mobil.

Fasilitas kedua yang tak kalah penting adalah toilet umum. Kondisi toilet di wisata ini tergolong memadai. Bagian dalamnya sudah dilengkapi air bersih dan beberapa fasilitas lainnya.

Fasilitas ketiga ada warung makanan dan minuman. Warung tersebut menjual berbagai macam jenis makanan. Mulai dari camilan, makanan ringan, sampai makanan berat. Untuk minumannya lebih banyak didominasi minuman kekinian.

Fasilitas keempat ada bangunan mushola yang ukurannya tak terlalu besar. Bagi pengunjung muslim bisa menunaikan ibadah di sana kala memasuki waktu shalat. Kondisi sekitarnya cukup sepi dan kamu pun bisa beribadah dengan khusyuk.

Fasilitas kelima ada area taman bermain khusus anak-anak. Apabila si kecil merasa bosan menjelajahi area goa, ayah bunda bisa mengajaknya bermain di sana. Tersedia beragam wahana permainan seru yang bisa dimainkan anak-anak.

Tips Berkunjung

Liburan ke Goa Selomangleng paling pas saat cuaca sedang cerah. Dari atas gua kamu bisa melihat pemandangan alam hijau yang asri nan indah. Sungguh memanjakan mata dan dapat menghilangkan stres seketika.

Dan paling seru kalau kamu datangnya beramai-ramai. Ketimbang bepergian seorang diri yang mana suasananya akan sangat membosankan. Sedangkan kalau ada teman, kamu bisa berbagi cerita dan bercanda gurau bersama. Selama di sana ada beberapa peraturan yang wajib kamu taati. Diantaranya sebagai berikut.

  • Dilarang membuang sampah sembarangan.
  • Dilarang membawa makanan atau minuman ke dalam goa.
  • Dilarang membawa hewan peliharaan ke dalam goa.
  • Ikuti jalur yang sudah ditunjukkan oleh petugas agar kamu tidak tersesat.
  • Dilarang merokok di dalam goa.
  • Kenakan pakaian sopan dan tertutup.

Apabila kamu ingin liburan ke Goa Selomangleng berjalan lancar, jangan coba-coba melanggar peraturan yang sudah diberlakukan oleh petugas. Peraturan tersebut sengaja dibuat demi menjaga keamanan dan ketertiban di tempat wisata. Sebagai pengunjung yang baik kamu wajib menaati dan mematuhinya.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments