setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

4 Destinasi Wisata yang Aman Selama Pandemi dan Tips Berwisata

Wisata yang Aman Selama Pandemi

Sangat jenuh saat pandemi melanda? Boleh kok sesekali liburan dengan mengikuti protokol kesehatan di destinasi wisata yang aman selama pandemi.

Selama pandemi ini pasti kalian akan merasakan kejenuhan dan kebosanan yang sangat tidak terukur. Bagaimana tidak, selama pandemi kalian tidak diperbolehkan keluar rumah dan melakukan pekerjaan di rumah saja.

Liburan menjadi kebutuhan yang dibutuhkan oleh mereka yang ingin melepas kejenuhan. Akan tetapi masih menjadi dilema bagaimana bisa melakukan liburan jika pandemi masih berlangsung seperti ini.

Oleh karena itu di bawah di akan disajikan destinasi wisata yang aman selama pandemi sehingga dapat melakukan liburan tanpa khawatir tertular covid-19.

Destinasi Wisata yang Aman Selama Pandemi

Karena pandemi yang tidak kunjung reda, tempat wisata di Indonesia masih belum maksimal dalam pembukaan kembali. Hanya beberapa tempat sebagai destinasi wisata yang dapat dijadikan opsi untuk berlibur.

Salah satunya ada daerah Sentul, belakangan ini kawasan ini menjadi salah satu destinasi aman selama pandemi sehingga menjadi naik daun di kalangan masyarakat.

Sebenarnya masih ada opsi lain yang dapat dijadikan referensi, berikut simak hal di bawah ini !

Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang
foto: instagram.com/tantemobi

Destinasi wisata yang aman selama pandemi yang pertama adalah Goa Agung Garunggang ini terletak di Sentul, Bogor, Kecamatan Babakan Madang, tepatnya di Desa Karang Tengah Cigobang.

Keistimewaan dari goa ini adalah terletak pada pintu masuknya. Pintu masuknya berbentuk vertikal dan menganga serta ketika ingin melihatnya diperlukan bantuan anak tangga yang telah disediakan.

Tidak perlu membayar tiket untuk menikmati keindahan kawasan Goa Agung Garunggang ini. Akan tetapi disediakan tour guide sebagai pemandu wisata dengan tarif yang berbeda – beda karena tidak ada patokan harganya.

Bagian langit – langit dari goa ini dipenuhi dengan hewan kelelawar, kemudian juga ada semacam lorong labirin dan batu gantung. Jika ditelusuri lebih lagi maka akan ditemukan air terjun kecil yang kemudian membentuk sebuah kolam kecil di bawahnya. Disarankan untuk membawa headlamp atau senter agar ketika melihat ke dalam Goa agar pemandangan di dalam goa dapat terlihat dengan jelas.

Ketika ingin mengunjungi daerah ini sebaiknya menyiapkan tenaga dan stamina yang lebih karena trek yang disajikan menuju tempat ini lumayan sulit. Apalagi ketika musim hujan harus lebih berhati – hati karena jalan menjadi sangat becek.

Destinasi ini sangat cocok dikunjungi di tengah pandemi karena areanya luas sehingga dapat menghindari kerumunan dalam suatu tempat.

Wisata Menarik Lainnya :  10 Wisata Gunung Kidul Jogja yang Murah Abis tapi Kekinian

Curug / Air Terjun Sentul

Curug Cibaliung
foto: instagram.com/lestari_trekking_sentul

Masih daerah Sentul, Bogor, Kecamatan Babakan Madang, di sana juga terdapat destinasi wisata yang aman selama pandemi berada di sekitar Goa Agung Garunggang. Ada 4 curug yang ada di sana, yaitu:

  • Curug Cibaliung

Letak Curug Cibaliung ini tepatnya di Desa Karang Tengah, walaupun letaknya tersembunyi akan tetapi di tempat tersebut disediakan petunjuk jalan sehingga dapat mempermudah.

Warna yang disajikan dari curug ini jernih kehijauan dan letaknya juga tidak terlalu tinggi, sehingga dapat dijadikan sebagai tempat wisata bertema alam. Selain itu di sekitarnya juga dikelilingi pepohonan yang rindang sehingga menambah keasrian suasana.

  • Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk terletak di Cibadak Sukamakmur. Air terjun ini sering disebut sebagai Green Canyon-nya Pangandaran.

Warna yang disajikan dari curug ini jernih kehijauan dan letaknya juga tidak terlalu tinggi, sehingga aman dikunjungi bagi keluarga yang membawa anak – anak maupun orang tua yang sedang ingin berlibur bersama.

  • Curug Leuwi Asih

Masih di Babakan Madang, lokasi Curug Leuwi Asih ini terletak di Karang Tengah, Jalan Wangun Landeuh. Air terjun ini masih satu kawasan dengan tempat wisata Jungle Land tepatnya di belakangnya.

