7 Tempat Ngabuburit di Semarang yang Asyik dan Dekat Masjid!

ngabuburit di Semarang

Selain banyak pilihan menu takjil yang lezat dan menyegarkan, tempat ngabuburit di Semarang ini ternyata juga dekat dengan masjid lho! Simak baik-baik ya!

Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah. Berbagai aktivitas masyarakat pun senantiasa mewarnai hari-hari di bulan yang mulia itu.

Selain tadarus Al-Qur’an, salat tarawih, ataupun aktivitas makan sahur, momen yang juga kerap ditunggu-tunggu dan selalu menjadi kegiatan rutin saat Ramadhan adalah berbuka puasa.

Setelah menahan segala lapar dan dahaga selama sehari penuh, tentu saja hal yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat muslim adalah momen saat berbuka puasa.

Sembari menunggu waktu adzan Maghrib berkumandang, biasanya orang-orang mengisi waktu dengan berjalan-jalan santai sambil mencari menu takjil untuk berbuka puasa alias ‘ngabuburit.’

Tempat wisata di Semarang memang menyuguhkan banyak sekali destinasi yang sangat recommended untuk menemani momen berbuka kamu bersama keluarga atau kerabat tercinta.

Tempat Ngabuburit di Semarang yang Recommended Dekat Masjid

Selain mengincar menu takjil ataupun berbuka puasa yang enak dan menyegarkan, orang-orang biasanya juga mencari rekomendasi tempat ngabuburit yang nyaman sekaligus dekat dengan masjid.

Hal itu supaya memudahkan seseorang untuk segera melaksanakan salat magrib setelah berbuka ataupun di sela-sela aktivitas berbuka puasa. Mengingat waktu salat Maghrib itu memang cukup singkat.

Mau tau ada di mana saja tempat-tempat ngabuburit di Semarang yang dekat dengan masjid itu? Simak berikut ini!

1. Masjid Jami Pekojan

Takjil Masjid Jami' Pekojan
Takjil Masjid Jami’ Pekojan

Alamat : Jl. Petolongan No.1,Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Map : klik disini

Salah satu ngabuburit di Semarang yang banyak menjadi pilihan masyarakat sekitar untuk berbuka puasa tak lain adalah Masjid Jami Pekojan.

Bukan cuma dekat, kali ini tempat yang kamu tuju tak lain adalah di area masjid itu sendiri, yang berlokasi di Jalan Pertolongan Desa Purwodinatan Kecamatan Semarang Tengah.

Di masjid yang satu ini memang menyediakan hidangan khusus yang selalu disajikan setiap bulan suci Ramadhan, sebut saja Bubur India.

Bubur India merupakan bubur berbahan dasar beras dengan aneka rempah-rempah yang dipadukan dengan aneka kondimen seperti ayam suwir, telur rebus, sambel goreng ati, serta masih banyak lagi kondimen yang lain.

Di Pekojan, bubur India yang telah berusia lebih dari 100 tahun itu biasa disajikan dengan siraman kuah gulai serta telur rebus yang tak pernah ketinggalan.

Jadi, kamu bisa beribadah sekaligus mencoba sensasi bubur India yang memang sengaja dibagikan kepada seluruh pengunjung masjid secara cuma-cuma itu.

2. Masjid Layur

Kopi Arab Layur
Ngabuburit di Semarang – Kopi Arab Masjid Layur

Alamat : Jl. Layur, Dadapsari, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Map : klik disini.

Selain Masjid Pekojan, Masjid Jami Layur yang beralamatkan di Desa Dadapsari Kecamatan Semarang Utara ini juga kerap menjadi tempat favorit masyarakat untuk ngabuburit di Semarang.

Pasalnya, masjid yang juga kerap disebut dengan Masjid Menara ini menyediakan menu khas berbuka puasa yang cukup autentik dan digemari banyak orang, yakni Kopi Arab.

Kopi Arab merupakan kopi khas Timur Tengah dengan ciri khas campuran serai serta jahe yang dominan di dalamnya.

Minuman yang satu ini juga dipercaya mampu menghangatkan tubuh serta baik untuk kesehatan apalagi di bulan suci Ramadhan seperti sekarang ini.

3. Simpang Lima Semarang

wisatakulinersimpanglimasemarang6 2
ngabuburit di Semarang area Jalan Simpang Lima Semarang.

Alamat : Jl. Simpan Lima, Pleburan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Map : klik disini.

Siapa yang tidak kenal Simpang Lima? Tempat wisata kuliner yang hits di Semarang itu kini juga semakin ramai saat memasuki bulan suci Ramadhan.

Di sore hari menjelang waktu buka puasa, Simpang Lima selalu nampak padat oleh aktivitas ngabuburit para pengunjung. Berbagai menu takjil yang nikmat dan segar pun turut berjajar di sana.

Selain punya banyak menu kuliner lezat yang menggiurkan, tempat yang satu ini juga dekat dengan masjid lho! Yaitu Masjid Raya Baiturrahman yang berada di salah satu sudut Simpang Lima.

Jadi, sembari menikmati hidangan takjil yang lezat dan menyegarkan, kamu bisa dengan tenang beribadah saat waktu salat Maghrib telah tiba.

4. Masjid Agung Jawa Tengah

payung Masjid Agung Jawa Tengah Semarang Small
Masjid Agung Jawa Tengah dengan Sentuhan Arsitektur Budaya Arab dan Jawa Tengah.

Alamat : Jl. Raya Gajah, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Map : klik disini.

Tempat ngabuburit di Semarang yang juga tak kalah ramai ketika menjelang waktu berbuka puasa selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah.

Bagaimana tidak? Selain memiliki konsep arsitektur bangunan yang unik yaitu perpaduan antara budaya Arab dan Jawa Tengah, di sekitar masjid yang satu ini juga terdapat banyak sekali pedagang kaki lima.

Kamu bisa menjajal beberapa kuliner khas Jawa Tengah yang lezat untuk berbuka puasa. Saat adzan Maghrib berkumandang, kamu juga tak perlu risau lagi untuk melaksanakan ibadah salat.

5. Taman Menteri Supeno

taman menteri supeno 20150612 175147
Arena Playground di Taman Menteri Supeno

Alamat : Jl. Taman Menteri Supeno, Muggasari, Kota Semarang Selatan, Jawa Tengah.
Map : klik disini.

Berada tak jauh dari kawasan Simpang Lima, kamu juga bisa beranjak sejenak ke Taman Menteri Supeno sebagai rekomendasi tempat ngabuburit di Semarang selanjutnya.

Beralamatkan di Desa Mugassari, taman tersebut memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari wahana permainan anak hingga puluhan sepeda hias yang bisa kamu coba sembari menunggu waktu buka puasa tiba.

Selain itu, kamu juga bisa menjajal aneka kuliner yang berjajar di sekitar taman bermain itu. Tak hanya itu, saat adzan Maghrib berkumandang, kamu tak perlu bingung mencari tempat ibadah lantaran taman yang satu ini juga cukup dekat dengan masjid di kawasan Simpang Lima.

6. Alun-Alun Masjid Agung Kota Semarang

3024441254
Fenomena ngabuburit di Semarang area Alun-alun Masjid Agung Semarang.

Alamat : Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Map : klik disini.

Jika kamu suka suasana yang santai dibalut dengan nuansa religi, maka alun-alun yang berada di kawasan Masjid Agung Semarang inilah jawabannya!

Dibangunnya masjid Agung di kawasan alun-alun ini membuat suasana di sana semakin syahdu dan banyak didatangi oleh wisatawan baik lokal hingga mancanegara.

Berbagai kuliner lezat pun turut berjajar di area alun-alun tersebut, mulai dari kuliner tradisional yang sudah jarang kita temui seperti nasi krawu, nasi glewo, hingga makanan-makanan kekinian seperti seafood, es teler, hingga Korean street food pun juga turut mewarnai ragam kuliner di sana.

Sembari menunggu waktu adzan Maghrib berkumandang, kamu bisa berjalan-jalan santai sembari memilih-milih kuliner menggugah selera yang berjajar di lebih dari 10 tenda itu.

7. Pasar Semawis Pecinan

5fef6698 9eef 4d2c 80cd d568aa18489b
Suasana Ramai Kuliner di Pasar Semawis Saat Malam Hari

Alamat : Jl. Kranggan Dalam Jl. Gang Warung No. 50, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Map : klik disini.

Rekomendasi tempat ngabuburit di Semarang yang asyik dekat masjid selanjutnya versi Setapak Langkah adalah Pasar Semawis. Pernahkah kamu jalan-jalan ke Pasar Semawis?

Pasar Semawis adalah sebuah pasar kuliner di kawasan Pecinan yang hanya dibuka ketika sore hingga malam hari. Deretan tenda-tenda kaki lima pun turut berjajar rapi di sepanjang Jalan Gang Warung tersebut.

Berbagai pilihan kuliner mulai dari tradisional hingga modern pun ada di sana. Bahkan makanan-makanan hits asal Cina hingga Korea juga turut memenuhi tenda-tenda di pasar malam tersebut.

Selain itu, pasar yang mulai beroperasi pada pukul 5 sore ini juga cukup strategis lantaran lokasinya yang tak begitu jauh dari Masjid Agung Kauman, yakni hanya berjarak sekitar 300 meter saja. Sangat recommended bukan?

Itulah beberapa tempat ngabuburit di Semarang yang sangat cocok dan recommended untuk menemani aktivitas menunggu berbuka puasa kamu bersama keluarga atau kerabat tercinta.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi kesehatan selama menjalani ibadah puasa. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments