Hutan Pinus Pengger, Indahnya Pemandangan Jogja Dipadukan Dengan Beragam Spot Instagramable

Hutan Pinus Pengger

Wisata di Jogja tidak melulu seputar candi dan wisata edukasi saja. Jogja juga dikenal dengan pesona alamnya yang menawan. Wisatawan bisa menemukan beragam tempat kekinian di Jogja yang akan membuat liburan para wisatawan terkesan menyenangkan.

Yang perlu wisatawan tau, ketika berlibur ke Jogja, wisatawan akan menemukan beragam wisata alam dengan konsep hutan pinus yang mempesona. Ada beberapa tempat wisata Pinus yang cukup popular seperti Hutan Pinus Mangunan yang seringkali dijuluki sebagai negeri di atas awan, Puncak Becici yang pernah viral karena dikunjungi oleh Barack Obama, hingga Hutan Pinus Pengger.

Meskipun Hutan Pinus Pengger merupakan wisata baru dibandingkan dengan wisata pinus lainnya di Jogja, Hutan Pinus ini juga tidak kalah eksis di kalangan para wisatawan terutama wisatawan Jogja. Pada tahun 2018 lalu, wisata ini sempat ditutup karena menerapkan kebijakan pemerintah. Tetapi pada tahun 2021, Hutan Pinus Pengger kembali dibuka hingga jumlah pengunjung yang datang ke sana begitu padat.

Meskipun begitu, pihak pengelola masih menerapkan protokol kesehatan berupa memakai masker, menyediakan hand sanitizer, juga membatasi waktu operasional. Dengan begitu wisatawan tidak perlu merasa khawatir liburan di Hutan Pinus Pengger ini.

Daya Tarik Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger ini berlokasi di kawasan Dlingo di mana kawasan tersebut di kenal dengan pesona alam hijaunya yang memanjakan mata. Di lihat dari segala sisi, deretan gunung menjulang tinggi. Wisatawan akan dibuat terpesona dengan landscape pemandangan Hutan Pinus ini.

Dari namanya mungkin wisatawan sudah bisa menebak akan konsep wisatanya yang memanfaatkan pesona hutan pinus. Sesampainya di pintu masuk Hutan Pinus Pengger, wisatawan akan melihat deretan hutan pinus menjulang tinggi. Beberapa pengunjung menjadikan kawasan ini sebagai spot foto instagramable.

Karena lokasinya berada di kawasan perbukitan, jalan yang kita lalui untuk mendaki ke tempat wisata ini sedikit licin sehingga wisatawan perlu berhati-hati. Tetapi dengan perjuangan yang cukup keras ini, wisatawan akan mendapatkan balasan yang setimpal dengan pesona Hutan Pinus yang begitu indah.

Beberapa wisatawan juga menyewa Hammock untuk bersantai menikmati suasana sejuk dan asrinya Hutan Pinus Pengger. Bahkan ada juga yang melakukan kegiatan piknik keluarga maupun bersama pasangan di sana. Kegiatan ini akan menciptakan keharmonisan antar keluarga sehingga wajib banget untuk wisatawan coba. Wisatawan bisa menyewa tikar di sans bahkan bisa juga membeli beberapa makanan serta minuman yang bisa dinikmati.

65676470 410430796349819 6759561782107331618 n
Foto via Instagram.com/tiarakartikasarii

Tidak hanya itu saja, wisatawan juga bisa menemukan berbagai spot kekinian yang wajib banget untuk di coba dan diabadikan di media sosial. Salah satu spotnya yang paling popular yaitu puncak wara di mana wisatawan bisa berdiri di atas semua tangan raksasa. Lalu ada pula spot foto rumah Indian yang terlihat unik dan menarik.

Wisata Menarik Lainnya :  Teras Cikapundung BBWS, Taman Urban Mengarungi Sungai Citarum

Wisatawan juga bisa mengabadikan momen nya di jembatan hutan pengger, jembatan pohon, rumah pohon, spot foto jempol, spot foto akar yang berbentuk terowongan, dan masih banyak lagi. Spot-spot tersebut terlihat lebih menarik pada saat sore dan juga malam hari.

Pada saat sore hari, terlihat indah dengan pesona matahari terbenam dan pada saat malam hari terlihat begitu indah dengan deretan lampu gantung yang mempesona.

Untuk menciptakan hasil yang lebih keren, wisatawan bisa menyewa jasa foto yang dilengkapi dengan fotographer profesional, kamera, beserta perlengkapan foto lainnya yang menunjang. Untuk tarif sewa jasa foto ini ditaksir dengan harga Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

Selain itu, Hutan Pinus Pengger juga menyedikan beberapa wahana yang bisa wisatawan nikmati seperti flying fox, sepeda gunung, ATV, dan masih banyak lagi. Menariknya, wisatawan juga bisa mengikuti kegiatan jelajah alam di mana ditemani oleh seorang pemandu profesional.

Jelajah alam ini merupakan kegiatan outbound yang mana tersaji juga beragam edukasi seputar alam. Wisatawan akan menjelajahi seisi pohon pinus menaiki bukit dan melihat keindahan alam. Wisatawan akan diberi edukasi mengenai cara merawat alam, bahaya tebang bebas, hal-hal yang mencemari ekosistem lingkungan, dan masih banyak lagi.

Melakukan kegiatan jelajah alam tentunya akan menguras tenaga, wisatawan bisa mampir lebih dulu ke beberapa rumah makan yang ada di sana. Rumah makan tersebut menyediakan aneka hidangan lezat seperti gudeg, soto, kikil, singkong rebus, dan masih banyak lagi.

Rumah makan yang ada di kawasan wisata memiliki harga yang cukup terjangkau di mana ditaksir mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 28.000. Bahkan, di sana juga wisatawan bisa menemukan pusat oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam buah tangan dengan harga yang murah.

51434344 605667296571018 7589199551467829047 n
Foto via Instagram.com/eksotika_jogja

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Memasuki Hutan Pinus Pengger, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 per orang. Tiket yang diberlakukan ini terbilang cukup murah. Tetapi bagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas lainnya di Hutan Pinus Pengger ini seperti menaiki sepeda, flying fox atau jelajah alam, wisatawan akan dikenakan tarif tambahan yang ditaksir dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

Wisata Menarik Lainnya :  Heha Ocean View, Menikmati Indahnya Sunset Pesisir Pantai Selatan

Ada juga tiket parkir kendaraan pribadi yang mana dibanderol mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 10.000 setiap kendaraan.

Lokasi dan Jam Buka Hutan Pinus Pengger

Bagi wisatawan yang berencana melakukan liburan di Hutan Pinus Pengger ini bisa langsung mampir ke Jalan Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Map klik disini

Wisatawan yang berangkat dari Jogja dekat Malioboro, bisa memusatkan navigasi ke Jalan Sisimangaraja ke Jalan Pleret. Wisatawan bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 48 menit perjalanan.

Lokasi Hutan Pinus Pengger ini berdekatan dengan lokasi Heha Sky View yang mana merupakan salah satu wisata hits di Jogja. Berada di kawasan yang sama dengan Heha Sky View membuat Hutan Pinus Pengger mudah ditemukan oleh para wisatawan.

Hutan Pinus Pengger ini awalnya beroperasi mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Tetapi karena adanya pembatasan, Hutan Pinus Pengger ini mengurangi durasi waktu operasionalnya dari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Akomodasi

Wisatawan yang ingin melakukan akomodasi di sekitaran Hutan Pinus Pengger ini bisa datang ke salah satu tempat penginapan bernama Villa Opa Doel yang berlokasi di Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, Yogyakarta 55783. Jarak tempuhnya dari lokasi wisata sekitar 7 menit perjalanan.

Lalu wisatawan akan dikenakan tarif penginapan yang ditaksir mulai dari Rp 316.000 hingga Rp 666.000 per malam sesuai dengan paket penginapan yang wisatawan inginkan. Bahkan kita juga bisa melakukan reservasi penginapan lebih dulu dengan menghubungi nomor 0812-1705-8780. Dengan begitu wisatawan bisa memesan kamar tanpa perlu melakukan administrasi lagi.

Wisatawan pecinta alam yang ingin berburu foto dengan latar belakang pemandangan alam yang menawan, bisa banget mampir lebih dulu ke Hutan Pinus Pengger ini. Datang ke sana bersama keluarga tentunya akan menjadi liburan yang paling berkesan.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...