Panorama yang ditawarkan hampir sama dengan Curug Cibaliun dan Curug Leusi Lieuk yaitu air jernih berwarna kehijauan, akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah kedalaman air. Air terjun ini memiliki kedalaman yang berbeda – beda sehingga harus selalu awas dan waspada.

Curug ini sangat cocok dikunjungi di tengah pandemi untuk sekedar melepas penat karena tempatnya yang luas dan asri sehingga menghindari adanya potensi terpaparnya covid – 19.

Labuan Bajo

Labuan Bajo
foto: instagram.com/komodopirate_tour

Labuan Bajo terletak di Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Manggarai Barat. Kenapa destinasi ini sangat cocok dan aman dikunjungi ketika pandemi? Karena tempat ini sangatlah luas dan menawarkan berbagai wisata – wisata alam di dalamnya. Selain itu selama covid – 19 ini beberapa maskapai penerbangan juga membuka jalur serta memberikan penawaran tiket murah menuju Labuan Bajo.

Banyak sekali wisata alam sebagai destinasi wisata yang aman selama pandemi yang dapat ditawarkan yaitu:

  • Pulau Komodo

Sesuai dengan namanya, pulau ini merupakan habitat asli dari hewan langka komodo. Komodo yang ada di pulau ini mencapai 2.500an ekor. Seperti yang kita ketahui bahwa komodo merupakan hewan purba yang keberadaannya sangat dilindungi.

Tidak hanya dapat melihat komodo, di sini kalian dapat menikmati pemandangan disambi dengan melakukan diving atau snorkling.

  • Pulau Padar

Pulau Padar ini memiliki trek yang sangat sulit, sehingga para pengunjung harus menyiapkan perlengkapan dan stamina agar perjalanan dapat dilalui dengan mudah. Walaupun treknya sangat sulit, akan tetapi semua akan terbayar dengan panorama birunya laut dan padang rumput yang mempesona.

  • Pulau Kanawa
Wisata Menarik Lainnya :  Air Terjun Umbulan, Pesona Alam Indonesia

Dengan luas lebih dari 32 hektar, Pulau Kanawa memberikan panorama bawah laut yang sangat indah dan memukau. Ditambah dengan tergelarnya pasir putih menambah keindahan tempat ini.

  • Pulau Rinca

Keistimewaan pulau ini hampir sama dengan Pulau Komodo yaitu ada hewan komodo ditambah dengan babi liar, burung hingga kerbau sebagai penghuni asli Pulau Rinca ini.

  • Pulau Gili Laba

Gili Laba menjadi salah satu pulau yang menawarkan keagungan dan keindahan alam. Ketika musim kemarau, rumput di daerah ini akan menjadi hijau kering sehingga memiliki gradasi yang cocok dengan birunya laut. Namun ketika musim penghujan, rumput – rumput di kawasan ini akan menjadi hijau. Di sini pengunjung dapat berjemur hingga melakukan snorkling.

Bali Safari dan Marine Park

Bali Safari & Marine Park
foto: instagram.com/yohana.djong

Bali menjadi salah satu destinasi favorit bagi segala kalangan umur, karena Bali terkenal akan tanah dewa yang indah sekali. Bagian kalian pasti sudah sangat umum dengan destinasi wisata seperti Tanah Lot, Ubud, Pantai Pandawa, atau Joger.

Akan tetapi di Bali juga ada kebun binatang yang menyajikan beragam hewan dan fasilitas di dalamnya. Sebagai wisata keluarga di Bali yang cocok di kunjungki selama pandemi karena di sana kalian dapat bercengkrama dengan para hewan sehingga pemasukan kebun binatang tetap stabil untuk kepentingan pakan hewan. Kemudian di kebun binatang ini juga diterapkan protokol kesehatan untuk covid yang tepat.

Di sana disediakan handsanitizer, atau tempat cuci tangan. Selain itu juga para pengunjung diwajibkan menggunakan masker.

Tips Berwisata Aman selama Pandemi

  1. Pilihlah destinasi wisata alam seperti air terjun (curug), pantai, pegunungan, atau goa karena tempat tersebut memiliki kapasitas yang sangat luas sehingga akan sangat jarang terjadi kerumunan.
  2. Pilihlah destinasi safari kebun binatang atau tempat bersejarah yang ukurannya luas juga untuk menghindari keramaian.
  3. Pilihlah destinasi wisata yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga akan terasa lebih aman.
  4. Jangan lupa membawa handsanitizer dan memakai masker agar aman.
  5. Jika berpergian usahakan dalam satu mobil hanya diisi paling maksimal 4 orang.
  6. Siapkan stamina, obat – obatan serta selalu mawas diri untuk menjaga diri atau keluarga di tengah berwisata.

Destinasi wisata yang aman selama pandemi semoga bisa menjadi opsi kalian dalam berlibur di tengah pandemi ini dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan !

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks